Bacaterus / Penyakit Kaki / Macam-Macam Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

Macam-Macam Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Kaki adalah bagian penting pada tubuh. Ketika kaki mengalami masalah, Anda pasti tidak bisa melakukan banyak hal. Salah satu masalah yang timbul pada kaki biasanya adalah pembengkakan. Ketika kaki bengkak, pasti akan mengganggu kegiatan Anda sehari-hari.

Kaki bengkak terjadi karena penumpukan cairan dan juga peradangan pada bagian kaki. Terkadang pembengkakan juga terjadi karena suatu penyakit di dalam tubuh, seperti penyakit jantung atau diabetes. Jika kaki mengalami pembengkakan yang tak kunjung sembuh, lebih baik untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Penyebab Kaki Bengkak

Kadang penyebab kaki bengkak memang membuat banyak orang penasaran. Terlalu banyak duduk, terlalu banyak berdiri atau terlalu sering menggunakan high hells bisa memicu kaki bengkak. kelebihan berat bada serta penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kaki bengkak. Nah, berikut adalah beberapa penyebab utama kaki bengkak:

  • Peradangan di jaringan kaki

kaki bengkak

Penyebab timbulnya kaki bengkak yang pertama adalah karena adanya peradangan pada jaringan di kaki. Biasanya penyebab jenis ini mempunyai ciri kaki akan sakit ketika dipegang. Ada rasa nyeri dan sedikit keras jika di tekan pada bagian kaki. Oleh karena itu si penderita akan kesulitan dalam berjalan.

Bisa juga radang tersebut karena adanya penyakit asam urat. Ini sering terjadi pada penderita asam urat yang sudah tahap lanjut. Akibat adanya penumpukan kadar asam urat yang sangat banyak pada darah, akan membuat bagian jaringan kaki ikut membengkak. Ini akan terjadi ketika penderita asam urat mengkonsumsi makanan yang dilarang seperti jeroan, kerang, melinjo dan sebagainya.

Radang juga bisa diakibatkan karena adanya benturan pada kaki. Benturan ini menyebabkan adanya trauma pada jaringan kaki yang menyebabkannya menjadi bengkak. Untuk radang pada kaki karena benturan ini, biasanya akan lebih cepat sembuh dibandingkan radang karena suatu penyakit.

  • Penumpukan cairan

penyebab kaki bengkak

Penyebab kaki bengkak yang selanjutnya adalah karena adanya penumpukan cairan pada jaringan kaki. Biasanya ini terjadi pada orang-orang yang menderita suatu penyakit, seperti pada penderita gagal jantung, sirosis (bekas luka pada hati), gagal ginjal kronis, gangguan pada hormon atau limphedema (adanya penyumbatan pada saluran getah bening).

Selain itu juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pada penyaringan ginjal. Pada wanita hamil, juga sering terjadi pembengkakan pada kaki, terutama pada saat umur bayi sudah trimester ketiga. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk sering berjalan kaki ringan setiap harinya. Hal tersebut akan banyak membantu mencegah kaki bengkak.

Cara Mengobati Kaki Bengkak

mengatasi kaki bengkak

Sekarang Anda sudah mengetahui apa saja penyebab kaki bengkak yang sudah dijelaskan di atas. Setiap penyebab kaki bengkak harus ditangani dengan cara yang berbeda-beda. Jika Anda masih ragu Anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Supaya Anda bisa mengetahui lebih detail mengenai penyebab bengkak pada kaki Anda.

Jika penyebab bengkak karena peradangan akibat jatuh atau terbentur, Anda bisa mengobatinya dengan mengompres dengan air hangat. Hindari juga asupan garam atau makanan yang memiliki rasa asin. Anda juga bisa membeli stoking khusus untuk kaki bengkak yang biasanya terdapat di apotek.

Mengangkat kaki Anda di tempat yang lebih tinggi dari dada juga dapat meredakan bengkak pada kaki. Cara tersebut akan membuat peredaran darah menjadi lancar. Anda juga bisa meletakkan kaki di atas tumpukan bantal agar lebih nyaman.

Jangan memijat kaki dengan sembarangan, karena akan membuat kaki tambah bengkak. Jika penyebab bengkak karena adanya penyakit, lebih baik ditangani dengan obat yang diberikan oleh dokter. Jika masih terasa nyeri bisa dengan menggunakan obat penghilang nyeri. Untuk bengkak akibat suatu penyakit memang harus diatasi dengan sebaik mungkin.

Demikian penjelasan mengenai beberapa penyebab kaki bengkak dan cara mengatasinya. Jika sudah beberapa hari kaki Anda tidak sembuh-sembuh, lebih baik untuk segera memeriksakan ke dokter  spesialis supaya bisa ditangani lebih lanjut.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *