Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Januari 2019

Bagi kamu yang pernah menonton film Harry Potter, tentu masih ingat dengan satu jenis pohon besar yang menangkap mobil yang ditumpangi oleh Harry dan Ron. Ya, namanya adalah pohon Dedalu Perkasa atau Whomping Willows. Ukuran pohon tersebut sangat besar, bukan? Nah, ternyata di dunia nyata pun ada pohon dengan ukuran lebih besar dari Whomping Williows.

Tak percaya? Kalau kamu pernah melihat gambar pohon sequoia, kamu akan percaya bahwa memang ada pohon dengan ukuran raksasa di dunia.  Jika kita berdiri di samping pohon tersebut, kita akan nampak sangat kecil. Mau tahu pohon apa saja yang terdokumentasi sebagai pohon terbesar di dunia? Simak penjelasan dari Bacaterus berikut.

10 Pohon Terbesar di Dunia

1. General Sherman

General Sherman

* sumber: www.redwoodhikes.com

Sequoia raksasa atau sequoiadendron giganteum dikenal juga dengan nama Sierra Redwood, atau Wellingtonia ditemukan di Taman Hutan Raksasa Sequoia California. Nama General Sherman disematkan pada pohon raksasa ini oleh naturalis James Wolverton, yang diambil dari nama Jenderal Perang Sipil Amerika, William Tecumseh Sherman.

General Sherman dipercaya sebagai pohon batang tunggal paling besar di dunia. Volume pohon sequoia raksasa tersebut diperkirakan  1.487 meter kubik. Usia pohon ini kira-kira sekitar 2.300-2.700 tahun. Sequoia raksasa ini pernah selamat dari kebakaran yang beberapa kali terjadi, perubahan iklim, juga tangan-tangan manusia modern.

Ketinggian rata-rata pohon General Sherman adalah sekitar 50–85 meter. Adapun diameter batangnya sekitar 6 – 8 m. Rekor ketinggian pohon ini pernah mencapai sampai 94,8 meter dengan ukuran diameter batangnya sekitar 17 meter.

Pohon sequoia raksasa merupakan salah satu organisme tertua yang tumbuh di muka bumi. General Sherman dikenal memiliki kulit yang berkerut, berserat dan ketebalannya mungkin sekitar 90 sentimeter. Bentuk daunnya runcing seperti jarum dengan panjang sekitar  3 – 6 milimeter. Daunnya tersusun rapih pada pucuknya dengan bentuk seperti spiral.

Cara pohon sequoia raksasa beregenerasi yaitu dengan biji. Warna bijinya cokelat tua dengan panjang sekitar 4 – 5 milimeter dan lebarnya 1 milimeter.

2. Lost Monarch

Lost Monarch

* sumber: www.mdvaden.com

Pohon Coast Redwood atau dikenal juga sebagai Lost Monarch adalah nama pohon sequoia di California Utara. Lost Monarch memiliki berdiameter 7,9 meter dengan 98 meter. Pohon ini adalah salah satu  pohon terbesar di dunia dalam hal volume kayu. Penemu Lost Monarch adalah Stephen C. Sillett beserta naturalis Michael Taylor. Mereka menemukan pohon ini pada 11 Mei 1998.

Lost Monarch berada di antara “The Grove of Titans”, yaitu pohon redwood raksasa lainnya yang terletak di Jedediah Smith Redwood State Park. Namun lokasi tepatnya tetap dirahasiakan agar terhindar dari terlalu banyaknya lalu lintas manusia yang dapat menyebabkan terganggunya ekosistem, juga untuk menghindari vandalisme dari tangan-tangan iseng.

Lost Monarch memberikan tempat bagi tumbuhan epifit seperti  Polypodium scouleri (salah satu jenis tumbuhan paku). Volume kayu yang dimiliki Lost Monarch diperkirakan sekitar 988,7 meter kubik.

3. Arbol del Tule

Arbol del Tule

* sumber: www.reddit.com

El Árbol del Tule adalah nama untuk pohon cemara yang berada di pusat kota Santa María del Tule, tepatnya di depan halaman gereja kota tersebut, di negara bagian Oaxaca, Meksiko. Nama El Árbol del Tule sendiri diambil dari bahasa Spanyol. Sebenarnya, kota tempat tumbuhnya pohon Tule ini dinamai berdasarkan nama pohon tersebut.

Usia pohon pohon Tule diperkirakan antara 1.200 dan 3.000 tahun. Namun ada juga yang membuat klaim bahwa pohon ini berusia 6.000 tahun. Jika dilihat dari rata-rata pertumbuhan, pohon Tule ini diestimasi berumur antara 1,433 sampai 1,600 tahun. Menurut legenda Zapotec, pohon ini ditanam 1,400 tahun yang lalu oleh seorang pendeta Ehecatl (dewa angin Aztec) yang bernama Pecocha.

Pohon Tule ini dipercayai mempunyai batang pohon terluas di dunia. Diameter batang El Árbol del Tule sekitar 11,62 meter. Pohon terbesar ketiga memiliki volume sekitar 750 meter kubik. El Árbol del Tule dimasukkan pada pada daftar sementara Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 2001.

4. Tane Mahuta

Tane Mahuta

* sumber: thetreeographer.com

Tane Mahuta merupakan sebuah pohon kauri raksasa atau Agathis australis. Pohon ini berada di dalam Hutan Waipoua, Wilayah Northland, Selandia Baru. Pohon Tane Mahuta diketahui memiliki volume sekitar 516 meter kubik. Adapun perkiraan umur Tane Mahuta sekitar 1.250 sampai 2.500 tahun. Sampai saat ini, pohon ini  masih tercatat sebagai pohon kauri terbesar yang masih berdiri.

Nama  Tane Mahuta berasal dari bahasa Maori yang berarti “Dewa Hutan”, yaitu nama dari jajaran dewa  Maori. Tāne, menurut mitologi Maori, adalah putera ayah langit yang bernama Ranginui dan ibu bumi yang bernama Papatuanuku. Semua makhluk hidup yang berada di hutan dianggap sebagai anak-anak Tāne.

Penemuan pertama pohon ini diperkirakan terjadi pada tahun 1920-an. Saat itu Nicholas Yakas dan orang-orang semak lainnya datang ke tempat ini ketika membangun jalan yang melalui hutan.

Tane Mahuta memiliki ketebalan batang 13,77 meter dengan tinggi batang 17, 68 meter. Adapun tinggi total pohon Tane Mahuta adalah 51,2 meter. Pohon ini masih terus tumbuh sampai sekarang.

5. Quinault Lake Redcedar

Quinault Lake Redcedar

* sumber: www.flickr.com

Quinault Lake Redcedar terletak di dekat pantai barat laut Danau Quinault di daerah utara Aberdeen, Washington, yaitu  sekitar 34 kilometer dari Samudra Pasifik. Pohon ini merupakan western red cedar terbesar yang dikenal di dunia. Volume kayu pohon ini adalah 500 meter kubik. Volume ini sepertiganya dari volume pohon terbesar, yaitu General Sherman.

Tinggi pohon Quinalt Lake Redcedar 55 meter, sedangkan diameternya berukuran 6,04 meter. Dikenal juga dengan nama Thuja plicata, Quinault Lake Redcedar adalah spesies Thuja, pohon konifer hijau dalam famili cemara Cupressaceae. Pohon ini merupakan tumbuhan asli Amerika Utara bagian barat.

6. Eucalyptus Regnans

Eucalyptus Regnans

* sumber: www.tasmania360.com

Eucalyptus regnans adalah spesies asli Eucalyptus di Tasmania dan negara bagian Victoria di Australia tenggara. Pohon ini dikenal beragam nama, seperti permen karet rawa, permen karet, atau abu gunung. Eucalyptus regnans adalah tanaman berbunga tertinggi, juga merupakan salah satu pohon tertinggi di dunia.

Ketinggian pohon ini mencapai 114 meter dengan volume 391 m³. Pohon eucalyptus regnans memiliki batang yang lurus dengan kulit berwarna abu-abu halus. Bunga-bunga putih akan muncul pada pohon ini di musim gugur. Adalah Ferdinand von Mueller, seorang ahli botani Victoria yang pertama kali menggambarkan spesies ini pada tahun 1871.

7. Rullah Longatyle

Rullah Longatyle

* sumber: tasmaniasgianttrees.weebly.com

Rullah Longatyle adalah pohon hijau yang dikenal sebagai Eucalyptus globules atau Tasmanian Blue Gum. Pohon ini adalah salah satu jenis pohon yang paling banyak dibudidayakan asli Australia. Tasmanian Blue gum umumnya bisa tumbuh sampai setinggi 30–55 meter. Pohon Rullah Longatyle tertinggi memiliki ketinggian 90,7 m dan diketahui berada di Tasmania.

Spesies ini tumbuh di daerah Tasmania dan Victoria selatan, khususnya di Pegunungan Otway dan Gippsland selatan. Ahli botani Prancis, Jacques Labillardière, adalah orang yang pertama kali menjelaskan tanaman ini dalam  publikasi Relation du Voyage à la Recherche de la Pérouse (1800) juga Spesimen Plantarum Novae Hollandiae (1804).

Jacques Labillardière mengumpulkan spesies ini di Recherche Bay ketika melakukan ekspedisi d’Entrecasteaux pada tahun 1792. Kayu yang ditemukan dalam Ekspedisi d’Entrecasteaux ini kemudian digunakan untuk memperbaiki perahu mereka. Pada tanggal 27 November 1962, Tasmanian Blue Gum diproklamasikan sebagai lambang bunga Tasmania.

8. Red Creek Fir

Red Creek Fir

* sumber: handsomedans.ca

Dikenal juga sebagai pinus Oregon atau cemara Douglas, Red Creek Fir adalah tumbuhan konifer hijau dari Amerika Utara bagian barat dari British-central British Columbia, Kanada ke selatan hingga pusat California, Amerika Serikat. Red Creek Fir memiliki ketinggian maksimum 100–120 meter dan volumenya sekitar 349 m³.

Ketinggian Red Creek Fir yang terdokumentasi saat ini adalah 60-75 meter dan diameternya 1,5 – 2 meter yang merupakan ukuran umum pada pohon yang tua. Tinggi maksimum pohon ini adalah  100- 120 meter dengan diameter sampai 4,5–5,5 meter.

9. Queets River Spruce

Queets River Spruce

* sumber: www.brettcolephotography.com

Queets River Spruce merupakan pohon cemara Sitka atau Picea sitchensis terbesar di dunia. Volume pohon queets River Spruce adalah 337 m³ dengan tinggi 75,6 meter. Nama sitka berasal dari komunitas Sitka di Alaska tenggara, yaitu tempat cemara sitka lazim ditemukan.

Sampai saat ini Queets River Spruce adalah pohon cemara terbesar, dan konifer kelima terbesar di dunia setelah sequoia raksasa, coastal redwood, kauri dan western red cedar barat juga spesies konifer tertinggi ketiga di belakang coastal redwood dan coastal Douglas-fir.

10. Gothmog

Gothmog

* sumber: www.habitatadvocate.com.au

Gothmog atau eucalyptus oblique adalah pohon oak Australia terbesar. Pohon ini umumnya dikenal juga dengan nama Tasmanian Oak, messyate stringybark, stringybark atau messmate. Gothmog adalah pohon kayu keras yang berasal dari Australia tenggara.

Tinggi pohon ini bisa mencapai 90 meter dan diameter batangnya mencapai 3 meter. Kulitnya pohon ini tebal, berserat dan kasar. Warna daunnya hijau mengkilap dengan panjang daun sekitar 6 – 22 sentimeter dan lebarnya 1,5 – 7 sentimeter. Volume pohon gothmog sekitar 337 m³.

Cukup menakjubkan bukan ukuran pohon-pohon tadi? Benar-benar tampak seperti pohon raksasa. Apakah di daerahmu ada pohon yang lebih besar ukurannya dari pohon-pohon tadi? Tak hanya pohon terbesar saja yang mencuri perhatian masyarakat, pohon tertinggi juga, lhoYuk, kunjungi artikel pohon tertinggi di dunia ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .