Bacaterus / Kesehatan / Ini Dia 10 Penyebab Suara Serak yang Perlu Anda Waspadai!

Ini Dia 10 Penyebab Suara Serak yang Perlu Anda Waspadai!

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Suara serak jangan dianggap sepele. Selain dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, suara serak juga merupakan gejala dari adanya suatu kondisi medis yang serius dalam tubuh kita. Secara umum, suara serak timbul ketika ada kelainan pada pita suara atau organ di sekitarnya. Namun, untuk mengenal penyebab suara serak secara lebih lanjut, simak ulasan lengkapnya di sini.

Bacaterus telah merangkum 10 penyebab suara menjadi serak yang paling umum terjadi. Kebiasaan sehari-hari terkadang juga bisa menjadi penyebab suara Anda menjadi serak, lho. Jadi, waspadai 10 penyebab suara menjadi serak karena hal tersebut bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan tertentu.

10 Penyebab Suara Serak

1. Laringitis

Laringitis Penyebab Suara Serak

Dari sekian banyak penyebab suara menjadi serak, laringitis adalah penyebab umum yang menyebabkan suara seseorang menjadi serak. Laringitis adalah peradangan yang terjadi pada laring (kotak pita suara di tenggorokan). Adapun kondisi ini bisa disebabkan oleh penggunaan pita suara berlebihan (seperti bernyanyi, berteriak, dan berbicara), infeksi virus maupun bakteri, sampai dengan reaksi alergi.

Ada dua jenis laringitis, yakni laringitis akut (jangka pendek) yang disebabkan karena penggunaan pita suara berlebihan dan infeksi virus atau bakteri, dan laringitis kronis (jangka panjang) akibat sinusitis, reaksi alergi, asap rokok, dan konsumsi minuman beralkohol.

2. Nodul dan Polip

Suara Serak

Baik nodul dan polip adalah kondisi medis yang berbeda. Namun, keduanya sama-sama menimbulkan benjolan di pita suara. Kasus ini disebabkan karena kebiasaan bicara terlalu banyak sehingga aparatus suara pun terluka.

Untuk mengatasi nodul, sebaiknya berhenti bicara untuk beberapa waktu. Dengan kata lain, kita harus mengistirahatkan pita suara agar benjolannya semakin mengempis dalam beberapa hari ke depan. Namun, jika benjolan nodul ini tidak kunjung hilang, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk operasi. Pun begitu dengan polip pada pita suara, biasanya polip hanya bisa dikeluarkan melalui operasi.

3. Kanker Tenggorokan

Kanker Tenggorokan

Penyebab suara menjadi serak yang lebih serius adalah kanker tenggorokan. Di Indonesia, kanker tenggorokan, khususnya jenis kanker nasofaring, menempati urutan ke-4 sebagai kanker yang paling banyak diderita. Perubahan suara hingga menjadi serak adalah salah satu gejala yang dialami oleh pasien kanker tenggorokan.

Selain suara serak, kanker tenggorokan juga ditandai dengan gejala kesulitan menelan, batuk kronis, sakit tenggorokan, telinga sakit atau berdengung, munculnya benjolan di sekitar tenggorokan, dan penurunan berat badan secara drastis.

Penyebab kanker tenggorokan ini bermacam-macam, mulai dari penggunaan tembakau dalam bentuk rokok atau permen, konsumsi minuman beralkohol secara belebihan, tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi, kurang mengonsumsi buah dan sayur, dan infeksi HPV.

Jika Anda mengalami gejala lain dari kanker tenggorokan diikuti dengan perubahan suara menjadi serak, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penaganan medis yang lebih serius.

4. Aneurisma Aorta

Aneurisma Aorta

* sumber: drdonoantonosppdkkv.com

Mungkin Anda kurang familiar dengan nama Aneurisma Aorta. Ini merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan di dinding aorta atau melemahnya dinding aorta. Sekedar informasi, aorta merupakan pembuluh darah utama dan yang terbesar di tubuh manusia. Fungsi aorta adalah mengalirkan darah dan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Aneurisma Aorta Torakal adalah pembesaran atau pelemahan yang terjadi di aorta bagian atas. Gejala dari kondisi ini adalah suara serak, batuk, nafas pendek, dan nyeri di dada. Jika Aneurisma Aorta dibiarkan begitu saja, lama kelamaan dinding aorta pecah sehingga menyebabkan pendarahan yang bisa berujung pada kematian.

5. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan Merokok

Tidak semua perokok aktif memiliki suara serak. Akan tetapi, kebiasaan merokok merupakan salah satu penyebab suara menjadi serak berkepanjangan. Paparan asap rokok dapat merusak kesehatan paru-paru sampai dengan pita suara. Bahkan, merokok juga menjadi penyebab utama seseorang mengalami kanker tenggorokan.

Apabila Anda adalah perokok aktif maupun pasif dan sudah mengalami suara serak untuk waktu yang lama, cobalah menghindari paparan asap rokok terlebih dahulu. Hentikan kebiasaan merokok dan jauhi lingkungan dengan pencemaran asap rokok. Jika suara serak masih tetap ada, saatnya pertimbangkan untuk konsultasi ke dokter.

6. Asam Lambung Naik (GERD)

Asam Lambung Naik (GERD)

Lambung dan tenggorokan adalah bagian tubuh yang saling berjauhan. Bagi kita orang awam, rasanya cukup mustahil jika masalah lambung dapat memengaruhi pita suara dan membuat suara menjadi serak. Namun, pada kenyataannya Refluks Gastroesofagus (GERD) dapat membuat suara menjadi serak hingga menyebabkan penderitanya muntah-muntah.

Asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan dapat merusak pita suara atau bagian tubuh lain yang dilewatinya. Selain suara serak, penderitanya akan merasakan sensasi pahit atau terbakar di dalam tenggorokan.

Asam lambung dapat diturunkan dengan cara istirahat yang cukup dan hindari konsumsi makanan yang dapat meningkatkan asam lambung seperti gorengan maupun produk susu. Obat penekan asam lambung juga bisa diperoleh dengan mudah di apotek.

7. Dehidrasi

Dehidrasi

Penyebab suara serak tidak selalu kondisi medis yang menyeramkan. Hal-hal sederhana juga bisa menjadi faktor penyebab suara menjadi serak, misalnya dehidrasi. Dehidrasi adalah sebuah kondisi di mana tubuh kekurangan asupan cairan. Tentu saja orang yang mengalami dehidrasi cenderung jarang minum dan tenggorokannya menjadi kering.

Ketika seseorang mengalami dehidrasi, kondisi tenggorokannya pun menjadi kering. Saat tenggorokan kering, maka rentan terjadi peradagan atau infeksi. Alhasil, orang yang kurang minum air setiap hari lebih berisiko memiliki suara yang serak.

8. Alergi

Alergi

Sejatinya, alergi adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh untuk menolak suatu yang dianggap asing. Tak harus melalui makanan, alergi juga bisa masuk melalui saluran pernapasan atau hanya bersentuhan dengan sesuatu pemicu alergi tersebut.

Suara serak juga bisa merupakan pertanda bahwa tubuh kita sedang alergi. Biasanya suara serak ini muncul disertai dengan tenggorokan yang gatal, batuk-batuk, dan bersin tak berkesudahan. Untuk mengetahui hal yang menyebabkan Anda alergi, Anda perlu melakukan pemeriksaan darah di laboratorium.

9. Konsumsi Makanan Panas, Dingin, dan Gorengan Berlebihan

Konsumsi Makanan Panas, Dingin, dan Gorengan Berlebihan

Pernahkah Anda merasakan tenggorokan menjadi kering atau sakit setelah mengonsumsi makanan panas, dingin, atau gorengan? Tak hanya itu saja, beberapa waktu setelah menyantap makanan tersebut suara pun berubah menjadi serak.

Makanan gorengan mengandung senyawa akrolein, senyawa yang bertanggung jawab untuk memicu peradangan tenggorokan, suara serak, dan batuk gatal. Sementara untuk makanan yang bersifat panas atau dingin dapat menginfeksi area di pita suara karena suhunya terbilang ekstrem. Itulah sebabnya mengapa suara menjadi serak ketika Anda menyantap makanan-makanan tersebut.

10. Hiportiroid

Hiportiroid

Penyakit hiportiroid disebabkan karena tubuh tidak mampu menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Kondisi ini menyebabkan proses metabolisme tubuh jadi melambat. Adapun gejala yang dirasakan oleh orang yang mengalami hiportiroid adalah suara serak, kelelahan akut, tubuh jadi sensitif pada udara dingin, sendi membengkak, dan nyeri otot.

Itulah 10 penyebab suara serak yang harus Anda ketahui. Suara serak bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan serius jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Jika suara serak sudah dirasa mengganggu, coba buka artikel cara menghilangkan suara serak secara mudah dan alami ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment