bacaterus web banner retina

Pertanyaan Truth or Dare untuk Sahabat yang Paling Seru

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 1 Februari 2021

Truth or Dare adalah permainan klasik yang uniknya dimainkan di seluruh dunia. Entah siapa yang pertama menciptakan permainan ini, tapi Truth or Dare nampaknya sudah ada sejak dulu dan sudah dimainkan dari generasi ke generasi.

Tapi, yang paling sering memainkannya seringnya anak muda, sih. Saat menginap di rumah teman, saat malam pengakraban angkatan baru di sekolah, atau saat party gitu biasanya suka ada yang ngajak main Truth or Dare, kan?

Jika diterjemahkan secara harfiah, Truth berarti kebenaran dan Dare berarti tantangan. Di kita, permainan ini disebut Jujur/Berani. Cara bermainnya, orang lain akan menantang kamu untuk mengatakan kejujuran atau melakukan tantangan.

Kalau kamu tidak mau atau gagal melakukan misi, biasanya kamu akan disuruh melakukan sesuatu yang lain, misalnya harus minum jus racikan yang menjijikkan (dari campuran sayuran dan bawang putih, contohnya), atau ya pokoknya disuruh yang aneh-aneh gitu, deh.

Kelebihan game ini adalah, kita nggak membutuhkan konsol game, kartu remi, papan permainan, dan alat-alat mahal. Hanya ide yang menarik untuk pertanyaan Truth dan tantangan yang seru untuk Dare. Permainan ini juga bisa semakin mendekatkan sahabat atau teman baru. Berikut sudah Bacaterus kumpulkan pertanyaan-pertanyaan Truth or Dare yang bisa kamu contek buat main nanti bersama teman-teman!

Truth

Pertanyaan Truth or Dare untuk Sahabat yang Paling Seru 1

Jika teman bermain atau kamu memilih Truth, maka kalian harus menjawab pertanyaan yang dilontarkan sejujur-jujurnya, se-absurd apapun pertanyaan itu.

Tapi, kalau misalkan kamu nggak nyaman dengan pertanyaan tersebut, kamu juga bisa mengelak, tapi paling kamu nanti disuruh melakukan Dare atau mendapatkan 'hukuman' yang sudah ditentukan jika tidak berhasil melakukan Truth or Dare. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk Truth yang bisa kamu contek.

Musik apa yang paling 'memalukan' yang kamu dengarkan saat ini?

Kadang perkumpulan teman memiliki genre musik tertentu yang 'diharuskan'. Misalnya jangan ada yang dengerin K-pop, atau dangdut, dan sebagainya. Dan, kalau kamu mendengarkan musik yang 'terlarang' di geng kamu itu, maka itu adalah musik yang memalukan.

Pertanyaan ini bisa saja membuka pemikiran teman-temanmu tentang musik yang dianggap memalukan itu. Kamu juga bisa sekalian promosi dan menjelaskan kenapa suka sama lagu tersebut.

Alasan apa yang paling sering kamu gunakan ke orang tua saat mau hangout sama teman?

Pernah nggak, sih, kamu nggak diperbolehkan main dalam jangka waktu tertentu. Misalnya nggak boleh main saat hari ujian sekolah, atau nggak boleh main jauh-jauh dan sampai malam. Nah, biasanya sebagai anak muda pasti kamu pernah lah bohong sama orang tua, yang penting kamu bisa main.

Nah, biasanya kamu pakai alasan apa buat bohong? Pertanyaan ini bisa juga diganti dengan "Apa alasan paling nyeleneh yang pernah kamu pakai buat mabal alias kabur dari sekolah?", soalnya agak mirip-mirip gitu, kan.

Pernah nggak mandi berapa hari?

Kita semua pasti pernah mengalami hari mager sedunia. Kayaknya malas banget ngapa-ngapain. Apalagi kalau di rumah saja dan tidak ada rencana keluar, bawaannya jadi malas mandi, kan? Nah, boleh tuh dijadikan pertanyaan, "Kamu paling lama nggak mandi bisa sampe berapa hari?", hihihi.

Punya gebetan rahasia, gak?

Nah, kalau ini sih pertanyaan wajib buat Truth or Dare. Gebetan teman kita, apalagi kalau dia belum cerita apa-apa sama kita, pasti sangat membuat penasaran. Ini adalah pertanyaan yang menyenangkan untuk ditanyakan, terutama jika ternyata si gebetan itu ada di kelompok kamu atau orang yang kalian semua kenal (dan orang itu tidak disangka-sangka).

Atau, misalnya situasinya kalian lagi reunian, terus pertanyaannya "Gebetan rahasia waktu di sekolah siapa, nih?", pasti bisa menggemparkan acara reuni kamu. Terus, kebetulan si doinya juga ada di situ lagi, chakeeep! Siapa tahu, jadi sekalian dapet jodoh, kan.

Siapa orang atau akun terakhir yang kamu stalk di medsos?

Pertanyaan ini bisa menyambung dengan pertanyaan sebelumnya, atau bisa juga tidak berhubungan sama sekali. Kadang kita penasaran dengan kehidupan seseorang, baik itu selebgram, artis, kawan lama, atau bahkan teman yang sekarang masih berhubungan intens.

Pertanyaan seputar stalking media sosial ini bisa mendapatkan jawaban yang seru (misal: jawabannya habis stalk mantan) atau boring (kalau jawabannya cuma stalk akun artis doang).

Pernah Pipis di Kolam Renang 'Gak?

Kayaknya semua orang pernah melakukannya, nggak, sih? Haha. Tapi, pertanyaan ini lumayan seru juga buat ditanyakan. Apalagi kalau misalnya ada cerita tersendiri dibalik pipisnya di kolam renang. Misalnya habis pipis, terus dia ditenggelamin sama temannya di area yang baru saja dia kencingi. Kan blunder, xixixi.

Dare

Pertanyaan Truth or Dare untuk Sahabat yang Paling Seru 3

Dare biasanya dipilih oleh orang yang jiwa adrenalinnya tinggi. Karena, kita tidak pernah tau tantangan apa yang bakal dilontarkan oleh teman kita. Kadang Dare-nya bisa absurd banget, bisa nyapein banget (kebayang kalau misalnya disuruh lari di tempat selama 15 menit), tapi bisa juga memalukan banget. Berikut adalah beberapa Dare yang menarik untuk dicoba.

Bersedia Medsosnya di'bajak'

Dulu, waktu masih zaman handphone BlackBerry, sering banget kejadian teman nge-hack status, nama, ganti foto, bahkan nge-chat semua kontak BBM (BlackBerry Messenger) kita. Karena sekarang sudah tidak ada BBM dan YM (Yahoo Messenger) sudah tidak musim, agak sulit mengechat semua kontak secara sekaligus.

Jadi, paling kamu cuma bisa nge-DM (direct message) orang satu per satu, atau post foto yang malu-maluin ke akun Instagram target, apa aja pokoknya yang nyusahin, haha.

Makan saus sambal yang banyak!

Dare makan atau minum sesuatu adalah Dare yang paling populer. Yang paling gampang sih makan saus sambal, saja loh ya tanpa apa-apa. Atau, bisa juga makan sebundel wasabi, pedes banget kan tuh.

Kalau kamu ada ide lain bisa juga kayak ngunyah bawang putih mentah, menelan telur mentah, atau bahkan menjilat sabun. Pokoknya, pastikan teman yang terkena Dare tidak ada masalah kesehatan dengan makanan atau minuman itu, ya.

Biarkan teman di samping makeup-in kamu!

Seru banget, nih. Apalagi kalau kamu cowok, biasanya ogah didandanin gitu kan. Atau, cewek nih yang udah dandan maksimal terus di-redo makeup-nya, pasti kesel, deh. Atau, kalau cewek atau cowok udah dandan misalnya, suruh hapus saja dan nggak boleh makeup-an lagi sampai pulang.

Kalau nggak makeup, boleh tatanan rambut juga. Misalnya jadi dikuncir, di-curly, di-spray cat yang kalau keramas hilang, kalau mau ekstrim sih dipotong! Misalnya potong poni gitu? Tapi ingat ini harus persetujuan kedua belah pihak dan jangan dipaksakan, ya.

Suruh pura-pura jadi magician

Nggak semua orang berbakat menjadi pesulap. Lalu, bagaimana kalau kamu Dare temanmu untuk melakukan trik sulap? Kayaknya bakal seru banget melihat temanmu berusaha keras, apalagi kalau dia nggak ada bakat sama sekali.

Tato temanmu! (pakai spidol)

Kamu termasuk teman yang iseng? Kenapa tidak menato temanmu dengan kata atau gambar yang memalukan, di tempat yang terlihat jelas yang nggak bisa disembunyikan oleh baju. Tapi, tatonya bukan tato betulan, melainkan pakai spidol permanen.

Masukkan lima es batu ke dalam mulut!

Dan, kamu nggak boleh mengunyahnya, kamu hanya bisa membiarkan mereka meleleh secara perlahan. Brrr, dingiiiin~! Kalau nggak ada es, bisa juga memasukkan camilan atau makanan sebanyak-banyaknya ke dalam mulut.

Katakan 1 hal benar & 1 hal bohong, lalu biarkan temanmu menebak mana yang benar

Agak ribet, ya, tapi kamu ngerti kan maksudnya? Jadi, teman kamu diminta mengatakan satu kebohongan dan satu hal jujur. Nah, nanti kelompok main kamu tebak mana yang benar mana yang merupakan hal bohong.

Biarkan seseorang mencukur sebagian tubuh kamu

Bayangin temanmu hanya punya sebelah alis saja. Ini adalah Dare yang cukup keterlaluan karena efeknya bertahan lama. Kalau teman kamu berani, jagoan banget, sih. Kebayang alisnya dicukur habis gimana?

Bisa juga mencukur area tubuh lainnya kalau alis terlalu ekstrim, misalnya cukur bulu ketek, bulu tangan, atau bulu kaki. Hati-hati, karena Dare ini bisa kembali lagi ke kamu. Jadi, jangan melakukan apa yang nggak ingin kejadian sama kamu, ya, haha.

Warning!

Pertanyaan Truth or Dare untuk Sahabat yang Paling Seru 5

Bermain Truth or Dare tentu menyenangkan, tapi ada aturannya juga. Seperti jangan memberi tantangan yang membahayakan pemainnya. Contohnya menyuruh mereka melompat dari lantai dua, melukai diri mereka sendiri dengan alat tajam, makan atau minum sesuatu yang berbahaya, itu jangan dilakukan, ya.

Hati-hati juga jangan sampai melewati batas nyaman dari orang yang diberi pertanyaan dan tantangan. Karena, siapa tahu dia tidak nyaman dengan pertanyaan tersebut, atau sebenarnya dia memiliki trauma dengan tantangan yang diberikan.

Jadi, sebelum melontarkan Truth or Dare, alangkah lebih baik jika kita sudah mengetahui sedikitnya cerita hidup dan ketakutan dari orang tersebut, untuk menjaga hubungan pertemanan kalian juga ke depannya.

Namun, tentu ini akan sulit jika kamu bermain Truth or Dare dengan orang-orang baru. So, keputusannya ada di kamu mau melontarkan pertanyaan dan tantangan apa. Berdoa saja semoga orang itu tidak tersinggung, ya. Karena, jika sudah setuju mau bermain Truth or Dare, semua pemain seharusnya tahu resiko dan cara bermainnya. Kamu punya ide lainnya? Share di bawah, yuk!

Oh iya, selain game Truth or Dare, sebenarnya masih banyak lagi permainan seru yang bisa dimainkan secara berkelompok, terutama yang sedang mencari permainan untuk acara kantor. Seperti apa? Simak artikel Permainan Indoor untuk Karyawan ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram