bacaterus web banner retina

Yuk Ketahui Perbedaan M-Banking dan Internet Banking

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 21 Januari 2021

Dewasa ini, untuk transfer uang, membayar tagihan, dan membeli pulsa bisa dilakukan melalui ponsel Anda. Asalkan Anda memiliki rekening di bank yang menyediakan fasilitas mobile banking (m-Banking) dan internet banking (e-Banking), maka semuanya transaksi tersebut bisa dilakukan melalui ponsel pintar.

Ada m-banking, ada juga e-banking. Keduanya adalah fasilitas perbankan yang diakses dengan memanfaatkan internet. Namun, apa sebenarnya perbedaan m-banking dan internet banking? Adakah yang lebih unggul dari kedua fasilitas perbankan online ini?

Bacaterus akan mengajak Anda untuk mengulas lebih dalam seputar m-banking dan e-banking yang saat ini sudah memberi pengaruh yang besar dalam kegiatan perbankan di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Pengaruh m-banking dan internet banking

Pengaruh m-banking dan internet banking

Bagi Anda yang lahir sebelum tahun 2000, Anda pasti pernah merasakan bagaimana payahnya harus antri di teller bank hanya untuk mentransfer uang ke rekening orang lain. Bahkan, Anda mungkin pernah merasakan lelahnya antri berjam-jam di loket pembayaran listrik maupun telepon.

Namun, semua itu tidak perlu Anda alami lagi semenjak tahun 2000-an, tahun di mana fasilitas m-banking dan e-banking mulai diperkenalkan ke masyarakat.

Melalui fasilitas m-banking dan e-banking, kita bisa mentransfer uang ke rekening orang lain hanya dengan bermodalkan ponsel atau PC. Semua fasilitas perbankan bisa diselesaikan dalam waktu singkat tanpa perlu pergi ke bank. Di mana pun Anda berada, Anda bisa melakukan aktivitas perbankan dengan sangat mudah melalui m-banking dan e-banking.

Hal ini tentu saja memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan nasabah. Kita jadi lebih hemat waktu, energi, dan tentu saja biaya. Semua bisa dilakukan sendiri dengan PC atau ponsel pintar kita. Pengaruh m-banking dan e-banking sangat besar untuk memudahkan aktivitas perbankan yang biasanya harus dilakukan di bank atau ATM.

Perbedaan m-banking dan internet banking

Belum tahu perbedaan m-banking dan internet banking? Simak penjelasan singkatnya berikut ini. Baik m-banking dan internet banking sama-sama mengandalkan koneksi internet. Tanpa koneksi internet, keduanya tidak bisa beroperasi.

1. Mobile Banking (m-Banking)

BCA Mobile

Ingin melakukan sejumlah aktivitas perbankan di mana saja? Mungkin saatnya untuk mempertimbangkan ide menginstall aplikasi m-banking dan mendaftarkan rekening bank Anda agar terhubung dengan aplikasi m-banking. Berikut adalah penjelasan mengenai m-banking:

  • Menggunakan aplikasi yang diinstall di smartphone
  • Mendaftarkan username dan password melalui cabang bank
  • Beberapa bank tidak mengenakan biaya (bebas pulsa) untuk transaksi di m-Banking, meskipun ada beberapa bank yang tetap membebankan biaya pulsa (untuk SMS notifikasi) kepada nasabah, seperti BRI
  • Dapat dipakai untuk cek saldo, mutasi rekening, cek mutasi dan limit kartu kredit (beberapa bank saja), transfer antar rekening dan bank, membayar tagihan (kartu kredit, asuransi, telepon, TV berlangganan, BPJS, dll), melakukan pembelian (pulsa, token listrik, saldo Gopay, dll)
  • Terhubung dengan nomor ponsel aktif yang Anda pakai

Kelengkapan fitur yang ditawarkan m-Banking berbeda-beda sesuai dengan kebijakan bank. Soal penerapan biaya pulsa, sejauh ini BRI adalah bank yang membebankan biaya pulsa untuk pengiriman SMS notifikasi dan token. Fungsi token ini adalah untuk verifikasi aktivitas perbankan.

M-Banking bisa dipakai di mana saja, asalkan smartphone Anda terkoneksi dengan internet. Sayangnya, untuk beberapa bank yang masih menggunakan token yang dikirim melalui SMS tidak bisa dipakai di luar negeri.

2. Internet Banking (i-Banking)

Perbedaan m-banking dan internet banking

* sumber: www.berbagiinfo4u.com

Jika Anda bertanya mengenai perbedaan m-banking dan internet banking, mungkin bisa dikatakan bahwa internet banking menyediakan fitur yang lebih lengkap dibanding m-banking. Berikut adalah beberapa poin yang dapat menjelaskan seputar internet banking:

  • Bisa diakses melalui browser di ponsel, PC, maupun tablet
  • Mendaftarkan username + password di cabang bank dan beberapa bank mengharuskan pengguna e-banking untuk membeli token (Token berfungsi untuk melakukan transaksi perbankan, seperti transfer, pembelian, dan pembayaran)
  • Tidak dikenakan biaya apapun karena Anda hanya memerlukan koneksi internet saja untuk bisa menggunakan i-banking
  • Dapat dipakai untuk cek saldo, mutasi rekening, giro, deposito, cek mutasi dan limit kartu kredit (untuk beberapa bank), transfer antar rekening atau bank, pembelian, pembayaran, dan informasi kurs
  • Terhubung dengan email Anda karena setelah melakukan transaksi i-banking, maka nasabah akan mendapatkan notifikasi melalui email Anda (gratis tanpa dikenakan biaya)

Selain itu, perbedaan m-banking dan internet banking sebenarnya tidak terlalu signifikan. Keduanya sama-sama bisa dipakai di mana saja dan mengandalkan koneksi internet. Anda hanya perlu memilh fasilitas online banking yang sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan Anda.

Kelebihan dan kekurangan m-banking dan internet banking

Keunggulan dan kekurangan m-banking maupun internet banking

Baik m-banking atau internet banking sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Keduanya sama-sama menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan secara online. Berikut adalah keunggulan dari m-banking maupun internet banking.

M-Banking

  • Lebih praktis karena langsung tersedia di smartphone
  • Tidak perlu membeli token karena hanya menggunakan username + password saja
  • Bebas biaya, meskipun beberapa bank membebankan pada pulsa nomor HP yang terhubung pada m-banking
  • Transfer, pembayaran, dan pembelian bisa dilakukan secara real time

Internet Banking

  • Bisa diakses secara mudah dan di mana saja, termasuk ketika Anda berada di luar negeri
  • Sistem keamanan berlapis karena menggunakan token, digital secure, dan password yang dibuat sendiri oleh nasabah
  • Menu layanan perbankan jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan m-banking
  • 100% bebas biaya karena hanya menggunakan koneksi internet dan token saja untuk bertransaksi

Pilih m-banking atau internet banking?

Pilih m-banking atau internet banking

Setelah mengetahui perbedaan m-banking dan internet banking, maka Anda bisa menentukan sendiri layanan perbankan online manakah yang paling cocok untuk Anda. Bagi Anda yang memiliki online shop atau profesi yang mengharuskan Anda mengecek mutasi rekening secara berkala, maka internet banking lebih cocok karena laporan mutasi rekeningnya terlihat lebih jelas.


Sementara itu, jika Anda hanya menggunakan berbagai layanan umum, seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan, dan pembelian pula maupun e-commerce, maka Anda dapat menggunakan m-banking saja karena semua yang Anda butuhkan hadir dalam satu genggaman saja.

Lantas, manakah yang harus Anda pilih? Apakah m-banking atau internet banking? Pilih saja sesuai kebutuhan Anda. Kesimpulannya, jika Anda sangat aktif dalam menggunakan layanan perbankan online, maka tak ada salahnya jika Anda turut membuat username internet banking dan membeli tokennya agar Anda lebih leluasa dalam melakukan aktivitas perbankan.

Dari penjelasan m-banking dan internet banking ini kita jadi mengerti bahwa perbedaan antara mobile banking dan internet banking tidak terlalu signifikan. Yang jelas semenjak adanya kedua fasilitas layanan perbankan online ini, kita jadi lebih mudah dan hemat waktu saat melakukan aktivitas perbankan online.

Jadi, sudahkah Anda menggunakan m-banking dan internet banking? Jika belum, saatnya membuat kedua layanan online banking ini. Ingin tahu cara mengambil uang di ATM tanpa menggunakan kartu? Baca artikel ini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram