Bacaterus / Tepung / 10 Bahan yang Bisa Dijadikan Pengganti Tepung Maizena

10 Bahan yang Bisa Dijadikan Pengganti Tepung Maizena

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tepung maizena adalah bahan yang sangat umum dan ditemukan di hampir semua supermarket dan toko online. Tapi apa sih tepung maizena itu? Terkadang disebut tepung jagung, maizena adalah tepung yang terbuat dari jagung. Maizena diproduksi dengan cara menggiling endosperma (jaringan yang menyimpan makanan dalam biji) jagung, menghasilkan bubuk dengan konsistensi seperti tepung.

Saat digunakan sebagai pengental, maizena hanya perlu dicampur ke dalam air bersuhu ruangan untuk membentuk gel. Kemudian, setelah terkena panas, maizena mulai mengentalkan campura tapi tidak akan mempengaruhi rasa makanan. Bagaimana jika tiba-tiba kehabisan maizena? Bahan apa yang bisa kamu gunakan? Jangan khawatir. Ada 10 bahan yang  dapat digunakan untuk mengganti maizena?

1. Tepung Tapioka

Tepung Tapioka (Copy)

Jika tak ada tepung maizena di rumah, kamu bisa menggantinya dengan tepung tapioka dengan takaran yang sama. Tepung ini adalah pengganti yang baik untuk digunakan dalam saus tetapi kurang baik jika digunakan untuk saus berbasis susu. Tapioka juga baik digunakan dalam masakan yang akan dimasak pada suhu tinggi (misalnya pai) atau makanan apa pun yang nantinya akan dibekukan.

Tapioka tidak larut sepenuhnya saat dimasak. Untuk menghindari munculnya bola-bola kecil tepung di masakan, pilih tapioka dengan bubuk halus. Resep masakan yang menggunakan tepung  tapioka akan memiliki penampilan yang lebih mengkilap dibandingkan makanan yang tepung maizena.

Untuk hasil terbaik, tambahkan tapioka dan biarkan bahan selama 5-15 menit sebelum dimasak. Ini akan memberi waktu pada tepung tapioka untuk mulai menyerap cairan di makanan, sehingga mengental dengan benar.

2. Tepung Garut

Tepung Garut (Copy)

Pengganti pilihan lain untuk tepung maizena adalah tepung dari tanaman. Pilihlah tepung yang berasal dari tanaman garut atau arrowroot. Banyak produsen bahan makanan yang memanfaatkan tanaman ini untuk dibuat menjadi tepung komersial. Karena itu, tidak sulit untuk menemukan tepung garut. Tepung garut berfungsi dengan cara yang sama seperti tepung maizena.

Tepung garut adalah agen pengental yang digunakan dalam berbagai resep. Perlu diketahui kalau tepung ini meningkatkan kemungkinan overcook. Jika kamu tidak suka overcook ketika memasak sup dan saus, mungkin lebih baik kamu tidak menggunakan tepung garut. Tepung garut juga lebih mahal dari tepung maizena. Inilah sebabnya tepung ini selalu digunakan sebagai opsi terakhir.

Jika resep tertentu membutuhkan satu sendok makan tepung maizena, kamu perlu menggantinya dengan dua sendok teh tepung garut. Singkatnya, rasio tepung garut 1:2. Ingat, takaran tepung garut harus menggunakan sendok teh, bukan sendok makan. Jika salah menggunakan takaran, akibatnya pasti makanan akan terlalu mengental. Ini tentu sangat tidak diinginkan.

3. Tepung Kentang

Tepung Kentang (Copy)

Tepung kentang dapat digunakan sebagai pengganti tepung maizena untuk menggoreng. Ketika ingin menggoreng sayap ayam atau drumlets dan kehabisan tepung maizena, kamu bisa coba menggunakan tepung kentang. Satu hal yang hebat tentang tepung kentang adalah tepung ini tidak memiliki rasa tepung dan dapat dipanaskan pada suhu yang lebih tinggi tanpa harus khawatir overcook.

Untuk menggoreng sayap ayam atau drumlet memakai tepung kentang, pertama-tama didihkan sayap ayam dan drumlet terlebih dahulu. Kemudian kecilkan api menjadi mendidih. Matikan api setelah 15 hingga 20 menit dan ayam matang. Masak ayam sampai airnya habis dan biarkan selama 45 menit agar menjadi kering.

Tuang sedikit tepung kentang ke piring besar dan rendam ayam dalam tepung. Jangan lupa taburkan garam sesuai selera. Terakhir, goreng ayamnya sampai matang dan nikmati ayam goreng yang enak rasanya. 1 sendok makan tepung maizena bisa digantikan dengan 1 sendok makan tepung kentang.

4. Tepung Terigu

Tepung Terigu (Copy)

Takaran untuk mengganti tepung jagung atau maizena adalah 1 sendok makan tepung jagung bisa diganti dengan menggunakan 2 sendok makan tepung terigu. Namun, perlu diingat kalau tepung terigu memiliki aroma tepung . Jadi, jika menambahkan tepung terigu ke dalam kaldu sebagai pengental, kaldu perlu terus dididihkan selama 4 – 5 menit untuk menghilangkan rasa tepung.

Jika tidak dimasak seperti itu, mungkin mempengaruhi rasa akhir kaldu. Juga, ingatlah bahwa tepung terigu, tidak seperti tepung maizena. Tepung ini tidak memberikan hasil akhir yang mengkilap dan semi transparan pada hidanganmu, sebaliknya tepung ini memberikan tampilan yang keruh dan hampir buram pada makanan.

Sama seperti tepung maizena, tepung ini memiliki kecenderungan untuk menjadi encer lagi jika kamu memasaknya lebih dari waktu yang diperlukan. Jadi, pastikan kamu mencampurkannya dengan cairan apa pun sesuai dengan ketentuan resep dengan perbandingan 2: 1. Ingat, cairan harus didinginkan dahulu dan takaran tepung digandakan.

5. Tepung Beras

Tepung Beras (Copy)

Tepung beras adalah tepung yang terbuat dari beras yang digiling halus. Tepung ini sering digunakan dalam masakan Asia sebagai bahan makanan penutup, mie yang terbuat dari beras, seperti soun/misoa, atau sup. Tepung beras bebas gluten, sehingga populer juga di kalangan mereka yang memiliki penyakit seliak sebagai pengganti tepung gandum biasa.

Selain itu, tepung beras juga dapat berfungsi sebagai pengental dalam resep, menjadikannya sebagai pengganti yang efektif untuk tepung maizena. Selain itu, tepung ini tidak berwarna saat dicampur dengan air, sehingga sangat berguna untuk mengentalkan cairan bening. Gunakan tepung beras dua kali lebih banyak daripada tepung maizena untuk mendapatkan hasil yang sama.

6. Tepung Sorghum

Tepung Sorghum (Copy)

Tepung sorgum dibuat dari biji-bijian sorgum tanah. Sorgum kaya antioksidan, protein, dan serat makanan. Menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi sorgum dapat membantu mengatur respons gula darah dan mengurangi stres oksidatif. Tepung sorgum juga kaya nutrisi, seperti besi, magnesium, fosfor, niasin, dan beberapa vitamin B.

Tepung sorgum adalah pengental yang bagus untuk semur, sup, dan chowders. Masyarakat di Kepulauan Pasifik umumnya menggunakan tepung sorgum untuk mengentalkan stew. Sorgum secara alami bebas gluten dan mengandung banyak nutrisi.

7. Tepung Konjac Glucomannan

Tepung Konjac Glucomannan (Copy)

Konjac glukomanan merupakan zat tepung yang asalnya dari akar tanaman yang dinamakan konjak. Umumnya, tanaman ini ditemukan Asia dan digunakan baik sebagai bahan maupun sebagai bahan obat. Tepung konjak atau konyaku juga mengandung nol kalori dan karbohidrat dan dikenal sebagai “serat murni” sehingga baik untuk orang-orang yang sedang diet ketat juga membantu tubuh didetoksifikasi.

Saat menggunakan glukomanan, perlu diingat bahwa tepung ini adalah pengental yang lebih kuat, sehingga takarannya harus lebih sedikit dari jumlah tepung maizena yang dibutuhkan dalam resep. Misalnya, dua sendok teh maizena, jumlah glukomanan hanya seperempat sendok teh. Gunakan air dingin untuk mencampurnya sebelum dimasak karena air panas akan membuatnya mengumpal.

Seperti tepung jagung, bahan ini memberikan hasil akhir yang mengkilap pada makanan dan juga tidak akan mempengaruhi rasa makanan yang dimasak. Tepung ini adalah pengganti tepung maizena yang baik karena memberikan kekentalan yang alami dan meningkatkan kesehatan.

8. Xanthan Gum

Xanthan Gum (Copy)

Gum di sini bukan berarti permen karet yang biasa dibeli di warung atau toko. Xanthan gum merupakan zat yang diturunkan dengan memaparkan gula ke bakteri yang disebut Xanthomonas campestris untuk memfermentasi. Gel yang diproduksi sebagai hasilnya dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk halus. Tepung ini merupakan salah satu pengental paling efektif.

Pastikan untuk tidak menggunakan tepung ini terlalu banyak karena untuk beberapa orang tepung ini dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Untuk mengganti tepung maizena dengan xanthan gum, ambil sedikit saja dan campurkan ke dalam bahan masakan secara perlahan. Tepung ini adalah pengental yang sangat kuat  dan penggunaan yang terlalu banyak dapat menjadikan makanan seperti berlendir.

9. Guar Gum

Guar Gum (Copy)

Guar gum dibuat dari kacang-kacangan yang disebut kacang guar dan merupakan sayuran gum seperti xanthan. Tepung ini terbuat dari endosperma kacang, yang digiling halus untuk menghasilkan tepung. Dikenal memiliki kandungan kalori rendah dan tinggi serat, menjadikan tepung guar gum sebagai pengganti tepung maizena yang lebih bergizi dan pengental yang sangat baik.

Jika dibandingkan dengan xanthan gum, guar gum ini jauh lebih terjangkau harganya, tetapi memiliki kekentalan yang sama. Gunakan gum yang sama untuk menggantikan jumlah tepung maizena dengan takaran yang sama. yang dibutuhkan dalam resep. Cara menggunakannya mulai dengan jumlah sedikit, kemudian perlahan tambahkan lebih banyak untuk mendapatkan tingkat kekentalan yang inginkan.

10. Kudzu atau Tepung Akar Kuzu

Kudzu atau Tepung Akar Kuzu (Copy)

Tepung kudzu diekstraksi dari akar tanaman dengan nama yang sama. Tanaman ini biasanya ditemukan di Jepang dan Cina dan umumnya digunakan untuk pakan ternak atau untuk mengekstraksi serat. Meskipun tanaman ini spesies invasif sehingga membuatnya disingkirkan, tapi ketika digunakan, tanaman memiliki sejumlah manfaat juga.

Salah satu manfaat dari kudzu setelah menjadi tepung adalah menjadi salah satu pengganti tepung maizena terbaik ketika butuh pengental untuk hidangan. Tepung ini tak berasa dan bahkan dapat meningkatkan tekstur hidangan. Kudzu paling baik digunakan untuk makanan digoreng seperti ayam, ikan, atau udang dan memberi tekstur mengkilap ketika digunakan untuk saus atau sup.

Gunakan 2 sendok makan kudzu jika ingin membuat makanan sedikit kental, atau 1 ½  sendok makan jika ingin membuat saus kuah atau saus celup. Pastikan untuk mencampur tepung kudzu ke dalam air dingin sebelum menambahkannya ke dalam masakan. Sup dan saus akan memiliki konsistensi yang sempurna saat menggunakan kudzu.

Ternyata ada banyak pengganti tepung maizena yang baik. Alternatif yang mudah didapatkan adalah tepung terigu, tepung beras, dan tepung garut. 10 jenis tepung ini adalah alternatif yang baik untuk mengganti tepung maizena. Tepung jenis apa yang sering kamu gunakan untuk mengganti maizena?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *