Bacaterus / Bahan Dapur / Inilah Berbagai Produk Pengganti Mirin yang Mudah Ditemukan

Inilah Berbagai Produk Pengganti Mirin yang Mudah Ditemukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Maret 2020

Masakan Jepang sangat umum di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Dibuktikan dengan banyaknya restoran yang menjajakkan menu masakan Jepang dan orang-orang yang merombak menu makanan Jepang supaya bisa lebih diterima di lidah orang Indonesia.

Jika Anda telah jatuh cinta dengan masakan Jepang, Anda mungkin ingin mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah juga. Tapi, namanya juga masakan dari luar, pasti ada bumbu yang tidak ada di Indonesia.

Atau, kalau pun ada, hanya tersedia di tempat-tempat tertentu seperti supermarket yang menyediakan produk impor. Salah satu bumbu masakan Jepang yang tidak lazim digunakan pada masakan Indonesia adalah mirin.

Jika Anda pernah makan masakan Jepang asli di tempatnya, atau di restoran yang resepnya autentik, ada kemungkinan Anda pernah merasakan mirin walaupun secara tidak Anda sadari. Pernahkah Anda makan sesuatu, atau mencocol makanan dengan saus Jepang, lalu ada cita rasa tertentu yang lezat dan sulit dijelaskan karena tidak biasa ditemukan pada makanan lainnya? Itu adalah mirin.

Apa Itu Mirin?

Mirin adalah anggur beras Jepang yang rasanya agak manis, mirip dengan sake tetapi dengan kandungan alkohol hanya 14% dan lebih banyak gula (ada yang gulanya mencapai 45%). Dia lebih ke pada bumbu daripada minuman beralkohol, jadi tidak dianjurkan untuk diminum langsung. Teksturnya sedikit kental dan memberikan warna kuning keemasan pada makanan.

Mirin adalah bahan penting dalam masakan Jepang, dan merupakan bahan pokok yang diperlukan di sebagian besar dapur orang Jepang. Saking berharganya, mirin memiliki hari nasional sendiri, loh!

Setiap tanggal 30 November diperingati sebagai Hari Hon-Mirin, di mana orang-orang menyediakan hidangan tradisional Jepang yang menggunakan mirin. Biasanya mirin digunakan untuk saus cocolan, kaldu ramen, hingga memarinasi daging.

Mirin memang lezat dan fleksibel, bisa dimasukkan ke masakan apa saja. Tapi, menemukan mirin di toko bahan makanan lokal layaknya semudah menemukan jarum dalam tumpukan jerami. Toko, swalayan, mini market dan pasar lokal biasanya tidak memiliki mirin. Satu-satunya tempat Anda untuk menemukannya adalah di toko bahan makanan Asia atau internasional.

Dan, jikalau Anda cukup beruntung untuk menemukannya, persiapkan anggaran yang cukup karena mirin cukup mahal. Botol kecilnya saja seharga 30 ribuan, botol sedangnya 60 ribuan dan masih banyak ukuran serta merk lainnya dengan harga yang bervariasi, bisa beli mirin di link ini. Belum lagi bagi orang muslim yang tidak bisa mengonsumsinya karena mirin mengandung alkohol.

Jadi, jika Anda ingin mencoba memasak makanan Jepang sendiri di rumah, dan Anda tidak dapat menemukan bahan penting ini (atau tidak bisa mengonsumsinya karena alasan tertentu), jangan khawatir! Ada pengganti mirin yang bisa Anda gunakan. Bacaterus akan membagikan apa saja pengganti mirin terbaik sehingga Anda bisa membuat masakan Jepang dengan cita rasa yang auntentik tanpa mirin sekali pun.

Pengganti Mirin yang Mengandung Alkohol

Pertama, kami akan merekomendasikan beberapa produk pengganti mirin yang mengandung alkohol. Untuk mengetahuinya, mari baca selengkapnya penjelasan di bawah ini.

1. Cuka Putih Suling

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pengganti mirin yang terbaik pertama adalah distilled white vinegar atau cuka putih suling dibuat. Cuka ini dibuat dengan memberi asupan oksigen ke alkohol seperti vodka, menyebabkan bakteri tumbuh dan asam asetat terbentuk. Itulah yang memberi cuka rasa asam.

Cuka dapat dibuat dari alkohol apa saja, sebenarnya. Anggur, cider, bir, dan lainnya, tapi alkohol gandumlah yang menghasilkan cuka putih paling netral (tidak berasa dan tidak berbau).

Pengganti mirin yang paling baik pertama adalah cuka putih suling karena keduanya terbuat dari beras. Seperti namanya, cuka putih suling adalah sulingan khusus dari etanol.

Proses ini menciptakan larutan tidak berwarna yang hanya memiliki 5-8% asam asetat, sehingga memiliki rasa yang relatif lemah dibandingkan dengan standar rasa asam cuka. Namun, cuka putih suling memiliki aroma cuka yang cukup kuat.

Ketika digunakan sebagai pengganti mirin, distilled white vinegar sangat baik digunakan untuk membumbui kaldu ramen, tumisan sayuran dan membuat saus cocol atau saus kuah. Pastikan Anda menambahkan setengah sendok teh gula setiap kali Anda menggunakan satu sendok teh cuka putih suling untuk melawan asam cuka dan rasanya mendekati manisnya mirin.

2. Balsamic Vinegar

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cuka balsamic, kadang-kadang disingkat menjadi balsamic, adalah cuka berwarna gelap, teksturnya pekat dan beraroma sangat kuat. Cuka ini berasal dari Italia, dibuat seluruhnya atau sebagian dari anggur, lebih tepatnya dibuat dari grape must. Ia adalah anggur yang direbus, lalu dihancurkan dengan semua kulit, biji dan batangnya.

Jus anggur ini kemudian disimpan di dalam tong kayu dan dibiarkan selama paling tidak 12 tahun lamanya. Bahkan, balsamic berkualitas tinggi ada yang disimpan sampai 18-100 tahun, loh! Pokoknya, semakin lama disimpan kualitasnya akan semakin baik, dan semakin mahal. Balsamic memiliki rasa yang kaya dan sedikit manis.

Rasa yang rich dari balsamic vinegar sangat cocok untuk membuat saus salad, saus celup, bumbu gourmet dan kaldu sup yang menjadikannya pengganti yang sempurna untuk resep yang membutuhkan mirin. Bahkan sedikit balsamic saja bisa meningkatkan cita rasa masakan Anda.

3. Apple Cider Vinegar

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Apple cider vinegar, atau cuka sari apel, adalah cuka yang dibuat dari jus apel yang difermentasi. Biasanya cuka apel ini digunakan dalam dressing salad, bumbu perendam/marinasi, vinaigrettes, pengawet makanan dan juga chutney (saus rempah khas India).

Anda akan sangat jarang menemukan orang yang menggunakan cuka apel sebagai pengganti mirin sebenarnya, tapi ini bisa, kok. Cuka apel pada dasarnya merupakan jus apel fermentasi, dan biasanya mengandung alkohol. Walaupun begitu, cuka apel memiliki rasa yang lebih kuat daripada jus apel biasa. Makanya, cocok banget ditambahkan ke dalam masakan.

Tapi, ada yang bilang akan lebih baik menggunakan apple cider (sari apel) daripada apple cider vinegar (cuka apel) untuk pengganti mirin, karena sari apel lebih manis dan tidak terlalu asam.

Meskipun tidak akan dapat menawarkan rasa umami yang sama seperti mirin, keduanya tetap akan memberikan rasa yang luar biasa pada masakan. Sari apel paling baik digunakan untuk membuat sup dan kaldu. Pastikan untuk mencampurnya dengan baik dan tambahkan garam dan gula untuk rasa.

Pengganti Mirin yang Non-Alkohol

Nah, kalau Anda tidak mau yang beralkohol, kami juga punya beberapa rekomendasi pengganti mirin namun tanpa mengandung alkohol. Untuk daftar rekomendasinya, bisa dicek di bawah ini.

1. White Grape Juice

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Walaupun namanya pengganti mirin, masih banyak produk yang mengandung alkohol. Lalu, bagaimana dengan yang tidak mengonsumsi alkohol? Tenang saja, Anda bisa menggunakan alternatif seperti white grape juice.

Jus anggur putih terbuat dari anggur berkulit hijau. Jika Anda ingin meniru rasa manis dalam resep yang mengandung mirin tetapi lebih suka bahan-bahan non-alkohol, Anda selalu dapat memilih jus anggur putih sebagai gantinya. Cukup tambahkan satu sendok makan jus lemon per 1 cup (237 ml) jus anggur putih untuk hasil terbaik.

2. Rice Vinegar

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rice vinegar adalah cuka yang terbuat dari beras fermentasi di Cina, Jepang, Korea dan Vietnam. Ini dapat digunakan sebagai pemanis di beberapa masakan, seperti kentang goreng, dressing, nasi sushi dll. Rice vinegar adalah pengganti mirin non-alkohol yang dapat Anda gunakan.

Rice vinegar juga sering disebut cuka anggur beras, walaupun sebenarnya nama ini tidak tepat. Karena produk ini dibuat melalui proses fermentasi yang menciptakan asam asetat yang menghasilkan cuka, sehingga tidak sama seperti anggur yang mengandung alkohol. Cuka beras adalah pengganti mirin yang cukup baik terutama jika Anda akan menggunakannya untuk meramu saus cocol dan saus dressing.

Cuka beras memiliki rasa yang ringan dan sedikit manis. Namun, ini masih cuka, jadi rasa asamnya juga ada. Pastikan Anda menambahkan setengah sendok teh gula setiap kali Anda menggunakan satu sendok teh cuka beras untuk menangkal rasa asamnya.

3. Jus Anggur Segar

* sumber: www.thekitchenmccabe.com

Bahan yang suka dimasukkan ke masakan Jepang dan Asia seperti ang ciu, sake dan mirin terbuat dari beras yang difermentasi, tapi mereka mengandung alkohol. Untuk membuat mirin imitasi tanpa alkohol, Anda bisa menggunakan jus anggur segar, 1 sendok makan sari lemon, dan 1 sendok teh gula.

Masakan Jepang seperti sushi, ramen, udon, soba, katsudon, gyudon, yakiniku, tonkatsu, donburi, tempura, yakoyaki, unagi, sashimi dll semuanya menggunakan mirin. Pengganti mirin yang Bacaterus bagikan dalam artikel ini mungkin tidak dapat menawarkan kualitas dan rasa yang sama seperti mirin, tapi mereka masih dapat menawarkan rasa dan aroma yang sedap.

Ada pengganti mirin yang mengandung alkohol dan ada juga yang halal. Pilih mana yang terbaik untuk Anda. Masak masakan Jepang jadi mudah dan no worries, deh!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *