Bacaterus / Sapi / Yuk, Ketahui 8 Peternakan Sapi Terbesar Di Indonesia!

Yuk, Ketahui 8 Peternakan Sapi Terbesar Di Indonesia!

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Februari 2020

Saat kita memakan daging sapi atau minum susunya, apakah kamu tahu dari mana sapi itu berasal? Adakah peternakan besar yang memasok daging sapi dan susu untuk seluruh Indonesia. Jika kamu ingin tahu kamu bisa baca ulasan berikut untuk tahu darimana saja daging dan susu sapi yang terhidang di meja makanmu.

Sebelum mengulas tentang peternakan-peternakan besar yang ada di Indonesia, kamu harus tahu fokus dari setiap peternakan itu berbeda. Tidak semua peternakan pasti menghasilkan susu. Beberapa peternakan bergerak dalam beternak sapi untuk dijadikan sapi pedaging, sehingga  mereka berfokus beternak jenis sapi pedaging seperti sapi brahman.

Sebagian lagi mungkin akan lebih berfokus pada memproduksi susu, sehingga mereka hanya memelihara jenis sapi perah seperti sapi Holstein dan Jersey. Tetapi ada peternakan yang bergerak bergerak di bidang sapi perah dan juga bergerak di kedua bidang. Nah, berikut ini beberapa peternakan sapi terbesar yang ada di Indonesia.

1. Peternakan PT. Greenfield Indonesia

Peternakan PT. Greenfield Indonesia

Peternakan Green Field adalah peternakan yang merupakan hasil kerjasama Indonesia dan Australia, Peternakan ini didirikan pada tanggal 14 Maret 1997. Peternakan ini bisnisnya dimulai dengan mengelola sapi perah yang letak peternakannya berada di Desa Babadan Malang Provinsi Jawa Timur, pada bulan Juni 2000, mulai dibangun fasilitas untuk mengolah susu.

Jenis sapi perah yang dimiliki oleh PT. Greenfield jenis sapi perah Holstein dan Jersey, peternakan ini saat ini memiliki lebih dari 10.000 sapi perah di Indonesia. Pada setiap tahunnya dihasilkan  lebih dari 43.5  liter susu sapi segar. Peternakan ini mengolah susu dengan cara yang modern untuk menghasilkan susu yang berkualitas premium yang berstandar internasional.

Selain di Desa Babadan, mereka juga membuka lagi peternakan mereka yang kedua pada tanggal 3 Mei 2017, kali ini lokasinya berada di Wlingi Bitar Provinsi Jawa Timur dengan luas sekitar 172 Hektar. Diperkitakan peternakan yang kedua ini dapat menampung 9.500 sapi dan setiap tahunnya dapat menghasilkan 45 juta liter susu.

2. Peternakan PT. Great Giant Livestock (GGL)

Peternakan PT. Great Giant Livestock (GGL)

Peternakan PT. Great Giant Livestock adalah peternakan yang terletak di Tebanggi Besar, Lampung, bergerak di produksi susu sapi segar dan penggemukan sapi potong. Peternakan ini adalah salah satu anak perusahaan  Gunung Sewu Grup. Luas dari peternakan ini sekitar 30.000 hektar dan dengan 100.000 ekor sapi yang diproses setiap tahunnya.

Hal yang menarik dari peternakan ini adalah pakan yang digunakan untuk memberi makan sapi, yaitu pemanfaatan dari limbah hasil pengolahan nanas. Kenapa nanas? Karena Gunung Sewu Grup juga memiliki anak perusahaan yang bernama Great Giant Pineapple, perusahaan yang menanam dan melakukan pengolahan nanas. Limbah kulit nanas dicampur dengan rumput dijadikan pakan ternak.

Selain itu mereka juga melakukan pengolahan dari limbah sapi menjadi pupuk organik yang dapat digunakan untuk tanaman nanas. Peternakan ini juga melakukan kemitraan di 48 desa dengan 2.000 peternak plasma di 6 Kabupaten di Lampung. Kerjasama yang mereka lakukan di antaranya adalah penggemukan sapi, industri kecil pakan ternak, pupuk organik, dan budidaya pembibitan.

3. Peternakan PT. Santosa Agrindo (Santori)

Peternakan PT. Santosa Agrindo (Santori)

PT. Santosa Agrindo adalah anak perusahaan PT. Japfa Comfeed Indonesia, mereka berdiri pada tahun 1993. Perusahaan ini awalnya bergerak di bidang daging olahan, kini berubah menjadi perusahaan yang bergerak di bidang penggemukan sapi potong. PT. Santori memiliki 3 buah tempat penggemukan modern, 2 di Lampung dan satu di Jawa Timur.

Ada sekitar 150.000 ekor sapi yang merupakan jumlah total kapasitas sapi yang digemukan per tahun. 10.000 ekor untuk pembiakan Wagyu, 24.000 ekor sapi untuk kapasitas rumah potong modern per tahun.

4. Peternakan PT. Karyana Gita Utama (KGU)

Peternakan PT. Karyana Gita Utama (KGU)

Peternakan PT. Karyana Gita Utama berlokasi di Kampung Ciutara Kecamatan Curug Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Peternakan ini berfokus pada peternakan untuk sapi potong. Sapi-sapi yang didatangkan oleh PT. KGU adalah sapi-sapi bakalan dewasa yang didatangkan dari Australia, dan juga di datangkan dari dalam negeri, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan NTT.

Kapasitas sapi yang dapat ditampung di KGU adalah sekitar 5.000 ekor sapi. Selain proses penggemukan sapi potong, KGU juga melakukan proses pengembangbiakan yang terjadi tanpa sengaja. Di saat mendatangkan sapi bakalan dari Australia yang di klaim telah steril, ternyata dari ribuan sapi bakalan itu beberapa ternyata tidak steril dan akhirnya dikawinkan.

Proses pengembangbiakan yang dilakukan di KGU dilakukan secara alami dan juga buatan, dan juga kandang untuk sapi yang dikembangbiakan dan sapi yang digemukan juga dipisahkan. Selain itu juga anak sapi yang telah disapih juga dipisahkan, agar dapat dilakukan pemeliharaan dengan baik. Kini KGU telah menghasilkan 5.000 ekor anak sapi.

5. Peternakan PT. Karya Alam Sentosa Abadi (KASA)

Peternakan PT. Karya Alam Sentosa Abadi (KASA)

Peternakan dari PT. Karya Alam Sentosa Abadi berlokasi di Bekri Lampung Tengah. PT. KASA bergerak dalam bidang penggemukan dan juga pengembangbiakan sapi potong. Peternakan ini mendatangkan sapi bakalan dari Australia, jenis sapi yang diimpor adalah jenis Brahman Cross (BX).

Untuk mendatangkan sapi bakalan dari Australia mereka bekerjasama dengan ILE (International Livestock Export) dan juga Frontier sebagai pihak exportir. Sapi yang datang akan dikarantina terlebih dahulu, untuk memastikan sapi-sapi tersebut dalam keadaan baik sebelum dilanjutkan pada proses penggemukan. 

6. Peternakan PT.Tanjung Unggul Mandiri

Peternakan PT.Tanjung Unggul Mandiri

PT. Tanjung unggul Mandiri adalah peternakan yang berlokasi di daerah Tangerang Banten. Peternakan ini lebih berfokus pada penggumukan sapi. Peternakan ini menggemukan sapi dari jenis sapi brahman yang didatangkan dari Australia. Peternakan ini mampu menampung 23.000 sapi pada lahan mereka yang luas, dan disaat ramai bisa sampai menyetok 30.000 ekor sapi.

7. Peternakan PT. Widodo Makmur

Peternakan PT. Widodo Makmur

Peternakan dari PT. Widodo Makmur berlokasi di daerah Cileungsi. Peternakan ini berfokus pada pengembangbiakan sapi potong, mereka mengawali usahanya dengan memelihara belasan ekor sapi. Sapi-sapi yang dikembangbiakan di peternakan ini berasal dari Australia untuk mendapatkan sapi potong dengan kualitas yang baik.

Peternakan ini memiliki lahan yang luasnya 1.5 hektar dengan jumlah sapi sekitar lebih dari 1.000 ekor. Di saat usahanya semakin berkembang perusahaan ini tidak hanya bergerak di bidang peternakan, tetapi merambah pada bisnis di bidang properti dan pertanian serta perminyakan.

8. Peternakan PT. Citra Agro Buana Semesta (CABS)

Peternakan PT. Citra Agro Buana Semesta (CABS)

Peternakan Citra Agro Buana Semesta berlokasi di daerah Malangbong Garut Jawa Barat. Peternakan CABS ini berdiri pada tahun 1998 di bulan Oktober, di saat krisis moneter sedang melanda Indonesia. Peternakan ini mencoba bergerak di bidang yang ditinggalkan banyak peternakan saat krisis moneter terjadi, mereka mencoba bergerak di bidang penggemukan sapi potong.

Di awal PT. CABS untuk memenuhi kebutuhan sapi potong segar, mereka mengambil sapi potong dari sapi lokal, namun kebutuhan untuk sapi potong yang besar tidak dapat terpenuhi oleh hanya sapi lokal saja. PT. CABS pun melakukan impor sapi dari Australia yang selanjutnya digemukan di peternakan mereka yang berlokasi di  Desa Mekar Asih, Kecamatan Malangbong Garut.

Nah, itulah beberapa peternakan besar yang berada di Indonesia, merekalah yang memenuhi kebutuhan daging sapi dan susu segar yang berkualitas di Indonesia agar ketahanan pangan kita tetap terjaga. Kamu juga bisa berkunjung ke peternakan-peternakan sapi itu, jangan lupa ajak seluruh anggota keluarga, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *