Bacaterus / Tepung / 8 Jenis Tepung Pengganti Tepung Tapioka yang Mudah Dicari

8 Jenis Tepung Pengganti Tepung Tapioka yang Mudah Dicari

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sekarang ini muncul tren baru untuk mengkonsumsi makanan yang bebas gluten serta pilihan sehat lainnya untuk makanan dan memasak. Salah satunya adalah tepung. Tepung bebas gluten lebih banyak dicari orang-orang yang ingin memulai hidup sehat. Salah satu tepung yang bebas gluten dan lebih sehat adalah tepung tapioka.

Tepung tapioka berguna saat kamu mencari tepung yang tak memiliki rasa dan memiliki penampilan yang mengkilap dengan tekstur yang halus. Tapi bagaimana jika kehabisan tepung tapioka saat memasak? Jangan khawatir hanya karena tak ada persediaan tepung tapioka di rumah. Ada bahan lain yang bisa menggantikan tepung tapioka. Tapi sebelumnya kenali dulu apa itu tepung tapioka.

Apa itu tepung tapioka?

apa tepung tapioka (Copy)

Tepung tapioka adalah bubuk tepung tanpa gluten dan halus yang asalnya dari umbi tanaman tapioka atau lebih popular dengan sebutan umbi singkong. Tanaman ini berguna untuk dipakai dalam berbagai jenis masakan dan tumbuhan ini dapat tumbuh di hampir seluruh wilayah di dunia. Di beberapa negara, tepung tersebut juga dikenal sebagai tepung singkong.

Proses pembuatan tepung

Proses pembuatan tepung

Untuk mendapatkan tepung tersebut, prosesnya dimulai dari menggiling umbi dan hasilnya adalah sianida yang terpisah dan pati murni. Pati murni ini kemudian dijual dengan nama tepung tapioka, tepung singkong atau tepung ubi kayu.

Tepung ini memiliki kemampuan menyerap air yang  tinggi sehingga cocok untuk digunakan ketika akan  mengentalkan semur dan saus. Tapioka tersedia di pasaran dengan rasa yang agak ringan dan manis, atau rasanya netral menurut beberapa orang.

Jenis tepung pengganti tepung tapioka

Jika kamu tak memiliki persediaan tepung tapioka di rumah, jangan resah. Ada beberapa jenis tepung yang bisa menggantikan tepung tapioka. Tepung-tepung ini memiliki kemampuan dan fungsi yang sama seperti tepung tapioka. Berikut adalah beberapa jenis tepung yang bisa kamu pakai untuk menggantikan tepung tapioka.

1. Tepung Garut

Tepung Garut

Tepung garut merupakan pati yang berasal dari umbi yang memiliki kualitas mirip dengan tapioka. Tepung garut berasal dari tanaman dalam keluarga Marantaceae serta dari umbi lainnya. Tepung garut tidak hanya pengental yang memiliki rasa netral, tapi cairan yang mengental dengan menggunakan tepung tersebut akan tetap jernih dan permukaannya akan mengkilap sama seperti tepung tapioka.

Selain mempunyai efek yang sama, tepung garut juga mempunyai kualitas serupa karena bebas gluten dan oleh karenanya, tepung garut merupakan pengganti tepung tapioka yang ideal jika kamu melakukan diet bebas gluten. Untuk menggantikan tepung tapioka dalam resep, gunakan tepung garut setengah dari takaran tepung tapioka yang dibutuhkan dalam resep dan campur dengan air dingin.

Sebenarnya tepung garut mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan tepung tapioka karena tepung ini dapat tahan terhadap cairan asam tanpa kehilangan sifatnya dan juga mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi. Salah satu karakteristik pati umbi seperti garut adalah bahwa tepung ini tidak dapat terkena panas dalam waktu lama atau tepung ini hanya akan rusak dan mencair.

2. Tepung Kentang

Tepung Kentang

Seperti halnya tepung tapioka dan garut, tepung kentang juga berasal dari umbi.  Tepung kentang berasal dari pati yang diekstrak dari kentang. Tepung kentang memiliki rasa netral dan berfungsi sama seperti tepung tapioka. Tepung ini juga memberikan permukaan mengkilap yang sama dan penampilan transparan seperti tepung umbi lainnya.

Tepung kentang juga mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan tepung tapioka dan merupakan pati resisten. Ini artinya tepung tidak dicerna dalam lambung atau usus kecil seperti pati lainnya. Hal ini membuat tepung ini penting untuk manajemen gula darah. Gunakan tepung kentang setengah dari yang dibutuhkan resep untuk tepung tapioka.

3. Tepung Jagung

Tepung Jagung

Tepung jagung banyak digunakan sebagai adalah pengental sehingga selalu tersedia di dapur-dapur. Tepung jagung merupakan pati biji-bijian yang berasal dari endosperma kernel jagung. Sebagai tepung dari biji-bijian, tepung jagung yang memberikan beberapa manfaat yang berbeda juga beberapa kelemahan jika dibandingkan dengan tepung dari umbi.

Manfaat utama dari tepung jagung yaitu tepung ini tidak rusak ketika dimasak lama. Ketika menambahkan tepung jagung, air dalam masakan akan menguap dan akhirnya akan membuat cairan mengental.  Keuntungan lainnya adalah tepung ini mudah didapatkan di toko-toko atau di mini market dekat rumah sehingga tak susah untuk mendapatkannya.

Kelemahan utama dari tepung jagung yaitu tidak dapat bisa digunakan dengan asam dan gula dalam konsentrasi tinggi karena bisa menghilangkan kekuatan pengentalannya dan menjadi cair. Jadi perhatikan hal tersebut ketika akan menggunakannya sebagai pengganti dalam makanan.

4. Tepung terigu

Tepung terigu

Tepung terigu dapat menggantikan tepung tapioka. Terigu dapat mengental ketika terkena suhu mendidih selama beberapa menit, sehingga tepung terigu dapat mengentalkan filling yang dipanaskan dengan baik. Terdapat  beberapa perbedaan kecil dalam rasa. Itu karena tepung terigu akan memberikan rasa sendiri untuk resep.

Salah satu kekurangan tepung terigu adalah kecenderungan tepung ini akan membuat filling atau isian menjadi keruh. Jika hal ini menjadi masalah bagimu, mungkin lebih baik kamu gunakan tepung jagung sebagai gantinya. Karena tepung terigu mengandung gluten, jadi bukan pengganti yang baik jika kamu ingin membuat pie bebas gluten.

5. Tepung beras

Tepung beras

Tepung beras akan menjadi pengganti tepung tapioka yang bagus pembuatan kue. Tepung beras dibuat dari beras putih yang digiling atau beras murni yang digiling untuk membuat tepung beras merah.  Kedua tepung beras tersebut memiliki rasa netral dan ringan. Kamu bisa menggunakan salah satu dari tepung beras tersebut.

Kabar baiknya, tepung beras tidak mengandung gluten dan tersedia di banyak toko. Tepung beras lebih berat dan lebih padat dibandingkan tepung lainnya, jadi yang terbaik untuk mencampurnya dengan tepung lain ketika kamu akan menggunakannya. Pencampuran membantu menghilangkan rasa kasar di mulut saat memakan makanan yang dipanggang. Tepung beras juga bisa digunakan sebagai pengental.

6. RYZE

RYZE

RYZE dibuat menggunakan tepung beras merah yang membuatnya lengket dan lembab. RYZE tidak ditambahkan kandungan filler atau pati. Selain itu, RYZE juga bebas gluten sehingga cocok untuk produk panggang bebas gluten. RYZE bisa menjadi pengganti yang baik untuk tepung tapioka dan tepung-tepung lainnya.   

7. ClearJel Instan

ClearJel Instan

ClearJel merupakan pengganti yang bagus untuk tapioka. Tepung ini bisa tahan di suhu tinggi dan suhu dingin, dan menghasilkan isi pie yang sama jernih dan mengkilapnya seperti yang kamu harapkan dari tapioka. Ganti tapioka instan dengan Clearjel dengan takaran resep setengah dari takaran tapioka. Tepung ini bisa di temukan di toko-toko kelontong atau dapur rumah selain bisa membeli secara online. 

8. Tepung Beras Manis

Tepung Beras Manis

Tepung ini berasal dari beras glutin tanah dari beras glutinous butiran pendek, alias “ketan.” Namun, jangan khawatir meski beras ini glutinous bukan berarti beras ini mengandung gluten. Sebaliknya, beras jenis ini memiliki kandungan pati jauh lebih tinggi daripada jenis beras lainnya sehingga cocok digunakan untuk pengental  dan sangat efisien untuk mengentalkan saus atau pengikat untuk mochi dan mie.

Jangan hanya karena disebut beras “manis” jadi membuatmu menyingkirkannya. Rasa tepung beras ini ringan dan hampir seperti susu, sama sekali tidak manis.

Kini saat kamu kehabisan tepung tapioka untuk memasak tak perlu khawatir lagi. Kamu bisa menggantinya dengan tepung lain yang juga memiliki kemampuan yang sama seperti tepung tapioka. Meskipun pilihannya tidak banyak, tapi tepung-tepung ini bisa benar-benar digunakan sebagai pengganti tepung tapioka. Tepung pengganti mana yang sering tersedia di rumahmu?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *