Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / Inilah Perbedaan Makeup Di Beberapa Negara Asia dan Barat

Inilah Perbedaan Makeup Di Beberapa Negara Asia dan Barat

Tampil menarik dan cantik merupakan keinginan wanita pada umumnya. Makeup merupakan sudah menjadi gaya hidup. Ada beberapa alasan mengapa wanita menggunakan makeup, ada yang ingin terlihat menarik dan cantik, untuk menambah percaya diri, untuk menyamarkan noda, bahkan hanya sekedar main-main saja.

Sepertinya makeup memang sudah menjadi suatu kebutuhan, walau pun ada juga wanita yang tidak suka mengenakan makeup sama sekali. Namun terkadang karena tuntutan pekerjaan juga, ada wanita yang terpaksa menggunakannya.

Ada berbagai macam gaya menggunakan makeup, ada makeup warna natural bahkan warna yang nyentrik tergantung yang menggunakannya dan suka makeup yang seperti apa. Nah, kali ini Bacaterus.com akan membahas beberapa perbedaan gaya makeup dari beberapa Negara Asia dan juga barat.

Ciri Khas Make Up Berbagai Negara

Beda Negara beda pula cara penggunaan makeup-nya. Perbedaan ini terjadi karena perbedaan dari budaya, standar kecantikan menurut negara itu sendiri, dan bahkan iklim dari negara-negara tersebut yang mempengaruhi gaya ber-makeup. Negara yang kali ini akan dibahas adalah di negara Asia seperti Jepang, Korea, dan juga di negara-negara barat.

Jepang dan Korea walau pun sama-sama Negara Asia namun Negara yang bertetanggaan ini memiliki ciri khas masing-masing. Sedangkan untuk makeup negara barat akan sangat jelas terlihat perbedaannya dengan negara Asia. Berikut perbedaan masing-masing negara tersebut:

  1. Jepang

makeup jepang

Penggunaan makeup di Jepang umumnya lebih menonjolkan pemakaian blush on, eyeliner yang diaplikasikan lebih tebal untuk memberikan efek mata yang terlihat lebih besar, dan penggunaan bulu mata yang lentik yang menambah efek mata terlihat semakin besar. Kemudian, untuk alis orang Jepang lebih suka mengikuti bentuk aslinya.

Sedangkan untuk penggunaan lipstik lebih senang memakai warna pink atau orange muda. Di Jepang mereka lebih senang menggunakan makeup yang natural dengan warna-warna yang lembut dan kesan warna yang matte tidak terlihat berminyak.

Jika kita ingin mencoba untuk mengaplikasikan makeup ala Jepang, kita harus mengetahui dahulu warna kulit agar tetap terlihat natural. Dan yang terpenting adalah pemakaian blush on di bawah mata yang terlihat menponjol untuk memberikan kesan imut.

  1. Korea

makeup korea

Makeup Korea akhir-akhir ini sangat disukai olah gadis remaja Indonesia. Ciri khas makeup dari negeri ginseng ini adalah natural look atau no makeup look seolah-olah sedang tidak menggunakan makeup sama sekali.

Umumnya penggunaan makeup di Korea ini memilih warna yang kalem. Dengan tampilan kulit yang glowing dengan warna-warna porcelain ini kebalikan dari Jepang yang lebih menyukai tampilan matte.

Untuk orang Korea lebih suka bentuk alis yang lurus dan tebal karena menurut orang Korea sendiri alis seperti itu akan memberikan efek tetap terlihat muda dan lucu. Sedangkan untuk penggunaan lipstick mereka lebih senang dengan pengaplikasian lipstick ombre dan tipis. Untuk blush on, mereka mengaplikasikan secara tipis sekali.

  1. Barat

makeup barat

Makeup di negara barat lebih sering menggunakan warna kulit matte. Dengan bentuk alis yang melengkung, kemudian untuk bagian mata umumnya mereka suka menggunakan tampilan smokey eye, kemudian pemilihan warna lipstick yang mengikuti warna bibir atau cocok dengan kulit wajahnya dan pengaplikasiannya yang full dan juga tegas.

Perbedaan Make Up

perbedaan makeup

Nah itulah beberapa ciri khas makeup di Jepang, Korea, dan barat. Perbedaan makeup orang asia dan barat pada umumnya adalah standar kecantikan di masing-masing negara.

Selain itu, perbedaannya juga bisa disebabkan oleh letak fokus yang dianggap menjadi kekurangan. Seperti untuk orang asia umumnya memiliki mata sipit sedangkan barat tidak sipit, kelopak mata yang sempit, pipi chubby atau bentuk wajah yang dianggap kurang sempurna. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa perbedaan makeup asia dan barat:

  • Bagi orang asia biasanya lebih fokus pada ilusi rahang agar terlihat lebih tirus dengan menggunakan teknik konturing. Namun bagi orang barat wajah mereka bisanya memiliki kontur tulang yang tegas jadi tidak begitu mementingkan teknik konturing ini.
  • Bagi orang asia biasanya memilih warna eye shadow dan blush on kalem yang tidak menonjol. Sedangkan orang barat biasanya memilih warna yang tegas karena bisanya mereka lebih senang riasan mata seperti smokey eye dan cat eye untuk terlihat sexy.
  • Orang asia biasanya mengaplikasikan lipstick tipis sedangkan orang barat biasanya menggunakan lipstick full atau bervolume.

Itulah perbandingan umum makeup di Negara asia dan barat. Semoga membantu kalian yang selama ini kebingungan apa perbedaan makeup dari beberapa Negara tersebut.

Bagaimana dengan makeup orang Indonesia? Jika dilihat dari perbandingan makeup tadi, untuk makeup Indonesia pada umumnya lebih cenderung mirip dengan makeup barat ya? Orang Indonesia senang menggunakan makeup dengan tampilan matte, dengan alis yang melengkung, pengaplikasian blush on yang menonjol di pipi.

Tidak ada salahnya juga jika kalian ingin mencoba makeup dengan gaya makeup dari beberapa Negara tadi. Makeup dari Negara manakah yang kalian sukai? Tapi, sepertinya akhir-akhir ini para gadis Indonesia senang mencoba makeup seperti korea ya. Jangan lupa untuk memilih warna yang sesuai dengan kulit agar tidak terlihat tua ya.

Namun, gaya makeup apa pun yang akan kita gunakan akan terlihat bagus jika tubuh kita pun sehat. Jadi, jika sudah melakukan perawatan kecantikan dari luar, jangan lupa juga merawat kecantikan dari dalam ya. Semoga info ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menyimak artikel lainnya di Bacaterus.com.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Mutiara Dwi C.K.
Enjoy RnB and hiphop, sometimes rock. Sports addict, loves cooking, crafting, reading, and spending time to write.

Leave A Comment