Bacaterus / Serba Serbi / Rumah / 10 Penyebab Kamar Panas dan Cara untuk Mengatasinya

10 Penyebab Kamar Panas dan Cara untuk Mengatasinya

Berada di kamar yang panas membuat kita tidak dapat konsentrasi sengan baik saat hendak melakukan aktivitas atau tidur. Suhu udara yang meningkat bisa membuat tubuh terasa gerah, berkeringat, dan tidak nyaman. Namun, apakah penyebab kamar panas karena tidak adanya pendingin ruangan di dalamnya?

Tidak adanya pendingin ruangan bukan satu-satunya penyebab kamar panas. Masih ada faktor lain yang dapat menyebabkan suhu udara di dalam kamar menjadi panas. Bacaterus akan membahas satu persatu penyebab kamar panas dan cara untuk mengatasinya.

10 Penyebab Kamar Panas dan Cara untuk Mengatasinya

1. Posisi Kamar

Posisi Kamar Penyebab Kamar Panas

Ada yang mengatakan bahwa penyebab kamar panas adalah posisi kamar yang kemungkinan besar berada di sebelah barat membuat suhu udara di dalamnya jadi lebih tinggi. Hal ini semata-mata disebabkan oleh paparan sinar matahari yang lebih intens jika dibandingkan dengan sisi lainnya.

Posisi kamar berdasarkan arah angin ini tidak terlalu berpengaruh. Namun, posisi kamar yang dekat dengan kawasan industri atau dapur memang membuat hawa di dalamnya jadi lebih panas.

Solusi untuk mengatasi kamar panas akibat posisi yang tidak tepat ini adalah dengan memasang AC. Penyejuk ruangan ini akan membuat suhu di dalam kamar tetap rendah meskipun kamar Anda berada di dekat sumber panas.

2. Atap Rumah

Penyebab kamar panas yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya adalah pemilihan atap rumah yang salah. Atap berbahan dasar asbes, seng, atau material logam dapat membuat ruangan yang berada di bawahnya jadi lebih panas. Baik seng maupun logam memiliki sifat mudah menyerap panas matahari.

Jalan keluar untuk kamar yang panas karena atap rumah adalah mengganti atap rumah dengan genteng yang terbuat dari tanah. Atap dari material tanah tentu akan membuat kamar Anda yang berada di bawahnya jadi lebih sejuk.

3. Kurangnya Ventilasi Udara

Kurangnya Ventilasi Udara

Tak dapat dipungkiri bahwa ventilasi udara sangat berpengaruh untuk menciptakan kamar yang sejuk dan segar. Ventilasi adalah salah satu sirkulasi udara yang dapat membuat kamar terasa tidak pengap. Ventilasi akan membantu pertukaran udara dari luar untuk masuk ke dalam kamar.

Jika tidak ada ventilasi di kamar, mulailah untuk turut membuat ventilasi atau jendela agar udara di dalam kamar mengalami pertukaran. Ventilasi akan membuat kamar Anda jadi sejuk dan lebih nyaman.

4. Plafon Terlalu Rendah

Plafon Terlalu Rendah

Kamar yang panas bisa disebabkan karena langit-langit ruangan yang terlalu rendah. Standar ketinggian plafon yang paling ideal untuk sebuah ruangan adalah 3 meter. Jika plafon di kamar Anda tingginya kurang dari 3 meter, maka suhu kamar akan sangat tinggi.

Penyebab suhu tinggi di dalam kamar berplafon rendah adalah udara tidak dapat mengalir dengan baik karena ketidaktersediaan ruang yang cukup untuk pergantian udara. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membuat ventilasi udara lebih banyak dan memasang AC pada kamar tersebut.

5. Posisi Jendela yang Salah

Posisi Jendela yang Salah

Bukankah jendela dibuat untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam kamar? Ya, memang benar jika jendela dibuat untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam kamar. Akan tetapi, penempatan jendela di sisi yang salah dapat menjadi penyebab udara kamar terasa panas.

Sebagai contoh, jendela yang menghadap ke arah barat akan mendapatkan sinar matahari lebih banyak. Apabila terlalu banyak paparan sinar matahari di jendela kamar Anda, otomatis suhu ruangan akan meningkat dan menyebabkan panas yang cukup tinggi.

Solusi untuk mengatasi posisi jendela yang salah adalah membuat jendela baru. Jika tidak maka Anda bisa memberikan tirai yang cukup tebal untuk menghalau sinar matahari masuk ke kamar Anda.

6. Memasang Lampu Terang

Memasang Lampu Terang

Tanpa Anda sadari lampu yang menyala terang di kamar juga menjadi salah satu sumber panas, lho. Semakin terang lampu yang menyinari kamar Anda, semakin panas pula udara di kamar tersebut.

Jika Anda belum siap memasang AC atau penyejuk ruangan lain, matikan saja lampunya jika tidak sedang dipakai. Di samping itu, Anda juga dapat mengganti lampu di kamar dengan lampu yang lebih temaram.

7. Warna Cat Dinding yang Gelap

Warna Cat Dinding yang Gelap

Usut punya usut, salah satu yang membuat udara kamar terasa panas adalah pemilihan warna cat dinding. Percaya atau tidak, warna cat dinding yang gelap dapat membuat udara di kamar menjadi panas. Apa saja contoh warna cat dinding yang gelap? Misalnya, hitam, biru tua, hijau tua, dan warna gelap lainnya. Lantas, bagaimana hal ini bisa terjadi?

Warna gelap memang memiliki sifat yang dapat menyerap panas. Akan tetapi, warna cat gelap juga dapat memantulkan sinar yang datang, entah itu sinar matahari atau sinar lampu. Oleh karena itu, semakin gelap cat dinding kamar Anda maka semakin panas udara di dalamnya.

Cara untuk mengatasi kamar yang panas akibat warna cat dinding yang gelap adalah mengubah warna catnya ke warna yang lebih cerah atau warna-warna pastel. Meskipun tidak bisa membuat suhu di kamar turun drastis, setidaknya kamar Anda jadi lebih adem sedikit.

8. Banyak Sumber Panas yang Tak Terduga

Banyak Sumber Panas yang Tak Terduga

Di kamar tidak ada kompor kok!” Mungkin kata-kata ini langsung tercetus dalam benak Anda ketika mengetahui bahwa penyebab kamar berudara panas adalah adanya sumber panas yang tak terduga di kamar Anda. Sayangnya, sumber panas yang dimaksud di sini bukan cuma kompor. Ada benda-benda tak terduga lainnya yang dapat menjadi sumber panas, seperti magic jar, dispenser, komputer/laptop, televisi, atau setrika.

Komputer, laptop, dan televisi memiliki kipas yang dapat mengeluarkan udara panas. Sementara setrika sudah jelas menghasilkan panas yang cukup tinggi untuk melicinkan pakaian. Magic jar dan dispenser akan terasa panas jika dipegang bagian belakangnya setelah dipakai untuk jangka waktu panjang.

9. Terlalu Banyak Barang

Terlalu Banyak Barang

Sadarkah Anda bahwa terlalu banyak barang di dalam suatu ruangan dapat membuat kamar menjadi panas? Tumpukan barang-barang di kamar dapat membuat sirkulasi udara terganggu. Kamar menjadi sesak dan sangat pengap.

Bagi Anda yang ingin kamarnya lebih sejuk, cobalah membereskan barang-barang di kamar Anda. Buanglah barang-barang yang tidak terpakai agar ruang di kamar jadi lebih lega.

10. Tidak Ada Penghijauan

Tidak Ada Penghijauan

Kalau tidak mungkin membawa masuk tanaman besar ke dalam kamar, Anda dapat melakukan penghijauan sederhana dengan meletakkan beberapa pot tanaman hias di jendela. Selain itu, jika di bagian depan kamar terdapat tanah, tanamlah beberapa tumbuhan yang dapat membantu proses penghijauan.

Seperti yang kita ketahui, penyebab kamar punya udara yang panas adalah tidak adanya penghijauan di dalam maupun luar kamar. Tak perlu menunggu lama, segera beli beberapa tanaman kecil yang bisa hidup di dalam ruangan untuk melakukan penghijauan sesegera mungkin.

Dari 10 penyebab kamar panas ini mungkin salah satunya menjadi penyebab kamar Anda terasa panas. Lakukan solusi yang kami berikan di setiap poin. Jika masih panas, cobalah membaca artikel cara mendinginkan kamar yang panas agar kamu tidak merasa kegerahan saat berada di dalam kamar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment