bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dunia Mistis / 10 Permainan Pemanggil Arwah yang Terkenal di Dunia

10 Permainan Pemanggil Arwah yang Terkenal di Dunia

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 2 April 2021

Selain di Indonesia, beberapa negara di dunia juga diketahui memiliki permainan horor yang cukup menakutkan, yaitu permainan pemanggil arwah. Permainan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang penasaran dengan kehadiran sosok arwah gentayangan. Meski menakutkan dan berisiko, namun bagi mereka yang memiliki nyali besar permainan pemanggil arwah dianggap cukup menyenangkan.

Nah, apa saja permainan pemanggil arwah yang ada di dunia? Yuk, kita simak daftar permainan pemanggil arwah yang telah Bacaterus rangkum dalam artikel di bawah. Berikut adalah penjelasannya.

1. Jailangkung

Jailangkung

Jailangkung adalah salah satu permainan tradisional dari tanah air yang cukup melegenda. Jailangkung sendiri merupakan sebuah ritual untuk memanggil arwah. Untuk bisa memainkan permainan ini kamu hanya perlu batok kelapa yang ditusuk dengan sebatang kayu mirip dengan orang-orangan sawah.

Setelah itu para pemain harus mengucapkan mantra pemanggil, yaitu "Jailangkung, datang tak dijemput, pulang tak diantar”. Jika kamu sudah melakukan hal tersebut, maka tunggu beberapa saat. Konon arwah yang telah kamu panggil akan memberi tanda kehadirannya melalui boneka tersebut. Dimana boneka akan terasa berat dan sulit untuk dikendalikan.

2. Ouija Board

Ouija Board

Permainan pemanggil arwah selanjutnya adalah Ouija Board. Permainan ini sendiri konon telah ada sejak abad ke-19. Orang barat sering juga menyambutnya dengan "papan yang bisa berbicara". Permainan ini biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan arwah-arwah gentayangan yang ada di sekitar.

Caranya memainkan permainan ini cukup mudah. Kamu hanya perlu meletakkan jari pada planchette dan meminta arwah yang dimaksud untuk menunjukkan keberadaanya dengan membantu menggerakkan planchette tersebut.

Nah, jika terasa ada pergerakan, maka kamu hanya perlu membiarkan planchette itu bergerak membentuk kalimat dengan menunjuk huruf atau angka pada papan Ouija.

3. Bloody Mary

Bloody Mary

Bloody Mary adalah salah satu permainan yang cukup populer terutama di negara-negara barat. Konon permainan ini muncul untuk memanggil sosok arwah bernama Mary Bloodsworth yang hidup pada abad ke-16. Mary diketahui tewas digantung karena dituduh sebagai penyihir yang banyak mengorbankan nyawa gadis-gadis muda.

Dalam praktiknya kamu hanya perlu menyebut "Bloody Mary" sebanyak 3 kali seraya menatap ke arah cermin yang ada di toilet dalam keadaan gelap dan hanya berbekal sebuah lilin. Nah, setelah melakukan hal tersebut hantu wanita yang berlumur darah akan muncul di hadapan kamu dan akan terus melakukan teror, bahkan mungkin membuat nyawa orang yang pemanggilnya dalam bahaya.

4. Midnight Game

Midnight Game

Pada awalnya Midnight game merupakan salah satu ritual pagan yang cukup menakutkan. Namun, seiring waktu ritual ini sering kali digunakan oleh anak muda sebagai permainan yang dapat memicu adrenalin. Konon permainan ini merupakan bentuk hukuman bagi orang zaman dahulu yang tidak menaati tradisi.

Cara memainkannya kamu hanya menyiapkan lilin, garam, kertas yang bertuliskan nama yang diberi darah, dan korek api. Matikan semua lampu, kemudian nyalakan lilin dan letakkan di atas kertas bertuliskan nama tersebut.

Saat tengah malam, kamu perlu mengetuk pintu sebanyak 22 kali sebelum waktu menunjukkan pukul 12.01. Setelah itu buka pintu dan matikan lilin. Selanjutnya kamu tutup kembali pintu dan nyalakan kembali lilin.

Setelah ritual tersebut selesai. Permainan pun dimulai. Kamu hanya perlu mengelilingi rumah dengan menjaga lilin tetap hidup. Jika lilin mati, maka kamu harus menyalakan lilin dengan cepat atau membuat lingkaran garam untuk mencegah iblis mendekat. Nah, jika kamu selamat hingga pukul 03.33, maka kamu menang dalam permainan ini.

5. Closet Game

Closet Game

Permainan yang tak kalah menakutkan adalah Closet game. Konon permainan ini tidak hanya dapat memanggil arwah gentayangan tapi juga memanggil iblis yang sangat jahat. Untuk melakukan permainan ini, kamu hanya perlu berada di dalam sebuah lemari dengan membawa korek api.

Nah, setelah itu, kamu ucapkan mantra pemanggil "Tunjukkan aku cahaya atau tinggalkan aku dalam kegelapan". Jika kemudian kamu mendengar suara bisikan, maka kamu harus segara menyalakan korek api sesegera mungkin. Nah, jika kamu gagal melakukannya, maka arwah atau iblis yang kamu undang akan menangkap dan membawa kamu ke dunia mereka.

Baca juga: 10 Boneka Terseram di Dunia yang Sangat Menakutkan

6. Baby Blue

Baby Blue

Nah, permainan pemanggil arwah selanjutnya bernama Baby blue. Di dalam permainan ini, kamu akan memanggil arwah bayi yang telah meninggal. Untuk ritual ini, kamu perlu melakukannya di kamar mandi pada malam hari dengan lilin sebagai penerangan.

Sambil menatap ke arah cermin kamu perlu menyebut kalimat “Baby blue, blue baby” sebanyak 13 kali dengan posisi tangan seolah sedang menggendong bayi. Jika arwah bayi tersebut muncul, maka tangan kamu akan semakin berat.

Nah, ketika itu terjadi kamu harus segera membenamkan bayi ke dalam kloset. Karena, jika kamu tidak melakukannya, arwah Baby blue akan melukaimu dan sosok arwah wanita akan muncul di cermin untuk meminta kamu mengembalikan bayi tersebut.

7. Daruma San

Daruma San

Daruma San adalah merupakan permainan pemanggil arwah dari negeri Sakura, Jepang. Cara memainkan game ini adalah dengan berendam tubuh dalam bathtub lalu mengucapkan mantra pemanggil arwah. Nah, jika kamu berhasil memanggil arwah tersebut, maka kamu akan melihat sosok arwah wanita yang terjatuh dengan kepala menancap pada keran air.

Jika itu sudah terjadi, maka permainan pun akan dimulai pada keesokan harinya. Hantu tersebut akan terus mengganggu dan meneror para pemain. Hantu wanita tersebut akan berusaha menangkap para pemain.

8. Devil Face

Devil Face

Devil Face adalah permainan yang datang dari negara Spanyol. Konon permainan ini bisa membuat orang-orang yang memainkannya merasakan trauma, ketakutan, bahkan hingga merenggut nyawa mereka. Devil Face merupakan permainan untuk memanggil arwah. Dalam permainan ini, kamu harus melakukan pada malam hari, yaitu tepat pukul 12 malam.

Kamu hanya perlu berdiri di depan cermin yang ada di kamar mandi. Setelah itu susun lilin hitam di depan cermin sebanyak 12 buah, lalu menutup mata. Nah, ketika jam menunjukkan tepat pada pukul 12 malam, buka matamu dan lihatlah apa yang selanjutnya akan terjadi.

9. Dry Bones

Dry Bones

Nah, selanjutnya ada permainan Dry Bones. Dry Bones adalah permainan petak umpet yang dilakukan bersama arwah gentayangan. Sama seperti permainan arwah lainnya, permainan ini juga bisa berisiko mendapatkan gangguan dari arwah tersebut.

Untuk memainkan permainan, kamu hanya perlu pergi ke kamar mandi pada jam 12.01. Nyalakan lilin kemudian Ucapkan kalimat "Saya sadar akan kehadiranmu dan saya menyambutmu" secara berulang. Jika kamu merasakan kehadirannya, maka berlarilah menuju ruangan lain dan sembunyi.

Nah, para pemain yang memenangkan permainan ini akan mendapatkan imbalan sesuai yang diinginkan. Namun, jika sebaliknya, maka para pemain akan terus diganggu oleh arwah gentayangan tersebut.

Setelah selesai bermain pada pukul 03.00. Kamu harus berterima kasih dan memintanya untuk pergi dan tidak kembali lagi ke rumahmu. Konon, jika pemain mendengar sebuah suara, maka itu merupakan tanda bahwa mereka setuju.

10. Hitori Kakurenbo

Hitori Kakurenbo

Nah, hampir mirip dengan Jailangkung. Permainan pemanggil arwah ini membutuhkan sebuah media untuk mengetahui keberadaannya. Hitori Kakurenbo merupakan permainan yang berasal dari Jepang. Dalam permainan ini kamu akan bermain petak umpet dengan boneka yang telah dirasuki arwah.

Cara untuk memanggilnya adalah dengan membawa sebuah boneka yang telah di keluarkan isinya dan isi kembali dengan nasi serta potongan kuku. Jahit kembali boneka tersbeut dengan menggunakan benang merah. Jika benang tersisa, maka kamu harus melilitkannya pada boneka tersebut. Setelah selesai masukan boneka tersebut ke dalam wadah yang berisi air dengan keadaan lampu mati.

Menjauhlah dari tempat boneka tersebut. Nah, setelah beberapa saat kembalilah ke tempat boneka itu tetsebut. Jika boneka itu menghilang, maka permainan petak umpet pun di mulai.

Demikianlah 10 permainan pemanggil arwah yang terkenal di dunia yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Meskipun banyak yang mengatakan permainan itu berisiko, namun masih banyak orang yang mencoba permainan tersebut untuk memuaskan rasa penasaran mereka terhadap arwah gentayangan. Nah, kira-kira apakah kamu berani mencoba salah satu permainan di atas? 

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram