Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Januari 2019

Jeruk mempunyai banyak anggota keluarga yang termasuk dalam keluarga Rutaceae. Dalam keluarga jeruk ini genus citrus merupakan genus yang paling banyak dikenal, diantaranya adalah jeruk lemon dan jeruk nipis yang akan kita bahas.

Sebagai negara tropis, tanaman jeruk dapat ditemui di banyak daerah di Indonesia baik itu di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Di Indonesia sendiri jeruk nipis memang lebih mudah ditemukan, sedangkan untuk lemon sebagian besar masih impor.

Selain berada dalam keluarga dan genus yang sama, kedua jeruk ini adalah dua jenis jeruk yang berbeda. Lemon dan jeruk nipis memang sama-sama jeruk asam namun perbedaan keduanya amat jelas jika dilihat dari warna dan bentuknya. Nama ilmiah untuk jeruk lemon atau yang biasa disebut lemon saja adalah Citrus limon, sedangkan jeruk nipis memiliki nama ilmiah Citrus aurantifolia.

Jenis-jenis Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis

Perbedaan Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis

* sumber: www.healthfitnessrevolution.com

Lemon memiliki sekitar 20 varietas, namun di pasar Indonesia hanya ada jenis lemon tertentu. Beberapa jenis lemon yang dapat ditemukan pada umumnya antara lain:

  • Eureka Lemon

Sama dengan lemon pada umumnya, memiliki rasa asam, sepet dengan kulit yang kasar. Terdapat biji di dalamnya dan ada tonjolan pada ujung buahnya.

  • Lisbon Lemon

Rasanya mirip atau sama dengan eureka lemon, namun kulitnya halus. Tidak ada tonjolan pada ujungnya, lemon jenis ini juga tanpa biji di dalamnya.

  • Meyer lemon (Citrus x Meyeri)

Lemon jenis ini adalah lemon yang paling banyak dijumpai di pasar dan di restoran. Memiliki rasa manis dan lebih aromatik.

Jeruk nipis mempunyai nama sebutan yang berbeda-beda di masing-masing negara, seperti lime untuk sebutan di Inggris, lima untuk sebutan di Spanyol, limah untuk sebutan di Arab, dan di Indonesia tentu saja sebutannya adalah jeruk nipis.

Dalam kehidupan sehari-hari jeruk nipis umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Jeruk nipis juga banyak digunakan sebagai penambah rasa dan aroma jeruk ke berbagai olahan minuman.

Lalu, perbedaan apa lagi yang terdapat pada keduanya? Di antara kedua jenis jeruk ini, mana yang lebih banyak kandungan vitamin C-nya, ya?

Perbedaan Jeruk Lemon dan Jeruk Nipis

Baik lemon dan jeruk nipis memiliki sejumlah perbedaan meskipun keduanya sama-sama memiliki rasa yang kecut. Bacaterus akan mengajak Anda mengenali perbedaan dari kedua buah tersebut.

1. Berdasarkan Bentuk

Berdasarkan Bentuk

* sumber: pixabay.com

Lemon memiliki bentuk bulat lonjong dengan ukuran lebih besar dari jeruk nipis, dan memiliki tonjolan di ujungnya. Kulit lemon terlihat mengkilat dengan warna hijau bila masih muda dan akan menjadi kuning cerah merata jika sudah matang. Lemon tergolong tua bila warnanya menjadi kuning tua, keriput, juga lembek bila ditekan.

Jeruk nipis memiliki bentuk bulat padat dengan ukuran lebih kecil dari lemon. Dilihat dari kulitnya, kulit jeruk nipis mengkilat dengan warna hijau tua saat buah masih muda dan berwarna hijau kekuningan jika buahnya sudah matang. Jeruk nipis tua warnanya akan menjadi hijau kuning dan lembek saat ditekan.

2. Aroma dan Rasa

Aroma dan Rasa

* sumber: www.morningtea.in

Lemon beraroma asam manis, aroma yang juga menyegarkan. Aroma Citrus pada lemon lebih kuat dibandingkan dengan jeruk nipis. Memiliki rasa asam, sepet, dan sedikit manis, dengan kandungan pH berkisar 2-3.

Aroma Citrus dari jeruk nipis lebih lemah dibandingkan dengan lemon, untuk rasanya pun asam sampai pahit tanpa manis sedikit pun. Jeruk nipis memiliki kandungan pH berkisar antara 2-2,5.

3. Kandungan Gizi

Kandungan Gizi

* sumber: www.rd.com

Perbedaan lain dari kedua jenis jeruk ini juga dapat dilihat dari jumlah kandungan gizinya. Keduanya memang sama-sama memiliki kandungan gizi hanya saja dalam jumlah kandungan gizi yang berbeda.

Inilah perbandingan kandungan gizi di keduanya, (Lemon : Jeruk Nipis), pada keduanya terdapat kandungan Energi (34 kkal : 37 kkal), Protein (0,5 gram : 0,8 gram), Lemak (0,8 gram : 0,1 gram), Karbohidrat (6,2 gram : 12,3 gram), Kalsium (23 mg : 40 mg), Fosfor (20 mg : 22 mg), Besi (0,3 mg : 0,6 mg), Vitamin B1 (0,09 mg : 0,04 mg), Vitamin C (50 mg : 27 mg), Natrium (31 mg : 4 mg), dan Kalium (140 mg : 137 mg).

Kandungan vitamin C dalam lemon ternyata lebih tinggi lho dari jeruk nipis. Kadar vitamin C yang sangat tinggi ini tidak mudah rusak karena memiliki pH yang cukup asam, seperti yang sudah disebutkan di awal yaitu berkisar pada pH 2-3.

Pada lemon juga terdapat kandungan kimia umumnya berupa limonene, quersetin, pektin, dan boiflavonoid geraniol asetat. Sedangkan jeruk nipis umumnya terdapat limonene, asam sitrat, triptofan dan lisin.

4. Manfaat dan Khasiat

Manfaat dan Khasiat

* sumber: completelyketo.com

Kandungan kalium pada keduanya cukup tinggi lho, kalian tahu fungsi kalium? Kalium ini merupakan salah satu mineral penting untuk otak, mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Kandungan kalium yang sangat tinggi ini mampu menyembuhkan biliousness atau gejala gangguan hati.

Limonene merupakan kelenjar yang memproduksi minyak esensial (citri aetheroleum) yang memberi aroma citrus yang juga dibangun dengan d-limonen. Lemon mengandung 68% d-limonen yang dipelajari dapat mencegah kanker karena merupakan antioksidan yang baik.

Selain itu, lemon juga mengandung flavonoid yaitu quersetin yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Quersetin juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memproduksi hormon insulin sehingga menyeimbangkan kadar gula darah.

Kandungan gizi atau nutrisi dari lemon memang sedikit lebih unggul dari jeruk nipis, tetapi bagaimana pun kedua buah ini merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Walaupun memiliki beberapa perbedaan, ada pula persamaan dalam keduanya nih. dalam hal khasiat pengobatan misalnya sebagai antioksidan (memperlambat penuaan), membersihkan kulit, mencegah keriput, meningkatkan stamina, dan menghilangkan lesu dan lelah.

So, keduanya kaya akan serat dan memiliki kandungan kalori rendah bisa membuat buah citrus ini ideal untuk menurunkan berat badan lho. Buah-buah ini bisa meningkatkan kepuasan yang berlebih tanpa mengurangi hitungan kalori, yang mana membantu mencegah makan terlalu banyak dan ngemil diantara jam makan, which makes it perfect for someone trying to shed some pounds!

Apa pendapat kalian tentang kedua jenis citrus ini? Tertarik menggunakannya sebagai penambah cita rasa dalam masakan dan minuman kalian? Yuk, kenali juga manfaat lain dari buah jeruk dalam artikel manfaat kulit jeruk.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .