Bacaterus / Ulang Tahun / Inilah 10 Ide Pengganti Kue Ulang Tahun yang Paling Unik

Inilah 10 Ide Pengganti Kue Ulang Tahun yang Paling Unik

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2019

Setiap bulan rasanya ada saja yang ulang tahun. Ayah, ibu, kakak, adik, suami, anak, nenek, kakek, sahabat, teman sekelas, pacar, dosen, guru, bahkan anak teman yang mengadakan pesta ultah. Apalagi kalau ulang tahunnya berdekatan, misalnya dalam bulan Oktober saja ada dua yang ulang tahun, yaitu adik dan ayah. Pasti rasanya bosan makan kue terus, kan?

Atau, ada juga yang memang tidak suka kue, jadi setiap dibelikan atau dibuatkan kue ulang tahun malah tidak pernah dimakan. Walaupun sepertinya “kalau ulang tahun harus ada kue”, Anda bisa melanggar tradisi tak tertulis ini dengan salah satu dari pengganti kue ulang tahun unik yang sudah Bacaterus rangkum di bawah ini.

1. Donat

* sumber: www.angelfoodmn.com

Sama-sama terbuat dari tepung tapi beda tekstur dan bentuk dengan kue, donat! Anda bisa menggunakan donat sebagai substitut kue ulang tahun. Baik itu donat goreng biasa yang ditaburi gula halus atau glazed doughnut yang berkilau cantik, Anda bisa menumpuknya di atas piring atau menatanya menggunakan piring kue tingkat (beli di sini).

Kalau mau simpel, beli saja donat lusinan dari J.Co atau Dunkin’. Anda tidak perlu menatanya lagi, cukup simpan di kotaknya lalu hias saja dengan lilin. Kalau mau yang lebih unyu-unyu, cari donat karakter seperti Dino Donuts yang menyediakan donat dalam bentuk huruf dan angka. Anda bisa merangkai kalimat “Happy 30th Birthday, Love”, misalnya, sehingga terlihat lebih sweet.

2. Waffle Cake

* sumber: www.hollyscheatday.com

Bosan dengan kue tapi ingin makan yang mirip seperti itu? Buat waffle saja! Bahan-bahannya lebih sederhana, cara membuatnya pun praktis sekali. Anda bisa membeli tepung waffle instan di sini kalau tidak tahu harus memasukkan bahan apa saja. Anda bisa menambahkan apa saja di dalamnya, seperti sprinkles warna-warni, Nutella, apapun itu favorit Anda atau orang yang akan Anda beri “kue” waffle ini.

3. Puding

* sumber: www.bukalapak.com

Dunia perkulineran sempat dihebohkan dengan puding yang bisa dibentuk macam-macam, salah satunya tumpeng puding ini. Wajar kalau ada orang yang tidak suka kue, tapi kalau puding? Rasanya semua orang pasti bisa memakannya!

Puding enak dijadikan dessert atau snack. Buat yang bosan makan kue saat ultah, memesan puding ulang tahun bisa menjadi alternatif. Anda bisa juga membuatnya sendiri di rumah kalau mau, hihi.

4. Gulali

* sumber: asubtlerevelry.com

Siapa yang kepikiran untuk membuat kue dari candy floss, cotton candy, atau gulali ini? Pasti banyak orang yang tidak terpikir ke sana, karena gulali biasanya dimakan sebagai camilan saja. Tapi, Anda bisa berkreasi dengannya dan membuat cotton candy cake, loh. Anda bisa menumpuk cotton candy ukuran bite size di styrofoam menggunakan tusuk gigi, lalu tata sesuai keinginan Anda!

5. Boba Toast

* sumber: www.idntimes.com

Boba toast merupakan makanan yang lagi ngehits banget di kota Jakarta. Walaupun sepertinya aneh ulang tahun kok dikasih roti bakar, tapi itu tidak apa-apa karena roti bakar ini enak banget, hehe.

Jika biasanya boba pearl menjadi topping bubble tea, butiran kenyal ini dijadikan topping french toast yang disiram krim cheese. Mudah dan murah dibuat, terus rasanya enak. Tinggal tambahkan lilin di sekitar piring saji untuk yang ulang tahun! Beli boba siap pakai di sini.

6. Rice Krispies Treat

* sumber: baileysavannah.hairdresserhairstyles.club

Siapa yang suka rice krispies treat? Itu loh, permen yang dibuat dari rice crispy (sereal beras renyah), mentega dan marshmallow leleh? Kalau Anda suka, coba buat ukuran jumbo dan dibentuk seperti kue ultah, deh! Tambahkan frosting, sprinkle dan lilin ulang tahun supaya vibe-nya ultah banget. Beli Rice Krispies merk Kellogs di sini.

7. Candy Cake

* sumber: fun-squared.com

Ini mirip dengan hand bouquet untuk wisuda. Banyak sekali yang memberi bouquet berisi snack, kan? Kenapa Anda tidak membuat “kue” ulang tahun dari kumpulan permen dan cokelat? Caranya gampang banget, kok. Siapkan dus kosong sebagai dasar. Kalau ada styrofoam bundar lebih bagus lagi.

Kelilingi dan tutup styrofoam dengan bungkusan permen/cokelat yang besar-besar. Untuk merekatkannya gunakan lem tembak atau double tape, lalu beri pita supaya cantik. Terus, bagian atasnya ditutupi oleh lollipop. Gemesin! Membuat ini sangat menyenangkan. Anda bisa menggunakan permen/cokelat favorit orang yang mau Anda beri “kue” ini supaya tidak mubazir.

8. Tater Tots Pie

* sumber: www.bettycrocker.com

Tater tots atau tots adalah makanan yang terbuat dari kentang parut yang dibentuk silinder bite size lalu digoreng. Tots biasanya dijadikan sumber karbohidrat dalam makanan, tapi bisa dimakan sebagai snack juga. Tots digemari karena bagian dalamnya chewy tapi luarnya renyah. Anda bisa mencari resep tater tots pie di internet, ada banyak, kok!

9. Sushi Cake

* sumber: www.burpple.com

Siapa, nih, yang doyan sushi? Sekarang banyak restoran atau kedai sushi yang menyediakan sushi cake, yaitu tumpukan sushi yang ditata seperti kue. Biasanya kue sushi ini bisa diberi hiasan tulisan happy birthday, lilin dan bahkan custom tulisan menggunakan mayones. Sushi cake merupakan pilihan yang sangat tepat buat yang tidak suka kue dan penggemar berat sushi.

10. Money “Food”

* sumber: www.giftideascorner.com

Di Indonesia lagi musim money cake, kan? Itu, loh, yang kuenya berisi uang. Tapi, itu kan tetap pakai kue, sedangkan di sini ceritanya kita sedang menghindari kue. Anda bisa membuat money “cake” tanpa cake, kok. Siapkan properti seperti kotak french fries McD, kotak bekas cokelat truffle, dsb. Lalu, Anda isi uang sungguhan. Jadi ini seperti makanan tapi isinya uang. Bisa sekalian jadi kado ultah, deh.

Ya itulah tadi kesepuluh makanan yang bisa menggantikan kue ulang tahun. Dari semua rekomendasi yang tersedia, makanan mana yang ingin Anda coba?

Oh iya, kalau Anda sedang berulang tahun dan bingung mau nraktir apa, kami punya rekomendasinya dalam artikel 10 Makanan yang Cocok untuk Dijadikan Traktiran.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar