bacaterus web banner retina
Bacaterus / Makanan / Buah-Buahan / Inilah Berbagai Macam Pisang Terbesar di Dunia, Pernah Coba?

Inilah Berbagai Macam Pisang Terbesar di Dunia, Pernah Coba?

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 24 Desember 2020

Pisang merupakan buah dari tanaman terna (berbatang lunak tidak berkayu) yang berasal dari suku tanaman Musaceae. Mengandung sumber energi seperti karbohidrat, mineral dan kalium; pisang menjadi bahan pangan yang cocok untuk dimakan oleh siapapun untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh; bahkan pisang merupakan makanan yang ramah untuk yang sedang melakukan diet.

Ukuran pisang pun beragam; ada yang kecil seperti pisang susu, pisang mas super, ukuran sedang seperti pisang raja, pisang kepok, hingga ukuran yang paling besar; seperti pisang tanduk atau pisang ambon. Namun siapa sangka, ada pula pisang yang berukuran super duper hyper JUMBO! Penasaran sebesar apa? Ayo ikuti artikelnya dibawah ini!

1. Musa Ingens

Pisang_Musa Ingens (Copy)

Pisang ini berasal dari wilayah hutan di pegunungan tropik Papua; batang pohonnya saja bisa tumbuh hingga 15 meter, sedangkan daunnya bisa tumbuh hingga 20 meter dari tanah. Setiap berbuah bisa menghasilkan pisang sebanyak 300 buah dengan ukuran pisang masing-masing sepanjang 60 cm!

Rasa pisang ini seperti pisang raja pada umumnya manis dan ada sedikit rasa kecut yang segar ketika dimakan. Pisang jenis Musa Ingens ini juga dikenal dengan sebutan raja dari segala jenis pisang; mungkin mengingat ukurannya yang fantastis dan rasanya yang sama seperti pisang raja.

2. Rhino Horn

Pisang_Rhino Horn (Copy)

Pisang Rhino Horn berasal dari Afrika dan merupakan tanaman rekayasa (hybrid) yang menyilangkan antara jenis Musa acuminata dan Balbisiana. Ukuran tanamannya saja bisa mencapai 4 hingga 6 meter dan bisa berbuah sebanyak 2 sampai 4 sisir dengan ukuran pisang sepanjang 60 cm seperti pisang Musa Ingens.

Warna pisang ini juga sangat cantik dan secara taksonomi; pisang ini termasuk kedalam golongan triploid. Tumbuhan dan buah pisang Rhino Horn bisa bertahan di cuaca ekstrem yang dingin. Rasa pisang ini sama seperti pisang pada umumnya, namun cenderung lebih manis dari pisang-pisang lain yang di jual di pasaran

3. Pisang Tanduk

Pisang_Pisang Tanduk (Copy)

Pisang tanduk termasuk ke dalam pisang dengan ukuran yang besar. Pisang ini berbentuk tanduk, panjang dan meruncing. Apabila tumbuh maksimal, buah pisang yang dihasilkan oleh pohon pisang tanduk bisa mencapai ukuran 35 cm! Saat berbuah, pohon pisang ini hanya bisa menghasilkan 3 sisir saja.

Biasanya warga lokal Indonesia mengkonsumsi pisang ini dengan cara dikukus atau digoreng mengingat rasa pisang ini yang sangat manis dan legit; selain di goreng kadang pisang ini juga dibuat sebagai pisang keju atau pisang cokelat. Selain buah pisang tanduk, baik daun dan batang pohonnya juga bisa dimanfaatkan juga loh!

4. Saba/Cardaba

Pisang_Cardaba (Copy)

Pisang Saba atau yang dikenal juga dengan nama Cardaba berasal dari negara Filipina, Ukuran pohonnya bisa mencapai 6 hingga 9 meter dengan diameter batang selebar hampir 1 meter; sedangkan untuk buahnya sendiri bisa tumbuh sepanjang 8 hingga 13 cm, dan lebar buah 2 sampai 5,5 cm. Besar sekali bukan?

Pisang Saba atau Cardaba ini masuk ke dalam salah satu makanan penting di negara tersebut. Kandungan nutrisinya sama dengan kentang; dan bisa dimakan secara mentah atau matang atau diolah menjadi makanan penutup atau makanan pelengkap di Filipina seperti maruya, halo-halo, turron dan ginanggang; kalau di Indonesia bisa dijadikan pisang aroma (seperti turron), pisang goreng, kolak, atau pisang kukus. Lezat!

5. Pisang Cavendish

Pisang_Cavendish (Copy)

Selain pisang Musa Ingends dan pisang tanduk, Indonesia juga memiliki buah pisang besar lain yang diakui oleh dunia; namanya adalah pisang cavendish atau yang lebih dikenal dengan pisang Ambon putih. Ukuran buah ini bisa sampai 15 hingga 22 cm untuk panjangnya dan lebar 3 hingga 4 cm. Tekstur buah ini sangat lembut, warnanya kuning terang dan rasanya sangat manis.

Sekali berbuah, pohon pisang Cavendish ini bisa menghasilkan sampai 14 hingga 22 sisir dengan jumlah buah 16 - 20 di tiap sisirnya. Bila disimpan dalam suhu ruangan, pisang Cavendish dapat bertahan hingga 28 hari. Saat ini produksi pisang Cavendish dipegang oleh perusahaan Nusantara Tropical Farm.

6. Pacova

Pisang_Pacovan (Copy)

Ayo kita berkunjung ke Brazil untuk hunting pisang-pisang besar yang pernah ada. Di Brazil sendiri ada Pisang Pacova yang terkenal sangat besar disana; tumbuhan berikut buah pisang Pacova ini banyak terdapat di wilayah hutan Amazon, Brazil Utara. Sekali berbuah, 1 sisirnya bisa mencapai 5 kilogram sendiri! Tumbuhan pisang Pacova ini termasuk ke dalam golongan Musa Balbisiana.

Pisang ini menjadi salah satu makanan pokok disana, rasanya sangat manis meski tekstur pisangnya agak kaku; pisang ini bisa disajikan dengan direbus, dikukus maupun digoreng. Kandungan gizi pisang Pacova kaya akan magnesium yang berkhasiat menurunkan tekanan darah dan juga Vitamin A, B, C dan E. Lengkap sekali ya nutrisinya?

7. Ta Qua Banana

Pisang_Ta Qua (Copy)

Pisang Ta Qua ini terdapat di Saigon, Vietnam. Ukurannya bisa mencapai 30 cm dengan berat setengah kilo untuk tiap 1 buah pisangnya. Awalnya pisang ini tidak dijual belikan, pisang Ta Qua ini hanya ditanam dan diambil buahnya yang besar untuk para petani yang berada di wilayah Tra Vinh. Namun karena pisang ini semakin terkenal, permintaan untuk pembelian pisang menjadi semakin tinggi.

Setiap berbuah, pohon pisang Ta Qua hanya bisa menghasilkan 20 buah di tiap sisirnya. Itu kenapa pisang ini tidak dijual secara bebas meski banyak permintaan. Apalagi butuh teknik penanaman yang baik dan proses yang agak lama. Rasa pisang Ta Qua sangat manis dan cocok disajikan saat dingin.

8. Blue Java Banana

Pisang_Blue Java (Copy)

Nah kalau yang ini bukannya besar, namun unik! Yak! Namanya Blue Java Banana. Pisang jenis ini tumbuh di wilayah tropis yang bersuhu dingin. Selain bentuknya yang unik dengan warna biru; tekstur pisang ini lembut sekali dan memiliki rasa yang enak sekali karena serupa dengan rasa Vanilla. Beberapa yang sudah mencoba mengatakan, bahwa memakan pisang Blue Java seperti memakan es krim!

Blue Java Banana tergolong ke dalam jenis pisang ABB yang merupakan satu bagian gula dan dua golongan pati. Sehingga kandungan pati akan berubah menjadi gula saat pisang jenis Blue Java ini matang dan siap dikonsumsi. Pisang ini pertama kali di tanam di Hawaii dan mulai menyebar ke seluruh dunia. Penasaran untuk mencobanya?

Nah, itu tadi jenis-jenis pisang terbesar yang ada di dunia. Apakah kalian pernah memakan atau setidaknya ketemu dengan jenis-jenis pisang terbesar di atas? Jenis pisang besar yang sudah disebutkan tadi umumnya terdapat di wilayah Asia meski sebagian ada di Eropa juga. Hal itu disebabkan karena Asia termasuk ke dalam negara tropis yang besar dan cocok untuk budi daya pisang jenis apapun.

Beruntung kita ada di Indonesia yang memproduksi banyak sekali pisang bahkan hingga eksport ke negara tetangga. Selain mudah di dapatkan, harga pisang di Indonesia masih bisa dibilang tergolong murah. Kandungan gizi dalam pisang juga tidak main-main sehingga pisang tergolong buah sehat. Jadi, apakah kalian sudah makan pisang hari ini?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram