Bacaterus / Kopi / Yuk Ketahui 10 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

Yuk Ketahui 10 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Sekarang ini, kopi sudah menjadi lifestyle bagi beberapa orang. Jika dulu kopi selalu identik dengan bapak-bapak dan sebuah koran di pagi hari, maka kali ini berbeda. Kini kopi dapat diidentikan dengan kaum anak muda kekinian yang mengunjungi coffee shop ternama yang mungkin memiliki harga lumayan mahal.

Sebagian dari mereka mengunjungi coffee shop bukan hanya untuk benar-benar menikmati kopi berdasarkan rasanya, tetapi sebagian juga mengunjungi coffe shop hanya untuk mengikuti tren saja. Selain untuk mengikuti tren, mereka juga menggunakan kopi sebagai objek fotografi mereka yang kemudian mereka unggah ke sosial media yang mereka miliki.

Adanya lifestyle baru ini, membuat pengusaha coffe shop membuka coffe shop di mana-mana. Mulai dari daerah dekat kampus, mall, bahkan di daerah yang jauh dari keramaian seperti di daerah pegunungan atau dataran tinggi lainnya. Sesuai lokasinya yang berada di dataran tinggi, membuat coffe shop di daerah ini memiliki nilai plus tersendiri. Nilai plus tersebut adalah pemandangan yang luar biasa indah.

Bukan hanya pemandangan yang indah, namun coffee shop juga tentu menyajikan berbagai jenis kopi. Mulai dari americano, espresso, machiatto, doppio, atau cappucino. Adanya berbagai jenis kopi ini, bukan tidak mungkin membuat pengunjung coffee shop kadang kebingungan untuk memilih kopi apa yang akan mereka pesan. Akhirnya mereka akan bertanya kepada waiter tentang perbedaan dari masing-masing kopi.

Jika berbicara mengenai kopi, maka arabika dan robusta pasti akan terkait di dalamnya. Arabika dan robusta adalah dua jenis biji kopi yang menjadi cikal dari beberapa jenis kopi, seperti cappucino, espresso, macchiato dan sebagainya. Jika sudah diolah, kedua biji kopi ini akan sedikit sulit untuk dibedakan.

Untuk membantu membedakan antara arabika dan robusta, di bawah ini ada beberapa hal yang dapat menjadi perbandingannya. Yuk simak apa saja perbedaan kopi arabika dan robusta tersebut!

Rasa

Dari segi rasa, arabika memiliki karakter rasa yang cenderung asam. Arabika juga lebih kaya akan rasa dan aroma. Sedangkan robusta memiliki karakter rasa yang cenderung pahit. Karakter rasa yang dimiliki oleh robusta lebih seperti kacang-kacangan.

Bentuk biji

perbedaan kopi arabika dan robusta

Jika dilihat dari bentuk bijinya, arabika dan robusta memiliki perbedaan yang dapat dipahami dengan mudah. Jika arabika memiliki bentuk biji yang lonjong, gepeng dan agak memanjang, maka robusta sebaliknya. Robusta memiliki biji yang berbentuk bulat penuh.

Kandungan kafein

Perbedaan kopi arabika dan robusta yang selanjutnya adalah kandungan kafeinnya. Arabika memiliki kandungan kafein yang lebih kecil. Kandungan tersebut berkisar antara 0,8% – 1,4%. Berbeda dengan arabika, robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi. Kandungan tersebut sekitr 1,7% – 4,0%.

Daerah tempat tumbuh

pohon kopi

Daerah tempat tumbuh arabika dan robusta juga berbeda. Arabika tumbuh di dataran kurang lebih 700 meter diatas permukaan laut. Sedangkan robusta tumbuh di dataran 300-700 meter diatas permukaan laut.

Tinggi pohon

Perbedaan kopi arabika dan robusta sangat mudah dikenali jika Anda melihat pohonnya. Pohon kopi arabika dapat tumbuh mencapai 3 meter. Sedangkan pohon kopi robust hanya dapat tumbuh sekitar 1 – 2 meter saja.

Ketahanan terhadap hama dan penyakit

Pohon kopi arabika dan robusta juga tidak luput dari serangan hama dan penyakit. Hama dan penyakit dapat berpengaruh terhadap biji kopi yang dihasilkan. Pohon kopi arabika memiliki ketahanan yang lemah terhadap serangan hama dan penyakitnya. Sebaliknya, pohon kopi robusta memiliki ketahanan yang lebih kuat dari serangan hama dan penyakit.

Harga

Harga kopi arabika lebih mahal jika dibandingkan dengan biji kopi robusta. Hal ini disebabkan oleh perawatan yang harus ektra karena pohon kopi arabika rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Sebaliknya, robusta yang memiliki ketahanan dari serangan hama dan penyakit, memiliki harga yang lebih murah.

Penguasaan pasar

Arabika menguasai 60% pasar kopi dunia. Hal ini disebabkan oleh arabika memiliki karakter rasa yang kaya akan aroma dan rasa yang kuat, sehingga membuatnya dapat menguasai pasar dunia. Robusta menguasai 40% pasar kopi dunia. Hal ini disebabkan oleh rasa biji kopi robusta yang lebih pahit, sehingga membuatnya lebih digunakan sebagai bahan dasar espresso atau blend.

Jenis penyajian

jenis penyajian kopi

Arabika memiliki karakter rasa dan aroma yang kuat, karena itu arabika lebih cocok disajikan sebagai single kopi origin. Sehingga penikmat kopi dapat merasakan rasa asli dari kopi arabika.

Robusta memiliki karakter rasa yang cenderung pahit. Maka dari itu, robusta lebih cocok disajikan sebagai bahan dasar espresso atau blend. Dengan begitu, rasa pahit yang terkandung di dalamnya dapat sedikit berkurang setelah ditambah creamer.

Peminat

Arabika lebih banyak dipilih oleh orang yang benar-benar mencintai kopi, atau bisa dibilang sebagai pembeli yang membeli kopi karena rasanya. Rasa yang ditimbulkan oleh arabika membuat para pencinta kopi ketagihan akan rasanya yang khas dan aroma yang khas.

Lain halnya dengan para pembeli arabika, para pembeli robusta biasanya membeli kopi dalam bentuk cappucino atau blend. Mereka yang memesan jenis ini biasanya kurang menyukai kopi, sehingga mereka memilih kopi yang sudah diolah dengan campuran creamer.

Nah, setelah mengetahui beberapa perbedaan kopi arabika dan robusta di atas, maka sekarang kamu bisa memilih kopi mana yang akan kamu pesan saat kamu mengunjungi coffee shop. Arabika dan robusta sama-sama memiliki rasa khasnya masing-masing. Tergantung mana yang menjadi favoritmu. Tidak perlu bertanya ke waiter lagi. Cukup pesan, foto, upload, nikmati kopimu dan Have a great coffee story!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *