Bacaterus / Belajar Yuk! / FYI / 10 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia yang Keren Abis!

10 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia yang Keren Abis!

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 November 2018

Lain halnya dengan pesawat khusus pengebom, pesawat tempur adalah pesawat yang dibuat khusus untuk menyerang musuh di udara. Pesawat tempur wajib dimiliki oleh militer di setiap negara. Biasanya, negara-negara adidaya, seperti Amerika Serikat hingga Rusia, memiliki banyak pesawat tempur canggih yang super keren.

Nah, kali ini, Bacaterus ingin mengajak kamu untuk membahas tentang 10 pesawat tempur tercanggih di dunia yang ada saat ini. Simak langsung pembahasannya di bawah ini.

10 Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

1. F-22 Raptor

pesawat tempur tercanggih F-22-Raptor (

* sumber: www.aviationcv.com

Yang pertama, ada F-22 Raptor. Pesawat yang dirancang dan didesain oleh Lockheed Martin Corp. dan Boeing ini adalah pesawat tactical fighter yang memiliki kecepatan lebih dari 1.300 mil per jam dan merupakan pesawat tempur dengan biaya produksi yang sangat tinggi. Pesawat tempur ini dilengkapi dengan teknologi penyamaran yang membuatnya tak tampak di radar.

Selain itu, F-22 Raptor juga dilengkapi dengan senjata M61A2 Vulcan Gatling yang berukuran 20 milimeter yang dapat menampung sebanyak 480 amunisi, delapan bom GBU-39  seberat 250 pon, 2 misil AIM-9, dan 2 bom JDAM seberat 1000 pon. Pesawat ini pertama kali beroperasi di militer Amerika Serikat pada tahun 2005 silam, kemudian berhenti beroperasi di tahun 2012 setelah digantikan oleh pesawat tempur F-35.

2. Sukhoi SU-35

3-Su-35 (Copy)

* sumber: www.airforce-technology.com

Selanjutnya ada Sukhoi SU-35 dari Rusia. Pesawat tempur yang ditaksir memiliki harga senilai 40 juta sampai dengan 65 juta US Dollar atau setara dengan 580 hingga 900 juta rupiah per-unitnya, memiliki satu tempat duduk tunggal, kecepatan maksimum 2.778 kilometer per jam dan jarak tempuh sejauh 45.000 kilometer.

Pesawat ini dibuat oleh Sukhoi dan bekerjasama dengan dua perusahaan pembuat pesawat lainnya. Sukhoi SU-35 adalah pesawat tempur yang dikembangkan pada tahun 80’an dan dimodernisasi dengan teknologi yang lebih baru pada tahun 2000.

Sukhoi SU-35 memiliki 12 cantelan untuk membawa senjata. Empat di antaranya terletak pada kedua sayap pesawat, satu cantelan lainnya berada di ujung sayap, dan sisanya berada di bagian lain pesawat tempur ini, termasuk di bawah kedua mesinya.

Versi baru dari pesawat ini, Sukhoi SU-35BM diperkenalkan di Aerosalon MAKS air show yang dihelat di Moskow, Rusia pada tahun 2007 lalu. Pesawat SU-35 BM mengudara untuk pertama kalinya satu tahun kemudian, tepatnya pada bulan Februari tahun 2008 silam.

3. Dassault Rafale

drafale

* sumber: www.aviationcv.com

Dassault Rafale adalah pesawat tempur asal Perancis yang memiliki panjang sekitar 15 meter. Pesawat tempur ini dilengkapi dengan dua mesin yakni mesin Snecma M88 dan mesin turbofan. Pesawat tempur Dassault Rafale mampu menempuh jarak sejauh 3.700 kilometer dengan kecepatan 1.1912 km/jam. Menurut aviationcv, pesawat rancangan Dassault Aviation mampu menjalankan misi serangan udara maupun darat serta penangkal nuklir.

Pesawat tempur Dassault Rafale dapat membawa lebih dari 9.5 ton artileri, lho. Dassault Rafale pertamakali mengudara di tahun 1986 dan dikenalkan pada khalayak pada tahun 2001.

4. F-35 Lightning II

F-35-Lightning-II (Copy)

* sumber: www.aviationcv.com

Next, ada Lockheed Martin F-35 Lightning II. Pesawat tempur ini pertama kali diproduksi pada tahun 2006 dan masih tetap diproduksi hingga saat ini. F-35 Lightning II dibuat oleh perusahaan pembuat pesawat asal AS, Lockheed Martin Aeronautics untuk militer Amerika dan Inggris.

Pesawat ini dilengkapi dengan satu mesin dan dirancang khusus untuk serangan udara serta darat. F-35 diperkirakan dibanderol dengan harga 48 hingga 63 juta rupiah per-unit. Dilansir dari tribunnews, pesawat tempur ini mampu menghancurkan belasan pesawat tempur F-16 karena memiliki sensor yang canggih. Sensor ini mampu mengumpulkan informasi posisi lawan baik yang ada di darat maupun di udara secara utuh.

5. Eurofighter Typhoon

typhooneuro (Copy)

* sumber: www.airforce-technology.com

Pesawat tempur tercanggih lainnya adalah Eurofighter Typhoon. Pesawat yang memiliki jarak tempuh sejauh 3.790 kilometer dengan kecepatan jelajah 1.838 km/jam ini dilengkapi dengan dua mesin, yakni Eurojet EJ2000 dan mesin turbofan. Pesawat ini dilengkapi dengan senjata Mauser BK27 mm yang merupakan senjata dengan sistem revolver.

Eurofighter Typhoon memiliki 13 cantelan senjata yang posisinya tersebar di beberapa bagian pesawat. Pesawat tempur ini pertama kali terbang di tahun 1994 lalu dan masih digunakan oleh beberapa negara, seperti Jerman, Inggris, Italia, dan Spanyol.

6. MiG 35

MiG-35 (Copy)

* sumber: www.aviationcv.com

Mikoyan, badan pembuat pesawat asal Rusia memproduksi pesawat tempur dengan jarak tempuh sejauh 2000 kilometer dan kecepatan maksimum 2.600 km/jam yang diberi nama MiG 35. Pesawat dengan mesin Klimov RD-33 ini adalah salah satu pesawat tempur paling terkenal dalam dunia peperangan. MiG 35 dilengkapi dengan sistem persenjataan dan avionik yang canggih.

MiG 35 dilengkapi dengan 9 cantelan senjata, 8 di antaranya berada di bawah sayap pesawat, dengan kapasitas hingga 7000 kilogram. Pesawat tempur ini juga dilengkapi dengan berbagai jenis bom serta rudal yang mematikan. MiG 35 memulai penerbangan pertamanya di tahun 2007 lalu dan masih dikembangkan hingga saat ini.

7. Saab JAS 39 Gripen

saabgripen

* sumber: www.aviationcv.com

Saab JAS 39 Gripen adalah pesawat tempur tercanggih yang dibuat oleh perusahaan pembuat pesawat asal Swedia, Saab. Pesawat tempur ini memiliki berat sebesar 6.622 kilogram, dengan jarak tempuh sejauh 3.250 kilometer dan dilengkapi dengan satu mesin turbofan.

Saab JAS 39 Gripen dilengkapi dengan 12 jenis persenjataan lengkap. Pesawat tempur ini merupakan pengganti dari dua pesawat tempur canggih lainnya, 37 Viggen dan Saab Draken 35 yang digunakan oleh militer Swedia. Saab JAS 39 Gripen pertama kali terbang di tahun 1988 dan diperkenalkan ke publik pada tahun 1997. Pesawat tempur ini juga digunakan oleh militer Hungaria dan Republik Ceko.

8. F-16 Fighting Falcon

F-16 (Copy)

* sumber: www.aviationcv.com

F-16 Fighting Falcon adalah satu di antara deretan pesawat tempur canggih asal Amerika Serikat. Pesawat yang mulanya hanya diperuntukkan bagi serangan di udara ini dikembangkan menjadi pesawat tempur multi-peran. F-16 Fighting Falcon memiliki 11 cantelan senjata dan mampu membawa beragam jenis bom, rudal, roket hingga senjata api.

Pesawat tempur ini digunakan oleh beberapa negara di dunia dan Indonesia adalah salah satu pengguna utamanya. F-16 Fighting Falcon yang merupakan salah satu pesawat tempur populer ini juga memiliki beberapa varian. Pesawat tempur satu ini pertama kali mengudara di tahun 1974 dan diperkenalkan ke publik empat tahun kemudian.

 9. F-15 Eagle

F15-Eagle (Copy)

* sumber: www.aviationcv.com

Pesawat Tempur F-15 Eagle tidak kalah keren dengan ketujuh pesawat tempur lainnya. F-15 Eagle terbang pertama kali pada tahun 1972 silam. Pesawat tempur ini memiliki kecepatan maksimum sekitar 3.017 km/jam. F-15 Eagle buatan McDonnell Douglas masih digunakan oleh militer AS dan beberapa negara lainnya seperti Jepang hingga Israel.

Sejak pertama kali dibuat dan dikenalkan, pesawat tempur ini terus dikembangkan dan telah memiliki banyak versi. Tercatat, telah ada sekitar 10 versi pesawat tempur ini yang telah diproduksi.

10. J-10

6.-J-10 (Copy)

* sumber: www.aviationcv.com

Terakhir, ada pesawat tempur Chengdu J-10 dari Republik Rakyat Tiongkok. Pesawat yang dilengkapi dengan satu mesin turbofan dan satu mesin Saturn AL-31 ini diproduksi oleh Chengdu Aircraft Insustry Corporation dan telah mengudara sejak tahun 1998 lalu ini memiliki kecepatan maksimum 2.327 km/jam.

Pesawat ini memiliki 11 cantelan senjata dan dilengkapi dengan senapan berupa meriam internal 2x 23 mm. Satu pesawat tempur jenis ini dibanderol seharga 41 juta USD atau sekitar 601 juta rupiah.

Nah, itu dia kesepuluh pesawat tempur tercanggih di dunia yang berasal dari beberapa negara. Sangat keren, bukan? Oh ya, Jika kamu ingin tahu mengenai istilah yang sering digunakan dalam penerbangan, silakan baca artikel Istilah Dalam Penerbangan dari Bacaterus.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment