Bacaterus / Kelapa / 10 Bahan Alami Pengganti Santan yang Sehat dan Lezat

10 Bahan Alami Pengganti Santan yang Sehat dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Santan atau susu kelapa adalah salah satu bahan dasar yang populer dalam berbagai olahan masakan khas Indonesia. Teksturnya yang creamy dan kental ini terbuat dari perasan kelapa parut dan biasanya dikemas dalam sachet, botol, atau kaleng.

Jika kamu sedang kehabisan santan, bosan dengan santan atau bahkan alergi dengan santan, kamu bisa mencari penggantinya. Berikut adalah beberapa bahan alami alternatif santan yang bisa membantu melezatkan masakanmu.

1. Susu yang Dibumbui

Susu yang Dibumbui

* sumber: www.momtastic.com

Susu adalah salah satu bahan alami yang populer untuk menggantikan santan. Salah satu susu yang cocok digunakan sebagai pengganti santan adalah susu yang dibumbui. Susu ini banyak dipilih karena memiliki rasa dan konsistensi ketebalan seperti santan yang creamy. Disebut sebagai susu yang dibumbui karena terbuat dari susu yang dicampur dengan bahan alami.

Untuk membuatnya kamu dapat memilih jenis susu apa pun yang kamu punya. Jika kamu ingin menggunakan susu sapi, kamu harus menghangatkannya di kompor sambil terus diaduk untuk mencegah susu yang terlalu panas.

Setelah susu mendidih, kamu bisa menambahkan bumbu dapur, seperti cengkeh, pala, kayu manis, atau kari. Masak hingga panas supaya bumbu terserap ke dalam susu dan mencapai ketebalan yang diinginkan. Kemudian susu tersebut siap dicampurkan ke dalam masakanmu.

2. Susu Kedelai

Susu Kedelai

Jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak protein ke dalam makanan, susu kedelai adalah pilihan yang tepat sebagai pengganti santan. Susu kedelai pun mudah ditemukan di mana-mana dan lebih tahan lama daripada susu sapi. Susu kedelai memiliki dua jenis, yaitu susu kedelai cair dan susu kedelai bubuk, dan kamu bisa menggunakan salah satunya.

Jika kamu memilih susu kedelai bubuk, maka kamu dapat dengan mudah mengukur takarannya untuk mendapatkan konsistensi kekentalan yang kamu inginkan. Selain sumber protein yang baik, susu kedelai juga mengandung jauh lebih sedikit kalori dan lemak daripada santan.

Susu kedelai juga menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa. Selain itu, susu kedelai mengandung beberapa nutrisi sehat, seperti vitamin D, kalsium, dan vitamin B12.

3. Susu Evaporasi

Mungkin kamu masih asing dengan susu evaporasi. Susu evaporasi adalah susu yang dibuat dengan memanaskan susu biasa untuk menghilangkan lebih dari setengah kandungan airnya. Hasilnya susu ini bisa memberi rasa karamel halus dan konsistensi yang sedikit lebih tebal. Namun, untuk memberikan rasa yang lebih nikmat, kamu harus menambahkan bahan lain.

Meskipun tidak memiliki rasa kelapa, tetapi susu evaporasi yang mengental bisa menjadi alternatif yang bagus untuk santan. Kamu bisa menggunakan susu ini dengan cara yang sama seperti menggunakan santan biasa. Susu evaporasi paling nikmat dicampur ke dalam smoothie, masakan yang dipanggang atau masakan yang proses masaknya lama.

4. Susu Beras

Susu Beras

* sumber: www.organicfacts.net

Bagi kamu yang mengalami intoleransi laktosa atau elergi terhadap susu sapi, kamu bisa menggunakan susu beras sebagai pengganti santan. Susu beras terbuat dari campuran air dengan beras putih atau beras merah. Untuk menambahkan rasa kelapa yang lembut, tambahkan taburan kelapa parut atau kering ke dalam masakanmu dan campur seperti biasa.

Susu beras paling cocok dicampur dengan oatmeal, smoothie, dan beberapa makanan penutup atau camilan. Susu beras memiliki tekstur yang jauh lebih tipis dari susu kelapa.

5. Krim Kelapa

Krim Kelapa

* sumber: www.karissasvegankitchen.com

Selain menggunakan beragam jenis susu, kamu juga bisa menggunakan krim sebagai pengganti santan termasuk krim kelapa. Perbedaan antara santan dan krim kelapa adalah jumlah daging kelapa terhadap airnya. Krim kelapa memiliki empat kali lipat daging kelapa yang membuatnya lebih tebal dan memiliki rasa yang lebih kuat.

Krim kelapa juga memiliki jumlah lemak dan jumlah kalori yang lebih tinggi dibanding santan. Cara membuat krim kelapa cukup mudah, cukup tuangkan 2 sendok makan krim kelapa dan ¾ gelas air ke dalam blender lalu campurkan hingga rata. Krim kelapa juga cocok digunakan sebagai saus lho!

6. Air Kelapa

Air Kelapa

Jika biasanya kita meminum air kelapa untuk menghilangkan haus, air kelapa juga bisa digunakan sebagai pengganti santan. Tetapi air kelapa hanya akan memberikan rasa kelapa ringan, jadi sebaiknya ditambah dengan krim kental supaya menjadi santan.

Untuk membuatnya menjadi santan, kamu hanya perlu menambahkan secangkir air kelapa dan krim kental secukupnya. Ini adalah bahan pengganti santan termudah untuk digunakan karena tidak memerlukan persiapan yang merepotkan. Kamu bisa memasukkannya ke dalam resep sesuai selera.

7. Krim Kental

Krim Kental

* sumber: tastessence.com

Selain bisa digunakan sebagai topping untuk kue, krim kental juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti santan. Ada banyak krim yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti santan, termasuk krim kental, krim keju, atau krim kacang mete.

Jika kamu ingin menggunakan krim kental, ganti satu cangkir santan dengan satu cangkir krim kental. Teksturnya akan sama, dan kamu akan mendapatkan rasa yang lebih nikmat untuk masakanmu.

Jika kamu ingin menggunakan krim keju, kamu bisa menggunakan keju krim rendah lemak. Gunakan ½ cangkir keju krim rendah lemak dan ½ cangkir susu skim untuk menggantikan satu cangkir santan.

Krim mete juga bisa menjadi pengganti santan yang lezat. Cukup rendam secangkir kacang mete tanpa garam semalam dan kemudian campur dengan sedikit air atau susu kemudian blender hingga mengental.

8. Yogurt

Soy Yogurt

Selain menambah rasa pada makanan, yogurt juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh karena mengandung vitamin esensial, protein, dan mineral. Yogurt memiliki rasa lembut dan kekentalan yang mirip dengan santan. Sebaiknya kamu mencoba rasa yang berbeda untuk menemukan rasa yang paling cocok untuk masakanmu.

Jika kamu mencari yogurt dengan konsistensi yang lebih kental, pilihlah yogurt Yunani. Yogurt juga mengandung lebih sedikit kalori dan lebih sedikit lemak jenuh. Walaupun mengandung laktosa, yoghurt memberikan rasa yang sama dan dapat digunakan dalam memasak dengan cara yang sama.

9. Tahu Sutra

Tahu Sutra

* sumber: www.splendidtable.org

Tahu tidak hanya bisa dinikmati sebagai lauk, tetapi juga bisa diolah menjadi pengganti santan. Tahu yang baik untuk pengganti santan adalah tahu sutra. Tahu ini terbuat dari susu kedelai yang diblender untuk menghasilkan cairan yang lembut dan creamy.

Tahu sutra adalah pengganti santan yang tepat jika kamu sangat memperhatikan berat badan. Hal itu karena tahu ini mengandung kalori dan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan santan.

10. Kepingan Kelapa

Kepingan Kelapa

* sumber: www.youworkforthem.com

Kamu juga bisa menggunakan kepingan atau potongan tipis kelapa untuk membuat santan sendiri di rumah. Cara membuatnya cukup gunakan 1/4 kepingan kelapa tanpa pemanis dan campur dengan 3/4 gelas air dan masak hingga mendidih.

Biarkan mendidih selama 5 menit, lalu tuangkan campuran ke dalam blender sampai menyatu. Kemudian saring olahan tersebut. Mudah sekali, bukan?

Perlu diingat bahwa pengganti bahan-bahan tersebut tidak akan bisa menggantikan rasa santan dengan baik. Tetapi jika kamu memilih bahan pengganti yang terbaik untuk santan, kamu bisa mendapatkan rasa yang menarik dari salah satu bahan-bahan tersebut.

 

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *