Bacaterus / Binatang / 7 Perbedaan Kura-Kura dan Penyu yang Perlu Diketahui

7 Perbedaan Kura-Kura dan Penyu yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Januari 2020

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa kura-kura dan penyu adalah dua binatang yang sama. Jika kamu melihatnya secara sekilas mungkin kamu tidak akan melihat bahwa kedua binatang itu adalah binatang yang berbeda. untuk lebih tahu lagi perbedaan kura-kura dan penyu ayo kita lihat daftar perbedaan keduanya berikut ini.

Deskripsi Umum

Deskripsi Umum

Penyu dalam bahasa inggris disebut dengan turtle dan kura-kura dalam bahasa inggris disebut tortoise. Penyu dan kura-kura adalah reptile dari famili yang yang sama yaitu Testudinae. Penyu atau turtle adalah istilah yang menunjukan pada binatang reptile yang memiliki cangkang, oleh karena itu semua kura-kura adalah penyu, tetapi setiap penyu bukan kura-kura.

Penyu dan Kura-kura dalam Penggambaran Kebudayaan

Penyu dan Kura-kura dalam Penggambaran Kebudayaan

Penyu dalam budaya modern sering digambarkan sebagai mahluk yang senang bergaul, sabar, serta bijaksana. Penyu juga adalah binatang yang dia anggap melambangkan umur panjang dan stabilitas di banyak budaya di seluruh dunia, hal itu dikarenakan umur mereka yang panjang, gerakan yang lambat, kokoh dan penampilannya yang keriput.

Kura-kura merupakan simbol dari kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan serta kemampuan untuk mempertahankan dirinya sendiri. Selain itu kura-kura juga dianggap melambangkan air, bulan, bumi, waktu, kesuburan, dan keabadian. Kura-kura sering diasosiasikan dengan penciptaan dan juga   kura-kura dipercayai sebagai binatang yang menanggung beban seluruh dunia.

Penyu memiliki peran penting dalam menyimbolkan ketabahan dan ketenangan dalam agama, mitologi dan cerita rakyat di seluruh dunia. Sedangkan umur panjang dari kura-kura disebabkan oleh masa hidupnya yang panjang dan cangkangnya yang dianggap memberikan perlindungan dari musuh apapun.

Perbedaan Kura-kura dan Penyu

Nah, setelah mengetahui makna dan deskripsi secara umum dari dua hewan tersebut, kini saatnya membahas tentang perbedaannya. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Habitat

Habitat

Kebanyakan dari kura-kura lebih banyak menghabiskan hidupnya di darat, tetapi ada juga sebagian yang hidup air. Kura-kura hidup di banyak lingkungan seperti gurun dan juga daerah yang setengah kering juga daerah seperti danau, lagun dan hutan tropis.

Kura-kura dengan tubuh mereka yang beradaptasi untuk hidup di darat, membuat mereka tidak bisa berenang. Tetapi walaupun kura-kura tidak bisa berenang, kura-kura dapat menahan nafas yang cukup lama. Selain itu kura-kura yang berasal dari daerah yang hangat akan memiliki cangkang yang berwarna terang dibangdingkan dengan kura-kura dari daerah dingin.

Sedangkan Penyu, mereka banyak menghabiskan hidupnya di air. Penyu akan ke darat saat mereka akan bertelur. Penyu  hidup hampir di seluruh lautan di dunia, mereka bersarang di pantai tropis dan subtropis. Penyu bermigrasi dengan jarak yang jauh untuk mencari makan, terkadang mereka sering melintasi seluruh lautan.

2. Cangkang

Cangkang

Bentuk cangkang yang dimiliki kura-kura dan penyu dipengaruhi lingkungan di mana mereka tinggal. Kura-kura memiliki cangkang yang lebih bundar dan bentuknya seperti kubah yang cukup berat. Bentuknya yang besar seperti kubah itu berfungsi untuk melindungi kura-kura dari predator yang hidup di darat karena mereka tidak bisa berlari untuk melarikan diri.

Cangkang penyu bentuknya lebih datar dan lebih ramping serta lebih ringan dibandingkan dengan cangkang kura-kura. Bentuk cangkang yang ramping dan ringan itu membuat penyu dapat meningkatkan kecepatan dalam berenang dan menghindarkan penyu dari tenggelam.

3. Kaki

Kaki

Kura-kura memiliki kaki yang pendek dan kokoh, kakinya dapat di tekuk dan berada tepat di bawah badannya. Kura-kura memiliki kaki depan seperti stik pemukul dan memiliki kaki belakang yang seperti gajah. Kaki belakangnya yang seperti gajah membantu kura-kura untuk bergerak dan membawa badannya yang besar dan berat.

Sedangkan penyu yang banyak menghabiskan waktunya di air, mereka beradaptasi dengan memiliki kaki yang berselaput dan memiliki cakar yang panjang. Cakarnya dapat memberikan cengkraman yang baik pada kayu yang mengapung dan membantu penyu untuk memanjat ke tepi sungai. Beberapa penyu bahkan memiliki kaki yang seperti sirip seperti halnya pada penyu hidung babi.

4. Makanan

Makanan

Kura-kura yang sebagian besar hidupnya didarat adalah hewan herbivora, artinya mereka pemakan tumbuhan. Mereka mencari makanan dengan bergerak di sekitar area yang luas sambil berjalan. Kura-kura dapat mengekstrasi air dan nutrisi bahkan dengan gigitan yang biasa. Sistem pencernaan belakangnya bekerja seperti saluran penccernaan ganda, mampu memisahkan air dan sisa makanan.

Kebanyakan dari penyu adalah omnivora, itu artinya mereka memakan tumbuhan juga memakan binatang. Sekalipun mereka adalah ominvora tetapi makan yang mereka makan bergantung pada jenis penyunya. Seperti penyu Musk biasa memakan moluska, tanaman, ikan kecil dan serangga, sedangkan penyu cooter kebanyakan vegetarian, dan penyu hijau hanya memakan rumput dan alga.

5. Perkembangbiakan

Perkembangbiakan

Kura-kura dan penyu walau menghabiskan waktu di habitat yang berbeda keduanya akan ke darat saat waktu untuk bertelur tiba. Mereka akan menelurkan 2 – 12 telur butir bahkan lebih di dalam lubang yang mereka gali. Telur-telur itu akan menetas dalam waktu 90 – 120 hari. Induk kura-kura akan menjaga bayi-bayinya sekitar 80 hari, sedangkan bayi penyu akan hidup sendiri sejak lahir.

Menurut Konservasi Penyu Laut, suhu pasir akan mementukan jenis kelamin dari penyu. Temperatur pasir pantai yang sempurna akan menghasilkan jumlah keturunan jantan dan betina yang sama banyak. Suhu yang hangat akan menghasilkan lebih banyak penyu betina. Rasio penentuan jenis kelamin oleh suhu berbeda pada setiap jenis penyu dan lokasi tempat bertelur.

6. Distribusi secara geografis

Distribusi secara geografis

Penyu banyak terdapat di Afrika dan Amerika, sedangkan kura-kura banyak terdapat di Asia dan Afrika. Pada umumnya kura-kura dan penyu banyak ditemukan di daerah yang beriklim tropis dan  subtropis karena mereka memerlukan suhu eksternal yang lebih hangat untuk menjaga kehangatan tubuhnya. Tetapi beberapa penyu memiliki kebiasaan berhibernasi selama musim dingin.

Sedangkan kura-kura tidak melakukan kebiasaan berhibernasi seperti  penyu karena habitat mereka yang hampir secara keseluruhan berada di daerah yang hangat. Walaupun begitu, beberapa jenis kura-kura mampu membatasi metabolisme tubuh mereka di saat ada kelangkaan  cadangan air dan makanan. 

7. Masa hidup

Masa hidup

Kura-kura dapat hidup sama seperti manusia, sekitar 60 sampai dengan 80 tahunan, tetapi ada beberapa kura-kura yang dapat hidup selama lebih dari 150 tahun. Usia kura-kura  yang terpanjang yang telah terverifikasi sekitar 188 tahun. Walaupun ada klaim yang mengatakan kura-kura dapat hidup hingga 200 tahun dipenangkaran, tetapi hal tersebut sulit untuk dibuktikan kebenarannya.

Kebanyakan kura-kura dapat hidup hingga 100 tahun di penangkaran, tetapi untuk dapat hidup melewati usia panjang memerlukan lingkungan yang terkontrol dan terpelihara dengan baik. Berbeda dengan kura-kura, usia penyu adalah sekitar 20-40 tahunan, sementara untuk usia penyu laut rata-rata dapat mencapai usia 60 sampai dengan 70 tahun.

Informasi Tambahan

Kenapa penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan antara kura-kura dan penyu? Terkadang karena kesalahan dalam mengidetifikasi bisa berakibat fatal bagi binatang itu sendiri. Pada tahun 2015 Komisi Konservasi Ikan dan Satwa Liar Florida menerima tiga laporan di bulan Maret, orang yang bermaksud baik melepaskan Kura-kura Gopher muda ke lautan, yang dipikirnya penyu laut.

Kura-kura Gopher tidak dapat berenang dan dapat dengan mudah tenggelam. Kura-kura Ghoper sering bersarang di bukit pasir berdekatan dengan sarang penyu laut. Penyu datang ke darat hanya untuk bertelur, selebihnya mereka hidup di laut.

Sedangkan kura-kura ghoper tidak dilengkapi sirip untuk berenang, tetapi dilengkapi kaki depan untuk menggali. Nah, itulah perbedaan antara kura-kura dan penyu sehingga kamu tidak akan salah dalam memberikan pertolongan yang benar kepada dua jenis binatang tersebut.

Apakah sekarang kamu sudah bisa membedakan mana penyu dan mana kura-kura saat melihat hewan tersebut? Jangan sampai salah membedakan lagi, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *