Bacaterus / FYI / 6 Penemuan Alat Transportasi Paling Aneh dan Unik di Dunia

6 Penemuan Alat Transportasi Paling Aneh dan Unik di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Februari 2019

Transportasi merupakan sebuah alat bantu yang dapat memudahkan manusia jika ingin bepergian ke suatu tempat. Dengan adanya transportasi, manusia tidak perlu khawatir terhadap waktu yang akan terbuang sia-sia selama perjalanan. Transportasi juga merupakan salah satu solusi agar manusia tidak perlu membuang tenaga ekstra jika ingin pergi ke suatu tempat, apalagi jika tempat yang dituju sangat jauh.

Bayangkan jika Anda ingin pergi dari Jakarta ke Bandung tanpa menggunakan transportasi, maka Anda harus berjalan kaki beratus-ratus kilometer untuk bisa sampai di tujuan. Sebelum sampai, mungkin Anda sudah merasa kelelahan duluan bukan?

Tapi, apa jadinya jika alat transportasi yang diciptakan ini memiliki fitur yang aneh dan tidak lazim? Apakah Anda akan tetap menggunakannya? Berikut adalah 6 alat transportasi yang ditemukan pada zaman dahulu yang unik, kreatif, inovatif namun juga aneh. Yuk, disimak!

Kereta Bayi Mesin Uap

Kereta Bayi Mesin Uap.

Pada umumnya, mesin uap hanya digunakan di kereta yang mengangkut ribuan manusia dan memiliki jalurnya sendiri, bukan digunakan di kereta bayi. Biasanya kereta bayi hanya berupa troli yang memiliki atap agar bayi tidak kepanasan. Selain itu, kereta bayi juga biasanya hanya memiliki roda empat biasa sebagai alat untuk bergerak.

Namun, berbeda dengan kereta bayi yang satu ini. Kereta bayi ini dilengkapi dengan mesin uap. Kereta bayi mesin uap ini pertama kali ditemukan di Inggris pada tahun 1922. Dengan adanya kanopi pada kereta bayi uap ini, bayi akan selalu terlindungi dari sinar matahari yang terik.

Selain itu, kereta bayi uap ini bisa mencapai kecepatan 4 mil per jam, lho. Cukup cepat untuk ukuran kereta bayi yang biasanya hanya didorong secara manual. Uniknya lagi, kereta bayi uap ini memiliki tagline “tak ada getaran yang akan mengganggu buah hatimu!”. Ada-ada saja, ya?

Perahu Darat

Perahu Darat

Seperti yang kita ketahui, bahwa pada umumnya perahu hanya dapat beroperasi di atas permukaan air. Perahu biasanya digunakan oleh manusia untuk alat transportasi air seperti lautan, sungai, dan danau. Namun, perahu yang diciptakan pada tahun 1924 ini terbilang sangat unik dan tak lazim. Pasalnya, perahu ini beroperasi di daratan di mana tidak ada air sama sekali.

Sebenarnya bentuk dari perahu darat dan laut tidak ada bedanya. Yang membedakan perahu darat dengan perahu biasa adalah adanya roda yang diletakkan di bawah perahu darat. Itulah bagaimana perahu darat dapat beroperasi di daratan, karena adanya eksistensi roda.

Tidak ada yang tahu siapa yang menciptakan perahu darat ini. Kabarnya, pada zaman dahulu, perahu darat ini hanya terjual kurang dari 6 buah di pasaran. Kalau sekarang, kira-kira laku tidak, ya?

Pesawat Berjalan

Pesawat Berjalan

Yang pertama kali Anda pikirkan tentang pesawat pasti “terbang”. Pesawat adalah suatu alat transportasi udara yang memudahkan serta mempersingkat waktu perjalanan Anda menuju suatu tempat. Dengan adanya pesawat, Anda tidak perlu cemas tentang kemacetan karena tidak ada kemacetan di udara atau di awan.

Namun, berbeda dengan pesawat ciptaan Profesor T. Edward Moodie pada tahun 1934 ini. Ia menginovasikan pesawat udara menjadi pesawat berjalan untuk dipakai di darat. Bagaimana bisa, ya, pesawat dioperasikan di darat? Well, cara kerja pesawat berjalan ini tergolong unik dan aneh.

Pesawat berjalan ini akan sedikit ‘melayang’ tapi juga tetap menapak pada daratan. Pada saat kecepatan pesawat berada di tingkat maksimum, roda bagian depan akan terangkat ke udara. Namun, dua roda sisanya tidak akan terangkat, jadi Anda dapat mengendalikan dua roda tersebut dengan kaki Anda layaknya orang berjalan.  Bacaterus pikir pesawat ini cukup merepotkan, namun alat ini unik bukan? Apakah Anda tertarik mencobanya?

Roda Jumbo

Roda Jumbo

Jika Anda salah satu orang yang gemar menonton kartun seperti Jimmy Neutron, mungkin Anda akan mengingatkan benda yang satu ini. Pasalnya, penemuan yang diciptakan pada tahun 1934 ini mirip dengan benda yang diciptakan oleh Jimmy, yaitu roda jumbo.

Roda jumbo ini dibuat oleh seorang enginer asal Austria. Alat transportasi ini dimaksudkan seperti sepeda, namun dengan ruang gerak yang terbatas dan kesulitan untuk mengayuhnya. Sehingga, roda jumbo ini cukup merepotkan bagi para penggunanya. Sayang sekali, ya?

Sepeda Berjalan

Sepeda Berjalan

Sepeda pada umumnya merupakan suatu alat transportasi yang dapat memudahkan kita untuk pergi ke suatu tempat dengan cara dikayuh. Namun, berbeda dengan sepeda yang satu ini. Lagi, pada tahun 1934, seseorang asal Los Angeles menciptakan sepeda yang sangat unik, yang tidak sama dengan konsep sepeda pada umumnya.

Jika sepeda yang biasa kita lihat menggunakan roda, maka sepeda ini bergerak dengan menggunakan kaki. Hal ini cukup membuat orang-orang bingung. Pasalnya, bentuk sepeda ini tidak seperti sepeda pada umumnya yang memiliki roda, tempat duduk, dan stir untuk mengendalikan sepeda.

Bentuk sepeda unik ini memiliki dua kaki, seperti kaki robot pada zaman modern seperti sekarang. Panjang kaki pada bentuk sepeda ini sesuai dengan panjang kaki manusia biasa. Jadi, jika Anda ingin menggunakan sepeda berjalan ini, Anda harus naik ke atas kaki sepeda, lalu Anda tinggal mengayuh seperti Anda mengayuh sepeda. Kelihatannya cukup pegal dan bias membuat sakit badan, ya.

Kendaraan Bertenaga Jet

Kendaraan Bertenaga Jet

Pada tahun 1949 sedang booming yang namanya tenaga jet. Jadi, penemuan yang satu ini tidak mengherankan karena banyak orang pada saat itu, karena banyak sekali orang yang mencoba berinovasi dengan tenaga jet. Kendaraan bertenaga jet ini dapat digunakan untuk kendaraan beroda dua saja. Alih-alih ingin kendaraan lebih cepat dari kendaraan lainnya, faktanya kendaraan ini malah jadi lebih lambat 4 kali lipat dari kendaraan normal.

Pada saat itu, kendaran bertenaga jet ini memiliki kecepatan laju kurang dari 70 mph untuk tes perdananya. Bentuk dari kendaraan ini juga hanya berupa seperti sepeda pada umumnya, hanya saja ditambahkan mesin jet pada bagian pinggir kanan dan kirinya. Memang, kendaraan ini dapat maju, tapi ternyata kecepatannya tidak seperti yang diharapkan.

Nah, itu dia 6 alat transportasi yang unik, aneh, dan inovatif. Mungkin alat-alat transportasi di atas bisa dibilang gagal, namun tidak bisa kita pungkiri bahwa tanpa adanya inovasi alat-alat transportasi tersebut mungkin tidak akan ada alat-alat transportasi yang telah kita nikmati pada zaman sekarang, bukan?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar