Bacaterus / Oatmeal / Ini Dia Perbedaan Quaker Oats Merah dan Quaker Oats Biru

Ini Dia Perbedaan Quaker Oats Merah dan Quaker Oats Biru

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kesadaran orang-orang terhadap gaya hidup sehat semakin meningkat. Seperti maraknya orang yang berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat, seperti oatmeal. Makanan ini banyak sekali dijual di pasaran, namun merk yang paling terkenal di Indonesia tentunya adalah Quaker Oats yang ikonik dengan gambar bapak-bapak bertopi koboi dan rambut gondrong berwarna putih.

Ketika Anda mencari Quaker Oats dan pergi ke minimarket, Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu Quaker Oats dengan kemasan merah dan biru. Sebenarnya, apa perbedaan diantara keduanya?

Walaupun kesadaran akan kesehatan semakin tinggi, tak jarang orang kurang memperhatikan Saran Penyajian yang selalu tertera di setiap kemasan oat. Makanya, tak aneh kalau orang mengonsumsi Quaker Oats merah dan biru dengan cara yang sama.

Padahal, kalau dipikir-pikir mereka dipisahkan karena alasan, dong? Warna kemasannya pun dibuat kontras supaya Anda tidak salah memilih dan membuatnya. Jika setiap oat diolah dengan prosedur yang benar, manfaatnya akan lebih optimal. Sebelum membahas perbedaan Quaker Oats merah dan biru, mari ketahui terlebih dahulu manfaat Quaker Oats.

Manfaat Quaker Oat

dr oz oatmeal cara membuat quaker oatmeal

* sumber: www.doctoroz.com

Quaker Oats dibuat dari 100% wholegrain yang mana merupakan sumber serat yang baik. Semangkuk Quaker Oats mengandung beta glucan yang cukup untuk membantu menurunkan kolesterol. Quaker Oats juga mengandung lemak jenuh dan garam dalam kadar sangat sedikit. Sebagai gantinya, Quaker Oats mengandung banyak vitamin dan mineral seperti thiamin, vitamin B6, folate, zat besi, magnesium dan zinc.

Selalu konsumsi Quaker Oats sebagai bagian dari diet sehat Anda, baik itu dimakan sebagai sarapan, makan siang, atau makan malam. Anda bisa juga menyulap Quaker Oats menjadi snack! Baca resepnya di sini. Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai manfaat Quaker Oats. Sekarang, mari membahas perbedaan antara Quaker Oats kemasan merah dan kemasan biru bersama Bacaterus.

Quaker Oat Merah

Singkatnya, Quaker Oats merah adalah Quaker instan, sedangkan yang biru harus dimasak. Quaker Oats merah adalah sereal oat cepat saji menyehatkan yang dapat langsung Anda konsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu.

Dia instan, sebelumnya sudah “dimasak” ketika diproduksi. Cara pengolahan Quaker Oats merah pun lebih praktis daripada yang kemasan biru. Berikut adalah dua cara paling mudah mengolah Quaker Oats merah.

  • Diseduh Air Panas

* sumber: www.trail.recipes

Anda hanya perlu menyeduh Quaker Oats dengan air panas, lalu aduk rata. Dalam 1 kemasan Quaker Oats merah sachet (35 gram) dapat diolah dengan 1 gelas kecil (200 ml) air panas. Namun, jika Anda ingin porsi yang lebih banyak, siapkan: Quaker Oats merah 75 gr, air panas 600 ml dan madu 3 sdm.

Cara membuatnya, seduh oat dengan air panas, lalu aduk hingga kental. Tambahkan madu untuk perasa manis yang alami. Quaker Oats sudah siap untuk dinikmati! Supaya lebih nikmat, Anda bisa juga menambahkan selai kacang, buah kering, buah fresh, atau bahkan scrambled egg. Psst, Anda bisa juga mengganti air panas dengan susu panas!

  • Buat Overnight Oat

* sumber: lifemadesweeter.com

Selain disiram air panas, Anda bisa menikmati Quaker Oats merah dengan cara direndam susu semalaman. Metode overnight oat ini sangat terkenal.

Sedikit sejarah mengenai overnight oat: nama aslinya adalah Bircher muesli yang dikembangkan sekitar tahun 1900 oleh dokter Swiss Maximilian Bircher-Brenner. Dokter Bircher membuat overnight oat untuk pasiennya di rumah sakit, dan masih menjadi sarapan yang sangat populer di seluruh Swiss dan Jerman.

Metode overnight ini sangat mudah dibuat. Siapkan ½ mug besar oat, buah kering atau buah fresh sesuai selera, susu atau air, serta madu. Simpan di kulkas semalaman dan siap dimakan untuk sarapan. Itu saja sudah cukup sebenarnya.

Tapi, ada beberapa cara memasak lainnya seperti merebus air + sedikit garam, lalu masak oatnya sampai mendidih. Turunkan panas api hingga air menyusut, lalu tempatkan di gelas atau mangkuk. Metode yang ini tidak perlu dimasukkan ke kulkas, cukup ditempatkan di suhu ruangan saja.

Anda bisa juga menggunakan bahan-bahan lainnya seperti Greek yogurt plain, buah kalengan, santan, chia sheed, flax seed, vanilla extract, madu, sedikit garam dan tentunya Quaker Oats. Campurkan semua bahan-bahan (boleh sambil ditata supaya aesthetic) di dalam mug transparan. Simpan di dalam lemari es semalaman.

Quaker Oat Biru

Seperti yang sempat disinggung di atas, Quaker Oats biru adalah Quick Cook, walaupun harus dimasak tapi cuma sebentar. Jadi, sebenarnya dia sama-sama praktis seperti Quaker Oats merah. Oatmeal kemasan biru ini tidak bisa dimakan hanya dengan disiram air panas saja, karena dia mentah.

Anda bisa memasak Quaker Oats biru di atas kompor atau pun microwave. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak pun tak lama, hanya 1,5 – 2 menit saja. Jadi termasuk oat instan juga, ya, walaupun harus dimasak dulu. Berikut adalah beberapa cara memasak Quaker Oats biru.

  • Dimasak dengan Susu

* sumber: www.wellplated.com

Siapkan bahan-bahannya dulu, yuk! Susu rendah lemak, Quaker Oats biru (4-6 sdm) dan air panas (250 cc). Pertama-tama, didihkan air panas dengan api besar. Tuang Quaker Oats sesuai keinginan. Sebenarnya untuk sekali makan saja sudah cukup 6 sdm oat, karena oat akan mengembang, apalagi kalau dimasak dulu.

Masak sambil terus sesekali diaduk supaya oat tidak gosong. Tambahkan susu rendah lemak lalu kecilkan api. Tidak perlu lama-lama, angkat oatmeal Anda dan pindahkan ke mangkuk.

  • Masak di Slow Cooker

* sumber: www.bobsredmill.com

Selain dimasak di atas panci, Anda bisa menggunakan slow cooker juga! Slow cooker biasanya dipakai untuk memasak bubur bayi atau daging yang memang harus dimasak lama. Slow cooker memasak makanan dengan panas rendah tapi stagnan, sehingga tidak akan merusak nutrisi makanan.

Siapkan panci slow cooker, lalu semprot dengan cooking spray. Atau, Anda bisa juga menggunakan mentega, minyak kelapa, minyak zaitun, dll. Tuang 1 mug oatmeal, 4 gelas air dan sea salt secukupnya.

Masak dalam waktu yang paling pendek saja, karena Quaker Oats hanya membutuhkan waktu singkat untuk dimasak. Setelah matang, Anda tinggal beri topping sesuai selera. Kalau mau yang gurih bisa beri kuah soto, telur goreng, dll.

Quaker Oat Merah vs. Biru

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=-N00DMU53lI

Nah, itulah perbedaan antara Quaker Oats merah dan biru. Sederhana sekali, bukan? Tinggal ingat kalau merah = instan, biru = masak. Lalu, manakah yang lebih bagus, oats instan atau masak? Sebenarnya sama saja karena keduanya sama-sama dibuat dari whole grain.

Jadi, kembali lagi kepada selera masing-masing, lebih suka yang instan atau quick cook. Penulis pribadi lebih suka yang quick cook karena tekstur oat-nya jadi lebih chewy dan creamy. Kalau Anda, lebih suka yang mana? Oh iya, Anda bisa beli Quaker Oatmeal ini di Bukalapak lewat link ini, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *