Bacaterus / Bahan Dapur / 8 Produk Pengganti Gelatin yang Lezat dan Menyehatkan

8 Produk Pengganti Gelatin yang Lezat dan Menyehatkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Maret 2020

Bubuk gelatin atau gelatin sheet biasanya mudah ditemukan dan mudah digunakan. Namun, ada beberapa alasan mengapa orang-orang mungkin tidak ingin memasukkannya ke dalam makanan Anda. Misalnya, fakta bahwa gelatin dibuat dari tulang rawan dan ligamen hewan akan membuat vegan menghindarinya secara pasti.

Untuk orang muslim pun mungkin akan mempertimbangkannya karena beberapa produk gelatin menggunakan babi, walaupun ada juga yang menggunakan sapi, ayam dan ikan. Cobalah salah satu pengganti gelatin yang Bacaterus jabarkan di bawah ini jika Anda membutuhkan alternatif gelatin yang memiliki sifat serupa.

1. Agar-agar

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Agar, atau agar-agar, juga dikenal sebagai China grass, adalah zat seperti jeli. Agar diperoleh dari ganggang merah. Agar adalah campuran dari dua komponen: agarosa polisakarida linier dan campuran heterogen dari molekul yang lebih kecil yang disebut agaropectin. Sifat pembentuk gel dalam agar berasal dari kandungan serat larut, membuatnya menjadi alternatif vegan yang sangat baik untuk gelatin.

Seperti halnya gelatin, bubuk agar-agar tidak memiliki rasa dan tidak berbau (kecuali jika Anda memilih agar-agar berasa tentu saja). Agar biasanya digunakan untuk membuat permen jeli Asia yang memiliki tekstur halus dan lembut.

Agar lebih fleksibel daripada gelatin, sebenarnya, karena mereka memiliki titik leleh lebih tinggi dan dapat mengeras pada suhu kamar. Sebagai perbandingan, gelatin perlu didinginkan di dalam lemari es untuk bisa set.

2. Carrageenan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Carrageenan (karaginan) adalah agen pembentuk gel berbasis sayuran yang dapat bekerja sebagai pengganti gelatin. Seperti bubuk agar-agar, karagenan berasal dari rumput laut. Kekuatan pembentuk gel dan penebalannya berasal dari serat larutnya, yang membuatnya mirip dengan bubuk pektin dan bubuk agar-agar.

Carrageenan tidak beraroma dan tidak berbau seperti gelatin. Kekurangan carrageenan adalah ketika mengeras, mereka tidak sekokoh agar-agar atau pun gelatin. Jadi, carrageenan lebih cocok untuk aplikasi makanan yang tidak memerlukan tekstur kencang. Carrageenan memang dibuat dari rumput laut, tapi biasanya dijual dalam bentuk bubuk seperti agar.

3. Vegan Jel

Pengganti gelatin yang selanjutnya adalah gelatin juga, tapi ini vegan. Sayangnya, produk ini susah ditemukan di Indonesia, melihat tidak terlalu banyak orang yang menjalani gaya hidup vegan. Jel vegan terbuat dari getah nabati, asam adipat, tapioka dextrin, kalsium fosfat dan kalium sitrat.

Vegan jel mengembang dengan lembut, meleleh di mulut dan sejauh ini merupakan hal terdekat dengan gelatin. Cara menggunakannya, kocok bubuk vegan jel ke dalam air dingin sampai larut. Takarannya, 1 sendok teh gelatin = 1½ sendok teh vegan jel.

4. Pectin

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pektin diekstrak dari buah-buahan tertentu. Di antara buah-buahan yang paling kaya akan pektin adalah apel dan jeruk. Dalam kedua buah tersebut, kulitnya merupakan sumber pektin yang baik. Seperti agar-agar, bubuk pektin dapat set pada suhu kamar. Sehingga, pektin lebih versatile, dapat digunakan dalam berbagai aplikasi yang lebih luas daripada gelatin.

Kelemahan utama bubuk pektin bahwa Anda harus menambah banyak gula untuk mendapatkan hasil terbaik. Karena, bubuk pektin cenderung pahit, soalnya sumber mereka adalah kulit jeruk. Penambahan gula akan menyatukan rasa pahit tersebut dan membantu membuat jelly lebih cepat set.

5. Guar Gum

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Guar gum juga disebut guaran, adalah polisakarida galactomannan yang diekstraksi dari biji guar. Benda ini memiliki sifat thickening dan stabilizing serta bisa dipakai alam makanan, pakan dan aplikasi industri.

Guar gum berasal dari tanaman guar, yang kadang-kadang disebut cluster bean bush. Mereka merupakan tanaman asli India. Benih guar gum ditumbuk dan endosperma-nya dipisahkan untuk membuat guar gum.

Seperti bubuk gelatin, guar gum dapat mengubah cairan menjadi padatan dengan konsistensi jeli. Guar gum mirip dengan agar-agar yang dapat set pada suhu kamar. Seperti halnya agen pembentuk gel lainnya, penggunaan bahan asam dapat menghambat kemampuan guar gum untuk memadat dengan baik. Jadi, pikirkan lagi ketika akan menambahkan bahan-bahan asam seperti nanas atau jeruk ke dalam jelly.

6. Locust Bean Gum

Cek Harga di Shopee

Locust bean gum adalah getah nabati Galactomannan. Tentu saja benda ini digunakan sebagai bahan pengental dalam teknologi makanan. Locust bean gum adalah bahan tambahan makanan alami yang berasal dari biji carob dari pohon carob.

Mirip dengan guar gum dan gellan gum, locust bean gum ditambahkan ke berbagai produk makanan seperti yogurt, krim keju dan es krim. Dalam makanan, locust bean gum digunakan terutama sebagai agen thickening dan stabilizing.

Benda ini dapat digunakan dengan sendirinya atau dikombinasikan dengan agen pembentuk gel lainnya seperti bubuk agar-agar, misalnya. Kombinasi antara locust bean gum dengan bubuk agar-agar akan membuat jelly jadi lebih elastis.

7. Xanthan Gum

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Xanthan gum adalah polisakarida dengan banyak kegunaan industri, termasuk sebagai aditif makanan. Ini adalah agen thickening dan stabilizer yang efektif untuk mencegah pemisahan bahan.

Anda bisa menambahkan xanthan gum ke dalam dressing vegan, es krim, yogurt atau krim asam. Gunakan blender untuk memasukkan xanthan ke dalam resep Anda karena mereka akan menyerap dan menyebabkan gumpalan jika Anda tidak terus bergerak.

Gunakan setengah jumlah xanthan gum yang disarankan resep untuk gelatin. Contoh, jika resep membutuhkan 2 sendok teh (8.5 g) gelatin, berarti Anda hanya membutuhkan 1 sendok teh (4.25 g) xanthan gum.

8. Kuzu Powder

Gunakan kuzu powder untuk vegan kanten, puding, icing dan isian pai. Kuzu powder, walaupun namanya powder, mereka berbentuk kubus. Jadi, gunakan bagian belakang sendok untuk menghancurkan kubus kuzu sebelum Anda mengukur jumlah yang benar. Untuk mengubah cairan menjadi gel, Anda akan membutuhkan 2 sendok makan (25.5 g) bubuk kuzu untuk setiap 1 gelas (240 mL) cairan.

Kuzu tidak sama dengan arrowroot, tepung kentang, atau pun tepung jagung. Kuzu akan memberikan sup kilau yang sangat bagus. Kuzu juga bisa dipakai untuk mengentalkan saus dan gravies tanpa mempengaruhi rasanya. Jika Anda mau menggoreng sayuran dan daging vegetarian (tahu, tempe, seitan dll) tinggal gulingkan saja di bubuk kuzu dan makanan vegetarian Anda bakal jadi crispy gurih yumm!

Itulah beberapa alternatif pengganti gelatin jika Anda kesulitan menemukannya atau alasan lainnya. Sudahkah Anda menggunakan salah satu alternatif gelatin ini, atau apakah Anda memiliki benda lain untuk direkomendasikan?

Atau, jika Anda membutuhkan informasi lain seputar vegetarian, kami pernah membahasnya dalam artikel, Manfaat Menjadi Vegetarian, Tips Menjadi Vegetarian, dan Tipe Vegetarian.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *