Bacaterus / FYI / 10 Penjahat Legendaris yang Pernah Menggemparkan Indonesia

10 Penjahat Legendaris yang Pernah Menggemparkan Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Perilaku kita di masyarakat memang akan selalu menjadi perhatian. Bila sebagian orang dikenang sebagai pahlawan karena jasanya membangun negara dan bangsa. Maka yang akan Bacaterus bahas kali ini adalah beberapa penjahat legendaris yang dikenang karena telah berhasil menggemparkan masyarakat Indonesia berkat aksi kejahatan yang telah dilakukannya.

Nah, siapa saja yang masuk dalam daftar 10 penjahat legendaris yang ada di Indonesia. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai profil mereka.

1. Eddy Tansil

Eddy Tansil

* sumber: nasional.kompas.com

Berbicara mengenai penjahat legendaris. Nama Eddy Tansil adalah salah satu yang cukup fenomenal. Koruptor yang menjadi buronan terlama sepanjang sejarah Indonesia ini memang cukup mendapat banyak perhatian. Setelah berhasil kabur dari LP Cipinang pada tahun 1996. Keberadaannya memang tidak pernah diketahui hingga saat ini.

Eddy Tansil sendiri diketahui melakukan tindakan kejahatan yang merugikan negara hampir 430 juta dolar Amerika atau sekitar 1,3 Triliun. Eddy Tansil masuk ke dalam daftar salah satu buronan interpol yang cukup cerdik dalam melakukan setiap aksinya. Selain di Indonesia, ia juga telah melakukan aksi serupa di China.

2. Dukun As

Dukun As

Siapa yang tidak kenal dengan penjahat berdarah dingin yang satu ini? Berdalih mampu melakukan pengobatan pada pasiennya. Dukun sadis yang satu ini pun menjadi pemberitaan nasional akibat ulahnya menghabisi 42 wanita.

Pria bernama lengkap Ahmad Suradji ini melakukan tindakan tidak berperikemanusiaan tersebut dengan dalih menyempurnakan ilmu hitam yang terilhami dari sebuah mimpi. Mayat para korbannya sendiri dikuburkan di sebuah lahan tebu miliknya.

Meskipun kejadian tersebut telah lama terjadi namun cerita kejahatan dari dukun yang satu ini memang masih bisa didengar bahkan hingga sampai saat ini.

3. Babe alias Baekuni

Babe alias Baekuni

Penjahat selanjutnya yang juga sempat menggegerkan publik Indonesia adalah Babe alias Baekuni. Pria paruh baya yang telah tega melakukan tindakan seksual dan mutilasi pada korban anak di bawah umur ini memang cukup mengerikan. Tindakan sadis yang dilakukannya pada anak-anak didasari atas pengalamannya menjadi korban kejahatan serupa ketika ia duduk di kelas 3 sekolah dasar.

Pengalaman buruknya tersebutlah yang pada akhirnya menjadikan Babe seorang pedofilia keji. Pria yang telah divonis dengan hukuman mati tersebut diketahui telah menelan nyawa sekitar 14 anak laki-laki berumur belasan tahun.

4. Robot Gedek

Robot Gedek

* sumber: www.boombastis.com

Hampir sama dengan Babe. Penjahat yang satu ini pun tak kalah sadis dan menakutkan. Bernama asli Siswanto pria yang memiliki keterbatasan fisik ini lebih populer dengan nama Robot Gedek. Robot Gedek sendiri merupakan seorang tunawisma yang menghabiskan banyak waktu di jalanan.

Aksi kejahatan yang telah dilakukannya pun terbilang cukup lama yaitu dari rentan tahun 1994 sampai 1996. Korbannya pun terdiri dari anak-anak laki-laki berusia belasan tahun sebanyak 8 orang. Ia diketahui telah membunuh korbannya dengan cara memutilasi dan menyebarkan bagian tubuh korbannya ke beberapa titik.

Robot Gedek sendiri pada akhirnya divonis dengan hukuman mati oleh pengadilan dan dipenjara di LP Nusakambangan. Meskipun begitu pada akhir hayatnya ia harus meregang nyawa akibat serangan jantung di Penjara.

5. Ryan Jombang

Ryan Jombang

* sumber: www.liputan6.com

Berlatar belakang asmara sesama jenis dan kebutuhan ekonomi, kasus yang dilakukan oleh Ryan Jombang ini memang terbilang kejam. Ia diketahui telah menghabisi banyak nyawa yang terdiri dari 9 orang pria dewasa, 1 perempuan dan putrinya. Total keseluruhan yang menjadi korban pembunuhan sebanyak 11 orang.

Di mana 10 dari korbannya dihabisi di desa kelahirannya, Jombang. Sementara satu orang dilakukan di Jakarta dan menjadi awal terbongkarnya kasus pembunuhan berantai tersebut oleh kepolisian. Ryan sendiri pada akhirnya divonis dengan hukuman mati akibat perbuatannya tersebut.

6. Dukun Usep

Dukun Usep

Selanjutnya ada penjahat berkedok dukun sakti yang mampu menggandakan uang. Jauh sebelum kasus Dimas Kanjeng merebak. Sebuah kasus perdukunan penggandaan uang yang cukup menghebohkan warga Indonesia pernah terjadi di tahun 2007.

Tidak hanya itu pelaku yang dikenal dengan nama dukun Usep alias Tubagus Maulana Yusuf tersebut telah membuat perencanaan matang dalam membunuh calon korbannya. Berdalih mampu menggandakan uang.

Iapun meminta calon korbannya untuk melakukan ritual dengan masuk ke dalam sebuah lubang dan meminum sebuah cairan yang diketahui adalah racun. Setelah nyawa korbannya melayang ia pun dengan mudah menguburnya. Akibat kejahatan yang telah dilakukannya. Dukun Usep pun pada akhirnya harus mendapatkan hukuman mati.

7. Rio Martil

Rio Martil

Penjahat selanjutnya yang tak kalah sadis adalah Rio Martil atau Martil Maut. Kasusnya sendiri mulai banyak diperbincangkan masyarakat Indonesia pada tahun 2001. Spesialis pencuri kendaraan roda empat ini memang terbilang licin dalam melakukan aksi kejahatannya.

Sebelum pada akhirnya harus berakhir di sel penjara. Rio martil sendiri memang sempat menjadi buronan polisi di berbagai daerah akibat kasus pencurian dan pembunuhan. Modusnya sendiri berpura-pura sebagai orang yang akan menyewa kendaraan. Setelah sang sopir atau pemilik lengah dengan sigap ia memukulkan martil yang telah disiapkannya untuk membunuh.

Ia sendiri tercatat sudah membunuh 4 orang dengan cara yang sama. Sama seperti pelaku kejahatan berencana lainnya. Rio Martil pun pada akhirnya harus berakhir dengan hukuman mati.

8. Mat Peci

Mat Peci

* sumber: www.boombastis.com

Mat Peci merupakan bandit legendaris yang diketahui muncul pada tahun 70-an. Karena aksinya saat melakukan kejahatan cukup lihai. Kisah hidup penjahat yang satu ini pun sempat diangkat ke dalam sebuah film dengan aktor Rachmat Hidayat sebagai pemeran Mat Peci.

Mat Peci sendiri dikenal sebagai penjahat berdarah dingin yang tak segan membunuh setiap korbannya. Berulang kali ia telah mendekam di penjara. Namun seperti tak pernah bosan kejahatannya malah semakin merajalela. Mat Peci sendiri pada akhirnya tewas di tangan polisi setelah diendus keberadaannya di sebuah stasiun kereta yang ada di Garut.

9. Kusni Kadut

Kusni Kadut

Salah satu penjahat lainnya yang menjadi legenda di tanah air adalah Kusni Kadut. Kusni Kadut sendiri pada awalnya dikenal sebagai pejuang sebelum akhirnya berkecimpung di dunia kejahatan. Ia dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena aksi kejahatannya mencuri 11 berlian di Museum Nasional Indonesia alias Museum Gajah.

Ia sendiri pada saat melakukan aksinya menyamar menjadi seorang petugas polisi dan berhasil melumpuhkan petugas penjaga museum. Ia tercatat telah 8 kali berhasil melarikan diri dari penjara. Meskipun pada akhirnya kembali tertangkap dan akhirnya mendapat hukuman mati.

10. Selamet Gundul

Selamet Gundul

Perampok Bank yang satu ini dikenal licin saat melancarkan aksi kejahatannya. Slamet gundul sendiri merupakan ketua perampok berotak encer yang kerap berhasil mengelabui petugas bahkan setelah beberapa kali hampir tertangkap petugas kepolisiam. Karena kelihaiannya tersebut polisi pun sampai menghimbau masyarakat untuk menangkap Slamet hidup atau mati.

Aksinya yang terbilang licin memang bisa membuat orang lain geleng-geleng kepala. Seperti ketika ia berhasil melarikan diri beberapa menit sebelum persidangan. Cerita lain yang lebih mengejutkan ketika, ia berhasil melompati pagar rumahnya yang cukup tinggi dari kejaran polisi. Meskipun pada akhirnya tindakan Slamet berakhir di Surabaya.

Keberadaan legenda kejahatan tersebit pun masih menjadi misteri hingga saat ini. Beberapa mengabarkan bahwa sang legenda telah meninggal. Namun yang lain menyebutkan bahwa Slamet masih hidup di usianya yang senja.

Nah, itulah 10 penjahat legendaris Indonesia yang kejahatan selalu dikenang. Semoga apa yang telah dilakukan oleh orang-orang tersebut tidak terulang dan tidak menjadi contoh bagi generasi muda. Sempatkan dirimu untuk turut membaca artikel laut paling mengerikan di Indonesia ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *