Bacaterus / Belajar Yuk! / FYI / Inilah 10 Perangko Langka yang Dicari di Seluruh Dunia

Inilah 10 Perangko Langka yang Dicari di Seluruh Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Perangko adalah secarik kertas yang berfungsi sebagai bukti pembayaran jasa layanan pos. Tapi, karena memiliki gambar yang berbeda sesuai dengan tema yang diangkat, perangko sering menjadi barang incaran orang-orang untuk dikumpulkan. Mereka yang memiliki kegemaran mengumpulkan perangko disebut filateli.

Wajar saja jika para filateli mengumpulkan perangko, karena setiap perangko memiliki bentuk, warna, ukuran, gambar, dan cerita berbeda di baliknya. Hobi mengoleksi perangko ini dimulai sejak penerbitan perangko Penny Black pada tahun 1900-an. Semakin unik dan langka perangko, dan jika terdapat “kecacatan” pada perangko, maka harganya pun jadi semakin fantastis. Namun, hal itu tidak membuat para filateli mundur.

Lalu, apakah Anda penasaran perangko langka yang paling dicari dan diinginkan oleh para filateli? Berikut telah Bacaterus kumpulkan 10 perangko langka yang dicari dari seluruh dunia. Ada juga yang dari Indonesia, loh!

10 Perangko Langka yang Paling Dicari

1. British Guiana 1c Magenta

British Guiana 1c Magenta

* sumber: www.linns.com

Perangko langka yang dicari di posisi pertama pastinya adalah British Guiana 1c Magenta. Perangko ini dianggap sebagai perangko langka paling terkenal di dunia. Perangko berbentuk oktagon ini pertama kali dirilis pada tahun 1856 dalam jumlah terbatas di British Guiana. Hingga kini dipercaya kalau cuma ada satu spesimen British Guiana 1c Magenta yang tersisa.

Dan, fakta bahwa perangko ini merupakan moto simbol koloni Latin juga yang membuat harganya jadi sangat tinggi. Karena alasan-alasan itulah, perangko British Guiana 1c Magenta menjadi perangko yang paling diinginkan dan yang paling mahal di dunia. Pada tahun 2014, perangko ini berhasil dijual di New York dengan harga $9.5 juta (Rp 141 miliar).

2. Treskilling Yellow

Treskilling Yellow perangko langka yang dicari

Treskilling Yellow merupakan perangko salah cetak asal Swedia yang produksinya dibatalkan di Nya Kopparberget (sekarang bernama Kopparberg) pada tanggal 13 Juli 1857. Perangko ini dipercaya sebagai perangko langka yang dicari dan perangko paling mahal ke-2 di dunia. Perangko ini terakhir dibeli pada tahun 1996 dengan harga $2.3 juta (Rp 34 miliar).

3. Mauritius 1847

Mauritius 1847

* sumber: www.stampworld.com

Daftar perangko langka yang dicari yang ke-3 bernama Mauritius “Post Office” atau Mauritius 1847. Asal perangko ini adalah dari negara Mauritius, Afrika Timur. Alasan kenapa perangko ini menjadi sangat terkenal, bernilai, dan diincar orang-orang adalah karena printing error. Kesalahan print terletak pada tulisan “Post Office” yang seharusnya “Post Paid”.

Perangko Mauritius ini diterbitkan pada tahun 1847 dan dipercaya sebagai perangko British Commonwealth pertama yang diproduksi di luar Britania. Pada saat dibuat, perangko ini dicetak hingga 500 kopi. Hingga kini, Mauritius diketahui hanya tersisa 26 kopi saja dan harganya mencapai Rp 17 – 25 miliar.

4. Z-Grill

Z-Grill perangko langka yang dicari

* sumber: www.usphila.com

Perangko ini bernama Benjamin Franklin Z Grill atau sering disingkat menjadi Z-Grill. Perangko 1 sen ini dirilis oleh United States Postal Service pada Februari 1868. Gambar pada perangko ini adalah Benjamin Franklin, seorang polymath, pemimpin revolusi, sekaligus penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika.

Untuk desain perangkonya sendiri tidak terlalu spesial, karena sama saja dengan desain perangko 1 sen lainnya pada sekitar tahun 1860-an. Yang membuat perangko ini unik adalah variasi “Z”. Variasi ini membutuhkan alat pembakaran khusus yang menciptakan sedikit lekukan kecil berbentuk “Z” di permukaan perangko.

Tujuan pembakaran itu adalah untuk memungkinkan canceling ink untuk diserap lebih baik ke dalam kertas perangko, sehingga mencegah penggunaan kembali perangko dengan mencuci tanda pembatalan tersebut. Perangko yang di-grill hanyalah perangko-perangko yang langka dan mahal seperti 15-cent Lincoln Z-Grill dan 10-cent Washington Z-Grill.

Akan tetapi, penggunaan alat pembakaran seperti ini akhirnya dianggap tidak praktis dan dihentikan secara bertahap setelah tahun 1870. Makanya, perangko Benjamin Franklin Z Grill dan semua seri perangko Z-grill lainnya menjadi incaran orang-orang karena sangat langka.

5. Mahatma Gandhi 10 Rs

Mahatma Gandhi 10 Rs

* sumber: photogallery.indiatimes.com

Siapa yang tak kenal Mahatma Gandhi? Mohandas Karamchand Gandhi adalah seorang pemimpin spiritual dan politikus asal India. Nama beliau tercetak di benak orang-orang hingga kini karena jasanya sebagai orang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Makanya, beliau memiliki julukan sebagai bapaknya India.

Perangko 10 Rupee dengan gambar wajah Gandhi yang dirilis pada tahun 1948 menjadi perangko langka yang dicari dan harganya pun sangat fantastis. Di India sendiri, perangko ini merupakan yang paling terkenal. Pada 15 Agustus 1948, dalam rangka 1 tahun kemerdekaan India, Gandhi menjadi wajah orang India pertama yang digambarkan pada perangko India.

Sayangnya, sebelum perangko ini sempat dikeluarkan, Gandhi tewas dibunuh. Akhirnya pemerintahan India memutuskan tetap mengeluarkan perangko ini sebagai memorial. India Security Press di Nashik lah yang dipercaya untuk memproduksi satu set 4 perangko ini.

Perangko Gandhi hanya dibuat sebanyak 100 kopi saja dan ada kata “SERVICE” yang berarti hanya diberikan kepada Gubernur Jenderal India untuk penggunaan resmi kenegaraan.

6. The Whole Country is Red

The Whole Country is Red

* sumber: www.paulfrasercollectibles.com

Jika tadi merupakan perangko langka yang dicari di India, sekarang kita beralih ke Cina. “The Whole Country is Red” adalah perangko Cina yang dirilis pada 24 November 1968.

Perangko ini terdiri dari gambar peta Cina dengan tulisan 全国山河一片红 yang berarti The Whole Country is Red, lengkap dengan gambar orang dari berbagai profesi. Ada pekerja, petani, dan tentara berjejer di bawah dengan salinan kutipan dari Ketua Mao (mantan ketua Partai Komunis Tiongkok).

Kenapa perangko ini jadi fenomenal? Karena, ternyata perangko ini mengandung kesalahan desain, sehingga ditarik peredarannya dari umum. Alasan resmi yang diberikan pemerintah adalah karena Kepulauan Spratly dan Paracel hilang dari peta, lalu perbatasan dengan Mongolia, Bhutan, dan Myanmar juga tidak benar.

Perangko telah didistribusikan kurang dari setengah hari ketika seorang editor di SinoMaps Press menyadari kesalahan itu dan melaporkannya ke Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi. Akibatnya, semua kantor pos Cina harus berhenti menjual stempel dan mengembalikan semua salinan, dengan hanya sejumlah kecil yang masuk ke kolektor pribadi.

Perangko ini sekarang dianggap langka. Pernah satu perangko ini dilelang pada tahun 2009 dengan harga HK$3.68 juta (Rp 7 miliar). Pada bulan Desember 2010, perangko ini terjual dengan harga yang lebih rendah, yaitu £31050 (Rp 600 juta), lalu pada 2011 harga perangko ini menjadi HK$747.500 (Rp 1.4 miliar).

7. Audrey Hepburn Charity Stamp

Audrey Hepburn Charity Stamp

* sumber: www.thestar.com

Perangko langka yang dicari di seluruh dunia selanjutnya adalah Audrey Hepburn Charity Stamp. Seperti yang dikutip dari MICHEL Stamp Catalogue, perangko amal Audrey Hepburn ini merupakan “Germany’s very own Blue Mauritius”.

Menampilkan potret kecantikan aktris Hollywood, Audrey Hepburn, perangko ini menjadi terkenal ketika diveto oleh ahli warisnya. Sebuah perangko dengan gambar Audrey dari silver screen classic “Breakfast at Tiffany’s” direncanakan untuk dipublikasikan pada tahun 2001. Beberapa juta eksemplar telah dicetak ketika putra-putra sang aktris menolak untuk memberikan persetujuan mereka.

Alasan kenapa keturunan Audrey menolak perangko tersebut karena di gambar itu Audrey sedang mengigit rokok di mulutnya. Anak-anak Audrey tidak mau ibu mereka terlihat seperti ikon yang tidak mengindahkan bahaya rokok. Akhirnya, sebanyak 14 juta kopi perangko pun dihancurkan. Hanya tiga lembar berisi 10 kopi perangko saja yang tersisa, dan semuanya dikirim ke Kementrian Keuangan Jerman.

8. Willem III 1864

Willem III 1864

* sumber: koleksitempodoeloe.blogspot.com

Willem III 1864 adalah perangko langka yang dicari selanjutnya. Kira-kira kenapa, ya? Ternyata, perangko Willem III ini merupakan perangko pertama yang ada di Indonesia! Tentunya sebelum negara kita merdeka, jadi perangko ini secara resmi merupakan perangko dari Ned Indie (Hindia Belanda). Perangko pada masa penjajahan Hindia Belanda ini berwarna merah anggur yang memuat gambar Raja Willem III dari Belanda.

Perangko Ned Indie pertama ini tidak berperforasi alias tidak ada gigi di sekelilingnya. Walaupun digunakan di Indonesia, perangko ini dicetak di Utrecht, Belanda, sebanyak 2 juta kopi. Perangko langka ini memiliki kode nama N-1 di kalangan filateli.

Harga perangko ini sangat fantastis. Untuk perangko yang kondisinya mint (unused alias belum pernah dipakai) harganya bisa mencapai Rp 2 miliar. Jika perangkonya ada cap cancelation-nya, harganya jadi lebih rendah.

9. Tiflis Stamp

Tiflis Stamp

Perangko Tiflis dirilis pada tanggal 20 Juni 1857. Perangko ini lahir enam bulan sebelum perangko nasional pertama dari Kekaisaran Rusia muncul. Kelahiran perangko Tiflis adalah karena reformasi serius yang terjadi di Rusia dan Transkaukasia. Oleh karena itu, nasib perangko Tiflis, serta nasib wilayah Kaukasus, telah menjadi kasus yang rumit dan bahkan dramatis. Perangko ini membawa sejarah dua negara, yaitu Rusia dan Georgia.

Kelahiran perangko ini berhubungan dengan nama-nama banyak orang terkenal saat itu. Walaupun perangko Tiflis jadi sedikit terlupakan. Perangko ini sudah hampir hilang dari peradaban akibat pusaran revolusi dan perang. Akhirnya, perangko ini pun melintasi negara dan benua.

Dan sekarang, perangko pos kota Tiflis ini memiliki posisi yang selayaknya dalam sejarah. Tidak hanya sejarah filateli, tapi juga sejarah antara negara Rusia dan Georgia. Banyak filateli bermimpi untuk memiliki perangko ini. Akan tetapi, perangko ini tidak dijual, dan kalaupun dijual harganya akan sangat spektakuler.

10. The Roses

The Roses

Perangko langka yang dicari ke-10 sekaligus yang terakhir Bacaterus bahas adalah The Roses. Perangko ini dicetak di Kerajaan Inggris pada tahun 1978. Nama lain perangko ini adalah “The Roses Error”, karena memang perangko ini salah cetak. Kesalahannya terletak pada tulisan “13P“, harga ongkos kirim yang lupa tercetak di perangkonya!

Jika dulu (seharusnya) harga perangko ini hanya sebesar 13 pence sterling (Rp 2.500), sekarang perangko cantik ini bisa mencapai £130.000 (Rp 2.5 miliar). Jangan kaget dulu, pada pelelangan yang paling teranyar, perangko ini berhasil terjual dengan harga £6.4 juta atau sama dengan Rp 123 miliar.

Wajar saja harga perangko ini mahal, soalnya perangko ini hanya tinggal tiga kopi saja di dunia. Ingin membelinya? Menyerah saja, deh, soalnya dua di antara perangko ini dimiliki Ratu Inggris dan satu lainnya dimiliki kolektor pribadi.

Itulah daftar 10 perangko langka yang dicari di dunia versi Bacaterus. Memang kalau sudah suka, mau semahal dan sesulit apapun akan ditempuh. Begitu pula dengan kegigihan para filateli dalam mengumpulkan perangko-perangko langka ini. Apakah Anda tertarik untuk membeli perangko di atas?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment