Bacaterus / Kuliah / Inilah Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Inilah Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Maret 2020

Memilih jurusan saat kuliah memang sangat penting. Jangan sampai karena kesalahan dalam memilih jurusan, kamu harus menjalani kuliah selama bertahun-tahun dengan sikap terpaksa dan malas-malasan. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai dua jurusan kuliah populer, yaitu teknik informatika dan sistem informasi.

Kedua jurusan tersebut memang sekilas tampak memiliki kesamaan. Meskipun begitu terdapat beberapa hal yang membuatnya berbeda. Sebelum membahas perbedaan antara teknik informatika dan sistem informasi, di bawah ini adalah sedikit tulisan mengenai faktor penyebab seseorang memilih juruan yang tidak sesuai.

Memilih Jurusan yang Sesuai

Memilih Jurusan

* sumber: www.glints.com

Memilih jurusan memang bukan perkara yang mudah. Kebanyakan dari mahasiswa pada akhirnya merasa terjebak dengan jurusan yang dipilih karena tidak sesuai dengan harapan. Hingga pada akhirnya membuat mereka berleha-leha dan mendapat nilai akhir yang kurang memuaskan.

Hal tersebut memang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Selain karena ketidaktahuan, dorongan orang tua serta ajakan teman pun bisa menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk mengambil jurusan, sebaiknya kenali dulu minat kamu serta prospek kerja apa yang akan kamu kejar di masa depan.

Hal tersebut bisa menjadi acuan yang berguna untuk menentukan keputusan kamu dalam mengambil jurusan nantinya. Pertimbangkan setiap keputusan yang akan kamu buat dalam mengambil sebuah jurusan. Jangan lupa untuk mensiskusikan terlebih dahulu hal tersebut pada orang-orang yang memiliki pengetahuan serta berpengalaman.

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini kamu juga bisa mencari informasi lebih dari internet mengenai prospek kerja, mata kuliah yang akan kamu pelajari serta testimoni yang mungkin berguna sebelum kamu mengambil keputusan untuk mengambil sebuah jurusan.

Meskipun pada kenyataannya banyak lulusan yang bekerja tidak sesuai dengan bidang ilmu yang diambil, namun hal tersebut berpengaruh pada keseriusan kamu dalam mengikuti mata kuliah. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu bertahun-tahun dengan memperoleh nilai akhir yang mengecewakan. Karena pada akhirnya hal tersebut dapat mengetahui kriteria akademik perusahaan.

Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Berikut adalah beberapa perbedaan antara jurusan teknik informatika dan sistem informasi yang perlu diketahui.

Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika

* sumber: www.kamuitubeda.com

Bagi kamu yang tertarik dengan segala sesuatu yang berhubungan komputer dan pemrograman, maka jurusan teknik informatika memang pilihan yang tepat. Teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang ada di perguruan tinggi. Beberapa universitas yang ada di Indonesia menyebut jurusan ini sebagai ilmu komputer.

Di dalam jurusan ini kamu akan mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer, seperti analisa matematis dalam sebuah perancangan, pengujian, pengembangan program, evaluasi sistem operasi dan perangkat lunak (software).

Mata kuliah dalam jurusan ini akan menitik beratkan pada pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip logika. Bila kamu memang serius menekuni studi ini, prospek kerja bagi jurusan ini memang cukup menjanjikan.

Hal itu bisa dilihat dari semakin berkembangnya teknologi dari tahun ke tahun yang berpengaruh pada kebutuhan sumber daya manusia di lapangan kerja. Untuk itulah pentingnya menggali potensi kamu agar bisa bersaing di dalamnya.

Meskipun memiliki prospek kerja yang menjanjikan, namun kamu juga harus dihadapkan dengan mata kuliah yang cukup sulit, mulai dari algoritma, kalkulus, statistik serta bahasa pemrograman yang bisa membuat kamu pusing.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk terjun dalam jurusan ini, kamu memang harus mempersiapkan diri agar bisa mengikuti setiap mata kuliah dengan baik.

Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi

* sumber: www.finansialku.com

Jurusan sistem informasi merupakan bidang ilmu yang menggabungkan beberapa bidang ilmu, seperti ilmu komputer dan bisnis manajemen. Dalam bidang studi ini kamu akan mempelajari berbagai ilmu yang berhubungan dengan perancangan, pemrograman serta penerapan ke dalam sebuah bisnis perusahaan.

Dengan demikian, mata kuliah pun akan lebih banyak pada teori dibandingkan dengan praktek. Prospek kerja dari jurusan sistem informasi cukup beragam dan juga menjanjikan. Bagi kamu yang menyukai sesuatu yang berhubungan dengan bisnis dan teknologi, maka jurusan sistem informasi tentu saja sangat cocok sebagai pilihan.

Dalam jurusan ini kamu akan lebih banyak mendapat mata kuliah yang berhubungan dengan ekonomi, bisnis dan manajemen. Untuk itu kamu harus benar-benar memahami konsep tersebut.

Prospek Kerja Kedua Jurusan

Prospek kerja memang menjadi hal yang harus jadi pertimbangan saat memilih sebuah jurusan. Selain bisa menjadi motivasi kamu untuk lebih serius dalam belajar, hal tersebut juga menjadi langkah awal yang sangat penting untuk meraih tujuan kamu di masa depan.

Secara garis besar, kedua jurusan yang dibahas di sini memang memiliki prospek kerja yang hampir sama dan banyak dibutuhkan di lapangan. Beberapa profesi yang bisa ditekuni dengan mengambil dua jurusan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

1‌. Programmer

Programmer

* sumber: learnworthy.net

Programmer merupakan profesi yang cukup banyak dibutuhkan di dunia modern. Perkembangan teknologi yang cukup pesat membuat peluang kerja yang berhubungan dengan sebuah pemrograman komputer semakin meningkat.

Bila kamu mengambil kedua jurusan di atas, kamu bisa bekerja menjadi seroang programmer junior di sebuah perusahaan. Kamu juga bisa membuka peluang usaha sendiri dengan membuka jasa pembuatan sebuah program bagi perusahaan atau sebuah instansi.

2. Web Developer

Web Developer

* sumber: www.oxbridgeacademy.edu.za

Keberadaan website bagi sebuah perusahaan memang sangat penting. Selain dapat meningkatkan citra perusahaan di mata dunia, website sendiri menjadi sebuah promosi yang baik di era digital seperti sekarang.

Sebagai seorang web developer yang bekerja pada perusahaan, kamu dituntut untuk bisa membangun sebuah website dari nol hingga akhirnya tampil dan secara bisnis bisa menguntungkan. Sama seperti seorang programmer, profesiini pun bisa kamu lakoni sendiri bila kamu memiliki kemampuan lebih.

3. Manajer TI

Manajer TI

* sumber: www.networkerstechnology.com

Bila kamu memiliki kemampuan yang baik dalam bidang TI (Teknologi Informasi)  serta menguasai ilmu manajemen yang baik, kamu bisa menduduki jabatan sebagai manajer TI.

Dalam hal ini kamu harus menguasai berbagai hal, mulai dari yang bersifat teknik sampai manajemen perusahaan yang berhubungan dengan pemeliharaan hardware dan software yang digunakan oleh perusahaan.

4‌. Konsultan TI

Konsultan TI

* sumber: www.logique.co.id

Kamu juga bisa menjadi seorang konsultan TI yang bertugas membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi sistem TI yang mereka gunakan.

Dengan ilmu yang kamu miliki, kamu juga bisa membuka usaha mandiri yang bergerak dalam bidang pelayanan dan jasa dengan membentuk sebuah tim.

‌5. System Analyst

System Analyst

* sumber: www.techrepublic.com

Profesi yang juga bisa ditekuni bila kamu mengambil dua jurusan di atas adalah sebagai system analyst. Pekerjaan ini membutuhkan sebuah kecermatan.

System analyst memiliki tugas membuat spesifikasi serta mengidentifikasi kebutuhan pengguna agar sistem yang dikembangkan nantinya akan berjalan sesuai dengan semestinya.

Nah, itulah sedikit perbedaan teknik informatika dan sistem informasi yang wajib diketahui oleh calon mahasiswa baru. Semoga informasi yang telah dibahas di atas bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih sebuah jurusan saat hendak kuliah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *