Bacaterus / Asiknya Membagikan Pengalaman Seru dengan Menulis Blog

Asiknya Membagikan Pengalaman Seru dengan Menulis Blog

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

berbagi pengalaman dengan menulis blog

Di era yang serba digital ini, membagikan cerita dan pengalaman seru yang dialami melalui berbagai sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram memang sangat menyenangkan. Namun, ada keterbatasan apabila Anda ingin membagikan pengelama tersebut hanya dalam satu postingan foto yang disertai caption terbatas.

Selain tiga sosial media tersebut, masih ada platform lain yang bisa Anda gunakan untuk berbagi cerita, informasi, dan pengalaman secara lebih mendetail, yaitu melalui Blog. Melalui Blog, Anda bisa menceritakan kseluruhan pengalaman Anda secara mendetail melalui tulisan. Bahkan, tidak hanya sekedar untuk menyalurkan hobi menulis, Blog juga dapat menghasilkan pundi-pundi uang, lho!

Lalu, bagaimanakah cara agar Blog yang kita tulis dapat menghasilkan? Tentunya bukan proses yang mudah. Dengan konsistensi untuk terus menulis dan mengelola Blog hingga dikunjungi banyak orang, maka Google akan mulai mempertimbangkan Blog Anda untuk memperoleh Adsense. Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang keuntungan memiliki Blog, pertama-tama kita perlu mengetahui apa itu Blog?

Blog merupakan website yang memuat tentang konten personal. Di dalam Blog Anda dapat mengisi konten dengan foto, video, dan teks. Blog sendiri merupakan salah satu jenis website yang isi di dalam kontennya berupa pemikiran satu atau beberapa penulis. Blog memiliki urutan posting yang bersifat kronologis (dari konten yang paling baru ke konten yang paling lama), jadi biasanya konten teratas yang ditampilkan teratas pada Blog merupakan konten terbaru.

Nah, setelah mengetahui apa itu Blog selanjutnya mari kita lebih spesifikkan lagi tentang Blog yang kontennya berisi tulisan. Disini, kami akan membahas tentang tips-tips menulis di Blog. Harapannya, supaya Blog yang Anda miliki menarik sehingga dikunjungi banyak orang. Berikut tips-tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin membagikan pengalaman seru Anda di dalam Blog.

1. Tentukan Topik Utama pada Blog

membaca tema dan topik terkini

* sumber: www.geraikaca.org

Menentukan topik utama pada Blog terlihat sepele, tapi pada kenyataannya keberhasilan seorang blogger dalam membangun Blog-nya ditentukan oleh tahapan awal ini. Setiap hari ada sekitar 2, 73 juta konten yang diterbitkan di seluruh dunia. Lebih dari 70%-nya mendapat pengunjung kurang dari 5.000 per bulan. Penyebabnya antara lain:

  1. Topik Blog yang berantakan
  2. Tidak menarik pembaca
  3. Topik yang dipilih bukan topik yang dikuasai penulis sehingga menghasilkan konten yang kurang berkualitas.

Jadi, memilih topik yang menarik adalah keharusan. Selain itu, Anda diharuskan untuk memahami apa yang akan Anda tulis di Blog. Dengan begitu, pembaca Anda akan tertarik berlama-lama di dalam Blog Anda.

2. Koreksi kesalahan penulisan

Proofreading

Mengoreksi kesalahan penulisan atau yang lebih dikenal dengan melakukan proof reading merupakan hal yang sangat penting. Beberapa orang sering mengabaikan kesalahan seperti ini dan menganggapnya sepele. Padahal, meskipun terlihat kecil, namun membaca tulisan dengan banyak typo tentu sangat menjengkelkan.

3. Hindari Menggunakan Singkatan Tidak Baku

Tidak jarang kita lebih suka menyederhanakan kata-kata dengan menggunakan singkatan. Namun, tidak semua singkatan dapat dipahami oleh semua orang. Apalagi, singkatan tersebut bukan merupakan bahasa baku, dan lebih sering kita temui pada penulisan chat informal seperti Whatsapp. Untuk itu, jangan menggunakan singkatan yang berlebihan agar tidak membingungkan pembaca.

4. Menulis Sesuai Passion

passion

Tulislah tentang apa yang Anda ketahui. Menulis sesuai passion tentunya akan lebih mudah karena berhubungan dengan topik yang Anda kuasai. Dengan menulis apa yang menjadi minat Anda, tentu saja Anda mempunyai banyak informasi yang mungkin orang lain tidak tahu, dan ingin tahu. Jadi, dengan menulis sesuai passion Anda dapat memberikan informasi lebih mendalam kepada pembaca.

5. Menulis secara Rutin

consistency

Konsisten merupakan kata kunci yang harus diterapkan dalam menulis. Pembaca yang sudah tertarik dengan konten tulisan Anda, akan mengunjungi lagi Blog Anda. Maka menulis dengan konsisten adalah pilihan yang tidak bisa dibantah.

Nah, kita telah membahas tips-tips dalam penulisan Blog yang baik. Namun sebelum Anda menulis, sebaiknya ketahui dulu platform apa yang akan Anda gunakan. Dan apabila tujuan Anda adalah mendapatkan uang melalui Adsense, maka Anda harus memiliki domain resmi dan bukan Blog gratis. Anda bisa memesan domain dan hosting murah terpercaya di banyak provider ternama di Indonesia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *