Bacaterus / Tepung Terigu / Inilah 10 Tepung Alternatif Pengganti Tepung Terigu

Inilah 10 Tepung Alternatif Pengganti Tepung Terigu

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Oktober 2019

Tepung terigu merupakan bahan makanan yang lazim dipakai. Banyak sudah makanan yang tercipta dari bahan makanan satu ini. Walau lazim dipakai, tepung ini rupanya tidak terlalu disukai beberapa orang. Kandungan kalorinya yang cukup tinggi dan alergi tepung terigu adalah beberapa alasan mengapa ada yang tak suka dengan bahan makanan ini.

Maka tak heran, bila beberapa orang mulai mencari pengganti bahan makanan satu ini. Kabar baiknya, pengganti tepung terigu kini sudah mulai banyak bermunculan.  Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tepung Almond

Tepung Almond (Copy)

Tepung almond merupakan salah satu tepung pengganti yang banyak direkomendasikan ahli gizi. Tepung ini dibuat rai almond manis yang sebelumnya telah dikupas. Ciri khas tepung ini adalah bentuknya yang agak berbutir, serta teksturnya yang kasar.

Kandungan gizi pada tepung ini cukup banyak. Mulai dari protein, lemak tak jenuh ganda, hingga vitamin E. Sudah ada beberapa makanan yang dibuat dari tepung pengganti ini. Marzipan, macarons dan sachertorte adalah tiga di antaranya.

2. Tepung Quinoa

Tepung Quinoa (Copy)

Pengganti tepung terigu ini dibuat dari biji quinoa atau yang biasa disebut kinoa. Tepung Quinoa sendiri dikenal kaya akan karbohidrat, protein asam amino, kalsium, dan zat besi. Kayanya kandungan gizi itu membuat tepung ini dipercaya bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satunya manfaatnya adalah membantu mengatasi penyakit celiac disease. Selain bisa dipakai sebagai bahan dasar adonan makanan, tepung ini juga bisa kamu pakai sebagai pengganti nasi. Caranya, dengan merebus 1 gelas tepung ini ke dalam air mendidih selama 15 menit. Setelah itu, sajikan tepung tersebut bersama sayur atau lauk sehat lainnya.

3. Tepung Kelapa

Tepung Kelapa (Copy)

Sesuai namanya, tepung ini dibuat langsung dari buah kelapa. Khususnya, bagian daging dari kelapa. Tepung ini dibuat dengan cara menggiling daging kelapa dengan lembut, lalu kemudian dikeringkan. Jenis tepung ini memiliki aroma yang wangi, dan bercita rasa manis.

Rasanya yang manis membuat tepung ini cocok dijadikan bahan adonan kue atau roti. Dari segi gizi, tepung ini boleh dibilang kaya akan gizi. Sejumlah kandungan gizi pada tepung ini adalah: lemak jenuh yang aman untuk tebuh, karbohidrat rendah kalori, dan juga serat.

4. Tepung Beras Merah

Tepung Beras Merah (Copy)

Walau bernama beras merah, namun sejatinya tepung ini terbuat dari beras cokelat. Beberapa ahli gizi menyarankan agar lebih sering memakai tepung ini di kehidupan sehari-hari. Jessica Cording salah satunya. Ahli gizi asal New York City ini berujar kalau tepung beras merah tidak memiliki rasa dan aroma yang kuat.

Seperti tepung alternatif lainnya, tepung beras merah juga kaya akan gizi. Vitamin B, zat besi, dan mangan adalah beberapa di antaranya. Menurut Allissa Ramsay, tepung satu ini sangat cocok dipakai sangat cocok untuk bahan kue yang dipanggang.

5. Tepung Gandum Utuh

Tepung Gandum Utuh (Copy)

Banyak yang menyamakan tepung ini dengan tepung terigu. Hal ini wajar mengingat keduanya sama-sama dibuat dari gandum. Adapun perbedaan keduanya berasal dari bagian gandum yang dipakai. Tepung terigu biasa dibuat dari bagian dalam gandum saja.

Ini tentu berbeda dengan tepung gandum utuh yang dibuat dari semua bagian gandum. Termasuk bagian kulit gandumnya. Penggunaan semua bagian gandum membuat tepung gandum utuh memiliki warna yang agak putih kecokelatan.

Selain itu, kandungan gizinya pun juga jauh lebih kaya dari tepung terigu biasa. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam tepung gandum utuh adalah serat pangan. Adanya serat pangan membuat tepung ini cocok dikonsumsi para pelaku diet.

6. Tepung Kedelai Putih

Tepung Kedelai Putih (Copy)

Kacang kedelai rupanya tak hanya bisa dijadikan bahan dasar tempe ataupun tahu. Salah satu jenis kacang-kacangan itu rupanya juga bisa dijadikan tepung. Tepung kedelai putih adalah buktinya. Sesuai namanya, tepung satu ini dibuat dari bahan dasar kedelai putih.

Tepung kedelai putih memiliki kandungan protein yang tinggi. Secara tekstur, tepung ini agak sedikit kasar dibanding dengan tepung terigu. Tepung kedelai putih sangat cocok dijadikan bahan adonan kue dan camilan lainnya.

7. Tepung Chia

Tepung Chia (Copy)

Sesuai namanya, tepung ini dibuat dari bahan dasar berupa biji chia. Bagi yang belum tahu, biji chia merupakan biji yang bentuknya amat kecil, dan hitam warnanya. Biji ini lazim bertumbuh di Meksiko dan beberapa negara di Amerika Selatan.

Tepung chia sendiri memilikiwara kehitaman, sama seperti halnya biji chia. Saat diolah, tepung chia biasanya bakal dengan mudah diolah. Tepung alternatif ini sangat cocok dijadikan bahan dasar kue, makanan penutup, dan bahkan salad.

8. Tepung Sorgum

Tepung Sorgum (Copy)

Kalau tepung satu ini dibuat dari sorgum alias jagung gimbal. Sorgum sendiri merupakan sejenis tanaman rumput-rumputan yang masih satu famili dengan padi, gandum, dan jagung. Bagian biji pada tanaman ini merupakan bahan dasar dari tepung sorgum.

Tepung sorgum memiliki tekstur yang ringan, dan bercita rasa manis. Tepung ini juga kaya akan serat, protein, zat besi, dan antioksidan. Tepung ini sangat berkhasiat untuk mengatasi peradangan dalam tubuh.

Kalau mau membeli tepung sorgum yang bebas gluten, maka belilah produk tepung sorgum yang bertuliskan gluten free.

9. Tepung Garbanzo

Tepung Garbanzo (Copy)

Di beberapa tempat, tepung ini sudah lazim dipakai untuk sejumlah makanan ringan. Contohnya: crepes, pancake, dan socca. Tepung garbanzo sendiri dibuat dari kacang garbanzo yang sudah kering. Kacang itu lantas ditumbuk halus, hingga menjadi tepung garbanzo.

Konon, seperempat cangkir tepung ini memiliki serat sebanyak lima gram, serta protein sebanyak enam gram. Selain dua gizi tersebut, tepung ini juga memiliki kandungan selenium dan vitamin B.  usut punya usut, tepung ini rupanya tak hanya cocok dijadikan bahan makanan semata.

Tepung satu ini rupanya juga bisa digunakan sebagai masker pemutih kulit wajah. Untuk menggunakannya, kamu harus mencampur 2 sendok the garbanzo dengan sjumput kunyit, dan satu sendok teh perasan lemon.

Barulah setelah itu dioleskan ke kulit wajah, dan dibiarkan selama 20-25 menit hingga mengering. Kalau sudah kering, kamu harus melepaskan masker tersebut dan langsung mencuci wajahmu.

10. Tepung Jagung

Tepung Jagung (Copy)

Tepung alternatif terakhir di daftar ini diolah dengan cara menggiling biji jagung sebanyak dua kali. Biji jagung yang dipakai sendiri merupakan jagung putih yang sebelumnya harus dicuci terlebih dahulu. Selain cocok dijadikan bahan dasar makanan, tepung alternatif ini juga lazim dipakai sebagai pengental cairan.

Tepung jagung dianggap sebagai sumber karotenoid yang baik, serta tinggi akan serat. Tepung ini juga kaya akan vitamin B6, tiamin, dan magnesium. Di pasaran, tepung ini sering dinamai dengan sebutan polenta. Adapun merk ternama yang memproduksi jenis tepung ini adlaah Meelunie.

Kandungan kalorinya yang tinggi serta alergi tepung terigu membuat orang-orang mencari alternatif tepung terigu. Dan bila kamu adalah salah satu orang itu, maka cobalah sepuluh tepung alternatif pengganti tepung terigu yang kami sebutkan di atas. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar