Bacaterus / Olahraga / 10 Perbedaan Softball dan Baseball yang Jarang Diketahui

10 Perbedaan Softball dan Baseball yang Jarang Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Januari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi kamu yang memiliki hobi berolahraga atau tertarik dengan berbagai hal yang berbau sport, tentu saja permainan softball dan baseball merupakan dua permainan yang tak asing lagi terdengar di telinga. Kedua permainan olahraga tersebut digolongkan pada jenis olahraga bola kecil. Keduanya merupakan jenis olahraga beregu yang cukup seru dimainkan.

Meski sama-sama dimainkan secara beregu dan sama-sama digolongkan pada jenis permainan bola kecil, tapi tahukah kamu bahwa terdapat beberapa perbedaan antara softball dengan baseball? Perbedaan-perbedaan tersebut jarang diketahui sehingga banyak yang menganggap bahwa softball sama saja dengan baseball.

Kira-kira, apa saja sih perbedaan di antara keduanya? Yuk, simak pemaparannya di bawah ini sebagai asupan pengetahuan agar kamu tak lagi keliru dalam membedakan softball dengan baseball.

1. Pengertian

Pengertian

* sumber: dailybruin.com

Perbedaan yang pertama antara softball dengan baseball terdapat pada pengertian dari keduanya. Yang pertama adalah softball. Softball atau sofbol adalah sebuah permainan bola kecil asal Amerika yang merupakan hasil dari perkembangan permainan bola baseball yang di dalamnya terdapat regu defensive atau penjaga.

Sementara baseball merupakan olahraga bola kecil yang dimainkan oleh 2 tim yang mana tim pelempar bola atau yang biasa disebut pitcher akan melakukan pelemparan bola. Sementara itu, batter atau pemukul akan melakukan pukulan menggunakan bat atau tongkat.

2. Sejarah

Sejarah

* sumber: www.littleleague.org

Karena keduanya merupakan olahraga yang berbeda, hingga tentu saja sejarah atau latar belakang lahirnya kedua olahraga tersebut berbeda. Yang pertama adalah olahraga baseball atau hardball yang diyakini pertama kali lahir di Amerika. Konon katanya baseball ini selalu dimainkan setiap Sabtu di beberapa daerah di New York City.

Seiring berjalannya waktu, kemudian pada tahun 1845, untuk pertama kalinya didirikan klub baseball di New York yang bernama “New York knickerbockers”. Sementara softball merupakan olahraga hasil perkembangan dari baseball atau hardball yang diciptakan oleh George Hancock di Amerika pada tahun 1887.

3. Istilah

Istilah

* sumber: www.britannica.com

Selain dalam pengertiannya, terdapat pula perbedaan antara softball dengan baseball dari segi istilah. Baseball memiliki istilah lain yaitu hardball. Istilah ini bertolak belakang dengan softball yang mana soft berarti lembut, sementara hard berarti keras sehingga keduanya dijadikan pembeda antara kedua permainan ini.

Perbedaan istilah ini menjadi perbedaan yang paling mudah untuk kita ketahui dan kita hafalkan. Maka dari itu, untuk membedakan kedua permainan ini, cukup kamu ketahui istilah dari masing-masing permainannya.

4. Aturan Bermain

Aturan Bermain

* sumber: ringkasannku.blogspot.com

Aturan stealing atau yang biasa disebut mencuri base adalah aturan yang tak bisa lepas dari permainan baseball. Pada permainan baseball, jika pemukul atau batter berhasil mencapai base 1, 2, hingga base 3, maka runner atau pelari yang berada di sebuah base dapat meninggalkan base tersebut sejauh 3 langkah saja.

Aturan yang diterapkan pada permainan baseball ini tentu saja berbeda dengan aturan yang diterapkan pada olahraga softball. Pada olahraga softball, seorang runner tak diperbolehkan meninggalkan base meski hanya satu langkah.

Hal tersebut dikarenakan jarak antar base pada permainan softball ini lebih pendek jika dibandingkan dengan jarak antar base pada permainan baseball.

5. Pemain

Pemain

* sumber: www.stanforddaily.com

Para pemain dari kedua olahraga ini juga memiliki perbedaan, lho. Untuk permainan baseball, hanya dapat dimainkan oleh laki-laki saja sehingga permainan ini memiliki istilah hardball atau bola keras sehingga untuk para wanita tidak dianjurkan untuk memainkan permainan ini.

Sementara softball tak hanya dimainkan oleh laki-laki saja, akan tetapi para wanita pun dapat memainkannya. Hal tersebut karena olahraga ini merupakan perkembangan dari baseball yang dikemas lebih ‘lembut’ sehingga dapat dimainkan oleh semua kalangan baik itu pria maupun wanita.

6. Ukuran Bola

Ukuran Bola

* sumber: www.gocumberlandathletics.com

Jika kita lihat sekilas, bola baseball dengan bola softball terlihat sangat mirip dari segi ukurannya sehingga kita terkadang tak bisa membedakan antara kedua bola ini. Akan tetapi pada faktanya, bola softball memiliki ukuran yang lebih besar, lho jika dibandingkan dengan bola baseball.

Jika diperhatikan secara seksama, maka kamu akan semakin yakin bahwa bola softball memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan ukuran bola baseball. Perbedaan di antara keduanya hanya beberapa inci saja.

Bola softball biasanya memiliki diameter 11,88-12,12 inci, sedangkan diameter bola baseball hanya 9-9,25 inci saja. Perbedaan ukurannya ini juga mempengaruhi berat dari bola itu sendiri. Biasanya bola softball memiliki berat sebesar 9 ons, sementara bola baseball hanya memiliki berat 5-5,25 ons.

7. Cara Melempar Bola

Cara Melempar Bola

* sumber: www.etsubucs.com

Baik softball maupun baseball, keduanya memiliki teknik permainan dengan cara melakukan lemparan bola oleh seorang pitcher. Akan tetapi lemparan yang dilakukan seorang pitcher pada permainan softball memiliki perbedaan dengan lemparan yang dilakukan seorang pitcher pada permainan baseball.

Pada permainan softball, bola dilempar oleh seorang pitcher dari arah bawah ke atas. Lemparan ini merupakan lemparan jenis slow pitch. Sementara pada permainan baseball, bola dilempar dari atas kemudian merambat lurus ke arah pemukul.

8. Ukuran Lapangan

Ukuran Lapangan

* sumber: www.lereflet.qc.ca

Jika tak diperhatikan secara detail, maka ukuran lapangan antara baseball dengan softball tak ada bedanya. Baik dari bentuk hingga panjangnya, kedua lapangan olahraga tersebut nyaris mirip sehingga sulit dibedakan. Akan tetapi, jika kita perhatikan secara detail, terdapat perbedaan antara lapangan softball dengan lapangan baseball.

Lapangan yang dipergunakan dalam olahraga baseball biasanya lebih besar jika dibandingkan dengan lapangan yang digunakan pada olahraga softball. Panjang lapangan softball biasanya adalah 16,75-18,29 meter sementara panjang lapangan baseball antar sisinya adalah 16,76 meter.

9. Plate

Plate

* sumber: uw-media.guampdn.com

Baik softball maupun baseball, keduanya sama-sama memiliki plate, yaitu sebuah base berbentuk persegi panjang yang merupakan tempat sang pitcher. Akan tetapi meski demikian, terdapat perbedaan di antara keduanya. Ya, perbedaan tersebut terletak ketika sang pitcher hendak melakukan lemparan pada plate.

Pada permainan softball, ketika pitcher hendak melakukan lemparan, maka ia harus meletakkan kedua kakinya pada plate. Hal tersebut berbeda dengan permainan baseball dimana seorang pitcher hanya bisa meletakkan satu kaki pada plate ketika hendak melakukan lemparan.

10. Area Pelempar Bola

Area Pelempar Bola

* sumber: www.piqsels.com

Pelempar bola atau yang biasa disebut sebagai pitcher dalam permainan softball dan baseball memiliki areanya sendiri. Area yang menjadi tempat bagi sang pitcher inilah yang menjadi salah satu pembeda antara permainan softball dengan baseball.

Pada permainan baseball seorang pitcher berdiri pada sebuah gundukan tanah atau yang biasa disebut mount yang berarti gunung karena gundukan tanah tersebut berbentuk menyerupai gunung. Hal tersebut berbeda dengan permainan softball yang mana area pelempar bola atau area pitcher tidak berupa gundukan tanah.

Pada olahraga softball, area pitcher dibuat rata sehingga dapat terlihat jelas perbedaan di antara softball dan baseball hanya dengan memperhatikan area sang pitcher.

Itu dia beberapa perbedaan antara softball dengan baseball yang jarang diketahui. Meskipun terdapat persamaan-persamaan di antara keduanya, akan tetapi ternyata kedua permainan bola kecil ini sangat berbeda, ya! Meski demikian, baik itu softball maupun baseball, keduanya merupakan permainan olahraga yang sangat seru untuk dicoba, lho!

Semoga informasi mengenai perbedaan softball dan baseball sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan dan pengetahuan. Semoga informasi di atas juga dapat menjawab kebingunganmu akan perbedaan antara softball dengan baseball agar tak keliru lagi di kemudian hari. Simak juga artikel olahraga peninggi badan ini jika kamu ingin menambah tinggi badanmu secara alami.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. ♠️♥️♦️♣️PELANGI KOIN♣️♦️♥️♠️
    Ayo Buruan Login Dan Raih Kemenangan Sebanyak Banyaknya Di PELaNGIKOINASIA.COM
    Proses Depo & Withdraw Tercepat Di Seluruh Asia
    DEPOSIT MINIMAL HASIL MAKSIMAL $_$
    Untuk Kartu Ringan & Muda Menangnya …
    Buktikan Sekarang Juga Hanya Di PELaNGIKOINASIA.COM

    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
    Hanya Dengan 1 Id bisa main 9 Games Boss!!!

    INFO STATUS BANK :
    ♠️BCA : ONLINE
    ♥️BNI : ONLINE
    ♦️BRI : ONLINE
    ♣️MANDIRI : ONLINE
    ♠️DANAMON : ONLINE

    Tunggu apalagi bos!! langsung DAFTAR diri anda di PELaNGIKOINASIA.COM
    Dicoba di Kunjungi Website Kami PELaNGIKOINASIA.COM
    atau bisa juga melalui live chat dan cs kami akan membantu anda 24 jam boss!!

    CONTACT US :
    ♦️WA : +62 859-3225-4259
    ♦️TELEGRAM : Pelangikoin Jenny
    ♦️LINE: Pelangikoin
    ♦️INSTAGRAM : Pelangi_koin

    Ditunggu Kehadrian Nya Bermain Boss $_$ Salam Hoki dari PELaNGIKOINASIA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *