Bacaterus / Kulkas / Cermati, Ini 10 Hal yang Jadi Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Cermati, Ini 10 Hal yang Jadi Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kulkas adalah salah satu alat elektronik yang kerap ditemukan di dalam setiap rumah. Keberadaan kulkas sendiri memang telah menjadi kebutuhan primer yang wajib dipenuhi oleh setiap keluarga. Selain dapat membantu mengelola persediaan makanan setiap hari, kulkas juga kerap dijadikan sebagai alat penunjang usaha.

Sama seperti alat elektronik lainnya. Kulkas juga terkadang mengalami masalah yang dapat mengganggu bahkan bisa sangat merugikan pemilik bila masalahnya tidak diketahui secepatnya. Nah, kasus yang biasanya sering terjadi adalah kulkas tidak dingin. Apa saja yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin?

Nah, biar kamu tahu. Berikut telah Bacaterus rangkum 10 hal yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Adapun daftarnya adalah sebagai berikut.

1. Karet Pintu Kulkas Rusak

Karet Pintu Kulkas Rusak

* sumber: www.rukita.co

Bila kamu mendapati kulkasmu kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali. Maka hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui penyebabnya adalah dengan mengecek karet yang terdapat pada bagian pintu kulkas.

Kulkas sendiri biasanya dilengkapi dengan lapisan karet elastis yang berfungsi untuk mencegah udara dari luar masuk ke dalam kulkas. Nah, oleh karena itu kamu pun  harus memastikan apakah karet yang ada pada bagian pintu masih berfungsi dengan baik atau terdapat kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan dalam menutup pintu kulkas.

2. Menyimpan Makanan dalam Keadaan Panas

Menyimpan Makanan dalam Keadaan Panas

* sumber: m.klikdokter.com

Hal yang sering dilakukan dan tidak disadari dapat menurunkan performa kulkas adalah menyimpan bahan makanan atau minuman dalam keadaan masih panas. Udara panas yang dihasilkan oleh makanan atau minuman diketahui bisa membuat temperatur suhu di dalam kulkas mengalami penurunan.

Bila hal ini sering terjadi, maka tak menutup kemungkinan bila kulkas akan mengalami banyak masalah atau bahkan mengalami kerusakan. Nah, untuk mencegah hal tersebut, maka pastikan makanan atau minuman yang akan disimpan dalam kulkas sudah dalam keadaan dingin.

3. Kebocoran Freon

Kebocoran Freon

* sumber: kulkas24.blogspot.com

Refrigerant atau yang lebih dikenal dengan merek dagang Freon adalah elemen penting yang terdapat dalam kulkas. Freon sendiri merupakan senyawa kimia yang tidak memiliki warna dan tidak berbau.

Freon berfungsi menyerap panas pada suhu rendah serta menolak panas pada suhu tinggi. Freon inilah yang berfungsi mengatur suhu dingin dalam kulkas. Freon sendiri biasanya memiliki batas waktu pemakaian. Nah, masalah  kulkas tidak dingin bisa terjadi bila Freon yang terdapat dalam kulkas kamu memang telah habis atau mengalami kebocoran.

4. Bunga Es Menghambat Lubang Angin

Bunga Es Menghambat Lubang Angin

* sumber: artikel.rumah123.com

Bunga es adalah salah satu hal yang juga sering menyebabkan kulkas tidak dingin. Seperti yang kita ketahui suhu dingin yang telah diproses oleh mesin kulkas akan disebarkan melalui lubang angin ke seluruh bagian kulkas. Munculnya bunga es di dalam kulkas bisa menghambat lubang angin tersebut. Sehingga suhu dingin tidak tersebar secara merata ke dalam seluruh bagian kulkas.

Bunga es sendiri terjadi akibat udara hangat atau panas masuk ke dalam kulkas sehingga kadar uap yang ada di dalam kulkas bertambah dan membentuk tumpukan es. Nah, untuk mencegah hal itu. Kamu harus memastikan pintu kulkas tertutup sempurna dan tidak melakukan aktivitas membuka dan menutup kulkas terlalu sering.

5. Kompresor Kulkas Bermasalah

Kompresor Kulkas Bermasalah

Kompresor adalah alat berbentuk tabung di dalam kulkas yang sering menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Kompresor sendiri merupakan salah satu komponen utama yang sering menjadi penyebab utama hal ini. Kompresor berfungsi dalam proses kondensasi freon serta berfungsi memompa udara dingin ke seluruh bagian yang ada di dalam kulkas.

Nah, bila kompresor dalam kulkas kamu mengalami gangguan. Maka jangan heran bila kulkas kamu tidak dingin. Mengingat di dalam alat inilah semua proses pendinginan terjadi.

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas Agar Higienis dan Tidak Bau

6. Terdapat Masalah pada Kondensor

Terdapat Masalah pada Kondensor

* sumber: suryaera.com

Selain kompresor, alat yang juga sering menjadi alasan kulkas tidak dingin adalah kondensor. Kondensor adalah alat yang digunakan untuk merubah uap ke dalam bentuk cair melalui pendinginan. Alat ini merupakan bagian kulkas yang berfungsi untuk membuang udara panas yang dihasilkan saat proses pendinginan.

Koil kondensor yang kotor biasanya yang menjadi penyebab penurunan suhu kulkas. Sehingga membuatnya tidak dingin. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut. Maka yang kamu harus lakukan adalah membersihkannya secara berkala.

7. Posisi Kulkas Salah

Posisi Kulkas Salah

Meskipun terdengar sepele, namun posisi penempatan kulkas pun dapat berpengaruh pada dinginnya kulkas. Nah, sebaiknya tempatkanlah kulkas yang berada jauh dari alat-alat elektronik atau benda yang memaparkan panas. Pastikan jarak antara barang seperti televisi, kompor, pemanas rumah, rice cooker jauh dari tempat kulkas berada.

Selain itu jangan tempatkan kulkas dekat dengan jendela yang memaparkan panas matahari secara langsung. Karena suhu panas tersebut dapat mempengaruhi temperatur suhu yang ada di dalam kulkas sehingga bisa menyebabkan terjadinya penurunan suhu.

8. Terjadi Masalah pada Evaporator

Terjadi Masalah pada Evaporator

Masalah selanjutnya yang sering terjadi pada kulkas yang tidak dingin adalah karena pada bagian evaporator terjadi masalah. Evaporator sendiri berfungsi menyerap panas benda yang ada dalam kulkas. Nah, kerusakan pada evaporator biasanya terjadi akibat adanya goresan atau kerusakan pada dinding yang disebabkan oleh benda-benda tajam.

Selain itu motor kipas evaporator yang tidak berfungsi pun dapat menyebabkan udara dingin tidak menyebar secara maksimal. Hal ini yang menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin.

9. Sering Membuka dan Menutup Kulkas

Sering Membuka dan Menutup Kulkas

* sumber: review.bukalapak.com

Sering membuka dan menutup kulkas juga kerap menjadi biang masalah kulkas tidak dingin. Seperti yang kita ketahui bahwa ketika kita membuka kulkas, maka udara luar yang panas akan ikut masuk ke dalam kulkas. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada temperatur dalam kulkas.

Mengingat mesin harus menyesuaikan suhu setiap kali kulkas dibuka. Bila frekuensi membuka dan menutup kulkas dilakukan cukup sering, maka hal tersebut akan memperberat kinerja mesin kulkas. Karena setiap saat harus terus menyesuaikan temperatur udara yang membuatnya menjadi cepat rusak. Selain itu kemungkinan terjadinya bunga es pun akan lebih besar.

10. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tegangan Listrik Tidak Stabil

* sumber: kilastimor.com

Hal terakhir yang sering terjadi adalah tidak stabilnya daya listrik yang menyebabkan aliran listrik di dalam rumah sering kali naik turun bahkan terputus. Hal tentu sangat berdampak besar pada kinerja komponen-komponen penting yang terdapat dalam kulkas. Bila aliran listrik sering terputus maka kulkas akan lebih mudah rusak.

Untuk itu kamu juga harus memperhatikan kapasitas daya yang ada di rumah kamu. Pastikan daya listrik yang ada di rumah kamu sesuai dengan kebutuhan alat-alat elektronik yang tersedia di rumah. Hal tersebut untuk  mencegah kerusakan kulkas dan juga kerusakan alat elektronik rumah tangga lainnya akibat listrik yang sering kali terputus.

Nah, itulah 10 hal yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah kulkas tidak dingin.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *