Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Januari 2019

Pernahkah terbayang dalam pikiran Anda bagaimana rasanya menaiki pesawat tercepat di dunia? Pesatnya perkembangan teknologi telah memungkinkan manusia untuk menciptakan pesawat dengan kecepatan yang meningkat dari waktu ke waktu. Di tahun 70an, pesawat tercepat yang pernah dibuat memiliki kecepatan hingga 800 km/jam.

Kini, banyak sekali pesawat yang dibuat dengan kecepatan tinggi. Hal ini tentunya dilakukan dengan tujuan yang berbeda-beda. Pesawat yang diciptakan ini biasanya memiliki kecepatan rata-rata mach 2.o atau setara dengan 2469.6 km/jam. Lalu, pesawat apa sajakah yang dikategorikan sebagai pesawat tercepat di dunia? Mari kita simak daftar pesawat tercepat di dunia.

10 Pesawat Tercepat di Dunia

1. North American X-15

* sumber: www.britmodeller.com

Pesawat ini merupakan bagian dari program eksperimen yang diadakan oleh Angkatan Udara dan Lembaga Administrasi Luar Angkasa dan Aeronautika Nasional Amerika. Dalam salah satu percobaannya, pesawat ini memecahkan rekor sebagai pesawat tercepat di dunia. Rekor ini diraih setelah X-15 terbang dengan kecepatan Mach 6.7 atau setara dengan 7274,2 km/jam.

Seperti pesawat lainnya yang dibuat dalam Program Pesawat Seri-X, X-15 didesain untuk terbang dari pesawat induknya, B-52. Pesawat B-52 melepaskan X-15 pada ketinggian 13.7 km dengan kecepatan sekitar 805 km/jam.

2. Lockheed SR-71 Blackbird

* sumber: en.wikipedia.org

Pesawat yang satu ini merupakan pesawat pengintai milik Angkatan Udara Amerika. Pesawat yang didesain berdasarkan bentuk pesawat A-12 ini menggunakan kecepatan tinggi dalam setiap misi pengintaiannya. Jika terdeteksi dan mendapatkan serangan musuh, tindakan pertama yang dilakukannya adalah terbang lebih cepat daripada peluru misil yang ditembakkan musuh.

Pesawat ini mendapatkan nama Blackbird karena catnya yang berwarna biru gelap. Hal ini ditujukan untuk mengelabui radar, mengurangi kadar emisi panas dari dalam pesawat, dan juga sebagai kamuflase saat terbang di malam hari.

Pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan lebih dari Mach 3.2 sehingga mampu mengecoh radar musuh. Bahkan dengan kecepatannya, SR-71 ternyata mampu mengalahkan kecepatan pesawat buatan Rusia MiG-25.

3. Lockheed YF-12

* sumber: Lockheed%20YF-12

Lockheed YF-12 adalah purwarupa dari pesawat pencegat buatan Amerika. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan Mach 3.35 atau setara dengan 3,661 km/jam pada ketinggian 24,00 meter. Walau kecepatannya terkalahkan oleh SR-71, namun YF-12 masih memegang rekor sebagai pesawat pencegat terbesar dalam sejarah hingga saat ini.

Dengan ukuran pesawat sepanjang hampir 31 meter dan lebar sayap hampir 17 meter, pesawat ini dapat menampung 2 orang, sang pilot dan juga seorang juru tembak. YF-12 dilengkapi dengan 2 turbo jet dan juga 3 misil Hughes AIM-47A.

4. Mikoyan MIG-25 Foxbat

* sumber: www.pinterest.com

MiG-25 adalah pesawat Rusia yang didesain sebagai pesawat pencegat dan juga pengintai yang mampu terbang dalam kecepatan supersonik. Pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan hingga Mach 2.83. Walaupun MIG-25 dapat terbang hingga Mach 3.2, terbang dengan kecepatan maksimal berisiko merusak mesin pesawat.

Letnan Viktor Belenko, salah satu pilot Angkatan Udara Uni Soviet, menemukan bahwa MiG-25 cacat dalam desain pesawat ini. Berdasarkan temuan ini, lahirlah MiG-25 Foxbat yang menyempurnakan desain pesawat versi sebelumnya.

Foxbat mampu terbang dengan kecepatan lebih dari mach 2.8. Pesawat ini juga dilengkapi dengan radar dan juga persenjataan yang lebih canggih. Walau awalnya Foxbat hanya dibuat dalam versi purwarupa, namun akhirnya Foxbat dibuat secara masal dengan berbagai versi.

5. Bell X-2 Starbuster

* sumber: fineartamerica.com

Bell X-2, atau disebut juga Starbuster adalah pesawat yang oleh perusahaan Bell Aircraft dan Komite Penasehat Nasional Aeronautika (NACA) Amerika untuk menyelidiki karakteristik pesawat yang terbang dengan kecepatan Mach 2 hingga Mach 3. Starbuster dikembangkan untuk menciptakan pesawat yang dapat terbang lebih cepat dari pendahulunya, Bell X-1 dan D-558 II.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, Starbuster mendapatkan beberapa modifikasi sehingga mampu terbang hingga kecepatan mach 3.2. Kecepatan ini setara dengan 3,370 km/jam. Selain itu, Starbuster juga dapat terbang hingga ketinggian 38,466 m. Seorang pilot yang mampu menerbangkan pesawat di atas ketinggian 30,000 meter juga dapat dikategorikan sebagai astronot.

6. XB-70 Valkyrie

* sumber: grabcad.com

XB-70 adalah pesawat buatan Amerika yang ditujukan sebagai pesawat pengebom. Pesawat ini juga dianggap sebagai pesawat pengebom terbesar dan tercepat yang pernah dibuat Amerika. XB-70 didesain untuk terbang dalam kecepatan tinggi agar dapat menghindar dari misil saat pesawat ini menjatuhkan bomnya ke wilayah Uni Soviet.

XB-70 mampu terbang hingga kecepatan mach 3. Tapi sayangnya, kendali terbangnya tidak terlalu baik. Karena itu, pada versi kedua, XB-70 mendapatkan tambahan pada bagian sayapnya agar mampu terbang lebih stabil dalam kecepatan supersonik.

7. Mikoyan MIG-31 Foxbat

* sumber: migflug.com

MIG-31 ini merupakan penyempurnaan dari pesawat Rusia sebelumnya, MIG-25. Walau banyak yang meragukan kemampuan yang dimiliki MIG-31 ini karena kegagalan pendahulunya, kenyataannya pesawat ini dapat menguasai wilayah udara seluas 900 km dengan radar yang mampu mendeteksi keberadaan musuh hingga radius 200 km.

Karena kemampuannya yang dapat mencegat pesawat musuh dalam kecepatan tinggi dan juga melindungi wilayah yang tidak dapat dicapai oleh sistem pertahanan udara, MIG-31 diproduksi masal dari tahun 1976 hingga 1988.

Setelah produksinya dihentikan, Rusia mulai membuat perbaikan untuk menciptakan generasi selanjutnya dari pesawat ini. Pesawat pengganti MIG-31 ini direncanakan untuk mulai diluncurkan pada tahun 2020 nanti.

8. McDonnell Douglas F-15 Eagle

McDonnell Douglas F-15 Eagle

* sumber: en.wikipedia.org

Pesawat bermesin ganda ini dibuat oleh McDonnel Douglas (kini berganti nama menjadi Boeing) untuk mendukung pertahanan udara Amerika. Sejak pertama kali mengudara, F-15 ini telah meraih 100 kemenangan dalam pertempurannya.

F-15 Eagle ini juga diproduksi untuk negara-negara, seperti Jepang, Israel, dan Arab Saudi. Sayangnya, produksi pesawat ini akan dihentikan pada tahun 2022. Bahkan sejak 2017, pesawat tempur ini dibuat dengan versi yang berbeda dari aslinya.

Keunggulan dari F-15 Eagle ini adalah ukurannya yang kecil dan cukup ringan untuk terbang dalam kecepatan tinggi. Pada desain awalnya, pesawat ini dibuat dengan rasio 1:1 dengan bobotnya, sehingga mampu mencapai kecepatan hingga mach 2.3. Dengan beberapa perubahan, pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan lebih dari mach 2.5.

9. General Dynamics F-111 Aardvark

* sumber: www.pinterest.com

F-111 Aardvark merupakan pesawat penyerang yang memiliki berbagai fungsi. Pesawat ini juga menjadi pelopor dalam penggunaan teknologi terbaru aeronautika seperti mesin turbofan, desain sayap yang bervariasi, dan radar darat untuk penerbangan dengan ketinggian rendah.

Pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan hingga 2,655 km/jam atau mencapai mach 2.5. Ketinggian terbang yang dapat dicapai F-111 Aardvark ini adalah 20,100 m. Sebagai pesawat penyerang, senjata yang dimilikinya antara lain senapan mesin M61A1 Vulcan dan 9 misil kombinasi seperti bom kluster, bom elektrik, bahkan hingga bom nuklir.

10. Sukhoi Su-27 Flanker

Sukhoi Su-27 Flanker

SU-27 adalah pesawat tempur buatan Rusia yang kemampuannya sebanding dengan pesawat tempur F-15 buatan Amerika. Pesawat ini dilengkapi dengan teknologi pilot otomatis untuk memasuki wilayah musuh. Selain itu, SU-27 juga memiliki sistem pertahanan udara yang terhubung ke stasiun kontrol darat dan udara.

Dengan berat maksimal 30,000 kg, pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan hingga mach 2.35. Dengan daya tempuh hingga 4,000 km, SU-27 dilengkapi dengan sebuah kanon 30 mm berkapasitas 150 peluru dan 10 slot untuk membawa berbagai jenis misil.

Nah, itulah 10 pesawat tercepat di dunia saat ini. Dari kesepuluh pesawat di atas, mana pesawat yang jadi favorit Anda? Atau Anda ingin tahu informasi menarik lainnya tentang pesawat? Yuk, baca artikel 10 Pesawat Terbesar ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .