Bacaterus / Belanja Online / 5 Penyebab Online Shop Gagal di Tahun Pertama

5 Penyebab Online Shop Gagal di Tahun Pertama

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Juni 2019

Apakah Anda sedang mencoba berbisnis online? Tahukah Anda, bisnis online berkembang pesat 5 tahun belakangan ini. Media dan akses berbisnis pun kini semakin banyak. Anda bisa berjualan online menggunakan marketplace maupun di media sosial. Salah satu media sosial yang sedang dibicarakan adalah Instagram dengan segala fiturnya.

Namun percayalah bahwa segala kemudahan itu tidak menjamin online shop yang Anda bangun bisa bertahan lama. Data dari Forbes mengatakan 80% pebisnis online gagal di tahun pertama mulai membangun online shop. Anda tidak ingin masuk dalam 80% itu, kan. Sayang banget segala usaha Anda, dana yang keluar untuk ads atau iklan berbayar, dan waktu promosi selama ini bila ternyata semua itu gagal.

Anda wajib mencari tahu apa saja yang membuat pebisnis gagal ditahun pertama. Kali ini akan dibahas apa penyebab mengapa online shop Anda tidak bisa bertahan di tahun pertama. Apa saja? Berikut ini 5 penyebab online shop gagal di tahun pertama. Cek ulasan di bawah ini.

1. Menganut Prinsip Palugada

Activfans-Penyebab-Online -Shop-Gagal-Tahun-Pertama-agar-banyak-follower-ig-instagram-bisnis-selebgram-terkenal-1

Pernahkan Anda mendengar istilah “palugada”? Palugada adalah singkatan dari “apa lu mau, gua ada”. Orang yang memegang prinsip palugada adalah orang yang menjual apapun. Jual makanan ringan iya, jual pulsa iya, menerima pembayaran listrik, PDAM dan lainnya iya. Pokoknya apapun yang bisa dibisniskan, maka akan dijual di online shop.

Karena menjual segalanya, online shop dengan sistem palugada tidak memiliki karakter jualan. Sehingga pelanggan tidak mengingat fokus jualan online shop tersebut.

Namun akan berbeda bila online shop fokus hanya berjualan 1 jenis produk. Misalnya 1 olshop hanya fokus pada jualan hijab saja. Lalu melakukan promosi dengan konten yang bagus di Instagram dan sering membuat story. Bisa jadi ketika calon pembeli atau followers Anda membutuhkan hijab, maka langsung teringat pada online shop dan produk Anda.

2. Meremehkan Potensi Bisnis Online

Activfans-Penyebab-Online -Shop-Gagal-Tahun-Pertama-agar-banyak-follower-ig-instagram-bisnis-selebgram-terkenal-2

Ketika memutuskan membangun bisnis online, sebaiknya Anda sadar bahwa usaha itu membutuhkan waktu, keringat dan materimu. Anda tidak bisa menyepelekan dan menganggap bisnis online itu mudah. Masa sih hanya sekali saja memposting foto produk di Instagram lalu ada followers mampir dan membeli produk Anda. Mana ada? Itu adalah hal yang jarang terjadi.

Ingatlah pesaing bisnis online Anda juga banyak. Maka Anda harus memikirkan konten agar bisa menarik perhatian calon konsumenmu. Untuk bisa membuat online shop Anda meraih omzet meningkat, dibutuhkan effort yang kuat juga.

3. Tidak Bisa Memancing Perhatian

Activfans-Penyebab-Online -Shop-Gagal-Tahun-Pertama-agar-banyak-follower-ig-instagram-bisnis-selebgram-terkenal-3

Jika memiliki online shop di media sosial namun tidak ada upaya marketing untuk menarik perhatian calon konsumen, percayalah toko Anda tidak akan pernah sukses. Siapa sih yang mau mampir ke toko atau tiba-tiba tahu online shop Anda tanpa ada pengumuman.

Ada banyak cara memancing perhatian followers untuk mampir ke online shop Anda. Misalnya dengan menggunakan alat optimasi Activfans. Bila Anda menggunakan Activfans, akan sangat mudah mendapatkan followers, jumlah likes di postingan meningkat, hingga calon konsumen yang mampir dan membeli produk di online shop Anda. Ingin segera merasakan langsung manfaat baik Activfans, klik ► https://activfans.com.

4. Tidak melakukan Riset Pasar & Produk

Activfans-Penyebab-Online -Shop-Gagal-Tahun-Pertama-agar-banyak-follower-ig-instagram-bisnis-selebgram-terkenal-4

Penyebab online shop bisa gagal di tahun pertama karena sebelum memulai online shop adalah tidak melakukan riset. Itulah yang membuat orang asal pilih produk yang akan dijual di online shop.

Meski tidak asal memilih, kadang seseorang memilih produk karena merasa suka namun tidak paham apakah produk tersebut akan laku di pasar, bagaimana kompetitor dan apakah produk tersebut bisa menjadi tren kekinian. Kesalahan terbesar orang ketika membuka online shop adalah tidak riset sehingga produk yang dijual kesulitan menemukan pasar yang pas.

5. Tidak Menggunakan DM dengan Optimal

Activfans-Penyebab-Online -Shop-Gagal-Tahun-Pertama-agar-banyak-follower-ig-instagram-bisnis-selebgram-terkenal-5

Pernahkah Anda menyapa followers baru Anda dengan menggunakan Direct Message (DM)? Faktanya upaya ini bisa meningkatkan engagement Anda dan followers lho. Nah, untuk mempermudah dan mengoptimalkan usaha Anda menyapa satu persatu followers baru, ada baiknya Anda menggunakan Activfans.

Aplikasi tools Instagram buatan anak bangsa ini memiliki fitur auto reply DM akan membantu Anda berinteraksi langsung saat kali pertama follower Anda like tombol follow.

Itulah ke-5 penyebab kenapa online shop bisa gagal di tahun pertama. Kondisi ini semakin buruk bila Anda telah mengeluarkan banyak uang untuk ads, tenaga karena persiapan foto produk namun hasilnya nihil. Menyakitkan, bukan? Karena itu, untuk memulai kembali Anda perlu persiapan lebih matang. Salah satunya mengenai media sosial. Coba tengok, berapa banyak followers yang Anda miliki?

Meski terkadang disepelekan, adanya followers pada akun media sosial memiliki kunci penting. Misalnya menaikkan pamor karena dianggap banyak orang mempercayai sehingga mau mem-follow.

Jika Anda membutuhkan cara yang tepat untuk mendapatkan banyak followers. Salah satunya dengan menggunakan tools Instagram. Misalnya Activfans. Bila Anda menggunakan Activfans, akan sangat mudah mendapatkan followers, jumlah likes di postingan meningkat, hingga calon konsumen yang mampir dan membeli produk di online shop Anda.

Belum lagi interaksi langsung seperti sapaan pada followers baru di DM (direct message) saat mereka mengklik tombol follow. Cara ini cukup ampuh meningkatkan engagement akun Anda dan follower, lho. Ingin segera merasakan langsung manfaat baik Activfans, klik ► https://activfans.com.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar