Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Oktober 2018

Berkarir di dalam girlband, boyband, atau group band tidak selamanya indah. Terkadang beberapa di antara mereka mengalami crash sehingga salah satunya memutuskan keluar dan bersolo karir. Namun, kadang-kadang ada juga penyanyi yang ingin meniti karir solo agar lebih bebas berekspresi sesuai dengan passion-nya sendiri.

Menjadi solo ternyata justru membawa berkah bagi 10 penyanyi ini. Tak dapat dipungkiri bahwa 10 penyanyi ini menjadi lebih sukses dan populer setelah mereka keluar dari grupnya. Siapa saja penyanyi solo terkenal setelah keluar grup? Simak ulasan dari Bacaterus berikut ini.

10 Penyanyi Solo Terkenal Setelah Keluar Grup

1. Beyonce

Beyonce Penyanyi Solo Terkenal Setelah Keluar Grup

Siapa tak kenal Beyonce? Diva internasional ini memang sukses membuat siapa saja terkagum-kagum dengan suaranya, penampilannya, dan karya-karyanya. Namun, tak banyak generasi milenial yang mengetahui bahwa Beyonce merupakan penyanyi solo terkenal setelah keluar grup. Ya, tahun 1997-2005 Beyonce tergabung dalam grup Destiny’s Child.

Destiny’s Child sendiri merupakan grup penyanyi Amerika yang terdiri dari Beyonce, Kelly Rowland, dan Michelle Williams. Karir Destiny’s Child sendiri terbilang gemilang. Grup ini berhasil menelurkan empat album dan keempatnya menjadi hits di pasar musik dunia.

Namun di tahun 2005, Destiny’s Child mengumumkan bahwa mereka akan bubar. Di antara ketiga personelnya, nama Beyonce lah yang semakin gemilang dan dikenal di seluruh dunia.

2. Pharrell Williams

Pharrell Williams

Tahu lagu “Happy” yang menjadi original soundtrack film Despicable Me 2? Lagu tersebut dikenal sebagai lagu milik Pharrell Williams. Nama Pharrell sendiri menjadi semakin terkenal sejak single “Happy” tersebut diputar di mana-mana. Bahkan, musisi ini juga mendapat kesempatan kolaborasi bareng Calvin Harris dan Katy Perry lewat lagu “Feels.”

Jauh sebelum terkenal seperti saat ini, ternyata Pharrell pernah tergabung dalam grup N.E.R.D bersama sahabatnya Chad Hugo. Sayangnya, penjualan album duo funk rock ini cukup lesu. Album mereka terjual tidak lebih dari lima ratus ribu kopi di pasar Amerika Serikat.

3. Justin Timberlake

Justin Timberlake

Anak-anak tahun 90-an pasti sudah familiar banget dengan boyband N’SYNC. Boyband ini masih satu angkatan bareng Westlife dan Backstreet Boys, yang artinya boyband tersebut sudah ada sebelum One Direction atau BTS.

Justin Timberlake adalah penyanyi solo terkenal setelah keluar grup yang membesarkan namanya tersebut. Pentolan N’SYNC ini memilih bersolo karir dan ia meraih kesuksesan sampai saat ini. Bahkan, dari semua anggota N’SYNC nampaknya hanya Justin yang sampai saat ini masih eksis dan terkenal di industri musik dunia.

4. Diana Ross

Diana Ross

Satu lagi diva internasional yang ternyata mantan member grup musik, yaitu Diana Ross. Penyanyi yang terkenal dengan lagunya “When You Tell Me That You Love Me” dan “Endless Love” ini ternyata pernah tergabung dalam grup The Supremes. Menariknya, grup tersebut merupakan “saingan” berat The Beatles di tahun 1960-an.

Popularitas Diana semakin menanjak tatkala ia memutuskan untuk merilis album solo di tahun 1970. Albumnya yang bertajuk “Diana” mengantarnya meraih platinum. Sampai saat ini masih banyak yang tidak mengetahui bahwa Diana dulunya pernah menjadi anggota grup musik.

5. Camila Cabello

Camila Cabello

Havana oh na na…” Lagu yang satu ini memang jadi hits banget sepanjang tahun 2017 lalu. Penyanyi dari lagu tersebut adalah gadis cantik bertubuh mungil bernama Camila Cabello. Camila adalah satu dari sekian banyak penyanyi solo terkenal setelah keluar grup.

Camila sempat bergabung dengan grup Fifth Harmony, grup yang dibentuk oleh Simon Cowell melalui ajang pencarian bakat, The X-Factor. Fifth Harmony sendiri merupakan grup yang terbilang sukses di awal-awal kemunculannya. Single-nya “Worth It” dan “Work From Home” menduduki puncak tangga lagu Billboard.

Sayangnya, Camilla memutuskan bersolo karir pada Desember 2016. Namun, hal tersebut tidak membuat nama Camila meredup dan justru semakin terkenal. Camila juga memiliki sejumlah track record kolaborasi dengan sejumlah musisi papan atas, seperti Shawn Mendes, Machine Gun Kelly, Pharrell Williams, Pitbull, J Balvin, Major Lazer, dan Travis Scott.

6. Gwen Stefani

Gwen Stefani

Sejak dulu sampai sekarang, Gwen Stefani selalu tampil dengan image cewek berambut pirang dengan lipstik berwarna cerah. Penyanyi yang terkenal dengan lagunya “Hollaback Girl” dan “Rich Girl” ini dulunya tergabung dalam kelompok musik No Doubt.

No Doubt sendiri sempat memiliki beberapa lagu yang menjadi hits, salah satunya “Don’t Speak.” Namun, grup ini tidak pernah mencicipi kesuksesan yang terlalu menanjak. Gwen akhirnya memilih bersolo karir dan di tahun 2004 album solonya terjual lebih dari 7 juta kopi di seluruh dunia.

Menariknya, sampai saat ini Gwen Stefani tidak pernah benar-benar resmi mengundurkan diri dari No Doubt. Tahun 2012 grup ini sempat kembali reuni dan mengeluarkan album “Push and Shove.”

7. Zayn Malik

Zayn Malik

Sama seperti Fifth Harmony, One Direction merupakan boyband yang terbentuk di ajang pencarian bakat The X Factor. Boyband yang sangat diidolakan kaum hawa ini beranggotakan Zayn Malik, Harry Styles, Liam Payne, Niall Horan, dan Louis Tomlison. Sejak awal, Zayn merupakan anggota yang paling mencuri perhatian karena memiliki paras tampan ala timur tengah.

Setelah menjalani lima tahun bersama, Zayn memutuskan untuk keluar dari grup yang telah membesarkan namanya tersebut. Berbagai spekulasi mengenai keluarnya Zayn dari One Direction beredar.

Pada awalnya, semua pesimis dengan karir solo Zayn. Namun, Zayn berhasil membuktikan diri sebagai penyanyi solo terkenal setelah keluar grup karena lagu-lagunya diterima oleh masyarakat dan selalu menduduki tangga lagu AS Billboard 200.

8. Eminem

Eminem

Rapper kontroversial yang satu ini memang sangat terkenal dan produktif dalam menghasilkan karya. Eminem pernah berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi terkenal, seperti Rihanna, Beyonce, Ed Sheeran, Kehlani, 50 Cent, dan Lil Wayne,

Di balik kesuksesan yang ia raih sekarang, rapper yang memiliki nama lengkap Marshall Bruce Mathers III pernah tergabung dalam grup rap D12. Saat masih aktif di D12, grup tersebut terbilang cukup sukses. Akan tetapi, kesuksesan D12 memang tidak ada apa-apanya dibanding yang Eminem dapatkan sekarang.

9. Nick Jonas

Nick Jonas

Nick Jonas adalah selebriti jebolan Disney yang pernah aktif dalam sejumlah acara di Disney Channel bersama kedua saudaranya, Joe Jonas dan Kevin Jonas. Ketiganya tergabung dalam sebuah band bernama The Jonas Brothers.

The Jonas Brothers memilih untuk hiatus di tahun 2010. Nick juga sempat membuat band baru tapi tidak terlalu berhasil. Sampai akhirnya, Nick memutuskan berkarir solo sebagai penyanyi dan aktor. Di antara anggota The Jonas Brothers lainnya, nama Nick lah yang paling dikenal lantaran paling produktif merilis lagu dan membintangi film layar lebar.

10. Michael Jackson

Michael Jackson

Ketika membahas penyanyi solo terkenal setelah keluar grup, rasanya tidak afdol jika kita tidak turut memasukkan nama Michael Jackson. King of pop ini sudah aktif menyanyi sejak usia 5 tahun. MJ bergabung dengan grup The Jackson 5 yang personelnya juga merupakan saudara-saudara kandungnya.

The Jackson 5 memang terkenal, tapi kesuksesannya masih jauh dibanding karir solo Michael Jackson. Meskipun kini beliau telah tiada, MJ tetap memiliki sejumlah fans setia dan karyanya tetap dikenang. Bahkan, MJ tetap menghasilkan uang royalti hingga ratusan juta dollar sampai saat ini.

10 penyanyi solo terkenal setelah keluar grup ini dapat menjadi inspirasi bagi kita yang ingin keluar dari zona nyaman tapi masih dirundung keraguan. Mereka membuktikan bahwa mereka bisa sukses meskipun keluar dari zona nyamannya masing-masing.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .