Bacaterus / Bahan Kue / 10 Pengganti Heavy Cream yang Sehat Juga Pas Bagi Para Vegan

10 Pengganti Heavy Cream yang Sehat Juga Pas Bagi Para Vegan

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Heavy cream atau krim kental adalah bahan yang umum ditemukan dalam resep makanan penutup atau terkadang digunakan juga untuk membuat saus atau sup krim. Pada dasarnya krim kental adalah susu yang mengandung setidaknya 36% lemak susu. Kandungan lemak susunya yang tinggi membuat krim kental mudah untuk dikocok dan menjadi padat juga kaku.

Namun, ada hal kurang baik dari krim kental ini. Kadar lemaknya yang tinggi itu sebagian besar jenuh alias lemak jahat yang tentunya tidak baik untuk jantung. Untungnya, ada pengganti heavy cream yang lebih sehat yang bisa digunakan. Alternatif untuk heavy cream ini biasa digunakan dalam berbagai jenis resep. Penasaran, apa saja pilihannya? Baca terus ulasan di bawah ini.

1. Susu Evaporasi dan Ekstrak Vanila

Susu Evaporasi

Krim kental bisa diganti dengan susu evaporasi ditambah ekstrak vanila. Caranya yaitu dengan mendinginkan susu yang sudah menguap dengan dimasukkan ke dalam lemari es. Tambahkan beberapa tetes vanila ke dalam susu dan aduk sampai mendapatkan rasa dan tekstur yang diinginkan.

Jika kamu ingin membuat campuran ini di rumah, mulailah dengan memanaskan susu murni sampai mendidih. Kecilkan api dan aduk terus. Air dalam susu akan menguap dan menjadi sedikit lebih kental dan lembut.

Selanjutnya susu akan menjadi lebih kental setelah didinginkan. Kamu bisa menambahkan ekstrak vanila atau pemanis ke dalamnya. Ini adalah alternatif krim yang fresh, lebih sehat daripada krim kental.

2. Krim Kelapa

Krim Kelapa

* sumber: www.karissasvegankitchen.com

Bagi kamu vegetarian yang menghindari susu, krim kelapa adalah pengganti heavy cream yang sangat ideal. Kamu bisa membeli krim kelapa sendiri dan menggunakannya dengan cara yang sama seperti kamu menggunakan heavy cream. Pilihan lainnya adalah dengan cara membuat krim kelapa sendiri dari santan.

Cara membuat krim kelapa sendiri yaitu dengan mendinginkan santan penuh lemak di dalam lemari es sampai mengeras. Kemudian tuangkan santan beku tadi ke dalam mangkuk atau wadah. Sisa-sisa yang terdapat dalam kemasan santan, bahan yang kental dan padat, adalah krim kelapa dan merupakan pengganti yang sangat baik untuk heavy cream.

3. Susu Rendah Lemak

Susu Rendah Lemak

Susu merupakan makanan tinggi kalsium dan merupakan pengganti yang aman dan sehat untuk krim kental. Susu murni dan susu 2 persen memiliki kandungan lemak yang tinggi. Jadi, pilihan terbaik adalah susu 1 persen atau skim.

Satu cangkir susu skim mengandung 83 kalori, lebih sedikit kandungan kalorinya dibandingkan dengan jumlah kalori dalam 2 sendok makan krim kental.

Susu juga mengandung 300 mg kalsium dan vitamin D, yaitu nutrisi yang dibutuhkan untuk menyerap kalsium. Jika krim kental dalam resep sup diganti dengan susu, biarkan sup tetap dipanaskan tetapi jangan sampai mendidih agar tidak mengental.

Jika ingin krim kental dalam makanan dengan tekstur kental, gantilah dengan susu bebas lemak yang dievaporasi yang dicampur dengan satu sendok makan tepung.

4. Yogurt

Dutch Lady Yogurt Natural Merk Yoghurt untuk Diet yang Bagus

Pembuatan yogurt mirip dengan sour cream dan crème fraîche, yaitu dengan menambahkan kultur, umumnya Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, ke dalam produk susu.

Yoghurt tawar akan menjadi lebih segar dan lebih manis daripada jenis yogurt Yunani, yang membuat whey (sisa-sisa susu cair) tersaring. Yoghurt susu murni yang paling direkomendasikan sebagai pengganti krim kental yaitu yang memiliki kandungan lemak sekitar 3,3%.

5. Tahu Sutra dan Susu Kedelai

Tahu Sutra

* sumber: www.splendidtable.org

Layaknya tahu pada umumnya, tahu sutra terbuat dari susu kedelai kental yang telah dibentuk menjadi balok putih yang padat. Bedanya, tahu sutra memiliki konsistensi yang lebih lembut dan dapat dicampur dengan mudah menjadi pengganti protein tinggi non susu untuk pengganti krim kental. Mencampurkan tahu sutra dengan susu kedelai memberikan tekstur halus tanpa gumpalan.

Gabungkan tahu sutera dan susu kedelai dengan takaran yang sama, kemudian campur secara merata dalam blender atau pengolah makanan sampai didapatkan campuran dengan konsistensi yang halus dan kental. Campuran ini dapat digunakan sebagai pengganti krim kental dalam takaran yang sama untuk mengentalkan resep makanan, seperti sup atau saus.

Tahu sutra dan susu kedelai juga dapat dikocok seperti krim kental. Oleh karena itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit ekstrak vanilla atau taburan gula untuk membuatnya menjadi bahan vegan buatan sendiri untuk digunakan dalam makanan penutup.

6. Krim Mete

Keju Mete Atau Krim Almond (Copy)

Krim mete merupakan pengganti krim kental vegan lainnya. Mulailah dengan merendam kacang mete semalaman untuk melunakkannya, atau rebus sampai lunak, sekitar 5 menit. Sesudahnya, campur mete dengan air. Itu saja!

Untuk 1 cangkir krim kental bisa diganti dengan ⅔ cangkir kacang mete dicampur dengan ⅔ gelas air. Untuk konsistensi yang lebih kental, tambahkan lebih banyak kacang mete.

Karena menggunakan kacang mete, maka diperlukan blender yang kuat untuk menghancurkan kacang tersebut. Sisa krim bisa didinginkan, tetapi jangan menyimpannya selama lebih dari beberapa hari.

Jika kamu alergi terhadap susu, maka krim ini adalah pengganti krim kental yang sehat dan bebas susu. Kamu juga bisa mengganti kacang mete dengan kacang almond untuk meningkatkan nilai gizinya.

7. Yogurt Yunani dan Susu

Nestle Greek Style Yogurt

Yoghurt Yunani memiliki kandungan protein dan kandungan lemaknya jauh lebih rendah daripada krim kental. Jadi, ini adalah pilihan bagus untuk resep yang tidak perlu dikocok. Satu cangkir krim kental bisa diganti dengan satu cangkir yogurt Yunani dicampur dengan susu.

Pada dasarnya yogurt Yunani terlalu kental, tetapi bisa diencerkan dengan menambahkan susu murni dan ditambahkan lemak agar lebih mirip konsistensinya dengan krim kental. Cukup campur yogurt dan susu Yunani dengan porsi yang sama, lalu ganti krim kental dengan campuran tersebut. Alternatif krim kental ini lebih baik digunakan untuk resep yang dimasak dengan api kecil.

8. Keju Cottage dan Susu

Keju Cottage dengan Biji Rami dan Kayu Manis

* sumber: www.cheesemaking.com

Keju cottage dibuat dari dadih susu sapi yang memiliki kandungan protein tinggi dan banyak nutrisi mikro, menjadikannya sebagai pengganti yang sehat untuk krim kental.

Keju cottage sendiri bisa menjadi pengganti krim kental yang baik untuk membantu menambah kekentalan seperti saus. Cukup hancurkan bongkahan keju dengan blender atau pengolah makanan lainnya.

Untuk mendapatkan tekstur yang sama dengan krim kental yang halus dan lembut, campurkan keju cottage dan susu dengan jumlah yang sama dan aduk sampai tak ada lagi gumpalan. Pastikan pilih resep yang cocok dengan rasa keju cottage yang khas, seperti sup dan saus.

9. Keju Mascarpone

Keju Mascarpone

Keju mascarpone adalah produk susu kental dengan kandungan lemak sekitar 44%. Keju ini dibuat dengan cara yang mirip dengan krim asam dan crème fraîche.

Bedanya, keju ini rasanya lebih manis dibandingkan keduanya. Gunakan keju ini dalam sup, stew, dan saus. Untuk membuatnya menjadi manis, tambahkan pada cake atau campur dengan salad dressing.

10. Krim Asam

Krim Asam

Krim asam adalah krim yang telah dibuat dengan asam laktat untuk mengentalkannya dan membuat rasa asam. Krim ini memiliki kandungan lemak sekitar 20%.

Dalam banyak hal, krim asam mirip dengan buttermilk dan kedua pilihan ini memiliki rasa sedikit asam. Konon, krim asam kandungan nutrisinya lebih mirip dengan krim kental dan sangat tinggi lemak.

Sebagai makanan olahan susu, krim kental adalah bahan makanan yang sangat lezat dan memberikan banyak rasa pada beragam resep makanan. Sayangnya, tidak semua orang bisa mengkonsumsinya.

Untungnya, tersedia banyak pengganti yang cocok untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan susu atau tak memiliki stok krim kental di rumah. Temukan juga informasi lain mengenai pengganti santan yang sehat dan lezat di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *