bacaterus web banner retina

Ini Lho Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Juni 2021

Mempunyai anak yang sehat, cerdas dan ceria adalah dambaan bagi setiap orang tua. Agar anak tetap terjaga kesehatannya tak jarang orang tua memberikan suplemen vitamin dan mineral lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati. Salah satu suplemen yang sering digunakan adalah Scott’s Emulsion.

Ada dua jenis Scott’s Emulsion yang dijual di pasaran, yaitu Scott’s Emulsion putih dan oranye. Keduanya adalah suplemen yang dibutuhkan oleh anak-anak. Apa saja perbedaannya? Berikut ini kami sudah rangkum beberapa perbedaannya sehingga orang tua bisa menentukan pilihan suplemen yang dibutuhkan bagi si buah hati. Yuk cari tahu penjelasannya.

Gambaran Mengenai Scott Emulsion

Ini Lho Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange 1

Scott’s emulsion adalah suplemen minyak hati ikan kod yang biasa diberikan untuk anak-anak. Suplemen ini mempunyai beberapa manfaat sebagai pelengkap kebutuhan terhadap vitamin A dan vitamin D. Suplemen ini dibuat untuk anak-anak mulai dari berusia 1-12 tahun.

Suplemen multivitamin yang dijual bebas di pasaran yang mengandung vitamin dan mineral ini sangat penting bagi kebutuhan nutrisi perkembangan anak. Salah satu kandungan dari Scott’s emulsion yang sangat penting adalah ya minyak hati ikan kod yang kaya akan vitamin A dan vitamin D.

Walaupun minyak hati ikan kod baik bagi kesehatan, namun jika dikonsumsi berlebihan justru akan merusak kesehatan. Oleh sebab itu scott’s emulsion harus dikonsumsi sesuai dengan aturan minum yang tertulis pada kotak kemasan.

Kegunaan Scott Emulsion

Secara umum, kandungan suplemen yang ada pada Scott’s Emulsion bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah kekurangan vitamin D, mengatasi gangguan nutrisi, mencegah kekurangan vitamin A dann mengatasi kondisi penyakit kulit dan gangguan kesehatan mata.

Minyak hati ikan kod yang digadang-gadang sebagai zat penting andalan suplemen ini mengandung asam lemak omega 3, kalsium, DHA dan EPA serta vitamin A dan D. Komposisi kandungan vitamin dan mineral ini mendukung perkembangan otak tumbuh kembang anak.

Dalam artikel yang dimuat di Healthline, minyak hati ikan kod sudah dimanfaatkan selama ratusan tahun yang lalu untuk mengatasi nyeri sendi dan rakitis, sebuah penyakit kelainan tulang yang csring menyerang anak-anak. Rakitis ini disebabkan kurangnya vitamin D di dalam tubuh.

Baca juga: 10 Merk Minyak Ikan dan Suplemen Omega 3 yang Bagus

Beberapa Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange

Ini Lho Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange 5Sumber: larasatiputri.com

Berbicara tentang suplemen anak-anak, sepertinya kita tidak bisa mengesampingkan produk Scott’s Emulsion yang sudah dipercaya lebih dari 140 tahun ini. Kabarnya suplemen ini menempati posisi tiga besar market leader pada kategori vitamin anak. Tak heran jika produk satu ini sudah begitu terkenal.

Dilansir dari situs resmi perusahaan yang memproduksi Scott Emulsion, suplemen ini menghadirkan dua varian, yaitu Scott’s Emulsion original (putih) dan Scott’s Emulsion Vita (oranye). Berikut ini rincian perbedaan kedua suplemen ini.

1. Scott’s Emulsion Original (Putih)

Ini Lho Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange 7

Kamu pasti ingat ketika kecil ibu kita memberikan minyak ikan yang rasanya tidak enak. Meskipun banyak manfaatnya menelan kapsul minyak ikan ini butuh keberanian sebab aroma dan rasa minyak ikan membuat kita sulit menelannya.

Untungnya PT Glaxo Smith Kline (GSK) menciptakan suplemen yang terbuat dari minyak ikan dengan rasa yang lebih enak yang kita kenal dengan Scott’s emulsion. Scott’s Emulsion pertama yang kita kenal adalah varian original, bedanya dengan varian Scott’s Emulsion oranye (vita) bisa dilihat dari beberapa hal ini.

  • Kandungan Gizi
Ini Lho Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange 9

Scott’s Emulsion putih adalah asupan harian yang klaimnya bergizi untuk kesehatan anak. Suplemen ini berbentuk campuran mintak hati ikan kod yang mengandung asam lemak dan omega 3 dan DHA dan EPA, vitamin A dan D.

Scott’s Emulsion original mengedepankan DHA yang mampu membantu perkembangan otak agar berfungsi dengan baik serta perkembangannya otak dan kesehatan mata tetap terjaga.

Sementara itu, vitamin A dan D ikut dalam Scott’s Emulsion putih mendukung fungsi kekebalan tubuh normal dan pertumbuhan serta perkembangan yang kesehatan yang baik. Di dalam Scott’s Emulsion pun terdapat kalsium yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi.

  • Tekstur
Ini Lho Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange 11

Scott’s Emulsion putih juga berbentuk pra-emulsi yang artinya minyak hati ikan kod diurai menjadi tetesan kecil yang bercampur secara merata pada formulasinya.

Tetesan kecil berupa minyak emulsi ini mirip dengan bagaimana cara kita mengurai minyak secara alami sehingga tubuh kita diklaim menjadi lebih gampang mencerna nutrisi yang terkandung di dalam suplemen ini.

Dengan memberikan Scott’s Emulsion original kepada anak, bisa dikatakan kamu sudah membantu mereka bertumbuh dengan sehat dan cerdas.

  • Warna Kemasan
Ini Lho Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange 13Sumber: larasatiputri.com

Scott’s Emulsion putih atau original datang dalam kemasan berbentuk botol plastik berbentuk tabung dengan ujung tutup botol mengerucut. Warna botol kemasannya bening sehingga warna emulsi di dalamnya terlihat jelas.

Kemasan Scott’s Emulsion putih terdiri dari beberapa macam, mulai dari kemasan 200ml dan 400 ml. suplemen ini dijual di apotek dan toko obat lainnya.

2. Scott’s Emulsion Vita (Oranye)

Varian selanjutnya yang membuat konsumsi suplemen minyak ikan jadi menyenangkan adalah Scott’s Emulsion vita (oranye). Varian Scott’s Emulsion ini dibuat dengan mencampurkan rasa dan aroma jeruk sehingga anak-anak pasti suka.

Untuk membedakan Scott’s Emulsion original yang berwarn putih dengan Scott’s Emulsion Vita yang berwarna oranye, kamu ketahui ciri bedanya berikut ini.

  • Kandungan Gizi
Ini Lho Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange 17Sumber: seputarbahan.me

Varian lain dari produk Scott’s Emulsion Vita adalah yang berwarna oranye. Produk ini memberikan asupan harian ektra dengan rasa yang lebih lezat dibanding varian satunya lagi. Karena kandungan minyak hati ikan kod, vitamin A dan D, dan kalsium dipadukan dengan rasa manis buah jeruk.

Di dalam Scott’s Emulsion oranye terdapat Vitamin A mampu mendukung fungsi dan menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit dan penglihatan normal. Sementara vitamin D berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang yang kuat.

  • Tekstur
Ini Lho Perbedaan Scott’s Emulsion Putih dan Orange 19Sumber: dewineelam.blogspot.com

Sama seperti Scott’s Emulsion putih atau original, Scott’s Emulsion oranye berbentuk pra-emulsi di mana minyak di dalamnya diuraikan dan disuspensi sebagai tetesan kecil. Mekanisme penguraian minyak ini mirip dengan cara tubuh mencerna minyak, sama seperti varian original dari scott emulsion.

Mengkonsumsi Scott’s Emulsion oranye setiap hari sama artinya kamu mendukung kekebalan tubuh anak serta membantunya untuk tumbuh dengan sehat.

  • Warna Kemasan

Varian lain dari Scott’s Emulsion adalah varian rasa jeruk yang membuat rasa lebih sedap. Botol kemasan yang digunakan memiliki bentuk yang sama. Hanya saja warna kemasannya berbeda. Scott’s Emulsion vita mempunyai warna kemasan plastik oranye.

Kemasannya transparan sehingga kita bisa melihat isi di dalam botolnya. Ukuran kemasan Scott’s Emulsion Vita tersedia dalam kemasan 200 ml dan 400 ml.

Nah, itu lah perbedaan Scott’s Emulsion putih dan oranye yang berhasil kami rangkum. Banyak sekali manfaatnya ya. Namun, perlu ingat bahwa pemberian suplemen haruslah sesuai dengan anjuran. Pasalnya jangan sampai membuat anak mengalami kelebihan berat badan akibat efek samping dari suplemen yang dikonsumsi.

Ada baiknya selalu mengecek berat badan agar kamu dapat mengontrolnya sehingga pemberian Scott’s Emulsion baik yang original atau Vita bisa lebih terserap dengan baik.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram