Bacaterus / Bahan Kue / 10 Pengganti Baking Powder yang Tersedia di Dapurmu

10 Pengganti Baking Powder yang Tersedia di Dapurmu

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baking powder umumnya dipakai dalam makanan yang dipanggang untuk membantu makanan tersebut mengembang dengan baik. Jika tidak menggunakan baking powder atau pengganti baking powder, roti atau makanan lainnya yang dipanggang akan melempem sehingga roti atau makanan tersebut akan kehilangan tekstur ringan dan lembut, yang merupakan ciri khas dari roti.

Ketika kamu memanggang roti atau makanan lain, kamu akan melihat gelembung-gelembung pada adonan makanan tersebut. Itulah yang menyebabkan makanan menjadi mengembang dan memberikan tekstur ringan. Jika kamu kehabisan baking powder ketika akan membuat makanan dengan bahan tersebut, jangan panik. Ada banyak bahan lain yang bisa menjadi alternatif penggantinya. Apakah itu?

1. Krim Tartar

Krim Tartar

Krim tartar yang juga dikenal dengan nama kalium hidrogen tartrat adalah bubuk putih asam yang terbentuk sebagai produk sampingan pembuatan anggur. Bahan ini paling sering dipakai untuk menstabilkan putih telur dan krim juga untuk mencegah pembentukan kristal gula.

Jika kamu mencari pengganti baking powder yang mudah dan tepat, pilihlah krim tartar. Bahan ini mudah sekali ditemukan di rak-rak toserba atau supermarket. Untuk hasil terbaik rasio penggunaannya adalah 2:1 untuk krim tartar dan soda kue.

Kamu bisa mengganti 1 sendok teh baking powder dengan ¼ sendok teh baking soda yang dicampur dengan ½ teh krim tartar. Yuk, beli krim tartar di Bukalapak dengan masuk ke link ini.

2. Minuman Karbonasi

Minuman Karbonasi

* sumber: www.klikdokter.com

Semua jenis minuman berkarbonasi mengandung natrium bikarbonat atau dikenal juga dengan sebutan soda kue. Karena itulah minuman karbonasi sering digunakan dalam resep. Minuman ini bertindak sebagai agen ragi yang membuat makanan yang dipanggang mengembang meskipun tanpa baking powder atau baking soda.

Jika minuman karbonasi yang digunakan jumlah natrium bikarbonatnya kurang banyak, gunakan minuman itu untuk resep yang tidak memerlukan makanan untuk mengembang besar. Biasanya minuman karbonat digunakan dalam panekuk yang halus dan lembut.

Minuman karbonat juga bisa menggantikan cairan yang lain, seperti susu atau air, untuk hasil yang lebih baik agar makanan menjadi lebih ringan dan mengembang.

3. Buttermilk

Buttermilk

* sumber: www.bonappetit.com

Buttermilk dihasilkan dari proses fermentasi. Bahan ini mempunyai rasa asam yang hampir sama dengan yogurt dan buttermilk dibuat ketika krim diaduk menggunakan alat pengaduk mentega. Untuk buttermilk yang diproduksi secara komersial, akan ditambahkan bakteri yang memungkinkan produk untuk berfermentasi. Memfermentasi krim mengubahnya dari gula menjadi asam.

Kamu bisa menggunakan buttermilk yang dicampur dengan soda kue untuk membuat makanan yang dipanggang lebih mengembang. Resep apapun yang akan kamu buat tambahkan ½ cup buttermilk dan ¼ sendok teh baking soda pada adonan. Campuran ini sepadan dengan satu sendok teh baking powder dan merupakan pengganti yang bagus.

4. Susu Asam

Susu Asam

* sumber: www.sheknows.com

Meskipun terdengar aneh tapi kamu dapat menggunakan susu asam untuk resepmu sebagai pengganti baking powder. Ini dikarenakan dalam susu asam sudah terkandung bakteri di dalamnya yang mengubahnya menjadi asam secara kimia.

Susu asam memiliki kemampuan yang sama untuk urusan mengembangkan makanan  yang dipanggang seperti halnya menggunakan baking powder. Untuk mengganti satu sendok teh baking powder, kamu bisa menggunakan setengah cangkir susu asam ditambah dengan seperempat sendok teh baking soda.

5. Jus Lemon

Air Putih dan Lemon

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Pengganti baking powder lainnya adalah jus lemon. Jus lemon merupakan ramuan ajaib. Di dalamnya terkandung nutrisi dan beberapa manfaat kesehatan. Seperti halnya jeruk, buah lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Para peneliti telah menemukan fakta bahwa lemon dapat membantu pasien untuk melawan kanker dan dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

Jus lemon dan soda kue dicampur lalu diminum tiap pagi dapat membantu pencernaanmu sepanjang hari. Selain untuk kesehatan, jus lemon dicampur baking soda dapat digunakan untuk memanggang. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon merupakan campuran yang sempurna untuk keadaan alkali soda kue.

Sebagai pengganti baking powder, kamu bisa mencampur setengah sendok teh jus lemon dengan seperempat sendok teh soda kue. Campuran ini sama dengan 1 sendok teh baking powder.

6. Cuka

Cuka

* sumber: www.bonappetit.com

Cuka adalah salah satu pengganti baking powder yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di dapurmu. Anggur merah, balsamic, dan sari apel merupakan beberapa contoh dari cuka masak. Bahan-bahan ini berasal dari sumber-sumber unik, yaitu jus anggur, anggur merah, apel, dan alkohol suling, pada dasarnya segala sesuatu yang dapat difermentasi.

Kalau kamu berencana menggunakan cuka sebagai pengganti baking powder, gunakanlah cuka putih karena warnanya jelas dan rasanya lebih ringan. Adapun cuka balsamic mungkin dapat ditemukan di supermarket-supermarket tapi cita rasanya terlalu kuat. Cuka ini seharusnya hanya digunakan untuk resep yang membutuhkan rasa yang kuat.

Begitu pun dengan cuka sari apel dan rona kekuningannya mungkin terlihat buruk dengan beberapa resep. Untuk penggunaan cuka sama seperti jus lemon. Kombinasikan jus lemon dengan baking soda untuk menghasilkan reaksi gelembung sehingga kue yang kamu panggang akan mengembang. Cukup tambahkan ½ sendok teh cuka putih dicampur dengan ¼ baking soda untuk mengasilkan gelembung.

7. Molase

Molase

* sumber: id.wikipedia.org

Molase memberikan rasa manis tambahan pada apapun yang kamu masak. Jadi, baik buruknya molase bergantung pada apa yang akan kamu panggang, kue atau roti. Saat dikombinasikan dengan baking soda, molase akan menghasilkan asam, yang merupakan pengganti yang baik untuk baking powder dengan menambahkan sedikit tambahan rasa pada “taste bud” atau indera pencicip.

Satu sendok teh baking powder bisa diganti dengan campuran ¼ cangkir molase dengan ¼ sendok teh soda kue. Enggak sulit, bukan? Kini, kamu bisa membeli molase di Bukalapak dengan klik link ini.

8. Putih Telur Kocok

Putih Telur Kocok

* sumber: id.wikihow.com

Kalau kamu tak memiliki persediaan baking powder di rumah, masih ada pengganti lain yang akan membantumu membuat makanan yang dipanggang mengembang sempurna.

Baking powder memberikan gelembung-gelembung udara yang sempurna pada adonan makanan yang dipanggang agar mengembang tapi beberapa resep tidak begitu membutuhkan bahan tersebut. Terkadang yang dibutuhkan hanya putih telur kocok.

Gelembung udara kecil terbentuk saat putih telur dikocok dan jika kocokan ini dimasukkan pada adonan, akan membuat makanan menjadi mengembang dan ringan. Kamu bisa menggunakan kocokan putih telur untuk membuat pancake, meringue, souffle, dan juga jenis kue tertentu. Poin plusnya, kocokan putih telur adalah pengganti baking powder yang paling mudah dilakukan dan didapat.

9. Tepung Self-Raising

Tepung Self-Raising

Pilihan lain kalau kamu tidak bisa menemukan baking powder di dapurmu adalah tepung self-raising alias self-raising flour. Bahan ini merupakan bahan makanan yang umum digunakan oleh mereka yang hobi membuat makanan yang dipanggang. Tepung self-raising adalah campuran tepung serbaguna, garam, dan baking powder.

Sama seperti baking powder, tepung self-raising juga akan membuat kue atau resep makanan panggangmu memiliki penampilan yang menarik. Tepung ini biasanya dijual dalam kotak atau disatukan dalam kemasan bahan roti, kue atau biskuit.

Para pemula akan menyukai tepung self-raising karena mudah digunakan dibandingkan pengganti baking powder lainnya yang disebutkan sebelumnya. Tepung ini mudah, cepat digunakan, dan bahkan mengurangi jumlah bahan yang perlu digunakan saat membuat makanan yang dipanggang karena tepung ini juga bertindak seperti baking powder.

10. Yogurt Hambar

Yogurt Hambar

* sumber: www.eatthismuch.com

Yogurt hambar itu baik untuk kesehatanmu. Yogurt ini dihasilkan dari proses mencampurkan susu segar dengan bakteri ‘baik’. Proses fermentasi menghasilkan asam laktat hingga merupakan pasangan yang ideal untuk baking soda.

Gunakanlah yogurt tanpa rasa sebagai pengganti baking powder. Yoghurt yang memiliki rasa yang umumnya dijual di supermarket diperkirakan mengandung 27 gram gula untuk enam ons yogurt dan 60 kalori lebih banyak daripada yogurt hambar, bebas gula.

Untuk mengganti baking powder, gunakan ¼ sendok teh soda kue dengan ½ cup yogurt. Jika kamu menggunakan bahan cair lainnya,  menggunakan cairan lain, kamu harus memotong porsi bahan cair itu disesuaikan dengan jumlah yogurt yang digunakan. Dapatkan yogurt hambar dengan membelinya di Bukalapak melalui link ini.

Ternyata tak susah untuk menemukan pengganti baking powder dan kamu pun tak perlu menjadi ahli masak untuk membuat pengganti baking powder. Sebagian besar bahan ini dapat ditemukan di dapurmu atau toserba terdekat. Siap untuk bereksperimen dengan bahan-bahan pengganti baking powder ini? Kunjungi juga artikel perbedaan baking soda dan baking powder ini untuk mengenali perbedaan keduanya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *