Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Yuk Ketahui Apa Saja Perbedaan Alpukat Mentega dan Biasa

Yuk Ketahui Apa Saja Perbedaan Alpukat Mentega dan Biasa

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 November 2018

Apakah di sini ada yang tidak tahu buah alpukat? Buah ini dapat kamu temukan dengan mudah di pasar tradisional atau modern. Buah yang kaya akan manfaat ini sudah sangat akrab di kehidupan orang Indonesia. Saat bulan puasa tiba misalnya, minuman-minuman segar yang di dalamnya ada daging alpukat sering diburu oleh banyak orang.

Buah ini juga sangat dekat dengan kehidupan wanita karena alpukat merupakan salah satu bahan baku produk kecantikan. Dengan demikian, dipastikan para pembaca Bacaterus sudah mengenal buah yang sangat lezat dijadikan jus ini. Ngiler gak sih?

Sejarah Singkat Alpukat

Mexico

* sumber: mapswire.com

Buah ini disebutkan berasal dari daratan Meksiko, sebuah negara yeng terletak di benua Amerika sana. Berdasarkan bukti-bukti yang telah ditemukan, buah ini sudah dikenal dan dikonsumsi oleh penduduk yang tinggal di wilayah asal buah ini pada ribuan tahun yang lalu.

Tanaman alpukat pertama kali diperkenalkan ke Indonesia kira-kira pada pertengahan abad ke 18. Saat ini, alpukat sudah masuk sebagai salah satu tanaman yang dibudidayakan. Selain di Indonesia, alpukat juga dikembangkan di negara-negara beriklim tropis dan mediterania di seluruh dunia.

Manfaat Buah Alpukat

Alpukat Mentega

* sumber: pixabay.com

Bentuk buah alpukat ini bisa dibilang mirip dengan buah pir dan bahkan mirip dengan telur. Kulit buahnya berwarna hijau dan cukup keras jika digigit. Daging buah alpukat ini cukup tebal dan berwarna hijau kekuning-kuningan. Selain itu, alpukat ini adalah buah berbiji tunggal seperti mangga.

Buah alpukat memiliki banyak sekali manfaat untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang tinggi. Buah ini juga sering dijadikan sebagai penurun berat badan karena memiliki kandungan asam lemak yang tinggi dengan tingkat kolesterol yang rendah. Ingin tahu cara mengolah alpukat untuk diet? Silakan baca artikel 10 Cara Mengolah Alpukat untuk Diet dan kamu bisa mengecek kandungan lengkap buah alpukat di sini.

Beberapa manfaat dari mengonsumsi buah alpukat untuk kesehatan, antara lain seperti mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dapat menurunkan berat badan, bagus untuk kesehatan mata, menghilangkan masalah pada kulit, serta masih banyak manfaat lainnya.

Cara Mengonsumsi Buah Alpukat

Avocado Juice

* sumber: www.flickr.com

Buah alpukat dipetik dalam keadaan masih mentah. Setelah itu, kamu bisa menyimpan buah alpukat di tempat-tempat hangat hingga matang dan siap dikonsumsi. Buah ini dapat dimakan secara langsung saat sudah matang. Kalau dulu, penulis sering menyantap buah alpukat dengan gula merah agar terasa manis.

Alpukat yang langsung dimakan tanpa ada tambahan lainnya tentunya lebih baik. Namun, beberapa orang kurang menyukai rasa dari buah alpukat. Jadi, mereka memberikan pemanis tambahan seperti gula atau kental manis yang ditaburkan di atas dagingnya.

Daging buah alpukat juga sangat enak dijadikan jus. Jus-jus alpukat yang dijual juga biasanya sangat kental sehingga mengenyangkan. Meminum segelas jus alpukat dengan susu di siang hari yang panas sudah cukup untuk menggantikan makan siangmu.

Jika kamu pandai membuat kue bolu atau roti, kamu juga bisa menggunakan daging buah alpukat sebagai salah satu bahan bakunya. Bahkan daging alpukat juga bisa dibuat seperti kentang goreng loh. Nama makanan itu adalah Avocado Fries. Kebayang gak sih makan buah alpukat seperti ini?

Avocado Fries

* sumber: www.flickr.com

Selain hal-hal di atas, masih banyak cara lain untuk mengonsumsi buah alpukat. Kalau kamu orangnya kreatif, maka kamu bisa menciptakan makanan-makanan unik berbahan alpukat. Namun, menyantap daging buah alpukat secara langsung adalah cara yang paling baik karena kandungan di dalamnya bisa tetap terjaga.

Alpukat Mentega

Salah satu jenis buah alpukat yang populer di pasaran adalah alpukat mentega. Alpukat jenis ini merupakan varietas yang lebih unggul dibanding dengan buah alpukat biasa. Alpukat mentega sudah lama muncul sebagai hasil dari penyimpangan genetika yang terjadi secara ilmiah.

Walaupun bukan hasil rekayasa genetika, alpukat mentega ini memiliki banyak keunggulan dibanding dengan alpukat yang umum kita kenal. Nama alpukat mentega sendiri tidak lain karena daging buahnya berwarna kekuningan seperti halnya mentega.

Perbedaan Alpukat Mentega dan Biasa

1. Daging Buah Lebih Tebal

alpukat-mentega

* sumber: tanamanmart.com

Jika dibandingkan dengan alpukat biasa, daging buah alpukat mentega memiliki ketebalan yang lebih tinggi. Warna dagingnya juga kuning seperti mentega, sehingga sangat menggugah selera orang yang melihatnya. Selain itu, daging buah alpukat mentega juga tidak mengandung serat.

Soal rasa, daging buah alpukat mentega ini lebih legit dan gurih. Jika kamu biasa menambahkan gula saat menyantap alpukat biasa, maka alpukat mentega ini sudah sangat enak dikonsumsi secara langsung tanpa ada pemanis tambahan.

2. Berbuah Sepanjang Tahun

Alpukat

Alpukat mentega merupakan jenis tanaman alpukat yang tidak mengenal musim. Pohon alpukat mentega dapat berbuah sepanjang tahun. Bahkan, kamu dapat memanennya antara dua hingga tiga kali dalam kurun waktu satu tahun. Dengan kondisi yang demikian, menanam dan membudidayakan tanaman alpukat mentega bisa sangat menguntungkan.

3. Tidak Disukai Hama

Hama Ulat

* sumber: pixabay.com

Jika kamu sering menemukan banyak hama (seperti ulat pemakan daun dan buah) pada pohon alpukat biasa, maka dipastikan kamu bakal jarang melihat hama tersebut di pohon alpukat mentega. Hal itu dikarenakan tanaman ini mengandung enzim antiprotease yang membuat ulat susah berkembangbiak. Maka dari itu, saat bunga mulai bermunculan di pohon alpukat mentega hingga berubah menjadi buah, mereka bisa terhindar dari serangan hama yang mampu merusaknya.

4. Berbuah Lebih Cepat

alpukat

* sumber: www.sickchirpse.com

Tanaman alpukat biasa membutuhkan waktu setidaknya enam hingga delapan tahun untuk bisa berbuah. Jadi, jika kamu menanam pohon alpukat biasa saat masuk SD, maka kamu baru bisa menikmati hasilnya saat lulus sekolah atau bahkan saat kamu duduk di bangku SMP. Lumayan lama ya?

Berbeda dengan alpukat mentega. Tanaman ini mampu berbuah lebih cepat dalam kurun waktu tiga sampai empat tahun setelah ditanam. Selain lebih tebal dagingnya dan cenderung dijauhi hama, ternyata tanaman alpukat mentega ini berkembang cukup cepat ya.

5. Mudah Ditanam

alpukat20mentega

* sumber: www.jambukristal.com

Tanaman alpukat mentega dapat kamu budidayakan dengan mudah. Jika kamu punya pekarangan rumah yang cukup luas, kamu bisa mencoba menanam tanaman ini. Selain itu, tanaman ini juga mudah tumbuh di tempat-tempat umum seperti pinggi jalan atau taman.

Alpukat mentega juga merupakan tanaman yang tidak ribet. Ia bisa tumbuh dan berkembang di dataran rendah atau dataran tinggi. Bahkan di wilayah yang memiliki kondisi tanah yang basah, tanaman alpukat mentega tetap bisa bertahan dan berkembang loh.

Itulah bahasan singkat tentang alpukat secara umum dan alpukat mentega secara khusus. Kondisi alpukat mentega yang dibahas di atas adalah kondisi umumnya. Jadi, setiap orang yang ingin membudidayakan dan mengembangbiakan tanaman alpukat mentega belum tentu memiliki hasil yang sama.

Walaupun mudah ditanam, tanaman alpukat mentega juga tetap memerlukan perawatan (tapi tidak membutuhkan perawatan ekstra). Hasil yang didapatkan mungkin akan tergantung dengan cara kita mengembangkannya. Jika kamu seorang yang ahli di bidang tanam menanam, maka tidak susah bagimu untuk membudidayakan tanaman ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment