Bacaterus / Agustusan / 10 Pernak-Pernik Wajib untuk Memeriahkan 17 Agustus

10 Pernak-Pernik Wajib untuk Memeriahkan 17 Agustus

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hari Kemerdekaan adalah waktu ketika semua orang di Indonesia berpesta serentak, merayakan ulang tahun kebebasan Indonesia. Walaupun bertepatan pada hari ke-17, dari awal bulan Agustus kamu pasti sudah banyak melihat pedagang bendera di pinggir jalan.

Seperti iklan sirup di televisi yang menjadi pengingat sebentar lagi puasa Ramadhan, pada penjual bendera bisa jadi tanda kalau sebentar lagi kita akan Agustusan.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperingati hari bersejarah tersebut, seperti upacara bendera di sekolah atau di kantor, mendekorasi rumah dan lingkungan sekitar dengan tema kemerdekaan, dan juga lomba antar RT, RW, komplek, hingga desa dan kecamatan!

Biasanya acara 17-an suka diakhiri dengan syukuran dan dangdutan juga di beberapa daerah. Nah, sekarang Bacaterus mau ngasih kamu ide gimana menghias rumah, kelas, atau kantor kamu supaya nuansa 17-an kerasa banget.

1. Bendera Besar (Kain)

* sumber: beritatrends.com

Rasanya ada yang kurang kalau rumah tidak pasang bendera menjelang hari kemerdekaan. Sebenarnya ini tidak diwajibkan oleh pemerintah, tapi tetap saja kita ingin ikut merayakan euforia kemerdekaan Republik Indonesia.

Bendera Indonesia yang berbahan kain dan ukurannya normal seperti ini biasanya dipakai untuk upacara bendera di sekolah, instansi, dan juga kantor. Tapi, bisa juga buat dikibarkan di depan rumah.

Ada juga bendera yang panjang banget campuran warna merah, putih, biru, kuning, dan hijau. Terus, bendera dari kain satin dengan logo garuda dan ada tulisan “Hut RI (tahun)” juga sering kita jumpai. Biasanya bendera seperti ini dipasang di jalan-jalan besar atau di depan gedung besar seperti perkantoran dan mall, misalnya.

Kalau stok bendera di rumahmu entah ke mana, tenang saja, karena banyak pedagang kaki lima yang menjual aneka bendera di pinggir jalan setiap menjelang HUT RI.

2. Bendera Kecil (Plastik/Kertas Krep)

* sumber: bengkulu.kemenag.go.id

Kalau ini biasanya dipasang di perumahan, gang, dan sekolahan. Bendera kecil-kecil ini ada yang sudah jadi, terbuat dari plastik, jadi kita tinggal memasukkan benang kasurnya saja.

Tapi, bendera seperti ini bisa juga dibuat dari kertas krep, walaupun lebih membutuhkan kerja ekstra. Soalnya, kamu harus gunting kertas warna merah dan warna putihnya dulu, terus dilem supaya menempel satu sama lain, belum dilem lagi di benang kasurnya..

Semua kembali lagi ke kamu mau pakai bendera dari bahan apa. Soalnya, yang paling seru itu kebersamaannya. Biasanya orang-orang rumah atau teman-teman sekolah berkumpul bersama untuk membuat bendera ini, kan? Selain menjadi aktivitas yang bermanfaat, kamu juga bisa bercengkrama dengan teman-teman.

Oh, ya, kalau tidak salah dulu kendaraan umum dan kendaraan pribadi harus pasang bendera juga. Kamu bisa mendekor mobil, motor, atau sepedamu dengan bendera super mini size yang dijual oleh pedagang kaki lima ataupun bisa kamu dapatkan di e-commerce favoritmu.

Kamu bisa menggantungnya di spion atau menempelkannya dengan menggunakan sedotan kecil atau gagang plastik. Bendera kecil seperti ini juga biasanya dipegang dan dibawa oleh anak-anak ketika pawai.

3. Bendera DIY

* sumber: www.mi-alraudlah.sch.id

Dana terbatas untuk membeli bendera baru? Ingin memanfaat barang-barang atau bahkan limbah yang ada di sekitar? Ingin melakukan sesuatu yang fun untuk meningkatkan kreativitas? Coba bikin benderamu sendiri!

‘Bendera’ ini bisa terbuat dari apa saja, asal ada warna merah dan putihnya. Yang paling populer, sih, pakai kemasan air mineral gelas plastik bekas. Kamu bisa mengumpulkan gelas-gelasnya sendiri juga. Pokoknya jangan lupa dicuci bersih sebelum dipakai, ya.

Gelas-gelas ini lalu dicat warna merah dan putih. Sebaiknya cat bagian dalamnya supaya gelasnya bisa langsung kamu pegang, tidak perlu menunggu catnya mengering dulu, lama soalnya! Nanti, lubangi gelas plastiknya untuk dimasukkan benang kasur. Terus, gantung, deh, di tempat yang diinginkan. Kamu juga bisa berkreasi dengan kertas krep, kertas origami, dan lain sebagainya.

4. Gincu

* sumber: www.medcom.id

Mungkin di kota jarang melihat benda ini, tapi di perkampungan dan pedesaan, air berwarna-warni yang dimasukkan plastik es ini kadang digunakan sebagai pemeriah HUT RI. Biasanya air warna-warni ini, atau di daerah Sunda dipanggil gincu, digantung di pagar depan rumah, di gantung di ranting pohon seperti festival Tanabata di Jepang, atau digantung di atas dari rumah-ke-rumah layaknya bendera kecil-kecil saja.

Tradisi ini tidak selalu dilakukan, tapi lebih kepada tiba-tiba. Kadang ngetren, kadang redup lagi. Tapi, si gincu yang warna-warni gemes ini sebenarnya punya makna yang dalam, loh. Jadi, pada era 90-an, ketika Gerakan Reformasi pertama dicanangkan, gincu ini seperti ‘pertanda’.

Dan akhirnya, si gincu yang lucu-lucu ini dijadikan hiasan dikala ulang tahun Indonesia. Sebenarnya tidak ada komando untuk memajang air warna-warni ini sebagai hiasan 17 Agustus, hanya tiba-tiba terjadi saja. Kalau bahasa zaman now mungkin ‘viral’ dan diikuti banyak orang. Sekarang sudah jarang lagi terlihat, sih, si gincu-gincu ini. Kalau di daerahmu bagaimana?

5. Lampion

* sumber: efratainterior.com

Lampion juga sering dijadikan hiasan saat hari kemerdekaan. Mungkin karena lampion identik dengan budaya Tionghoa, yang mana ada cukup banyak di Indonesia. Kebanyakan lampion berwarna merah, bukan? Cahaya pendar berwarna merah dari lampion ada maknanya tersendiri, loh! Yaitu merupakan simbol pengharapan, bahwa tahun mendatang pun akan diberkahi keberuntungan, kebahagiaan, dan juga rezeki.

Makanya, walaupun lebih lazim dipasang saat Tahun Baru Imlek, lampion juga sering menjadi pemanis saat ulang tahun kemerdekaan. Terutama untuk orang-orang peranakan Tionghoa, mungkin rasanya ada yang kurang jika tidak memasang lampion di rumah atau tidak melihat lampion menghiasi sudut-sudut jalanan.

Karena untuk HUT RI, kamu akan memerlukan lampion berwarna putih juga tentunya. Dan, tidak perlu yang menggunakan api, ada juga ‘lampion’ yang terbuat dari kertas saja tapi bentuknya mirip lampion. Ini lebih save buat dijadikan pajangan daripada lampion yang bisa diterbangkan.

6. Balon

* sumber: photo.sindonews.com

Apalah serunya perayaan tanpa balon? Mau itu hari kelulusan, ulang tahun, pesta pernikahan, dan tentunya hari besar yang dirayakan semua orang di Indonesia pun bakal terasa hambar tanpa balon.

Walaupun, hiasan balon umumnya hanya diterapkan pada instansi atau tempat bisnis saja, seperti perkantoran, mall, hotel, kafe, dan sebagainya. Kamu juga bisa memeriahkan kelas-kelas di sekolahmu dengan balon tiup warna merah dan putih.

7. Spanduk

* sumber: desainart.net

Ah, spanduk, tentu saja! Tiap 17 Agustus kita pasti melihat banyak spanduk di setiap sudut jalan. Spanduk juga wajib ada saat ada acara panggung setelah lomba 17-an selesai, soalnya digunakan sebagai backdrop.

Biasanya kata-kata dan gambarnya menunjukkan patriotisme dan hal-hal yang membangkitkan semangat berbangsa dan bernegara. Kalau kamu tidak jago desain, ada banyak spanduk 17-an gratis, kok, di internet. Kamu tinggal unduh terus berikan file-nya ke tukang print spanduk, selesai!

8. Kuliner

* sumber: www.jakartanotebook.com

Kita semua tidak bisa hidup tanpa makanan. Saat perayaan 17-an, biasanya suka ada perlombaan yang mengusung tema masak-masak, kan? Bagaimana jika meningkatkan lagi kreativitas dan imajinasimu dengan membuat kuliner tema Hari Merdeka. Misalnya tumpeng merah putih yang bisa kamu buat dari beras merah dan beras putih, jus semangka sirsak, puding strawberry vanilla, dan sebagainya.

9. Properti Foto

* sumber: www.bukalapak.com

Zaman sekarang mah dikit-dikit cekrek upload, iya, kan? Upgrade perayaan 17-an di tempatmu dengan menyediakan photo booth. Tidak perlu sedia kamera bagus dengan tripod mahal. Kamu bisa cuma menyiapkan meja berisi properti untuk foto-foto, nanti orang-orang tinggal foto pakai handphone masing-masing.

Kamu bisa buat sendiri, mencari gambarnya di internet lalu dicetak, atau beli jadi. Banyak, kok, yang jualan photobooth props dengan tema kemerdekaan. Cari di toko perlengkapan alat pesta, ya!

10. Masker

*Sumber: https://www.instagram.com/gemas.official/

Pandemi COVID-19 belum mereda, tapi bukan berarti kamu cuma bisa merayakan 17-an #dirumahaja. Selama kamu mengikuti protokol kesehatan New Normal, jaga kebersihan, dan physical distancing, semuanya bisa diatasi. Dan, sesuai tema 17-an, kamu bisa pakai masker dengan lambang atau motif bendera Indonesia juga.

Supaya suasana kemerdekaannya terasa banget! Banyak banget yang jual masker dengan tema Indonesia sekarang. Mungkin pedagang di pinggir jalan juga sudah mulai menjajakkannya menjelang 17 Agustus.

Pernak-pernik tadi bisa memeriahkan acara 17 Agustus-an dimana pun dan kapan pun kamu berada. Tidak perlu mahal karena banyak pernak-pernik yang dijual dengan harga terjangkau. Sudah siap 17 Agustus-an?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *