bacaterus web banner retina
Bacaterus / Makanan / Buah-Buahan / Ini 7 Perbedaan Cempedak dan Nangka Supaya Tak Salah Pilih

Ini 7 Perbedaan Cempedak dan Nangka Supaya Tak Salah Pilih

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 13 Oktober 2020

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki banyak buah-buahan. Buah-buahan tersebut terkenal memiliki aroma yang menggugah selera. Tentu kamu sudah tak asing lagi dengan aroma buah duren, tapi selain buah duren, ada juga buah lain yang memiliki aroma khas yang juga tak kalah lezatnya, yaitu buah cempedak dan nangka.

Kedua buah ini sering kali membuat orang keliru karena penampilannya yang mirip satu sama lain. Kedua buah ini memiliki rasa yang manis dengan aromanya yang harus. Tapi tahukah kamu, kedua buah ini ternyata memiliki perbedaan. Kira-kira kamu tahu apakah perbedaan cempedak dan nangka? Ingin tahu jawabannya? Cari tahu jawabannya di artikel berikut.

1. Deskripsi

Deskripsi

* sumber: www.makanabis.com

Buah yang nama latinnya adalah Artocarpus heterophyllus ini adalah salah satu sumber pangan karbohidrat yang penting. Cempedak, sukun, timbul, marang, dan peusar merupakan anggota familinya. Secara botani, daun nangka, adalah daun yang proses fotosintesis sangat efisien.

Daun nangka bisa menyerap zat karbondioksida di udara dan diubah jadi oksigen serta zat gula dengan cepat. Keunikan lain dari buah nangka yaitu buahnya tumbuh pada bagian batang pokok sehingga karena keunikannya tersebut nangka bisa menghasilkan buah tanpa mengenal musim.

Buah nangka merupakan salah satu buah terberat di dunia yang berat maksimalnya bisa mencapai sekitar 45 kg. Dalam sekitar 100 – 150 gram buah nangka mengandung sekitar 100 – 160 kalori. Selain itu, mengandung beberapa jenis nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Buah cempedak disebut juga campadak atau cempeda. Di beberapa daerah lain di Indonesia, cempedak mempunyai beberapa nama lokal di antaranya nangka beurit  (Sunda), tiwadak (Banjar), cubadak hutan (Minangkabau), dan nongko cino (Jawa). Sementara dalam bahasa Inggris Chempedak atau Champedak.

Nama latin buah cempedak yaitu Artocarpus integer. Buah ini adalah jenis tumbuhan buah dari keluarga moraceae. Bentuk buah cempedak bulat panjang dengan warna kehijauan, kekuningan sampai kecokelatan. Cempedak mempunyai kulit yang tidak setebal kulit nangka.

Meskipun demikian, cempedak mempunyai tekstur yang kasar, tapi tidak sekasar buah nangka. Dibandingkan dengan buah nangka, daging buah cempedak lebih berserat dan tipis dengan warna daging kuning pekat. Sama seperti nangka, biji buah cempedak juga bisa dimakan sesudah direbus.

Pohon cempedak bisa tumbuh dengan baik di sekitar dataran rendah dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl. Buah Cempedak bisa dibuat menjadi beragam makanan, bahkan dimakan langsung juga bisa jika sudah matang.  diolah menjadi berbagai macam olahan makanan, bahkan bisa dimakan secara langsung bila sudah matang.

2. Negara Asal

Negara Asal

* sumber: www.masakanpraktisrumahan.com

Nangka yang memiliki nama latin Artocarpus heterophyllus merupakan tanaman yang asalnya dari hutan hujan tropis di Ghats Barat, India dan Malaysia. Nangka juga tumbuh di belahan dunia lain, seperti Afrika Tengah dan Timur, Karibia, Florida, Brasil, Australia, Puerto Rico, dan sebagian besar Kepulauan Pasifik.

Cempedak merupakan salah satu buah asli asal Indonesia yang dikenal secara luas di seluruh kalangan. Buah ini banyak ditemukan di daerah seperti Sumatra, Sulawesi, Jawa, Papua, terutama kalimantan yang katanya merupakan daerah asal buah ini.

3. Kandungan Nutrisi

Kandungan Nutrisi

* sumber: www.sehatq.com

Kandungan nutrisi tersebut, di antaranya, karbohidrat kompleks, protein, serat. mineral, seperti kalium, magnesium, mangan, dan tembaga serta vitamin, di antaranya vitamin A, B, juga C. Selain nutrisi tadi, buah nangka juga mempunyai kandungan air dan antioksidan yang cukup banyak dan sedikit lemak.

Buah Cempedak juga memiliki banyak kandungan nutrisi di antaranya Enzim, Vitamin A, Vitamin C, Ascobic Acid, dan Bioflavanoid. Karena kandungan nutrisinya yang banyak tersebut, buah cempedak mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Perbedaan Bentuk Luar

Perbedaan Bentuk Luar

Hal pertama bisa yang bisa kamu lihat yang membedakan kedua buah ini adalah bentuk luarnya.  Akan tetapi untuk melihat perbedaan bentuk luar antara cempedak dan nangka harus dilihat dari jarak dekat karena jika dilihat dari kejauhan, kedua buah ini terlihat memiliki bentuk yang sama.

Cempedak dan nangka mempunyai bentuk luar yang lonjong dengan kulit berwarna hijau. Ukuran kedua buah ini cukup besar dan memiliki duri pada kulitnya. Meskipun begitu, kamu akan bisa menyaksikan perbedaan pada duri buah cempedak dan nangka.

Duri buah cempedak cenderung tumpul, bahkan terkadang duri tersebut tidak terlihat muncul dan bentuknya hanya berupa titik saja. Sementara kulit nangka durinya begitu kentara. Duri kulit nangka cukup tajam.

Apabila dilihat bentuk buahnya, cempedak bentuknya agak berlekuk-lekuk serta lonjongnya tidak beraturan. Saat buah telah matang atau tua, warna kulit cempedak akan berubah menjadi berwarna kuning. Bentuk lonjong nangka lebih beraturan dan jika telah matang, warnanya akan tetap hijau.

Baca juga: 10 Jenis Nangka yang Berbuah Manis dan Harumnya Menggoda

5. Aroma

Aroma

* sumber: mommyasia.id

Yang menjadi perbedaan cempedak dan nangka lainnya adalah dari segi aromanya. Meskipun kedua buah ini mempunyai aroam yang khas, ternyata cempedak dan nangka karakter aromanya tidak sama. Nangka mempunyai aroma khas serta memiliki karakter yang lembut dan rasanya manis.

Karenanya saat mencium aroma buah nangka, kamu tidak akan merasa terganggu. Sementara buah cempedak mempunyai aroma yang lebih kuat dan bisa mengganggu penciumanmu. Jika dibandingkan, aroma cempedak mungkin karakter aromanya lebih mirip dengan karakter aroma durian.

6. Daging Buah

Daging Buah

* sumber: resepkoki.id

Selanjutnya yang menjadi perbedaan Perbedaan cempedak dan nangka bisa dilihat dari daging buahnya. Setelah dibuka dan dibelah kulitnya kamu bisa menyaksikan perbedaan dari daging buah cempedak dan nangka.

Meskipun bentuk buah cempedak hampir sama dengan buah nangka, daging buah cempedak lebih menyerupai daging buah durian. Ketika di dalam mulut buah ini akan lumer dan lebih lembut tentunya. Cempedak dalam hal daging buah, hampir sama dengan buah durian.

Sementara buah nangka mempunyai ukuran buah yang lebih ramping dengan bentuk memanjang dan warnanya kuning keemasan. Dibandingkan buah cempedak, tekstur daging buah nangka lebih terasa berserat dan padat.

7. Jenis Olahan

Jenis Olahan

* sumber: borneo24.com

Buah cempedak dan nangka tentunya bisa dimakan langsung seperti halnya buah yang lain. Buah cempedak dan buah nangka cocok diolah untuk menjadi beragam jenis hidangan. Bahkan buah cempedak tidak hanya diolah daging buahnya saja, tetapi juga kulit buahnya.

Olahan ini bisa ditemukan di Kalimantan. Kulit cempedak diolah menjadi kuliner yang bernama mandai. Caranya dengan difermentasikan terlebih dulu. Nantinya Mandai dapat langsung dikonsumsi sebagai lauk juga bisa dimasak menjadi tumisan.

Daging buah cempedak bisa diolah jadi kue bahkan es krim. Sering kali daging buah cempedak diolah jadi gorengan dan sayur dengan diberi kuah santan. Sementara daging nangka yang telah matang bisa diolah menjadi olahan es krim, kue bolu, topping serabi, dan isian pudding.

Untuk buah nangka yang masih mentah, biasanya dipilih buah nangka yang masih mudah dan diolah menjadi kuliner yang sudah terkenal di daerah Yogyakarta, yaitu gudeg. Selain menjadi gudeg, nangka muda juga bisa disayur untuk lontong.

Mungkin sebelum ini, sebagian kamu masih terkadang salah membedakan antara buah cempedak dan nangka karena keduanya terlihat mirip. Sekarang kamu sudah tahu, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Karena sudah tahu mana cempedak dan mana nangka, kamu tak akan salah membeli lagi ketika belanja. Ngomong-ngomong, kamu lebih suka cempedak atau nangka?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram