bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dunia Mistis / 10 Pencuri Ternama yang Sukses Menggemparkan Dunia

10 Pencuri Ternama yang Sukses Menggemparkan Dunia

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 12 Februari 2021

Mencuri adalah sebuah tindakan kejahatan yang sering terjadi di berbagai negara yang ada di belahan bumi. Aktivitas pencurian sendiri kerap diiringi dengan tindakkan kekerasan, yang bahkan berisiko membahayakan nyawa korbannya maupun para pelaku itu sendiri.

Nah, dari sekian banyak aksi kejahatan yang terjadi di dunia. Kali ini Bacaterus akan membahas para pencuri yang sukses menggemparkan dunia. Siapa saja mereka? Yuk, kita simak ulasannya lengkapnya

1. Vicenzo Peruggia

pencuri terkenal di dunia_Vicenzo Peruggia

* sumber: nl.m.wikipedia.org

Vicenzo Peruggia merupakan seorang seniman yang merangkap sebagai petugas museum. Ia sendiri mulai dikenal masyarakat luas karena aksinya mencuri lukisan berharga karya Leonardo Da Vinci, yaitu Monalisa pada 21 Agustus 1911.

Nah, pria kelahiran Italia pada 1881 ini diketahui sukses melakukan aksinya karena ia sendiri adalah salah satu pekerja di Museum Louvre, Paris, yaitu tempat dimana lukisan tersebut di pajang dan dipamerkan.

2. 40 Elephants Gang

pencuri terkenal di dunia_40 Elephants Gang

* sumber: hermoments.com

Berbicara mengenai pencurian. Kisah pencurian yang satu ini dikenal sangat melegenda. Masyarakat dunia sendiri mengenalnya dengan Forty Elephants atau 40 Pencuri. Mereka adalah salah satu komplotan pelaku kriminal yang cukup terkenal pada abad ke-18.

Nah, jika umumnya pencurian dilakukan oleh pria, maka 40 anggota pencuri yang telah melancarkan aksinya sejak tahun 1700 ini diketahui berjenis kelamin wanita. Hal tersebut pun sempat mengejutkan masyarakat maupun aparat yang menangani kasusnya.

3. Dick Turpin

pencuri terkenal di dunia_Dick Turpin

* sumber: www.keralapool.com

Richard Turpin atau lebih dikenal dengan nama Dick Turpin adalah seorang pencuri sekaligus perampok yang cukup terkenal pada abad ke-16 di Inggris. Sebelum terjun ke dunia kriminal, Turpin dikenal sebagai seorang tukang daging. Ia sendiri mulai menjajal kemampuan dengan mencuri sejumlah hewan ternak seperti sapi dan domba.

Setelah itu, ia pun mulai banyak melakukan rentetan kejahatan seperti perampokan dan pembunuhan. Kiprahnya di dunia harus terhenti setelah dirinya dieksekusi pada tahun 1739. Namanya sendiri semakin terkenal setelah Victoria William Harrison Ainsworth menulis kisahnya setelah 100 tahun kematian Turpin.

Salah satu cerita fiksi tentang dirinya yang cukup populer adalah ketika dirinya menunggang kuda hitam miliknya dari London menuju York hanya dalam kurun waktu 24 jam.

4. Natwarlal

pencuri terkenal di dunia_Natwarlal

* sumber: www.mensxp.com

Nah, salah satu pencuri sekaligus kriminal yang juga cukup populer ternyata berasal dari India. Bernama asli Mithlesh Kumar Srivastava, pria yang populer dengan nama Natwarlal ini merupakan pencuri yang cukup terkenal dan juga lihai dalam menjalankan aksinya.

Ia sendiri dikenal sebagai salah satu penipu dan juga pencuri yang cukup melegenda di India. Beberapa kejahatan yang pernah pria kelahiran tahun 1912 ini lakukan antara lain kasus pencurian, penipuan dengan cara menjual properti milik negara seperti Taj Mahal, The Red Fort, Rashtrapati Bhavan, dan sebuah rumah parlemen India.

Natwarlal sendiri diketahui pernah beberapa kali dijebloskan ke penjara. Namun, karena keahliannya, ia selalu berhasil melarikan diri.

5. Frank William Abagnale Jr

pencuri terkenal di dunia_Frank William Abagnale Jr

* sumber: en.m.wikipedia.org

Kisah hidup pencuri profesional Frank William Abagnale Jr sempat diangkat ke dalam sebuah film yang dibintangi Leonardo DiCaprio berjudul 'Catch Me If You Can' pada tahun 2002. Sebelum dikenal sebagai seorang security consultant. Frank Abagnale merupakan penipu sekaligus pencuri kelas kakap.

Dalam melancarkan aksinya, Frank kerap merubah identitas diri dengan menyamar menjadi seorang pilot maskapai penerbangan, dokter, agen Biro Penjara AS, hingga pengacara. Frank sendiri tercatat berhasil melarikan diri sebanyak dua kali sebelum akhirnya ditangkap dan dijatuhi hukuman 12 tahun penjara.

Tapi, hanya kurang dari 5 tahun di penjara, pria kelahiran Bronxville, New York pada 1948 ini pun bisa menghirup udara kebebasan.

6. Dinner Set Gang

pencuri terkenal di dunia_Dinner Set Gang

* sumber: www.dinnersetgang.com

Diantara kasus pencurian yang pernah terjadi di dunia. Dinner Set Gang tentu menjadi salah satu yang cukup epic. Dinner Set Gang adalah sebuah geng pencuri yang cukup populer di abad ke-16.

Nah, jika umumnya pencurian dilakukan ketika pemilik rumah tidak ada di tempat, maka Dinner Set Gang yang digawangi oleh Peter Salerno dan Dominick Latella ini melancarkan aksinya ketika pemilik mengadakan jamuan makan malam.

Cara yang dilakukan oleh geng ini terbilang cerdik dan penuh perhitungan. Salah satu hasil curian terbesar yang pernah mereka dapatkan adalah tas kulit berisi permata seharga 12 juta dolar.

7. Veerappan

pencuri terkenal di dunia_Veerappan

* sumber: www.newindianexpress.com

Pencuri yang tidak kalah menggemparkan dunia adalah Veerappan. Ia merupakan pelaku kriminal lain yang cukup terkenal di India. Nah, pria bernama asli Koose Muniswamy Veerappan Gounder merupakan orang yang bertanggung jawab atas kematian 184 orang, dimana hampir separuhnya adalah anggota polisi dan petugas kehutanan.

Veerappan sendiri diketahui telah berhasil membunuh ratusan gajah serta menyelundupkan  gadingnya dengan nilai total 2,5 juta dolar Amerika. Selain itu, ia juga berhasil menyelundupkan kayu Cendana seberat 65.000 kg senilai 22 juta dolar Amerika. Veerappan sendiri menjadi salah satu penjahat yang cukup licin dan sulit untuk ditangkap.

8. Jesse Woodson James

pencuri terkenal di dunia_Jesse Woodson James

* sumber: en.m.wikipedia.org

Jesse Woodson James merupakan spesialis pencurian dan perampokan di Bank dan juga kereta barang. Dalam menjalankan aksinya James sendiri dibantu oleh Frank, yang merupakan rekan satu gengnya.

Nah, sepak terjang kedua para pencuri tersebut cukup populer di abad ke-19. Keduanya sendiri semakin dikenal luas oleh masyarakat karena membagikan hasil pencucian pada kaum miskin mirip dengan pahlawan dari cerita fiksi, Robin Hood.

Sayangnya, aksi James pun harus terhenti setelah dibunuh oleh seseorang yang ada di dalam gengnya. Hal itu disebabkan karena perasaan benci dan dendam melihat kesuksesan yang diraih James di dunia kriminal.

9. Bill Mason

pencuri terkenal di dunia_Bill Mason

* sumber: www.listennotes.com

Salah satu pencuri yang juga cukup terkenal di dunia kriminal adalah Bill Mason. Ia merupakan seorang pencuri sekaligus perampok yang kerap melakukan aksinya di sejumlah rumah mewah di Amerika. Pria kelahiran tahun 1940 ini diketahui telah berhasil mengumpulkan harta sekitar 33 juta dolar Amerika yang terdiri dari perhiasan mewah.

Ia sendiri tercatat sebagai salah satu pencuri dengan hasil curian terbesar yang ada di dunia. Nah, salah satu yang membuat namanya cukup dikenang adalah ketika dirinya berhasil mencuri medali emas milik seorang atlit bernama Johnny Weissmuller. Hanya saja, tidak berselang lama Bill pun telah mengembalikan medali tersebut kepada pemiliknya.

10. Stephen Blumberg

pencuri terkenal di dunia_Stephen Blumberg

* sumber: onedio.com

Diantara pelaku pencurian yang telah disebutkan di atas, apa yang dilakukan oleh Stephen Blumberg tentunya menjadi salah yang cukup unik. Nah, jika para pencuri dan perampok kerap mengincar perhiasan mewah bernilai ratusan juta, maka pria yang sempat menempuh pendidikan di  Ottumwa High School ini kerap mencuri sejumlah buku di beberapa universitas dan museum pada tahun 1990.

Tidak tanggung-tanggung total curiannya bisa mencapai 5,3 juta dolar Amerika. Hal itu yang kemudian menempatkannya sebagai pencuri buku paling terkenal sepanjang sejarah. Meskipun dikenal sebagai pencuri buku, namun Stephen sendiri tidak berniat menjual buku hasil curiannya tersebut. Ia hanya ingin agar masyarakat awam bisa ikut menikmati buku-buku unik tersebut.

Itulah daftar panjang 10 para pencuri terkenal dunia yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Kejahatan yang mereka lakukan memang cukup menggemparkan dunia. Meskipun demikian, pencurian bukanlah sesuatu yang baik untuk ditiru. Namun, bila kamu ingin menonton film tentang pencurian yang tak kalah epic, kamu bisa membaca artikelnya di sini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram