Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / Serupa tapi Tak Sama, Ini 6 Perbedaan Kucing Angora & Persia

Serupa tapi Tak Sama, Ini 6 Perbedaan Kucing Angora & Persia

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Januari 2019

Kucing Angora dan Persia, keduanya merupakan kucing favorit peliharaan kebanyakan orang Indonesia. Keduanya memiliki penampilan fisik yang memikat dengan bulu mereka yang tebal dan indah. Ditambah lagi, perilaku keduanya yang lucu membuat orang tak tahan untuk memeluk dan bermain dengan kedua kucing imut ini.

Walaupun sekilas penampilan fisik mereka terlihat sama, tapi kucing angora dan persia memiliki beberapa perbedaan. Mungkin bagi para ahli kucing, perbedaan keduanya bisa langsung dikenali. Namun, bagi orang yang awam, mereka akan sedikit kebingungan. Jika kamu berencana untuk memelihara salah satu dari keduanya, simak apa yang menjadi perbedaan keduanya supaya kamu tidak salah pilih.

6 Perbedaan Dasar Antara Kucing Angora & Persia

1. Sejarah

  • Persia

Di negara-negara berbahasa Inggris, kucing persia dikenal juga dengan nama “Persia Longhair”. “Kucing Iran” adalah nama yang dikenal luas di wilayah Timur Tengah dan, di Iran, kucing persia dikenal sebagai “Kucing Shirazi”.

Dokumentasi pertama impor nenek moyang kucing persia dilakukan sekitar 1620 dari Iran (Iran secara historis dikenal sebagai Persia) ke Italia. Sejarah pasti kucing persia masih misteri. Namun, banyak kucing seperti kucing persia terlihat dalam hieroglif. Menurut cerita, kucing ini kemudian diimpor ke Eropa karena mereka semakin populer. Mereka dikembangbiakan di Italia dan Perancis.

  • Angora

Ras kucing angora berasal dari Ankara, sebelumnya dikenal dengan nama Angora, di Turki. Bulunya yang panjang dihubungkan dengan cuaca di Turki yang dingin. Bulu tebal panjang tersebut membuat mereka bisa selamat dari kerasnya musim di Turki. Di abad ke-18, para bangsawan mempercantik kucing ini dan menyimpannya seperti harta simpanan.

Ciri fisiknya yang mirip dengan kucing persia membuat orang kebingungan. Karena karakter fisiknya itu, kucing angora dicari dari Inggris hingga ke Perancis. Banyak program yang melibatkan kawin silang membuat ras asli hampir punah sehingga dilakukanlah program konservasi untuk kucing angora.

2. Ciri Fisik

Ciri Fisik

  • Persia

Jika kedua ras kucing ini disandingkan, kamu akan bisa mengenali perbedaan bentuk wajah antara kucing persia dan angora. Kucing persia cenderung memiliki wajah yang bulat dan datar, serta pipi dan rahang lebar. Dagunya kuat dan hidungnya kecil dan pesek.

Bentuk kupingnya lebih pendek dan kecil. Telinganya kecil, lebar, dan bulat di ujung. Kucing persia memiliki mata yang bulat yang terletak berjauhan dan hampir sejajar dengan hidung. Warna mata bisa warna apa saja, terkadang tergantung pada warna bulu.

Tubuh kucing persia besar, berotot dan bulat dengan kaki yang bundar dan lebih pendek sehingga perawakannya tidak terlalu tinggi jika dibandingkan kucing angora. Lehernya dipenuhi bulu yang tebal. Ekor persia pendek tetapi memiliki bulu yang tebal.

  • Angora

Kucing angora memiliki wajah yang mirip dengan kucing kebanyakan yang berkeliaran di dekat rumah kita, alias kucing kampung. Kepalanya berukuran kecil hingga sedang jika dibandingkan dengan tubuhnya. Dahinya panjang dan halus, dagu tegap dan bulat, tulang pipi tinggi. Telinganya lebar, tinggi, runcing, dan dengan jumbai yang menarik.

Mata berbentuk almond, menyudut ke atas di ujung dan sangat besar. Warna mata yang paling banyak disukai yaitu kuning, tetapi ada juga yang bermata biru dan terkadang ada sepasang mata dengan warna berbeda. Umumnya, warna ini dimiliki kucing berwarna putih. Kucing dengan warna mata berbeda sering kali dihargai sangat tinggi. Hidungnya lebih panjang dan agak mancung.

Tubuh angora lebih tinggi dan ramping juga tidak terlalu berotot tetapi kuat. Badan bagian belakang lebih panjang dibandingkan yang depan. Kakinya panjang dengan ukuran sedang dengan buku yang bagus. Di antara jari-jari kaki terdapat bulu yang panjang. Ekornya panjang, lurus, tidak lebar, dan berbulu halus.

3. Bulu dan Penampilan

Bulu dan Penampilan

  • Persia

Kucing persia terkenal memiliki bulu yang panjang, lebat, dan tebal. Bulunya lurus tapi bergelombang di bagian perut. Ukuran bulu di bagian badan, ekor, dan paha lebih panjang. Karena itu, bulu bagian atas dan bawah perlu disisir setiap hari agar tidak kusut dan gimbal. Untuk membuat bulunya tetap bersinar dan sehat, sesekali perlu dimandikan.

Bulu kucing persia memiliki beragam warna dan pola juga dua tekstur bulu. Kucing persia dengan warna hitam dan merah, umumnya memiliki tekstur bulu yang halus. Sementara kucing dengan warna krem dan biru memiliki bulu yang halusnya seperti kapas yang membuatnya perlu perawatan ekstra.

  • Angora

Bulu kucing angora walaupun tebal tapi tak sepanjang bulu kucing persia. Tekstur bulunya lembut dan halus seperti persia. Cukup disisir satu atau dua minggu sekali untuk membuat bulu terlihat bagus. Warna khas agora adalah putih, tapi ada juga angora dengan warna dan pola yang lain.

Baik kucing persia maupun angora bulunya sering mengalami kerontokan terutama di musim panas karena bulu kedua kucing tersebut harus sering disisir.

4. Kepribadian

Kepribadian

  • Persia

Kucing persia yang manis dan lembut lebih menyukai ketenangan dan perlakuan yang lembut. Ketika kucing ini merasa aman, dia bisa beradaptasi dengan keadaan rumah yang ramai. Persia gemar bermain tetapi tidak terlalu menuntut. Mereka akan mengeluarkan suara yang lembut dan memerlihatkan mata besarnya yang ekspresif ketika berkomunikasi.

Kucing ini juga sering ditempatkan di kursi kesukaannya atau berdiam di depan jendela. Karena tidak terlalu gemar melompat-lompat, kucing persia jarang didapati berada di tempat yang tinggi. Kucing ras ini bukan jenis kucing yang menuntut penuh perhatian pemiliknya, tapi dia akan menikmati jika diberikan perhatian.

Persia jenis kucing yang senang dan nyaman berada di dalam rumah baik ketika ada atau tidak ada pemilik. Namun, jika melihat pemiliknya, mereka akan sangat senang.

  • Angora

Kucing angora penyayang dan ramah. Mereka senang menyapa tamu, terkadang menyapa dengan gaya seperti anjing. Ras yang pintar dan mandiri ini melatih kemampuan berburunya dengan berlarian di dalam rumah dengan mengejar mainan. Berbeda dengan persia, angora yang lincah ini senang berada di tempat yang tinggi. Jadi, tahu kan di mana mencari mereka jika menghilang?

Seperti halnya mereka banyak tertarik dengan apa yang dilakukan oleh pemiliknya, angora pun berharap pemiliknya tertarik dengan apa yang dilakukan olehnya. Bergaul dengan anjing atau hewan peliharaan lain bukanlah masalah bagi kucing angora, tetapi mereka akan memposisikan diri sebagai bos. Ras ini merupakan kucing pilihan yang tepat untuk keluarga dan anak kecil.

5. Kesehatan

Kesehatan

Kelemahan dari kedua ras kucing ini adalah mereka rentan mengalami masalah kesehatan, seperti masalah genetik tertentu. Keduanya sering sekali mengalami masalah dengan kondisi jantungnya yang dikenal dengan nama kardiomiopati hepertropik.

Kardiomiopati hepertropik adalah penebalan pada salah satu bagian dari jantung yang terjadi tanpa sebab yang jelas. Akibat dari kardiomiopati hepertropik membuat jantung kehilangan kemampuan untuk memompa darah.

  • Angora

Mata biru yang dimiliki kedua ras kucing ini membuat mereka bisa mengalami gangguan pendengaran alias tuli. Angora juga terkadang mengalami ataxia, yaitu sebuah gelaja bukan sebuah penyakit. Ketika terserang ataxia, kucing akan kehilangan kontrol motorik tubuh. Gejalanya diawali dengan tremor kemudian diikuti kehilangan seluruh kontrol otot sukarela.

  • Persia

Mata kucing persia yang besar dan menonjol juga membuat mata kucing ini rentan terhadap iritasi dan infeksi mata. Selain itu, hidungnya yang pendek dan datar terkadang menyebabkan masalah pernapasan. Penyakit lain yang rentan diidap oleh persia adalah penyakit atrofi retina dan ginjal.

6. Keseluruhan Penampilan

persia vs angora

  • Persia

Penampakan fisiknya besar dan indah. Persia merupakan kucing besar dengan bulu yang panjang dan terlihat anggun dengan tulangnya yang besar, badannya pendek dan lebar. Wajahnya bulat dan matanya ekspresif. Kucing ini dikembangbiakan sebagai kucing domestik selama berabad-abad dan mereka teman yang ideal dengan kepribadian yang sabar dan manis.

  • Angora

Penampilan kucing ini ramping dan anggun dengan ukuran sedang. Makhluk manis ini cukup aktif dan senang berada di tempat yang tinggi. Bulunya halus dan lembut serta memiliki kilau yang indah dan mereka cocok menjadi sahabat keluarga dan anak kecil.

Nah, sekarang sudah jelaskan perbedaan antara kucing persia dan angora? Kamu sudah bisa membedakan keduanya walaupun sama-sama berbulu tebal. Ras kucing manakah yang lebih kamu sukai, angora atau persia?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Sansan adalah panggilan yang tersemat pada sesosok perempuan pecinta traveling. Saat gejolak jiwa traveling mereda, dia senang mengabadikan buah pikirannya ke dalam tulisan. Selain traveling, dia juga senang sekali memotret walaupun bukan tukan potret profesional. Foto-foto hasil jepretannya banyak dipampang di instagram. Jika galau melanda, makan dan nonton “drakor” adalah pilihan favoritnya.

Leave A Comment