bacaterus web banner retina

Mengagumkan! Ini 10 Peninggalan Sejarah Islam di Dunia

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 31 Maret 2021

Islam adalah salah satu agama terbesar kedua yang ada di dunia. Sejak masa kepemimpinan Nabi Muhammad Saw, Islam memang telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai peninggalan sejarah Islam yang tersebar di berbagai wilayah di dunia, mulai dari bangunan mesjid, istana, benteng pertahanan, hingga senjata yang digunakan ketika berperang.

Nah, dari sekian banyak peninggalan yang masih berdiri hingga saat ini, beberapa diantaranya bahkan masih biasa digunakan sebagai tempat peribadatan umat Islam. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan yang telah Bacaterus rangkum terkait peninggalan sejarah Islam dalam artikel di bawah.

1. Ka’bah

Sumber: republika.id

Salah satu peninggalan sejarah Islam yang masih berdiri kokoh hingga saat ini adalah Ka'bah. Ka’bah merupakan bangunan suci umat Islam yang berada di tengah-tengah di Masjidil Haram. Ka'bah sendiri diketahui telah ada sejak masa Nabi Adam AS. Sementara pemugaran sendiri mulai dilakukan pada masa Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail.

Selain merupakan tempat suci bagi umat Islam, Ka ‘bah juga menjadi kiblat untuk menjalankan ibadah sholat bagi umat Islam di seluruh dunia. Setiap tahun sendiri Ka'bah kerap dipenuhi oleh umat Islam yang sedang melaksanakan salah satu rukun dalam Islam, yaitu Haji.

2. Masjid Nabawi

Sumber: id.m.wikipedia.org

Peninggalan sejarah Islam berikutnya yang cukup penting dalam perkembangan Islam di dunia adalah Masjid Nabawi. Masjid Nabawi terletak di pusat kota Madinah, Arab Saudi. Mesjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun pertama setelah hijrah dari Mekah ke Madinah.

Sebelum menjadi salah satu mesjid terbesar dan termegah yang ada di dunia, Masjid Nabawi merupakan rumah kediaman Nabi besar Muhammad SAW. Masjid Nabawi sendiri menjadi masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam.

Selain itu menjadi tempat suci kedua umat Islam setelah Masjidil Haram. Umat Islam sendiri percaya bahwa salat di Masjid Nabawi memiliki nilai pahala 1.000 kali lipat dibandingkan dengan di masjid lain.

3. Masjidil Haram

Masjidil Haram dibangun mengelilingi Ka'bah.  Masjid ini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia, selain Masjid Nabawi di Madinah al-Munawarah. Masjidil Haram sendiri merupakan masjid suci utama bagi umat muslim.

Mesjid yang memiliki luas sekitar 356.800 meter persegi diketahui mampu menampung jemaah haji hingga mencapai 820.000 jemaah, bahkan dapat meningkat sebanyak dua kali lipat setiap tahunnya ketika pelaksanaan sholat Ied.

Masjidil Haram sendiri menjadi salah satu mesjid yang keberadaannya cukup penting karena di Mesjid inilah para jemaah haji melakukan beberapa rukun wajib haji, seperti tawaf, dan sai.

4. Masjid Quba

Sumber: hajjumrahplanner.com

Peninggalan sejarah Islam selanjutnya yang masih berisi hingga saat ini adalah Masjid Quba. Masjid Quba adalah mesjid pertama yang dibangun langsung oleh Nabi Muhammad SAW ketika menyelesaikan perjalanan hijrahnya dari kota Mekah. Mesjid Quba terletak di tepi kota Madinah. Mesjid ini dibangun pada 8 Rabiul Awwal atau 23 September 622 Masehi.

Pada awalnya, mesjid yang mampu menampung sekitar 20.000 jemaah ini berdiri di atas kebun kurma seluas 1.200 meter persegi. Namun, seiring waktu mesjid ini pun mengalami renovasi dan perluasan hingga mencapai 5.860 meter persegi. Nabi Muhammad SAW sendiri kerap pergi ke mesjid ini setiap hari Sabtu, Senin, dan Kamis.

5. Masjidil Al Aqsa

Sumber: id.m.wikipedia.org

Masjid Al Aqsha merupakan kiblat pertama umat Islam dalam menjalankan ibadah. Mesjid Al Aqsa menjadi saksi sejarah perjalanan Isra Miraj yang telah dilakukan oleh nabi besar Muhammad SAW. Masjid Al Aqsha diketahui telah berdiri sejak Nabi Adam AS. Masjid ini kemudian dibangun oleh nabi-nabi setelahnya, yang diutus untuk kaum Bani Israil.

Mesjid Al Aqsa menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para peziarah muslim dari seluruh dunia. Hal itu sesuai dengan anjuran dari Nabi Muhammad SAW dalam Hadist Riwayat Muslim, dimana Rasulullah bersabda bahwa Masjid Al Aqsha menjadi tempat yang perlu dikunjungi setelah Masjidil Haram di Mekah, dan Masjid An Nabawi di Madinah.

Nah, di masjid ini pula, Rasulullah diberikan wahyu oleh Allah SWT agar Nabi dan umatnya menjalankan salat 5 waktu.

Baca juga: Rekomendasi Film Luar Negeri yang Bernuansa Islami

6. Benteng Agra

Sumber: g-switch.org

Selain Taj Mahal, peninggalan sejarah Islam di India yang masih bisa kita lihat sampai saat ini adalah benteng Agra. Benteng ini adalah saksi bisu kejayaan Islam di negeri India. Benteng Agra sendiri adalah dinding pelindung yang mengelilingi Istana tempat tinggal keluarga raja pada masa Kerajaan Mughal hingga tahun 1638, sebelum akhirnya ibukota kerajaan berpindah ke Delhi.

Benteng Agra berdiri seluas 38 Hektar dengan tembok menjulang setinggi 21 meter dan 4 gerbang di keempat sisi benteng. Benteng bersejarah tersebut juga menjadi saksi bisu pertempuran pemberontakan India melawan kekuasaan British East India Company pada tahun 1857, yang membuat Inggris pada akhirnya menjadi penguasa langsung atas India.

7. Istana Azzahara

Sumber: bangfirman.com

Beralih ke daratan Eropa, dimana di sana terdapat peninggalan sejarah kekuasaan Islam pada abad pertengahan, yang bernama Medina Azzahara, yaitu sebuah kompleks istana yang memiliki desain arsitektur menawan. Dalam bahasa Arab, Medina Azzahara sendiri memiliki arti, yaitu kota yang bersinar.

Meskipun saat ini tempat tersebut hanya meninggalkan sisa puing-puing bangunan yang telah runtuh, namun lokasi tersebut menjadi tempat wisata yang cukup populer yang ada di Spanyol. Medina Azzahara diketahui dibangun pada tahun 936 M oleh Abd ar Rahman III, pada masa khalifah Umayyah pertama. Medina Azzahara sempat menjadi pusat pemerintahan dan administrasi Andalusia.

8. Benteng Alhambra

Sumber: salam-online.com

Peninggalan sejarah agama Islam yang juga cukup menarik ada di Spanyol adalah Benteng Alhambra, yang terletak di kota Granada. Benteng Alhambra sendiri adalah bagian dari istana Alhambra, yang merupakan peninggalan dari dinasti Islam terakhir di Andalusia, yaitu Bani Ahmar. Bangunan yang memiliki desain menawan ini menjadi saksi bisu kejayaan Islam.

Istana Alhambra sendiri dibangun pada tahun 1232 M oleh Sultan Muhammad bin Al-Ahmar di kota Granada di atas sebuah bukit bernama La Sabica. Alhambra sendiri adalah kota peninggalan kerajaan Palatine yang merupakan sisa peninggalan dari dinasti Nasrid, kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Eropa Barat.

9. Pedang Damaskus

Sumber: dailysia.com

Salah satu senjata peninggalan sejarah Islam yang cukup terkenal di dunia adalah Pedang Damaskus. Pedang ini digunakan oleh seorang pemimpin Islam bernama Salahuddin Al-Ayyubi. Pedang Damaskus merupakan senjata yang digunakan ketika terjadi perang Salib ke-3, yaitu saat pasukan muslim menghadapi gempuran tentara Kristen, yang dipimpin oleh Richard the Lionheart.

Pedang Damaskus dikenal karena kehebatan serta ketajaman yang luar biasa. Hal tersebut diungkapkan berdasarkan studi yang dilakukan oleh Peter Paufler bersama koleganya dari universitas asal Jerman. Meskipun dikenal sangat tajam, namun pedang ini sangat lentur, dan ringan ketika digunakan. Pedang Damaskus sendiri menjadi salah satu pedang legendaris yang ada di dunia.

10. Mesjid Raya Xian

Sumber: chunpage.blogspot.com

Salah satu peninggalan sejarah agama Islam selanjutnya datang dari negeri tirai bambu, China. Masjid Raya Xi’an adalah masjid terbesar dan tertua yang ada di China. Masjid Xian diperkirakan dibangun pada tahun 742, yaitu pada masa pemerintahan Dinasti Tang sekitar 618 – 907. Masjid Raya Xi’an berdiri di lahan seluas 12.000 meter persegi.

Mesjid dengan desain arsitektur perpaduan antara gaya arsitektur tradisional khas China dan Timur Tengah ini memang cukup menawan. Meski telah lama berdiri lebih dari 1000 tahun silam, namun kondisi bangunannya sendiri masih tampak menawan. UNESCO sendiri sempat memasukkannya ke dalam daftar peninggalan kebudayaan Islam di dunia.

Demikianlah 10 peninggalan sejarah agama Islam di dunia yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Keberadaan peninggalan-peninggalan sejarah Islam di atas memang cukup menarik. Selain karena bentuknya yang mengagumkan, sejarah yang menyelimuti peninggalan-peninggalan tersebut memang menarik untuk diketahui.

Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan kita mengenai sejarah perkembangan Islam, khususnya yang ada di dunia.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram