Bacaterus / Keju / 11 Pengganti Cream Cheese yang Sehat Tapi Tetap Lezat

11 Pengganti Cream Cheese yang Sehat Tapi Tetap Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cream cheese adalah olesan yang lezat dan bahan penting yang digunakan dalam banyak saus dan makanan yang dipanggang. Sayangnya, kebanyakan kandungan lemak tidak sehat cream cheese cukup tinggi, dan tidak cocok untuk kamu yang memiliki alergi susu atau yang sedang menjalankan diet vegan. Tapi jangan sedih, ada beberapa pengganti keju krim terbaik yang tetap cocok untukmu.

Kamu bisa menggunakan pengganti keju krim non-lemak untuk cream cheese rendah lemak, meskipun rasanya tidak seperti cream cheese umumnya. Karena memiliki konsistensi yang sama dengan cream cheese yang rendah lemak, pilihan ini adalah alternatif yang baik ketika kamu perlu menggunakan cream cheese murni atau sebagai olesan makanan lainnya. Simak yuk pengganti Cream cheese di bawah ini.

1. Yogurt Yunani Tawar

Yogurt Yunani Tawar (Copy)

Jika memerlukan krim yang sama lembutnya dengan cream cheese, pilihan yang cocok adalah yogurt Yunani. Agar yogurt ini lebih sehat ketika dimakan, tiriskan yogurt terlebih dahulu sebelum digunakan. Cukup keluarkan yogurt dari kemasannya dan letakkan di kain katun yang kering dan bersih. Setelah kelebihan cairan mengering, letakkan yogurt di atas mangkuk besar.

Ingin yogurt Yunani yang lebih kental? Kamu bisa membiarkannya dalam mangkuk semalaman. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan beberapa bawang merah, bawang cincang, dan potongan wortel untuk memiliki keju krim dengan tambahan sayuran.

Yogurt Yunani tawar adalah pilihan yang lebih sehat untuk saluran pencernaan hingga tulangmu. Jenis yogurt ini tersedia di semua toko bahan makanan, sehingga kamu tak akan kesulitan untuk mendapatkan pengganti cream cheese yang kamu butuhkan.

2. Keju Mete atau Krim Almond

Keju Mete Atau Krim Almond (Copy)

Cream cheese dengan bahan dasar kacang tidak semanis cream cheese umumnya, tetapi krim ini kental, lembut dan enak. Cream cheese mete atau almond ini membutuhkan kacang mede atau almond, mentega sawit, jus lemon dan cuka sari apel untuk membuat pengganti cream cheese yang cocok bagi para vegan.

Jika kamu ingin rasanya lebih gurih, tambahkan bumbu dan rempah-rempah. Untuk rasa yang lebih manis, tambahkan ekstrak vanila atau bahkan pemanis sederhana.

3. Kefir dan Biji Chia Organik

Kefir dan Biji Chia Organik (Copy)

Pengganti cream cheese yang sempurna lainnya adalah kombinasi kefir dan biji chia organik. Bahan ini dapat kamu gunakan di semua resep makananmu. Cukup campurkan ¼ cangkir biji chia ke dalam mangkuk kefir untuk menggantikan semangkuk cream cheese. Kamu harus mencampurkan biji kefir dan membiarkannya sebentar sampai biji menyerap semua air dalam yogurt.

Kombinasi ini sangat ideal untuk kesehatan tubuhmu karena dapat mencegah berbagai alergi, aterosklerosis, masalah pencernaan, dan kandidiasis. Kandungan omega-3 dalam biji chia sangat penting untuk kesehatan. Kefir campur biji chia adalah pengganti cream cheese yang bagus, tetapi jangan gunakan pengganti ini dalam makanan yang perlu dipanaskan.

4. Neufchatel

Neufchatel (Copy)

Neufchatel yang berasal dari Perancis ini merupakan keju lunak dan mentah. Sekarang ini neufchatel juga dibuat di Amerika Serikat. Terbuat dari susu sapi, keju ini memiliki rasa yang lembut saat masih muda tetapi jauh lebih tajam, rasa lebih pedas saat berusia. Neufchatel segar memiliki rasa dan tekstur yang sangat mirip dengan cream cheese rendah lemak dan dapat digunakan secara bergantian dalam resep.

Keju ini memiliki kandungan lemak yang sangat bervariasi di berbagai merek, jadi baca label keju dengan hati-hati untuk menemukan neufchatel dengan kadar lemak rendah. Cukup ganti satu cangkir cream cheese dengan satu cangkir Neufchatel. Untuk mendapatkan keju ini tak perlu pergi ke Perancis. Kalau tidak ada di supermarket atau swalayan, kamu bisa membelinya di toko online.

5. Keju Cottage

Keju Cottage (Copy)

Keju cottage memiliki umur yang sama dengan cream cheese.  Keju ini diyakini telah diproduksi pada tahun 1831. Pada masa itu, mentega dan keju dibuat di pondok, maka muncullah nama keju cottage. Keju cottage adalah keju yang berasal dari susu sisa pembuatan mentega. 8 ons keju cottage mengandung kalori sebanyak 180, tapi kandungan lemak jenuhnya nol.

Kandungan lain yang terdapat dalam keju cottage adalah vitamin esensial, seperti Vitamin D dan mineral, seperti kalium, folat, natrium, tembaga dan kalsium. Ada banyak cara untuk membuat keju cottage menjadi pengganti keju krim, seperti menghaluskan dan menyaring keju cottage untuk menghasilkan cream cheese yang sempurna.

6. Cream Cheese Kelapa

Cream cheese Kelapa (Copy)

Cream cheese kelapa menggunakan mentega, santan kelapa, dan ragi nutrisi sebagai bahan dasar, variasi cream cheese vegan berbahan dasar non-susu ini juga bebas kacang. Krim ini mudah dibuat walaupun ada juga yang dijual di swalayan atau supermarket. Hasil krim ini lembut dan memiliki banyak kandungan.

Dibandingkan dengan cream cheese standar, alternatif cream cheese ini rasanya lebih manis karena dibuat dengan kelapa. Krim ini menjadi pilihan yang bagus untuk hidangan pencuci mulut dan frosting.

7. Hummus

Hummus (Copy)

Pengganti cream cheese lainnya adalah hummus. Meskipun rasanya tidak persis sama dengan cream cheese, keju ini berfungsi dengan sangat baik ketika digunakan untuk untuk membuat muffin Inggris atau bagel panas. Hal baiknya adalah hummus sangat sehat, khususnya jika dibandingkan dengan cream cheese, yang memiliki banyak lemak dan kalori.

Hummus terbuat dari kacang pinto dan mengandung protein rendah lemak, yang merupakan lemak sehat dan membantu mencegah penyakit jantung, stroke dan kanker.

8. Ricotta

Ricotta (Copy)

Hummus dari India dan neufchâtel dan petite-suisse sama-sama dari Perancis, maka Rocotta berasal dari Italia. Ricotta lebih ringan jika dibandingkan dengan keju cottage tetapi lebih manis dan creamy. Ricotta dibuat dari dadih susu sapi, domba, kambing, atau kerbau air Italia. Whey adalah dadih susu yang merupakan sisa dari pembuatan keju.

Kamu bisa mengganti secangkir cream cheese dengan secangkir ricotta. Selain itu, kamu juga dapat mencampurkan ricotta dan yogurt tawar dengan takaran yang sama. Bagian-skim ricotta juga merupakan pengganti cream cheese yang sangat baik dalam resep makanan. Cukup tiriskan ricotta dan haluskan menggunakan blender. Pastikan teksturnya sangat halus. Dinginkan dan ricotta siap digunakan.

9. Cream Cheese Tahu

Cream Cheese Tahu (Copy)

Cream cheese tahu bahannya menggunakan tahu sutra yang padat, jus lemon, minyak sayur, gula, cuka, dan sedikit garam. Teksturnya kental dan lembut, dan dengan tambahan gula, membuat cream cheese tahu memiliki fleksibilitas yang sama dengan cream cheese biasa. Krim ini bisa digunakan untuk resep makanan yang gurih dan manis.

Tempatkan campuran bahan tadi di lemari es untuk mendapatkan pengganti cream cheese yang terbaik. Cream cheese tahu merupakan bahan pengganti cream cheese yang vegan-friendly dan bebas gluten, sehingga menjadi pengganti cream cheese yang cocok untuk hampir semua kebutuhan makanan siapa pun.

10. Keju Mascarpone

Keju Mascarpone (Copy)

Mascarpone sebenarnya dikenal sebagai triple cream cheese. Kandungan nilai kesehatan keju ini biasanya yang hampir sama dengan cream cheese biasa, hanya saja rasa yang sedikit berbeda. Cream cheese ini memiliki rasa manis alami, kaya rasa dan teksturnya halus sehingga sangat mudah ketika dioleskan. Mascarpone menjadi pengganti cream cheese yang mudah digunakan untuk resep frosting dan hidangan penutup lainnya.

11. Keju Yogurt

Keju Yogurt (Copy)

Sebenarnya keju yogurt bukan keju. Alih-alih, keju yogurt ini telah disaring dari dadihnya selama beberapa jam dengan menggunakan kain lap makanan yang bersih berwarna putih atau kain katun tipis tenunan. Yogurt biasa atau yogurt Yunani adalah pilihan yang bisa saling menggantikan, meskipun yogurt Yunani tak membutuhkan waktu yang lama untuk mengental seperti konsistensi cream cheese.

Untuk membuat keju yogurt, cukup letakkan kain lap makanan ke dalam mangkuk, lalu isi dengan yogurt, dan ikat dengan karet gelang. Setelah itu gantungakan di tempat yang kuat dengan mangkuk di bawahnya untuk menangkap cairan yang akan menetes dan menunggu beberapa jam sampai tetesan berhenti. Hasil keju ini akan kurang manis, tapi lembut sehingga cocok buat olesan atau saus celup.

Cream cheese memang enak rasanya dan menjadi bahan tambahan yang pas untuk makanan, tapi jika kehabisan cream cheese atau ingin pilihan cream cheese yang lebih sehat, 11 pilihan di atas bisa menjadi bahan pertimbanganmu. Tertarik untuk beralih ke cream cheese yang lebih sehat?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *