Bacaterus / Bahan Dapur / Jangan Salah Pilih! Inilah Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki

Jangan Salah Pilih! Inilah Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Yakiniku dan teriyaki adalah dua makan yang berasal dari Jepang. Kedua makanan ini sudah umum dijumpai dan digemari oleh orang Indonesia. Dengan semakin banyaknya pecinta kuliner makanan khas Jepang ini maka tak heran kalau makanan ini pun semakin populer di Indonesia dan restoran-restoran ala Jepang pun semakin berkembang.

Tapi tahukah kamu, kalau yakiniku dan teriyaki ini berbeda? Meskipun rasa dan penampilannya hampir sama, tapi kedua makanan ini jelas berbeda. Dari cara memasak dan juga bumbu yang digunakan cukup berbeda lho.

Nah kali ini akan dibahas mengenai perbedaan yakiniku dan teriyaki supaya kamu tidak salah pilih dan bingung lagi kalau datang ke restoran-restoran Jepang.

Dan juga kalau kamu mau mencoba membuat kedua makanan ini supaya tidak bingung lagi menyiapkan bahan-bahannya. Apa saja perbedaannya? Berikut ini penjelasannya.

1. Arti Nama

Arti Nama (Copy)

Yakiniku (焼肉:やきにく)berasal dari kata yaki (焼き:やき) yang berarti grilled atau panggang dan niku(肉:にく)yang berarti daging. Jadi yakiniku secara harfiah merupakan daging panggang atau daging bakar. Kalau di negara barat dikenal juga dengan barbeque atau kalau di Korea  disebut dengan bulgogi.

Sedangkan teriyaki (照り焼き:てりやき)berasal dari kata teri(照り:てり)yang berarti bersinar atau berkilau dan yaki (焼き:やき) yang berarti grilled atau panggang. Jadi teriyaki secara harfiah memiliki arti makanan yang dipanggang dan berkilau.

Jadi, Yakiniku dan teriyaki selain menjadi nama sebuah makanan, tapi juga merupakan suatu teknik memasak yang digunakan pada masakan Jepang. Baik yakiniku maupun teriyaki cara memasaknya sama yaitu sama-sama di panggang.

2. Bahan

Bahan (Copy)

Bahan yang biasa digunakan untuk yakiniku adalah daging sapi, daging babi, jeroan sapi atau jeroan babi, daging ayam, daging domba, ada juga seafood seperti cumi-cumi, kerang dan udang. Terkadang ada yang menambahkan juga sayuran, biasanya sayuran yang digunakan adalah paprika, wortel, jamur shitake, atau bawang bombay. Tapi dominannya bahan yang digunakan adalah daging merah, sesuai dengan namanya.

Hampir sama dengan yakiniku, bahan yang biasanya dijadikan untuk olahan teriyaki adalah daging sapi, babi, ayam, dan kambing. Untuk jenis ikan biasanya yellowtail, cakalang, salmon dan sarden. Terkadang sayuran pun dijadikan bahan untuk teriyaki.

Karena bahan-bahan untuk teriyaki itu ada bermacam-macam, maka ada banyak variasi dari teriyaki. Teriyaki yang umumnya dikenal adalah chicken teriyaki, beef teriyaki, salmon teriyaki, atau yellowtail teriyaki.

Bahkan teriyaki berkembang menjadi burger teriyaki. Pada daging burger ditambahkan saus teriyaki atau saus teriyaki dituangkan di atas burger. Mungkin kalau di Indonesia ada semacam pizza rendang dan lain sebagainya.

Jadi, bahan yang digunakan untuk yakiniku utamanya adalah daging merah yang diiris tipis atau size bite sebelum dipanggang. Sedangkan teriyaki daging yang dipotong-potong setelah dipanggang. Selain daging untuk bahan teriyaki bisa juga menggunakan seafood atau mencampurkannya dengan sayuran.

3. Cara Memasak

Cara Memasak (Copy)

Cara memasak yakiniku mirip dengan proses memasak barbeque yaitu dibakar atau dipanggang di atas pembakaran berisi arang panas. Tapi ada juga yang dipanggang di papan penggorengan datar yang dikenal teppan yaki.

Proses memasak yakiniku sangat mudah. Biasanya daging yang sudah diiris kecil atau size bite sebelum dipanggang dicelupkan dahulu ke dalam saus yang dikenal dengan  tare (垂れ:たれ).

Untuk teriyaki, sebelum dimasak biasanya daging atau seafood direndam ke dalam saus tare dahulu selama beberapa menit. Tujuannya adalah supaya sausnya meresap ke bahan teriyaki. Setelah direndam barulah dimasak sambil sausnya dioles-oleskan hingga matang dan sausnya mengental.

4. Saus

Saus (Copy)

Tare (垂れ:たれ)merupakan saus yang umum digunakan untuk celupan. Biasanya digunakan untuk makanan yang dibakar. Tare yang digunakan untuk yakiniku terbuat dari campuran shoyu (kecap asin khas Jepang), sake (minuman beralkohol khas Jepang) atau mirin (rice wine), sedikit gula, bawang putih, dan wijen yang disangrai terlebih dahulu supaya wanginya semakin keluar.

Beberapa ada yang menjadikan saus ini untuk merendam atau me-marinate daging agar saus meresap ke daging yang akan dipanggang. Tapi untuk daging segar yang bagus biasanya tidak direndam dahulu, hanya dicelupkan saja.

Untuk sausnya kadang ada yang menggunakan wijen ada juga yang tidak. Sausnya sendiri memiliki beberapa versi, tergantung koki yang membuatnya.

Sedangkan tare yang digunakan untuk teriyaki terbuat dari campuran kecap, sake atau mirin, gula atau madu. Ada juga beberapa yang menambahkan jahe dan bawang putih yang dicincang. Sama seperti saus yakiniku, saus teriyaki pun ada yang menggunakannya untuk me-marinate atau merendam daging.

Jadi, saus yang digunakan hampir mirip, yaitu sama-sama menggunakan shoyu, sake atau mirin dan gula. Tapi untuk yakiniku sausnya cenderung encer dengan tambahan wijen yang disangrai. Sedangkan teriyaki cenderung kental tanpa penambahan wijen. Dan bahan sausnya sama-sama ada yang menggunakannya sebagai bahan untuk me-marinate daging.

Karena yakiniku dan teriyaki asli menggunakan sake atau mirin, ada baiknya buat yang muslim menanyakan pada pramusaji atau kokinya, saus yang digunakan campurannya ada apa saja. Kalau ingin lebih aman, datanglah ke restoran yang sudah bersertifikat halal. Tapi biasanya kalau yang di Indonesia sudah dirubah ke yang halal.

Bagi yang muslim bisa mengganti sake atau mirin dengan jeruk nipis atau lemon, gula merah atau madu. Kalau di restoran tanyakan saja dulu saus yang digunakan terbuat dari apa. Untuk lebih amannya lagi cari restoran halal supaya lebih tenang ketika akan menyantapnya.

5. Rasa dan Tekstur

Rasa dan Tekstur (Copy)

Rasa dari yakiniku ini dominan gurih dan sedikit manis. Sausnya pun cair karena tidak ada bahan pengental. Warnanya sendiri cenderung tipis dan saus yang digunakan hanya untuk bahan celupan.

Sedangkan pada teriyaki rasanya dominan manis dan sedikit asin. Memiliki tekstur yang berkilau atau mengkilap karena saus dioleskan berkali-kali pada saat proses memasak. Sausnya menjadi kental seperti karamel dan warnanya pekat.

Itulah perbedaan antara yakiniku dan teriyaki. Kalau datang ke restoran makanan Jepang udah gak bingung lagi mau milih makan yakiniku atau teriyaki lagi deh. Tinggal sesuaikan saja rasa yang diinginkan.

Kalau mau membuat sendiri pun bahan dan cara memasaknya juga mudah. Untuk kamu yang muslim jangan lupa ganti bahan sausnya ke yang halal ya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *