bacaterus web banner retina

7 Rekomendasi Bahan Pengganti Tepung Sagu untuk Memasak

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 12 Agustus 2021

Sagu adalah pati yang dapat dimakan yang diambil dari inti pohon palem. Tepung sagu terkenal karena teksturnya yang kental dan kenyal, tapi kerennya lagi, ia bebas gluten, jadi ramah alergi. Sagu cocok untuk makanan panggang seperti kue, tapi bisa juga dipakai sebagai pengental untuk saus, sup, puding, dan semur.

Menggunakan salah satu pati tidak selalu bisa saling menggantikan, tapi kalau memang benar-benar tidak ada sagu, kamu bisa menggunakan beberapa produk yang sudah Bacaterus kumpulkan di bawah ini.

1. Tepung Tapioka

7 Rekomendasi Bahan Pengganti Tepung Sagu untuk Memasak 17

* sumber: www.woolworths.com.au

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pengganti paling dekat untuk tepung sagu memang tepung tapioka. Jika sagu didapatkan dari pohon, tapioka adalah pati dari tanaman umbi-umbian yaitu singkong. Nama lain dari tapioka adalah kanji atau aci. Tekstur aci memang kurang lebih sama dengan sagu, jadi hasilnya paling mendekati. Jika kamu mengganti tepung sagu dengan tepung tapioka, tidak ada ukuran yang perlu di-reduce.

2. Tepung Jagung

7 Rekomendasi Bahan Pengganti Tepung Sagu untuk Memasak 19

* sumber: www.thespruceeats.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan tepung jagung. Kamu mungkin mengenalnya dengan nama pati jagung atau tepung maizena. Ya, pati yang didapatkan dari endosperma biji jagung diolah untuk menjadi tepung. Kadang orang lebih mengenalnya maizena untuk urusan memasak dan membuat kue, padahal masih ada banyak tepung-tepung sjenis laninnya juga.

Maizena paling sering digunakan untuk mengentalkan saus dan sup, tapi karena ada rasa manisnya, bisa juga dipakai sebagaibahan pembuat sirup jagung atau minuman dan dessert manis lainnya. Tepung jagung merupakan pengganti tepung sagu dan tepung tapioka yang paling mudah didapat. Di warung dekat rumah atau minimarket depan komplek juga pasti ada.

Catatan: tepung maizena memiliki sifat pengental yang jauh lebih kuat daripada tepung tapioka, jadi kamu perlu memotong jumlah maizena dalam resep sekitar setengahnya. Misalnya, jika resep membutuhkan 2 sendok makan tepung tapioka, gunakan hanya 1 sendok makan tepung maizena sebagai penggantinya.

3. Tepung Singkong

7 Rekomendasi Bahan Pengganti Tepung Sagu untuk Memasak 21

* sumber: www.bakeryandsnacks.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tepung singkong dan tepung tapioka sama-sama terbuat dari umbi singkong. Bedanya, tepung singkong mengandung seluruh umbi, sedangkan tepung tapioka hanya terdiri dari bagian singkong yang bertepung saja. Tepung singkong bisa menjadi pengganti tepung sagu yang bebas gluten dan mengandung lebih banyak serat, menjadikannya pilihan yang lebih padat nutrisi.

Jika patokan kamu adalah tepung tapioka, ingatlah kalau tepung singkong jauh lebih banyak mengandung serat. Sehingga, tepung singkong sedikit lebih kental daripada tepung tapioka. Tepung singkong juga memiliki sedikit rasa dibandingkan tapioka yang tawar, jadi hati-hati karena mungkin saja tepung singkong akan merubah rasa makanan kamu.

4. Tepung Arrowroot

7 Rekomendasi Bahan Pengganti Tepung Sagu untuk Memasak 23

* sumber: www.notenoughcinnamon.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Arrowroot dikenal sebagai ararut atau garut di Indonesia, bukan Garut daerah, ya. Sama seperti tepung singkong, ararut diperoleh dari pati rimpang beberapa tanaman tropis. Kenapa beberapa? Karena ararut bisa didapatkan dari tumbuhan Maranta arundinacea, Arrowroot Florida, dan  Zamia integrifolia.

Arrowroot adalah tepung tanpa rasa dan bebas gluten yang sangat mirip dengan tepung tapioka dan dapat diganti dengan rasio 1: 1 untuk sebagian besar hidangan. Garut merupakan pengganti yang bagus untuk tepung sagu bila digunakan sebagai bahan pengental atau sebagai bagian dari campuran kue yang mencakup jenis pati dan tepung lainnya.

Karena, konsistensi kenyal dari arrowroot tidak sama dengan sagu atau tapioka saat digunakan sebagai tepung yang berdiri sendiri. Jadi, jika resep masakan panggang menyebut tepung sagu atau tepung tapioka sebagai satu-satunya pati yang seharusnya digunakan, arrowroot tidak akan menjadi pengganti yang baik kecuali jika digunakan bersama dengan kombinasi tepung lainnya.

5. Tepung Kentang

7 Rekomendasi Bahan Pengganti Tepung Sagu untuk Memasak 25

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tepung kentang juga bebas gluten dan bisa menggantikan tepung sagu atau tepung tapioka. Namun, konsistensinya lebih berat dan dapat menghasilkan produk yang lebih padat, tergantung pada apa yang dimasak. Jika kamu menggunakan jumlah kecil untuk mengentalkan saus atau rebusan, gunakan dengan rasio 1:1.

Jika kamu menggunakan jumlah yang lebih besar untuk sesuatu seperti campuran kue, gunakan rasio yang lebih banyak. Jika pada resep mengharuskan tepung sagu atau tepung tapioka sebanyak segitu, kurangi 25-50% saat kamu menggunakan tepung kentang.

6. Tepung Beras

7 Rekomendasi Bahan Pengganti Tepung Sagu untuk Memasak 27

* sumber: www.nutribullet.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tepung beras merupakan alternatif bebas gluten lainnya yang baik. Terbuat dari butiran beras yang digiling halus, tepung beras memiliki rasa yang sangat lembut yang tidak akan mengganggu rasa akhir produk. Tepung beras bisa lebih lengket dan memiliki kapasitas pengental yang lebih kuat daripada tepung sagu atau tepung tapioka, yang berarti kamu mungkin perlu sedikit menyesuaikan resepnya.

Aturan praktisnya adalah menggunakan sekitar setengah tepung beras sebanyak yang seharusnya kamu gunakan untuk tapioka. Misalnya, jika resep membutuhkan 2 sendok makan tepung tapioka, gunakan hanya 1 sendok makan tepung beras untuk menggantikannya.

7. Tepung Serbaguna

7 Rekomendasi Bahan Pengganti Tepung Sagu untuk Memasak 29

* sumber: www.luluhypermarket.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Terakhir, kamu bisa menggunakan all-purpose flour (AP flour) atau tepung serbaguna. Ini adalah jenis tepung putih umum yang dirancang untuk digunakan dalam berbagai resep. Akan tetapi, ia bukan tepung 'utuh' karena hanya menggunakan bagian tepung dari inti gandum, yaitu endosperma.


Tepung serbaguna dapat menggantikan tepung sagu dan tepung tapioka dengan rasio 1:1 di kebanyakan resep, meskipun teksturnya mungkin berbeda tergantung untuk apa kamu menggunakannya. Tepung tapioka menghasilkan hasil akhir yang cerah dan mengilap saat digunakan sebagai pengental untuk kuah, sup, dan saus.

Hidangan yang sama yang dikentalkan dengan tepung serbaguna akan menghasilkan hasil matte dan warna yang lebih kusam. Kamu mungkin perlu menyesuaikan waktu memasak juga.

Tepung sagu dan tepung tapioka tidak berasa dan cepat bercampur, tetapi tepung serbaguna perlu dimasak lebih lama untuk menghilangkan tekstur seperti bubuk yang dimilikinya saat mentah (saat masih berbentuk tepung). Perlu diingat bahwa tepung serbaguna terbuat dari gandum dan mengandung gluten. Oleh karena itu, ini adalah pengganti yang tidak cocok jika kamu ingin membuat resep bebas gluten.

Ya, itulah semua tepung yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti tepung sagu. Yang paling mendekati sebagai pengganti tepung sagu adalah tepung tapioka, jadi Bacaterus menganalogikan dan banyak menggunakan contoh dengan tapioka. Jadi, jangan bingung lagi, selamat memasak!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram