Bacaterus / Lantai / 7 Perbedaan Keramik dan Granit yang Perlu Kamu Ketahui

7 Perbedaan Keramik dan Granit yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dalam membangun rumah, memilih material untuk lantai merupakan hal yang penting dan cukup membingungkan. Tak jarang si pemilik kerap dipusingkan dengan pertimbangan jenis bahan untuk lantai rumah mereka. Itu karena lantai merupakan salah satu aspek visual yang menentukan keindahan rumah. Mungkin kamu terpikir untuk memakai keramik atau granit.

Tapi, tahukah kamu jika keramik dan granit memiliki beberapa dan perbedaan yang cukup signifikan. Nah, sebelum memutuskan untuk memilih keramik atau granit untuk lantai rumahmu, sebaiknya kamu mengetahui karakter masing-masing dari dua jenis flooring ini.

Lantai keramik atau granit, mana yang lebih bagus? Sebelum memutuskan jenis lantai mana kah yang cocok dengan rumahmu sebaiknya kamu perlu memahami karakter dari masing-masing material tersebut.

1. Bahan Dasar dan Proses Pembuatannya

Bahan Dasar dan Proses Pembuatannya

* sumber: www.builddirect.com

Dalam memilih material flooring untuk rumahmu tentu kamu menginginkan yang terbaik. Keramik dan granit adalah jenis yang paling popular yang kerap digunakan sebagai lantai rumah.

Keramik dibuat dari tanah liat dan campuran bahan-bahan lainnya lalu setelahnya dibakar. Proses pembakarannya dilakukan sebanyak dua kali. Setelah pembakaran pertama tile keramik kemudian dilapisi glaze atau bahan pengkilap di atas permukaannya.

Setelah itu dilakukan pembakaran kedua dengan tujuan mematangkan komposisi tile keramik. Proses double fired ini bertujuan agar kekerasan dan kekuatan keramik meningkat. Proses tersebut juga menyebabkan keramik bagian bawah berwarna merah khas tanah liat.

Untuk mempercantik penampilan keramik diberi aksesoris lain. Teknik ini disebut listello atau inserto. Selanjutnya keramik dibakar kembali.

Proses pembuatan keramik ini bisa sampai 4-5 kali pembakaran. Semakin banyak dibakar, kualitas keramik semakin baik. Oleh karenanya harganya pun menjadi lebih tinggi.

Granit merupakan salah satu jenis batuan alam. Proses terbentuknya batu granit ini membutuhkan waktu lama. Bentuk dan ukuran granit yang beredar di toko-toko bahan bangunan dibentuk oleh produsen bahan bangunan, bukan bentuk asli batu granit.

Dalam pembuatannya granit juga mengalami proses pembakaran. Setelah menemukan bentuk yang diinginkan granit kemudian dibakar sampai matang. Proses itulah yang menyebabkan seluruh lapisan granit mempunyai motif atau corak yang sama.

Corak atau motif granit terbentuk secara alami. Tidak seperti keramik yang bisa diberi hiasan tertentu tergantung permintaan si pembeli. Ciri khas dari corak granit hanya berupa titik-titik dengan warna campuran seperti hitam, coklat, abu-abu dan biru.

2. Karakteristik

Karakteristik

* sumber: cdn.home-designing.com

Karakter alami dan proses pembuatannya membuat dua jenis flooring ini mempunyai keunikan tersendiri. Hal tersebut juga menentukan kualitas masing-masing jenis flooring.

Keramik memiliki bodi berwarna merah yang beragam. Tingkat kecerahan warna dari bodi keramik menentukan kemampuan pori menyerap air. Semakin gelap warna merah yang dimiliki bodi keramik maka kemampuan menyerap airnya semakin tinggi.

Jika diperhatikan keramik mempunyai sisi berwarna putih yang tidak tertutup atau disebut dengan window frame. Selain itu permukaan keramik ada juga yang bergelombang. Hal tersebut diakibatkan oleh lapisan bahan pengkilap yang tidak menyebar rata.

Granit mempunyai permukaan yang seluruhnya rata. Itu karena proses pemotongan dan instalasi granit menggunakan mesin khusus sehingga menghasilkan bentuk dan ukuran yang sama dan presisi.

Ada tahapan khusus dalam pemasangan granit agar permukaan granit rata. Sebelum dikemas, sisi granit dipotong terlebih dulu. Hal ini menyebabkan granit bisa dipasang lebih rapat sehingga tidak terdapat celah seperti pada proses pemasangan keramik.

3. Daya Kekuatan dan Ketahanan

Daya Kekuatan dan Ketahanan

* sumber: www.id.weber

Dari segi kekuatan di antara dua material lantai ini tentu saja granit pemenangnya. Batu alam ini mempunyai daya tahan yang bagus terhadap tekanan, goresan dan benturan. Hal ini disebabkan oleh material granit yang lebih keras dibanding keramik.

Namun, jika diukur dari segi bobot keramik mempunyai bobot yang lebih ringan dibanding granit yang berat dan padat. Oleh karenanya cenderung lebih ringkih dibanding granit. Namun soal ketahanan terhadap kotoran dan debu, keramik lebih unggul.

Permukaan keramik mempunyai lapisan mengkilap yang membuat noda dan debu tidak mudah menempel. Sehingga dalam proses pembersihan dan perawatan pada keramik  tidak memerlukan treatment khusus.

Pada granit, proses pemeliharaannya lebih rumit karena ia mempunyai permukaan yang berpori. Harus lebih sering mendapat perawatan agar partikel debu dan kotoran tidak meninggalkan noda dengan begitu granit akan awet bahkan sampai ratusan tahun.

4. Penampilan

Penampilan

* sumber: carpetmilloutletstores.com

Granit mempunyai motif yang khas, yaitu motif dan corak yang acak. Meskipun terdapat banyak warna dalam granit tapi karena terbuat dari batu alam, lantai granit tidak memiliki variasi motif yang beragam.

Sedangkan keramik memiliki corak dan motif yang beragam dari mulai motif sederhana sampai motif yang kompleks. Selalu saja ada motif baru dari lantai keramik yang bisa jadi pilihan. Selain itu, keramik memiliki pilihan warna yang banyak sehingga mudah disesuaikan.

Baca juga: Cara Membersihkan Keramik yang Kusam dengan Mudah

5. Harga

Harga

* sumber: www.surabayamarmergranit.com

Ada harga ada rupa. Seperti itulah kira-kira kalau kita bicara harga suatu barang. Ini berlaku dalam memilih granit dan keramik untuk flooring. Tapi yang jadi masalah adalah harga, terkadang pemilihan granit dan keramik terkendala dana yang dimiliki.

Dibanding keramik, harga granit lebih tinggi. Tapi hal tersebut diimbangi dengan kualitas dari granit itu sendiri. Granit lebih kokoh dan tanah lama dibanding keramik. Namun bukan berarti keramik tidak bagus, sebab harga keramik bisa lebih tinggi tergantung kualitasnya

Untuk menyiasati harga dan dana yang dimiliki ini adalah dengan mempertimbangkan pilihan terutama dilihat dari segi kualitasnya. Agar biaya pembuatan lantai tidak terlalu tinggi, kamu bisa mengkombinasikan keramik dan granit untuk lantai rumahmu.

6. Tingkat Kesulitan Instalasi

Tingkat Kesulitan Instalasi

* sumber: www.id.weber

Selain masalah harga keramik dan granit, proses instalasinya pun perlu mendapat perhatian. Pasalnya pemasangan granit dan keramik mempunyai tingkat kerumitan tersendiri.

Untuk instalasi granit, prosesnya lebih rumit dibanding dengan instalasi keramik biasa. Hal ini disebabkan karena untuk memasang lantai granit perlu mesin khusus. Sedangkan untuk lantai keramik biasa tidak. Hanya skill yang baik yang diperlukan.

7. Proses Perawatan

Proses Perawatan

* sumber: decoracaos.com

Membersihkan lantai keramik tidaklah sulit. Karena pada dasarnya permukaan keramik sudah dipakai lapisan glaze agar kotoran dan debu tidak mudah menempel sehingga tidak akan meninggalkan noda. Namun pada granit, perawatannya harus lebih ekstra.

Seperti yang telah diketahui bahwa permukaan granit berpori. Perlu proteksi sealing berkala agar permukaan granit tetap mengkilap. Jangan sampai tumpahan air mengering sendiri di atas lantai granit karena nanti akan meninggalkan noda.

Agar lantai mengkilap maksimal, kamu bisa menambahkan baking soda dan air untuk mengepel lantai granit. Hati-hati membersihkan lantai granit yang sudah dilapisi sealer agar lapisannya tidak rusak. Sebaiknya gunakan cairan pembersih ber-ph seimbang.

Jadi, mau pakai granit atau keramik, apa pun pilihannya pastikan kamu memilih material yang memang sesuai dengan karakter masing-masing tile dan kebutuhan rumahmu. Karena keduanya mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing, kamu hanya harus lebih bijak untuk memilih flooring yang tepat untuk rumahmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *