Bacaterus / Bersalin / 10 Perlengkapan yang Dibutuhkan Ibu Setelah Melahirkan

10 Perlengkapan yang Dibutuhkan Ibu Setelah Melahirkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Saat mendekati masa persalinan, kebanyakan ibu hamil akan bahagia untuk menyambut kelahiran sang buah hati. Tetapi ibu hamil cenderung menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan barang-barang bayi. Kadang ibu hamil lupa untuk memikirkan diri sendiri, pemulihan setelah lahir, dan transisi menjadi orangtua baru.

Mempersiapkan perlengkapan bayi yang harus dibawa ke rumah sakit memang sangat penting. Tetapi mempersiapkan perlengkapan ibu setelah melahirkan juga tidak kalah penting. Jangan sampai ibu hamil melupakan perlengkapan penting yang wajib dibawa. Yuk, cek apa saja daftar perlengkapan yang dibutuhkan ibu setelah melahirkan.

1. Pembalut Besar dan Kecil

Pembalut Besar dan Kecil

* sumber: pregnantmamababylife.com

Setelah melahirkan, ibu akan mengalami lochia yaitu pendarahan vagina dari lapisan rahim dan dapat berlangsung selama dua minggu atau enam minggu. Kamu tidak bisa menggunakan tampon. Direkomendasikan untuk menggunakan pembalut sendiri untuk membantu penyembuhan.

Gunakan beberapa pembalut ekstra tebal dan besar untuk mencegah kebocoran. Walaupun biasanya rumah sakit menyediakan pembalut, tetapi ibu harus mempersiapkan lebih banyak pembalut selama di rumah sakit. Pendarahan akan berubah dari yang berat ke ringan, tetapi lebih baik membawa pembalut besar dan kecil atau pantyliner. Beli pembalut dari berbagai macam merk di Bukalapak lewat link ini.

2. Bra Menyusui

Bra Menyusui

* sumber: parenting.orami.co.id

Sebelum ke rumah sakit, kamu harus membeli bra khusus untuk menyusui. Sebaiknya beli 5 -7 buah bra, karena kemungkinan ASI akan bocor sehingga harus menyiapkan bra cadangan. Gunakan bra menyusui yang memiliki klip yang membuat kamu mudah untuk menarik bagian depan bra ke bawah untuk menyusui bayi.

Gunakan bra menyusui yang nyaman, tanpa kawat, ringan, dan membuat kulit bernapas sehingga membuat kamu nyaman untuk tidur. Bra menyusui dapat dibeli secara online lewat Bukalapak di link ini.

3. Pembalut Menyusui

Pembalut Menyusui

* sumber: www.swisspers.com.au

Saat kamu menyusui, biasanya akan mengalami ASI bocor yang sulit dicegah dan membuat bra kamu basah. Terutama saat ASI bocor di malam hari, tentu akan merepotkan dirimu sendiri dan membuat tidak nyaman.

Untuk mengatasi ASI yang bocor, kamu harus menggunakan pembalut menyusui yang akan melindungi bra dan pakaian dari kebocoran ASI. Kamu bisa menggunakan pembalut menyusui sekali pakai atau yang dapat dicuci. Kesulitan mencari pembalut menyusui? Yuk, dapatkan di Bukalapak via link ini.

4. Bantalan Gel Panas atau Dingin

Bantalan Gel Panas atau Dingin

Umumnya, menyusui membuat badan terasa nyeri atau sakit. Terutama bagi kamu yang baru pertama kali melahirkan. Untuk mengatasi rasa nyeri tersebut, kamu membutuhkan bantalan gel untuk mengurangi pembengkakan. Kamu bisa memilih untuk menggunakan bantalan gel panas atau dingin.

Benda ini sangat membantu selama masa setelah melahirkan. Jika kamu memilih menggunakan bantalan gel dingin, sebaiknya masukkan ke dalam lemari es untuk kemudian digunakan dan membuat rasa nyaman. Biasanya bantalan gel ini banyak digunakan untuk mengompres bagian payudara yang terasa nyeri akibat menyusui bayi. Bantal gel dingin bisa dibeli di Bukalapak dengan masuk ke link ini.

5. Celana Dalam Berukuran Besar

Celana Dalam Berukuran Besar

* sumber: www.brides.com

Celana dalam merupakan benda yang sangat penting terutama bagi ibu setelah melahirkan. Sebaiknya gunakan celana dalam berukuran besar supaya lebih nyaman. Terutama jika kamu tiba-tiba harus melakukan operasi sesar.

Celana dalam yang besar akan sangat membantu membuat kulitmu lebih nyaman dan tidak terkena gesekan. Sebagian besar rumah sakit menyiapkan pakaian dalam. Tetapi kamu pasti membutuhkan lebih banyak celana dalam sendiri. Jika ingin membeli celana dalam khusus wanita hamil, kunjungi Bukalapak di link ini.

6. Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang Nyaman

* sumber: www.thebump.com

Tentu kamu sudah sering mendengar bahwa gunakanlah pakaian yang membuatmu nyaman. Terutama setelah melahirkan, menggunakan pakaian yang nyaman merupakan kewajiban. Karena pakaian yang nyaman adalah salah satu item pemulihan pasca persalinan yang sangat penting. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman untuk memberi kemudahan akses pada bayimu.

Kamu bisa menggunakan daster untuk memakainya secara teratur. Untuk bawahan kamu juga bisa menggunakan celana dengan pinggang berkaret atau legging bersalin. Kamu membutuhkannya selama beberapa minggu. Tentunya legging adalah pakaian terbaik yang nyaman juga elastis. Atau kamu juga bisa menggunakan celana longgar berukuran besar untuk mencegah benjolan pembalut terlihat.

Berbagai baju khusus wanita menyusui dapat dibeli online melalui Bukalapak via link ini.

7. Krim Puting Susu

Krim Puting Susu

* sumber: www.verywellfamily.com

Menyusui adalah hal yang menyenangkan bagi ibu, tetapi bisa menimbulkan kerusakan pada puting. Puting payudara kamu akan terasa sakit pada awalnya. Untuk mengatasinya, gunakan krim puting susu yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan payudara dan menenangkan iritasi.

Kamu harus melindungi diri dari puting yang pecah-pecah dan kering. Sebaiknya oleskan krim puting susu setelah menyusui untuk membantu menjaga kelembapannya. Kunjungi link ini untuk membeli krim puting susu di Bukalapak.

8. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan Mandi

* sumber: www.thebump.com

Mandi pertama setelah melahirkan mungkin akan membuat kamu sedikit kerepotan. Karena ini adalah salah satu momen pertama kamu fokus pada diri sendiri. Tentunya kamu ingin menyegarkan diri setelah merasakan nyeri tubuh setelah melahirkan.

Untuk ibu setelah melahirkan, sebaiknya gunakan sabun khusus atau sabun organik yang ringan. Karena sangat tidak dianjurkan jika mandi menggunakan sabun biasa yang beraroma keras. Sabun khusus juga berfungsi untuk membersihkan vagina supaya bersih dan lembut. Aneka perlengkapan mandi bisa didapatkan di Bukalapak melalui link ini.

9. Botol Penyemprot

Botol Penyemprot

* sumber: momlovesbest.com

Botol penyemprot akan kamu butuhkan untuk memudahkan kamu saat di dalam kamar mandi. Berfungsi untuk membersihkan bagian vagina setelah buang air. Botol penyemprot akan memudahkan kamu membersihkan bagian tubuh bawah yang kotor. Sebelum masuk kamar mandi, isi botol penyemprot dengan air hangat.

Setelah buang air, pencet botol tersebut dan arahkan ke bagian bawah yang ingin dibersihkan. Botol penyemprot ini penting karena setelah melahirkan tidak dianjurkan membersihkan organ intim dengan tisu. Botol tersebut dapat di isi ulang sebagai pengganti tisu toilet terutama dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan.

10. Botol Air Minum

Botol Air Minum

Ibu yang menyusui wajib minum banyak air untuk menjaga persediaan ASI. Kamu harus minum enam hingga delapan gelas sehari untuk membantu menghasilkan lebih banyak susu dan manfaat tambahan. Jika melahirkan di rumah sakit, sebaiknya bawa botol air dengan sedotan. Hal ini memudahkan kamu untuk minum tanpa khawatir tumpah.

Biasanya rumah sakit akan menyediakan cangkir degan sedotan. Tetapi untuk mengantisipasinya, lebih baik membawa botol air minum sendiri dari rumah. Karena botol juga berfungsi untuk menjaga air tetap steril. Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan baik selama pasca persalinan. Klik link ini untuk membeli botol minum lewat Bukalapak.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar