Bacaterus / Mengenal Jenis, Keunggulan, Kelemahan dan Tata Cara Pengajuan Pinjaman KUR 2019

Mengenal Jenis, Keunggulan, Kelemahan dan Tata Cara Pengajuan Pinjaman KUR 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Agustus 2019

KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu program pemerintah yang diberikan kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). KUR ini ditujukan untuk membantu para pengusaha dalam meningkatkan usaha, khususnya mereka yang terkendala oleh masalah modal atau dana. Dan salah satu bank yang dipercaya pemerintah dalam menyalurkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah Bank BNI.

BNI sendiri merupakan institusi bank milik pemerintah, atau lebih jelasnya adalah perusahaan BUMN. Bank BNI merupakan bank komersial tertua dalam sejarah republik Indonesia. Didirikan pada tanggal 5 Juli tahun 1946, BNI mempunyai kantor cabang sekitar 1,076 dan 5 di luar negeri. BNI pun mempunyai unit perbankan Syariah, yang sejak tahun 2010 telah memisahkan diri yang dinamakan BNI Syariah.

Berikut ini kami akan mengulas mengenai KUR (Kredit Usaha Rakyat) untuk Anda yang ingin melakukan kredit guna membantu usaha Anda.

Meskipun saat ini muncul banyak sekali penawaran dari Fintech Pinjaman Online cepat cair, namun, KUR memiliki satu keunggulan, yaitu bunga yang sangat murah. Dengan bunga KUR 7% setahun, pinjaman KUR menjadi sangat bersaing untuk pengusaha. Jadi, kehadiran pinjol tidak mempengaruhi pentingnya kehadiran pinjaman KUR di masyarakat.

Untuk membahas KUR, studi kasus yang diambil adalah KUR BNI. Selama ini KUR identik dengan Bank BRI, namun kenyataannya penyaluran KUR dilakukan oleh pemerintah melalui Bank BNI. KUR Bank BNI menjadi alternatif pinjaman modal usaha yang bisa dijadikan pilihan untuk para pengusaha.

Seputar KUR BNI 2019

KUR BNI

BNI Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu fasilitas kredit dari Bank Indonesia yang ditujukan untuk tambahan modal usaha produktif dalam bentuk kredit modal kerja. KUR (Kredit Usaha Rakyat) sendiri merupakan program pemberian pinjaman yang diberikan kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menegah).

Adapun tujuan dari adanya program ini adalah untuk meningkatkan daya saing UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, yang pastinya akan mengurangi angka kemiskinan yang ada di Indonesia. Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan kredit ini sebagai kredit investasi.

Fasilitas yang diberikan BNI KUR (Kredit Usaha Rakyat) dapat mencapai hingga maksimal Rp 500 juta dengan jangka pengembalian  atau tenor selama 3 tahun untuk kredit modal kerja, dan 5 tahun untuk kredit investasi.

Beberapa manfaat yang diberikan oleh bank BNI melalui KUR tentunya dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha. Dengan demikian, KUR ini diharapkan dapat membantu perekonomian Indonesia, dan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Macam dan Jenis KUR BNI

Terdapat tiga jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ada di bank BNI. Tiga jenis KUR tersebut adalah KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI. Dari tiga jenis KUR tersebut Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar Anda lebih paham berikut kami ulas 3 jenis KUR BNI :

1. KUR Mikro

KUR Mikro BNI dapat diajukan oleh nasabah sebagai pembianya pengembangan usaha yang telah berjalan. Untuk KUR Mikro diberikan jangka waktu kredit hingga 4 tahun. Syarat yang diperlukan adalah KTP, KK dan Surat Keterangan Usaha. Jaminannya adalah usaha yang telah dijalankan. Pinjaman yang dapat Anda ajukan maksimal adalah Rp 25 juta.

2. KUR Ritel

KUR Ritel BNI menawarkan pinjaman antara Rp 25 juta sampai Rp 500 juta. Sedangkan jangka waktu yang diperlukan maksimal hingga 5 tahun. Syarat untuk mengajukan KUR adalah KTP, KK, NPWP, Surat Keterangan Usaha. Jaminan yang harus Anda berikan sesuai dengan ketentuan bank BNI.

3. KUR TKI

KUR TKI menawarkan pinjaman hingga senilai Rp 25 juta dengan jangka waktu paling lama 3 tahun. Persyaratan yang diajukan adalah KTP, KK, Surat Izin Usaha. TKI yang dimaksud dalam pinjaman kredit ini adalah TKI yang bekerja di Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Jepang dan Korea Selatan.

Tahapan Pengajuan KUR BNI

Itulah tiga jenis KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang ada di BNI. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan pinjaman KUR BNI, berikut tata cara pengajuan KUR BNI atau tahapan pengajuan KUR di bank BNI.

  • Mengajukan formulir pengajuan KUR yang kita dapatkan di kantor bank BNI
  • Melengkapi dokumen persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan jenis KUR
  • Melengkapi dokumen jaminan berupa BPKP motor maupun mobil, sertifikat rumah, maupun aset berharga lainnya
  • Pihak bank akan memproses pengajuan KUR dengan melihat kelayakan usaha calon debitur
  • Penandatanganan perjanjian pinjam meminjam
  • Proses pencairan diberikan melalui rekening BNI, jika Anda belum mempunyai rekening BNI kemungkinan Anda akan disarankan untuk membuat rekening BNI terlebih dahulu.
  • Proses cicilan atau pelunasan sesuai dengan jangka waktu yang telah Anda tentukan

Keunggulan dan Kekurangan KUR BNI

Kredit-Usaha-Rakyat-dari-BNI-1

Berikut ini kami juga sampaikan beberapa keunggulan dan kekurangan KUR BNI sebagai bahan pertimbangan ketika Anda akan mengajukan pinjaman di KUR BNI.

1. Keunggulan KUR BNI

  • Fasilitas kredit mencapai Rp 500 juta
  • Proses pengajuan yang cepat
  • Syarat- syarat mudah
  • Suku bunga yang bersaing
  • Jangka waktu pelunasan mencapai hingga 5 tahun
  • Bunga yang diberikan sangat rendah yaitu hanya sebesar 7% per tahun

2. Kekurangan KUR BNI

  • Tidak semua KUR BNI yang ada bisa diajukan tanpa jaminan
  • Adapun yang yang menggunakan jaminan seperti BPKP motor maupun mobil, sertifikat rumah, maupun aset berharga lainnya.
  • Sebelum proses pencairan dilakukan survey usaha terlebih dahulu
  • Survey usaha pastinya untuk melihat usaha Anda yang sudah berjalan apakah usaha Anda layak mendapatkan pinjaman atau tidak. Mungkin proses ini akan memperlama pencairan dana KUR
  • Jaminan akan kembali apabila pelunasan sudah selesai dari jangka waktu yang ditentukan
  • Jaminan yang diberikan baru akan kembali jika kredit yang Anda pinjam sudah lunas dengan waktu yang ditentukan, dan apabila waktu yang ditentukan lama maka akan lama juga jaminan Anda berada di bank tersebut.

Informasi Kredit Usaha Rakyat

Berikut ini akan kami jabarkan beberapa informasi tambahan mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang perlu Anda ketahui:

  • Penurunan suku bunga 9% menjadi 7% efektif per tahun.
  • Penetapan target KUR secara global sebesar Rp 122.xxx triliun.
  • 50% dari target diperuntukkan untuk sektor pertanian, perikanan, industri pengelolaan, kontruksi dan jasa produksi lain.
  • Pemerintah meluncurkan skema penyaluran baru di tahun ini, yaitu KUR Khusus diberikan untuk usaha perkebunan dan peternakan rakyat.

Itulah beberapa ulasan dan pembahasan kami mengenai KUR bank BNI. Kami harap dengan ulasan ini Anda lebih paham dan mengetahui mengenai KUR, sehingga Anda dapat melakukan pinjaman untuk meningkatkan usaha Anda agar menjadi lebih produktif. Dengan demikian, secara tidak langsung Anda dapat membantu pemerintah dalam pemberian lapangan kerja sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

Untuk info lebih jelasnya Anda dapat mendatangi kantor bank BNI terdekat untuk meminta brosur dan informasi secara langsung mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada karyawan bank BNI.

Program dari pemerintah ini pastinya diperuntukkan untuk masyarakat yang benar-benar ingin melakukan kredit demi meningkatkan usahanya. Kehadiran KUR ini diharapkan dapat cepat sasaran dan berfungsi dengan baik, sehingga tidak ada yang dirugikan dari KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Demikian beberapa ulasan dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengajukan Kredit Usaha Rakyat. Sebelum Anda melakukan Kredit pada bank BNI pastikan Anda telah memikirkannya matang-matang agar tidak memberatkan Anda pada kemudian hari.

Terlebih khusus, bicarakan terlebih dahulu dengan keluarga atau rekan bisnis Anda ketika ingin melakukan kredit ini, agar Anda lebih yakin ketika melakukan kredit di bank BNI. Semoga artikel tentang KUR BNI 2019 ini bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar