Bacaterus / Dunia Kerja / 10 Permainan Indoor untuk Karyawan Agar Semakin Akrab

10 Permainan Indoor untuk Karyawan Agar Semakin Akrab

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Permainan bisa dilakukan untuk membuat cair suasana yang tegang atau juga untuk menjalin keakraban dan kebersamaan di antara para karyawan. Ada banyak jenis permainan indoor maupun outdoor yang bisa dipilih. Kalau kamu membutuhkan rekomendasi jenis permainan indoor untuk karyawan di acara yang akan diselenggarakan oleh kantormu, baca terus ulasan mengenai permainan indoor ini.

1. Truth or Lie

Truth or Lie

* sumber: www.thoughtco.com

Permainan Truth or Lie merupakan jenis permainan untuk mengenalkan diri pada orang lain. Untuk orang extrovert atau dengan kepribadian terbuka, jenis permainan ini cukup mudah. Namun untuk orang yang tertutup dengan orang lain, permainan ini justru bagus untuk membangun keakraban.

Lalu bagaimana cara memainkan permainan ini? Begini caranya. Masing-masing anggota akan diberikan kertas. Sesudahnya, berikan instruksi pada tiap anggota untuk menuliskan 3 kebenaran serta 1 kebohongan mengenai diri mereka masing-masing.

Kemudian tiap anggota harus menebak mana yang merupakan kebenaran dan yang merupakan kebohongan. 1 kebohongan harus berupa hal fiktif, contohnya saya pernah pergi ke luar angkasa atau ke Mars.

Sementara 3 kebenaran itu harus berkaitan dengan kebohongan tersebut sehingga anggota lain susah menebak mana yang bohong dan mana yang benar. Game ini cocok untuk jadi permainan indoor untuk karyawan kantor saat sesi ice breaking.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 10 Pertanyaan Truth or Dare Tersulit

2. Charades

Charades

* sumber: emrs-tep.blogspot.com

Masih ada permainan indoor untuk karyawan lainnya yang bisa jadi pilihan saat break. Permainan yang satu ini namanya charades yang merupakan permainan menebak kata. Pada awalnya, charades merupakan bentuk dramatis dari tebak-tebakan sastra.

Permainan yang satu ini bisa menimbulkan keseruan serta tawa yang akan memancing kreativitas anggota yang memainkannya. Pilih terlebih dahulu anggota yang akan bertugas untuk memulai permainan memperagakan gaya.

Satu orang akan memperagakan tiap suku kata kata atau frasa secara berurutan, kemudian diikuti oleh keseluruhan frasa secara bersama-sama. Tugas anggota yang lain adalah untuk menebaknya. Variasi lainnya yaitu memilih tim yang akan memperagakan secara bersama-sama dan yang lain menebak.

3. Fear Box

Fear Box

* sumber: www.insider.com

Mau coba fear box? Permainan indoor untuk karyawan ini merupakan permainan yang populer di dunia maya yang dikenal juga dengan nama boks kengerian. Sediakan kotak yang bagian depannya terbuka agar terlihat isinya sedangkan bagian belakangnya tertutup agar tak bisa terlihat.

Masukkan ke dalam kotak tersebut berbagai jenis barang yang bisa membuat ambigu serta meningkatkan rasa ngeri atau takut, seperti hewan atau barang lain contohnya ular palsu atau hamster. Dipastikan suasana akan menjadi riuh karena ekspresi yang lucu-lucu dari para anggota.

4. What is My Name

What is My Name

* sumber: matadornetwork.com

Permainan indoor untuk karyawan yang bernama “what is my name” ini sangat berguna khususnya untuk bisa menunjang keakraban, keaktifan, dan kreatifitas para karyawan yang sedang mengikuti permainan. Sebelum permainan dimulai, sebaiknya siapkan dulu benda yang dibutuhkan.

Benda-benda yang akan digunakan seperti kertas atau label serta pulpen. Sebelum mulai bermain, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mendiskusikan dulu anggota yang akan dijadikan target permainan. Untuk menentukannya bisa dipilih secara acak atau diundi terlebih dulu.

Kemudian sesudah itu barulah tuliskanlah 1 nama orang yang lumayan terkenal. Bisa juga memilih untuk menuliskan tipe atau pekerjaan orang, contohnya periang, dokter dan lain-lain di sebuah kertas. Lalu tempelkan kertas tadi di anggota yang jadi target, tapi jangan biarkan target tahu apa isi kertas tersebut.

Selanjutnya satu anggota lain memberitahukan apa isi kertas dengan memperagakannya. Anggota yang menjadi target akan berusaha untuk menebak isi kertas tersebut. Keseruan bisa terjadi karena target bisa saja salah mengartikan gerakan rekannya tadi.

Permainan ini juga sangat cocok untuk dimainkan di sela-sela acara orientasi karyawan baru. Dengan permainan karyawan tersebut bisa mengenal satu sama lain sehingga saling akrab.

5. Blind Drawing

Blind Drawing

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=MT0tq5Ax9kI

Permainan ini bisa dicoba untuk dimainkan sebelum rapat umum mingguan atau bulanan dimulai. Permainan indoor untuk karyawan ini dimulai dengan cara mengarahkan karyawan untuk membagi kelompok dan tiap kelompok terdiri dari dua orang.

Tiap-tiap orang dalam kelompok tersebut mempunyai tugas yang berbeda-beda. Tiap anggota kelompok diharuskan untuk duduk dengan posisi saling memunggungi atau membelakangi sambil memegang sebuah gambar yang harus ditebak oleh rekannya.

Sementara itu rekannya akan memegang kertas kosong yang nantinya digunakan untuk menuliskan jawaban dari gambar yang dipilih oleh rekannya. Tidak boleh melakukan gerakan, yang diperbolehkan  dalam permainan ini hanya mendeskripsikan dengan kata-kata.

Misalnya, rekannya memilih gambar gajah. Maka gambar tersebut harus ditebak tidak dengan mengunakan gerakan, tetapi harus menggunakan kata-kata. Setelah waktunya habis, rekannya harus menggambar jawaban pada kertas kosong tersebut.

6. The Trust Walk

The Trust Walk

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=lbwL_h-nf2k

Permainan ini memerlukan dua orang dari tiap-tiap kelompok. Salah satu dari dua orang tersebut, matanya harus ditutup sementara rekannya akan memberikan petunjuk berupa instruksi untuk menuntun anggota tadi ke tujuan yang sudah ditetapkan.

Pemenang dari permainan ini adalah kelompok yang berhasil mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sesuai dengan waktu tertentu yang sudah ditentukan. Permainan indoor untuk karyawan ini bisa digunakan untuk melatih kepercayaan masing-masing anggota terhadap rekannya.

Selain itu permainan ini juga melatih kekompakan di antara tiap-tiap anggota. Jadi permainan ini cocok untuk dimainkan di acara-acara kantor untuk membangun kerja sama tim.

7. World Geography

World Geography

* sumber: bestlifeonline.com

World Geography adalah jenis permainan indoor untuk karyawan yang melibatkan nama-nama negara atau kota yang ada di Bumi. Permainan dimulai dengan memilih siapa yang akan jadi orang pertama. Yang terpilih tadi harus menyebutkan kota kelahirannya.

Kemudian anggota lainnya harus mengikuti dengan melanjutkan dengan kota dari huruf belakang yang disebutkan orang pertama. Misalnya Jakarta – Aceh – Halmahera – Ambon – Nias dan seterusnya sampai tak ada lagi anggota  yang bisa menjawab.

Pemenang permainan ini adalah orang yang banyak menjawab. Jika ada anggota yang tak bisa menjawab, maka anggota yang sebelahnya yang harus menjawab.

8. Kartu Bohong

Kartu Bohong

* sumber:

Permainan ini menggunakan satu dek kartu ‘remi’ atau juga kartu permainan. Kemudian tiap anggota tim mendapatkan satu kartu. Tiap-tiap anggota tim memperlihatkan kartu yang mereka miliki kepada  semua pemain kecuali dirinya sendiri. Setelah itu kartu ditempelkan di dahi mereka.

Masing-masing pemain harus menanyakan kepada 3 orang rekannya kartu apa yang tertempel di dahinya.  Dua rekan lainnya akan menjawab dengan jawaban yang salah dan satu orang akan menjawab dengan jawaban yang benar. Si pemain harus menentukan mana rekan yang dapat dia percayai.

9. Sepuluh Hal yang Serupa

Sepuluh Hal yang Serupa

* sumber: shutupwrite.com

Seperti permainan sebelumnya, permainan ini dimulai dengan membagi karyawan menjadi beberapa kelompok besar. Sebaiknya pembagian dilakukan menurut divisi kerja dan tiap kelompok mempunyai anggota dari tiap divisi yang berbeda.

Tugas dari tiap kelompok adalah untuk menemukan 10 kesamaan dari anggota kelompok tersebut. Walaupun permainan ini terlihat sederhana, tetapi manfaat permainan indoor untuk karyawan ini lumayan besar. Permainan ini bisa meningkatkan kebersamaan dan kekompakan karyawan.

Pada dasarnya, tiap orang cenderung merasa lebih nyaman saat berada di lingkungan dengan banyak kesamaan dengan orang tersebut. Permainan ini berusaha untuk memancing tiap karyawan untuk menemukan kesamaan yang ada di kelompok yang mereka tergabung di dalamnya.

10. Siapa Pelakunya?

Siapa Pelakunya

* sumber: centerforadolescentstudies.com

Di awal bisa dimulai dengan membagi karyawan ke dalam kelompok besar atau kecil. Jika ingin mendapatkan efek yang lebih baik, direkomendasikan untuk membuat kelompok kecil. Permainannya cukup sederhana. Tiap karyawan hanya perlu menuliskan satu hal konyol yang pernah dilakukannya.

Sesudahnya menuliskan hal tersebut, mereka diharuskan untuk memasukkan kertas tadi kemudian dikocok. Kemudian tiap karyawan diminta untuk mengambil kertas serta membaca dan menebak siapa anggota karyawan yang melakukan hal konyol yang tertulis pada kertas yang dipegangnya.

Usahakan agar hal yang dituliskan di kertas adalah benar-benar hal konyol. Permainan indoor untuk karyawan ini bisa menciptakan interaksi yang hangat dan penuh tawa dikarenakan kekonyolan-kekonyolan yang telah dituliskan oleh karyawan.

Nah, bagaimana dengan rekomendasi permainan indoor untuk karyawan tadi? Adakah permainan yang menarik untuk kamu pilih di acara kantormu? Dengan melakukan permainan ini diharapkan akan terjalin keakraban di antara para karyawan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *