bacaterus web banner retina

10 Penyanyi Wanita Indonesia Bersuara Emas yang Berprestasi

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 23 Desember 2020

Industri  musik Indonesia memiliki banyak musisi-musisi ternama dengan bakat dan talenta yang luar biasa. Di setiap era atau generasi selalu lahir karya-karya musik yang indah dari para seniman-seniman ini. Dari sekian banyak musisi tanah air, banyak diantaranya yang merupakan para wanita dengan suara emas dan memiliki segudang prestasi.

Inilah 10 penyanyi wanita terbaik Indonesia yang memiliki suara dan karya musik berkualitas dan banyak disukai para pecinta musik di Indonesia bahkan dunia.

1. Agnez Mo

Agnez Mo

Penyanyi Agnez Mo mulanya lebih dikenal dengan nama Agnes Monica. Nama lengkapnya sendiri ialah Agnes Monica Muljoto. Agnes lahir di di Jakarta pada 1 Juli 1986 dan sudah mengawali karir musiknya dengan menjadi penyanyi cilik di era 1990-an. Agnez juga dikenal sebagai artis multitalenta karena ia bisa berakting bahkan memandu acara televisi.

Agnez Mo memiliki banyak lagu hits seperti Tak Ada Logika atau Jera. Di tahun 2005, ia mulai merintis karir internasionalnya dengan berduet bersama Keith Martin. Kini ia juga memiliki banyak hits internasional, salah satunya Coke Bottle. Agnez Mo telah meraih sejumlah 170 piala penghargaan dari ajang nasional dan internasional.

2. Anggun C. Sasmi

Anggun C. Sasmi

* sumber: www.sulselsatu.com

Anggun Cipta Sasmi atau yang lebih dikenal Anggun C. Sasmi lahir di Jakarta pada 29 April 1974. Album pertamanya dirilis pada 1986 dan kini ia telah memiliki banyak lagu hits seperti Mimpi, Tua Tua Keladi, dan masih banyak lagi. Di tahun 1994, Anggun C. Sasmi kemudian memulai karirnya di dunia internasional.

Tahun 1997, Anggun merilis album internasionalnya yang beredar di 22 negara dengan lagu yang menjadi hits berjudul Snow on The Sahara. Semenjak itu, karir musiknya di dunia internasional terus melejit. Patung replica dirinya bahkan kini bisa ditemui di Museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand.

3. Vina Panduwinata

Vina Panduwinata

* sumber: beritapapua.id

Vina Panduwinata merupakan salah satu diva pop Indonesia kelahiran Bogor, 6 Agustus 1959. Ia merili album pertamanya di tahun 1981. Di tahun 1982, Vina Panduwinata kembali merilis album yang semakin melambungkan namanya dengan berbagai single seperti Di Dadaku Ada kamu dan September Ceria.

Vina Panduwinata juga memiliki banyak single lain seperti Burung Camar yang membuatnya dijuluki si burung camar. Vina juga sering memenangkan banyak penghargaan di festival musik, salah satunya adalah penghargaan Lifetime Achievement 2006 dari Anugerah Musik Indonesia atas dedikasinya pada industri musik hingga saat ini.

4. Krisdayanti

Krisdayanti

* sumber: sumeks.co

Krisdayanti atau yang akrab dipanggil KD merupakan diva pop Indonesia kelahiran Batu, 24 Maret 1975. KD memulai karir musiknya saat memenangkan festival Asia Bagus di Jepang pada tahun 1992. Hingga kini, KD telah memiliki banyak lagu-lagu hits seperti Menghitung Hari, Mencintaimu, Pilihlah Aku, dan masih banyak lagi.

Majalah Rolling Stone edisi Desember 2010 menulis Krisdayanti sebagai salah satu dari 50 penyanyi Indonesia terbaik sepanjang masa. Surat kabar Singapura New Straits Times juga menyebut KD sebagai legenda musik Indonesia. Di Anugerah Planet Muzik Singapura 2007. KD juga menjadi penyanyi wanita pertama yang menerima “Anugerah Khas’ atas karir musiknya.

5. Ruth Sahanaya

Ruth Sahanaya

* sumber: gravityaroundme.blogspot.com

Ruth Sahanaya atau yang biasa dipanggil Uthe lahir di Bandung pada 1 September 1966. Karir Uthe di industri musik dimulai pada tahun 1987 dan hingga kini telah merilis lebih dari 10 album. Lagu-lagunya juga menjadi lagu hits sepanjang masa, seperti Kaulah Segalanya, Keliru, Andaikan Kau Datang, dan masih banyak lagi.

Ruth Sahanaya telah memenangkan banyak penghargaan baik di tingkat nasional ataupun internasional. Uthe pernah memenangkan festival musik internasional di Belanda dan Finlandia.Album-albumnya mendapatkan penghargaan platinum serta penghargaan the best selling album.  Ia juga pernah dianugerahi penghargaan Mahabhakti Adikarya Utama.

Baca juga: Inilah 10 Penyanyi Solo yang Terkenal Setelah Keluar Grup

6. Titi DJ

Titi DJ

* sumber: www.serumpi.com

Titi DJ memiliki nama lengkap Titi Dwi Jayanti. Ia lahir di Jakarta pada 27 Mei 1966 dan telah memulai karir musiknya sejak 1984. Di tahun 1999, Titi DJ mencapai puncak karirnya ketika merilis album Bahasa Kalbu. Album ini bahkan mengantarkan Titi Dj meraih 5 piala pada ajang Anugerah Musik Indonesia 1999.

Hingga kini, Titi Dj telah mengeluarkan 17 album solo dengan berbagai lagunya yang menjadi hits, seperti Bahasa Kalbu, Sang Dewi, Matamu, Hanya Cinta yang Bisa, dan masih banyak lagi. Album-album Titi DJ juga banyak meraih penghargaan Multi Platinum Award. Ia juga memecahkan rekor MURI sebagai penyanyi wanita pertama dengan 4 hari konser.

7. Rossa

Rossa

* sumber: mediaindonesia.com

Sri Rossa Roslaina Handiyani atau Rossa lahir di Sumedang, 9 Oktober 1978. Ia merilis album perdananya di tahun 1996 dan hingga kini telah mengeluarkan 14 album. Lagu-lagu Rossa juga banyak menjadi hits seperti Tegar, Pudar, Terlalu Cinta, Hati yang kau Sakiti, dan masih banyak lagi. Ia juga mendapat gelar Dato’ Sri Rossa dari kerajaan Pahang Malaysia.

Selain di Indonesia, lagu-lagu Rossa juga sukses di berbagai negara Asia Tenggara. Album The Best of Rossa masuk dalam 10 album Indonesia terlaris sepanjang masa. Sementara album Love, Life, & Music mencatat rekor MURI untuk penjualan album tertinggi dalam sejarah musik Indonesia. Ia juga menjadi artis Indonesia pertama yang bergabung dengan SM Entertainment.

8. Raisa

Raisa

* sumber: creativedisc.com

Penyanyi yang memiliki nama lengkap Raisa Andriana ini lahir di Jakarta pada 6 Juni 1990. Album pertamanya yang berjudul Raisa rilis pada tahun 2011 dan melejitkan nama Raisa di industri musik Indonesia. Ia kemudian dikenal dengan suara merdunya dan lagu-lagu hitsnya seperti Serba Salah, Could it Be, atau Apalah Arti Menunggu.

Raisa kemudian kembali merilis album keduanya, Heart to Heart  pada tahun 2013 dan album ketiganya, Handmade pada tahun 2016. Sepanjang karirnya, Raisa juga telah memenangkan cukup banyak penghargaan , mulai dar ajang Anugerah Musik Indonesia, Anugerah Planet Muzik Singapura, hingga Mnet Asian Music Awards.

9. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati

* sumber: www.thejakartapost.com

Sebelum memulai karir di industri musik Indonesia, Isyana Sarasvati telah meraih banyak prestasi di ajang musik internasional saat usianya masih anak-anak. Album pertamanya rilis pada tahun 2014 dan membawa nama Isyana semakin populer dengan lagu-lagu hits seperti Tetap dalam Jiwa dan Keep Being You.

Isyana sudah meraih banyak penghargaan internasional sejak tahun 2005. Ia juga meraih banyak piala di ajang Anugerah Musik Indonesia, Billboard Indonesia, hingga Mnet Asian Music Awards. Di tahun 2020, Isyana juga dinobatkan sebagai salah satu dari 30 under 30 Asia 2020 oleh majalah Forbes.

10. Nike Ardilla

Nike Ardilla

Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi atau yang dikenal dengan Nike Ardilla lahir di Bandung pada 27 Desember 1975. Ia meninggal dunia pada kecelakaan lalu lintas yang terjadi di kota Bandung pada 19 Maret 1995 ketika umurnya masih 19 tahun. Meski karirnya cukup singkat, namun lagu-lagunya seperti Bintang Kehidupan dan Aku Takkan Bersuara masih digemari hingga kini.

Dalam karir musiknya yang singkat tersebut, Nike meraih banyak penghargaan dan memberi banyak pengaruh pada dunia musik Indonesia. Namanya bahkan masih terus bersinar meski ia telah meninggal dunia. Hingga kini,ia masih memiliki banyak fans setia yang rutin menggelar acara peringatan kematiannya setiap tahun.

Itulah 10 penyanyi wanita Indonesia yang memiliki karya-karya musik luar biasa dan prestasi yang mengangumkan. Siapakah yang menjadi idolamu dan apa lagu favoritmu dari idolamu itu? Ceritakan di kolom komentar ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram