Bacaterus / Pisang / 5 Jenis Pisang yang Cocok untuk Diolah Menjadi Kolak

5 Jenis Pisang yang Cocok untuk Diolah Menjadi Kolak

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2019

Pisang merupakan bahan yang lazim dijadikan kolak. Namun, tak semua jenis pisang bisa dijadikan kolak. Hanya beberapa jenis pisang saja yang bisa dijadikan kolak yang lezat. Jadi, kamu jangan sampai sembarang memilih jenis pisang saat hendak membuat kolak nanti.

Untuk membantumu menentukan jenis pisang yang tepat, kami akan memberikanmu sejumlah rekomendasi jenis pisang yang cocok untuk dijadikan kolak. Tak hanya jenis pisang, kami pun juga bakal memberikan beberapa rekomendasi varian menu kolak. Siapa tahu nanti kamu hendak membuat kolak yang berbeda dari biasanya. Untuk selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.

1. Pisang Kepok

Pisang Kepok

* sumber: mommyasia.id

Pisang pertama yang cocok dijadikan kolak adalah pisang kepok. Pisang ini cocok dijadikan kolak lantaran memiliki tekstur yang empuk. Ada dua jenis pisang kepok yang ada di pasaran. Pisang kepok kuning dan putih adalah dua jenis pisang tersebut.

Di antara keduanya, pisang kepok kuning adalah yang paling direkomendasikan. Jenis pisang kepok tersebut direkomendasikan lantaran isinya yang lebih padat dan cita rasanya yang lebih sedap. Selain dijadikan kolak, pisang kepok juga bisa diolah menjadi pisang goreng atau keripik pisang.

2. Pisang Tanduk

Pisang Tanduk

* sumber: www.flickr.com

Ini merupakan salah satu jenis pisang yang ukurannya cukup besar. Pisang ini layak dijadikan kolak karena rasanya yang manis, serta teksturnya yang agak legit. Selain berbentuk besar, pisang satu ini juga mempunyai sejumlah ciri khas.

Mulai dari kulitnya yang tebal, berbintik hitam, warna kulitnya yang agak kemerahan, hingga daging buahnya yang putih kekuningan. Tak hanya cocok dijadikan kolak, jenis pisang ini juga cocok dijadikan pisang goreng, pisang kukus, hingga kroket pisang.

3. Pisang Raja

Pisang Raja

* sumber: www.brambang.com

Ini merupakan pisang yang dikenal dengan julukan rajanya pisang. Julukan ini wajar mengingat cita rasanya yang manis. Selain manis, jenis pisang ini juga bisa diolah dalam kondisi apa pun, entah di saat masih mentah maupun di kala sudah matang.

Bila hendak dijadikan kolak, kamu harus merebus jenis pisang ini terlebih dulu. Hal itu dilakukan agar getah pada pisang ini lebih mudah luntur. Selain dijadikan kolak, pisang ini juga bisa diolah menjadi keripik maupun kue.

4. Pisang Uli

Pisang Uli

Jenis pisang satu ini merupakan pisang yang lazim dibeli pedagang kolak. Pisang ini lazim dibeli lantaran harganya yang murah. Sesisir pisang ini bisa dibawa pulang dengan kocek Rp. 10 ribu saja. Selain murah, pisang uli juga memiliki cita rasa yang manis, serta tidak mudah lembek.

Pisang ini pun juga cocok dibuat menjadi olahan-olahan lainnya. Mulai dari pisang goreng, pisang cokelat (piscok), dan banana nugget. Untuk membeli sesisir pisang ini, kamu bisa datang ke toko buah atau pasar tradisional di dekat rumahmu.

5. Pisang Nangka

Pisang Nangka

* sumber: cintaihidup.com

Jenis pisang ini memiliki ciri khas berupa aromanya yang harum dan khas. Yang membuat pisang ini layak dijadikan kolak adalah rasanya yang manis dan agak sedikit asam. Selain itu, teksturnya yang agak keras adalah alasan lainnya.

Ciri khas lainnya pisang ini adalah warna kulitnya yang hijau. Warna kulit tersebut membuat pisang ini sulit dibedakan dengan pisang mentah. Adapun yang membuatnya berbeda dengan pisang mentah adalah warna tandannya yang berwarna hijau.

Rekomendasi Varian Kolak Pisang

Seperti yang dijanjikan, kami bakal merekomendasikan beberapa varian kolak pisang. Siapa tahu, kamu membutuhkannya bila ingin membuat kolak pisang yang tidak biasa. Adapun rekomendasi tersebut bisa kamu simak di bawah ini:

  • Kolak Pisang Labu Kuning
Kolak Pisang Labu Kuning

* sumber: cookpad.com

Sesuai namanya, ini merupakan kolak pisang yang dipadupadankan dengan labu kuning. Pisang dan labu kuning sendiri merupakan perpaduan yang pas. Dikatakan demikian karena keduanya memiliki rasa yang enak.

Cara membuat kolak ini tidak terlalu susah. Labu kuning yang sudah dipotong kotak harus dimasukkan ke dalam rebusan gula pasir, sedikit garam, dan pandan. Setelah itu, masukkan potongan pisang dan santan, serta sesekali diaduk agar santannya tidak pecah. Barulah setelah itu tiriskan dan sajikan selagi hangat.

  • Kolak Pisang Ubi Ungu
Kolak Pisang Ubi Ungu

* sumber: cookpad.com

Kolak pisang yang dipadu dengan ubi sudah biasa. Namun, tidak dengan kolak satu ini. Kolak satu ini tidaklah menggunakan ubi kuning, melainkan ubi ungu. Penggunaan ubi ungu membuat cita rasanya kian lezat, dan kuah santannya menjadi keunguan.

Agar rasanya makin enak, pisang yang dipakai kolak ini mestilah pisang uli. Kamu pun juga bisa menambahkan potongan singkong dalam olahan kolak ini. Pada kolak ini, pisang uli bakal dimasukkan ke dalam campuran ubi ungu, santan encer, gula, garam, dan vanilli. Masaklah pisang uli dan campuran bahan-bahan tersebut hingga matang. Tiriskan dan sajikan selagi hangat.

  • Kolak Setup Pisang
Kolak Setup Pisang

* sumber: craftlog.com

Kolak pisang lazimnya memakai santan sebagai bahan kuahnya. Namun, hal itu tidak berlaku pada olahan kolak setup pisang. Pada olahan ini, kuah kolak dibuat dari rebusan air yang dicampur dengan daun pandan, cengkih, gula merah, kayu manis, gula putih, dan sedikit garam.

Kuah tersebut lantas diberi pisang yang sudah diiris-iris. Aduk selama beberapa menit hingga mendidih. Setelah itu, tiriskan dan sajikan selagi hangat. Olahan kolak ini bisa kamu buat dengan jenis pisang apa pun.

  • Kolak Pisang Ketan Durian
Kolak Pisang Ketan Durian

* sumber: kurio.id

Kalau kamu pecinta pisang sekaligus durian, kolak satu ini layak untuk dibuat. Cara membuat kolak satu ini terhitung panjang. Namun, sebanding dengan cita rasanya yang manis lagi khas. Adapun langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci beras ketan dan menyimpannya dalam wadah selama 30 menit.

Setelah itu, kukus beras ketan selama sepuluh menit. Bila sudah, kukusan beras ketan lantas dimasukkan ke dalam rebusan santan yang diberi sedikit garam. Biarkan beras ketan dalam rebusan tersebut hingga air rebusannya meresap.

Kalau sudah, tiriskan beras ketan sejenak, lalu kukus kembali hingga beras ketan mengempuk. Sisihkan dan biarkan selama beberapa menit hingga dingin. Sambil menunggu beras ketannya dingin, kamu bisa merebus 500 ml air hingga mendidih, lalu masukkan creamer, susu kental manis, gula, garam, dan pandan ke dalamnya.

Tunggulah hingga rebusan tersebut mendidih. Kalau sudah, masukkan potongan pisang. Diamkan sebentar, lalu matikan api kompor sejenak. Saat api kompor mati, kamu harus memasukkan beberapa buah durian ke dalam rebusan tersebut.

Masukkan rebusan yang telah diberi durian tersebut ke dalam mangkuk. Namun, sebelum itu, pastikan mangkuk sudah diisi dulu dengan beras ketan yang sudah dingin. Kolak Pisang Ketan Durian pun sudah siap disajikan dan layak disantap.

Demikianlah beberapa jenis pisang yang layak dijadikan kolak, serta beberapa rekomendasi varian kolak pisang. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantumu, baik kala mencari pisang maupun saat membuat kolak. Terima kasih. Baca juga artikel olahan pisang kekinian ini untuk menemukan ide hidangan pisang lainnya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *